#9 Nadira’s Future Boyfriend (WTF?!?!?)

Di media lagi hangat-hangatnya berita tentang pembunuhan Ade Sara yang dilakukan mantan pacarnya + cewek baru si mantan. Banyak yang nggak habis pikir dengan kasus ini. Apalagi mengingat si pelaku, dan juga korban, baru berusia 19 tahun. Motifnya juga cetek, yakni cemburu dan sakit hati.

Gue sampe mewek tuh malem-malem baca wawancara beberapa media dengan ibunya Ade Sara. Beliau amat tenang, pemaaf dan berhati mulia. Padahal Ade Sara adalah anak semata wayang, yang amat dekat dengan ibunya. Apa-apa diceritain. Bahkan sang ibu jadi bestfriend utama Ade Sara untuk cerita macem-macem tentang kehidupan sosial dan masalah yang dia hadapi. *aduh ini ngetiknya langsung berkaca-kaca*

Gara-gara kasus itu, gue jadi keinget salah satu usulan tema dalam proyek #25themeswritingchallenge. Temanya berasal dari May yakni tentang kriteria pacar Nadira kelak dan di umur berapa kira-kira gue akan memperbolehkan dia pacaran.

Kalo ngikutin hati mah, kayaknya Nadira bakal gue kekepin di rumah dan gak bakal gue bolehin kenal cowok sampe umur 25 tahun deh😆  Abis zaman sekarang tambah ajaib semua ih, syereemmm.. Tapi berhubung itu nggak mungkin, plus gue mau dia mengalami kebahagiaan masa remaja seperti yang dulu gue alami, ya terpaksa bolelebo lah yaw.

When?

Berkaca dari pengalaman pribadi, gue baru boleh punya pacar pas SMA. Itupun baru di kelas 3 SMA. Padahal dari SMP udah ada cowok yang nembak gue. Tapi karena nyokap gak ngebolehin, ya terpaksa ditolak.

Itupun pacarannya gak macem-macem. Paling poll cuma pegangan tangan. Gue juga heran sih sebenernya, koq gue kuat amat menahan godaan saat SMA itu ya, hahaha..😛

Mungkin kalo gue inget-inget, kayaknya gue bisa gak macem-macem karena gue deket banget sama nyokap ya. Apapun gue ceritain ke nyokap. Jadi nyokap tau tuh peta dunia sosial gue dimana. Bahkan sampe sekarang beliau masih inget nama-nama temen gue, plus pacar-pacar mereka, atau konflik mereka dengan gue😀

This is what I also expect from Nadira when she grows up later. I have to be her very first bestfriend, just like my mom was and still is to me. Kalo bisa jadi sahabat anak sejak dia kecil dan remaja, Insya Allah kita bisa “magerin” dia dari hal-hal yang tidak diinginkan, kayak drugs dan pergaulan ajaib gitu. Oh ya, Nadira baru boleh pacaran pas SMA, karena di usia itu udah lebih dewasa seharusnya ya.

So what’s the criteria for Nadira’s future boyfriend?

Sebenernya sih gue tipe orang yang fleksibel. Gak harus A itu A, B itu B. Mengalir aja. Tapi untuk urusan anak, mungkin ada beberapa hal yang bisa jadi guideline ya. Here they are:

1. Menerima Nadira apa adanya and respect her

Artinya, dia nggak bakal mengubah anak gue supaya seperti yang dia mau. Dia juga gak akan macem-macem memperlakukan Nadira.  Lagian, gue dan bokapnya aja yang membesarkan dia sejak kecil nerima dia apa adanya plus treat her well. Lo siape Tong mau ngubah-ngubah anak gue jadi orang lain dan nonjok dia, hah?? *lah jadi esmoni*

2. Gak temperamental maupun cemburuan

Ini berkaca dari kasus Ade Sara plus pengalaman pribadi gue sih. Asli ya, pacaran atau deket sama orang temperamental dan cemburuan itu nggak enaaakkkk banget. Emang sih, gak semua kasus pacaran dengan orang temperamental dan cemburuan berakhir kayak kasus Ade Sara. Kayak yang pernah gue alami dulu, cuma deket doang, tapi sampe diteror-teror segala. Idih, udah terkekang, eh bahaya pula. Malesin deh😦

3. Latar belakang keluarga jelas

Kalo bisa malah pacarnya Nadira kelak adalah teman sepermainannya. Kayak gue gitu lah di zaman ABG dulu. Pacar pertama gue di SMA adalah temen zaman SD, yang adiknya sohiban sama adik gue. Pacar kedua zaman kuliah adalah temen zaman SMP, yang bapaknya kenal sama nyokap. Pas udah dewasa baru deh gue mulai pacaran sama orang-orang baru, di luar comfort zone gue.

Saat ABG dulu, dengan gue pacaran sama orang-orang jelas asal-usulnya, plus nyokap tau rumahnya dimana dan keluarganya kayak apa, bonyok pun ngerasa cukup aman. Setidaknya, ini bisa meminimalkan dampak negatif di kemudian hari ya, meski memang nggak ngejamin 100% aman.

4. Selevel

Ini bukannya bermaksud congkak lho ya.  Maksud gue dari selevel adalah, gue takut banget kalo Nadira kelak pacaran sama anak konglomerat, anak pejabat tinggi, atau keluarga kerajaan. Gue takut anak gue dipandang rendah sama ortu tuh anak. Kebayang gak sih, anak yang kita sayang dan banggakan, trus diolok-olok atau dipandang rendah sama ortu pacarnya? Ih sakit hati gue sampe ke ubun-ubun pastiiiii!

Terus, gue juga takut anak gue cuma jadi “mainan” si cowok tajir/ningrat itu. Kayak kasus Ayu Ting2 dan 3nj1 itu lho. Gile ye si 3nj1. Anak dari istri muda aja belagunya kayak gitu. Gimana anak yang dari istri beneran? *knock on woods*

5. No junkies allowed

Duh, meski si cowok gantengnya kayak Harry Styles, tapi kalo junkies, mending jangan dipacarin ya Nak. Yang ada ntar kamu kebawa nge-drugs juga, atau, duit kamu dan barang-barang kamu habis dijualin sama dia buat nge-drugs. Ih amit-amiitt…

6. Say no to playboy

…Unless your heart is made of stone. Or, you’re a player yourself, ok?

7. Don’t expect perfection from a guy

Because…

Segitu dulu aja kali ya kriterianya. Gue belum ada ide lagi nih. Ntar kalo ada lagi (yang gue yakin pasti bakal ada), bakal gue tambahin kok.

P.S: 

A Note to Nadira

Honey, please remember this:

In the beginning, you’ll prolly want to date someone just because he’s handsome/smart/popular/etc, well you know, the kinda of guy who’s gonna break your heart. That’s fine, because every heartbreaking experiences will teach you a new lesson, and make you more mature and wiser. But if I can ask you something, please don’t choose those heartbreakers as your boyfriend too often, ok? I can’t stand watching you cry and sad :’)

In the end, you’ll know that the right man is not always handsome/popular/smart/etc. He can be that regular boy sitting right next to you, or some stranger living  in another part of the world. What’s important is, he has to be the one who can make you happy for being who you really are.

How to find him? I can’t tell it for sure, because every person will go through different path of life from the others. Someone can find her perfect one right after the first date, the others are not so lucky, just like me and your dad🙂

So, cherish the moment, darling. Never trust and love your boyfriend too much, because if he breaks your heart, you’ve got nothing left. Just trust and love him a little, and keep the rest for yourself. If anything goes wrong, you can move on quickly.  Remember this in your mind, because this kept me survived a long long time ago :)

Oh one more thing, don’t forget the quote below, whenever you think you’re in love with someone and ready to start a relationship with him:

45 thoughts on “#9 Nadira’s Future Boyfriend (WTF?!?!?)

  1. hal yang sama juga mungkin bisa diberlakukan buat anak cowo ya. Jadi inget suami pernah cerita nyokapnya selalu pesen “jangan pernah hamilin anak orang sama jangan nge drugs” hehehehe itu sampe nancep banget di kepala nya sampe sekarang katanya

    • Bener Mak. Kalo laki gue cerita, dia dapet nasehat dari bokapnya mirip kayak lakilo. Tapi intinya mah gini “Jangan pernah bikin malu ortu”. Jadi sebisa mungkin ya dia menghindari dua hal itu karena nancep banget di kepalanya hehehe..

  2. Love love love this!
    Aku setuju banget soal selevel ra.. ini bener kejadian ya, klo dapet yg level diatas banget jadi keset diinjek2.. klo dapet yg dibawah banget eh psyco mau dibunuh.. amsyong

  3. Jadi inget dulu papaku selalu bilang.. “jangan pernah suka sama cowok 100%, 70% ajalah”.. jadinya banyak HTS maak… hahaha

  4. Ra, aku juga deket banget ama ibuku. Waktu temen2 SMA aku ngajak nonton film bokep, aku cerita ke nyokap, ehh sama dia diajak nonton bareng aja daripda nonton ama temen2 aku hehe. Sampe sekarang akhirnya aku males nonton bokep juga, abis kebayang diajak ama nyokap sih. Soal temen, malah dia lebih deket ama temen2 aku. kayaknya emang bener ya, kalo kita deket banget ama ortu, Insya Allah gak ada yang aneh2. Mudah2an.

    • Hahaha.. Iya bener Non, ilfeel banget bayangin nonton bokep sama nyokap. Traumatis ya bok jadinya, meski cuma bayangin aja😀

      Sama Non, nyokap gue juga akrab sama temen-temen gue. Malah dulu ada temen gue yang doyan curhat ke nyokap, bukan ke gue🙂

  5. Good posting mak, apalagi pesen buat Nadira nya,

    Cerita ade sara ini bikin inget sama postingan lo yg anak kecil diperkosa temennya itu deh, walaupun cara orang nemuin ajal macem2&udah ditentuin tapi gw berasa susah2 didik anak eh digituin ama anak orang laen 😢

    Soal pacar memacar, gw g inget mulai kapan nyokap gw menanamkan tapi kayanya ini selalu ada pikiran gw, intinya nyokap gw pesen jadi perempuan jangan ‘murah’ jangan ‘gampang’ jangan mau dipegang2 ama temen gak jelas, apalagi nembak duluan, harom harom haha…jadinya selama abg itu gw gengsian bgt dah, yang menurut gw kalo nanti gw punya anak perempuan bakal gw terusin lagi pesen itu..

    • intinya nyokap gw pesen jadi perempuan jangan ‘murah’ jangan ‘gampang’ jangan mau dipegang2 ama temen gak jelas, apalagi nembak duluan, harom harom

      Setuju! Kayaknya nyokpa gue juga pesen kayak gitu deh Lin. Makanya gue jadi anak gengsian gini hahhaa😀

  6. Dulu emak babeh gw ngizinin gw pacaran tuh udah kuliah,katanya kalo masi sekolah malu sama seragam :p tapi gw justru jadi bersyukur sekarang,karena bisa punya banyak HTS an jaman sekolah. Hahah.. ibaratnya tukang ojek nya banyak :p
    Oh yes, dan si mama cuma pesennya kalau masih pacaran, sayang sama cowonya gak usah penuh2 dan pake hati aja, jangan pakai seluruh jiwa. Dan kayanya gw ngerti maksudnya, biar kalok putus cuma sakit hati secukupnya, gak sampe sakit jiwa😀
    Udah cukup banyak orang sakit jiwa nya, gak perlu ditambah2in laahh…

    • Oh yes, dan si mama cuma pesennya kalau masih pacaran, sayang sama cowonya gak usah penuh2 dan pake hati aja, jangan pakai seluruh jiwa. Dan kayanya gw ngerti maksudnya, biar kalok putus cuma sakit hati secukupnya, gak sampe sakit jiwa

      Udah cukup banyak orang sakit jiwa nya, gak perlu ditambah2in laahh…

      Hahaha.. Bener banget Meelll.. Gue juga dulu gitu. Makanya gue suka heran sama temen-temen yang pas putus jadi nelangsa, tapi begitu pacaran, bahagia banget. Emosinya kayak roller coaster, naik turun. Sementara gue kalo jatuh cinta atau patah hati, ya berusaha biasa-biasa aja. Gengsi kalo ketauan soale😀

  7. Langsung ngebayangin anak perempuanku gmna ntar gedenya…mudah2an didunia yg makin edan ini masih banyak sisa laki2 yg “normal” buat anak2 perempuan kita nanti…. :)))
    I Love reading your note to Nadira…

  8. Raaaaaa, aku sukaaaaak banget note ke Nadira nya. Sebenernya pergaulanku itu biasa aja karena temenku biasa-biasa aja juga *anak stan gituloh, pergaulannya std abiiiisss*. Jadi kalo tadi pergaulanku ‘salah’, bisa jadi aku juga ikutan rusak. Aku mau lebihhh deket lagilah ke krucils daripada mamakku ke aku dulu, mudah-mudahan kita bisa jadi sahabat buat anak anak kita ya, Ra. Aku mules mbayangin yang soal Ade Sarah itu huhuhu

    • Hihihi.. Iya anak STAN kan rata-rata serius dan lempeng. Kurang gaol gitu. Wajar ya secara kuliahnya susah beneerr, plus lokasinya jauh darimana-mana😀

      Iya Ndang, mudah-mudahan kita bisa jadi BFF anak-anak. Soalnya kalo kita jadi BFF mereka, mereka gak bakal sungkan untuk cerita apapun ke kita. Dan kita gak usah deh repot nanya atau menyelidiki macem-macem🙂

  9. Cakep Ra nasihatnyaaaaa… Eh sekarang Nadira udah mulai lirik2 cowok blum?? Hahaha. Kali2 listnya lgsg dikasih ke ortunya tu anak yg mulai lirik2an sama Nadira😛

    Gue juga sangat deket sama nyokap Ra. Printilan2nya gue soal cowok a sampe z nyokap tau semua. Mulai dari yg bikin happy sampe yg bikin kecewa. Enaknya kalau terbuka sama nyokap, kita jadi ga frustrasi sendiri, punya temen curhat abadi yang nggak akan judge kita macem-macem, tapi menerima kita apa adanya dengan penuh cinta, dan PASTI selalu support kita.

    • Hahaha.. Buset anak Tk udah mulai lirik-lirikan😆

      Enaknya kalau terbuka sama nyokap, kita jadi ga frustrasi sendiri, punya temen curhat abadi yang nggak akan judge kita macem-macem, tapi menerima kita apa adanya dengan penuh cinta, dan PASTI selalu support kita.

      Leleee gue suka banget bagian komenlo yang itu. Soalnya bener semua, kayak yang gue alamin sama nyokap! :’)

  10. mbak ira..salam kenal ya,,selama ini ak silent reader aja tapi seudah baca note buat nadira diatas,,ga tahan akhirnya komen juga,,,asli bikin berkaca2 baca-nya,,love..love it so much..

  11. pusing ih kalo baca berita2 sekarang. ada aja yang bikin: “haaa…kok bisa anak segitu?!”. mana itu fakta smua lagi, ga cuma fiksi khayalan doang. serem benerrr…
    ternyata kedekatan dengan ortu tuh ngaruh yak. mau ah seterusnya jadi sahabat buat anak2 nantinya.
    btw sukaa baca note buat nadira-nya.. aku merasa jd anak ABG lagi🙂

    • Samaaa… Kalo nonton film-film kriminal kayak CSI or Criminal Minds kan tau ya itu adalah fiksi. Lah ini?? T_T

      Iya Mak, yang aku tau dari Bu Elly Risman maupun psikolog anak lainnya, kedekatan anak dan ortu itu penting supaya anak gak macem2. Soalnya, anak harus percaya ortu supaya mereka mau cerita rahasia2nya. Semakin besar, mereka gak bakal mau diatur, jadi kita butuh kepercayaan mereka supaya mereka bisa cerita keseharian mereka, tanpa perlu kita ngatur atau interogasi🙂

  12. Gw dulu dibolehin pacaran setelah KKN. Tapi bandel pacaran dr SMP. Nyokap pura2 gak tau aja tapi perhatian banget sama semua teman dan ‘teman’ yg kerumah. Katanya “drpd main diluar mending kerumah aja mama yg masakin”
    Soal selevel, nyokap gw selalu bilang hubungan cewe cowo itu kayak panci sama tutup panci. Supaya bisa berfungsi baik ya harus yang pas, gak boleh kegedean atau kekecilan. Dari kalangan yg sama lah.. Soalnya liat (beberapa) anak konglo itu gimana yaa.. Kayaknya udah tua tp mah bergantung sm org tua banget. Ngaku pengusaha tp kerjanya liburan. Kalau gak tau susahnya cari duit gimana bisa jadi orang yang kuat.

    • Idem tuh Nam. Nyokap gue juga tau sih zaman SMP ada cowok yang sering ke rumah dll. Tapi dia pura-pura gak tau aja. Palingan cuma goda-godain gitu hehehe.. Yang penting anaknya main di rumah, gak kemana-mana deh.

      Nah itu dia soal yang selevel. Gue khawatir kalo anak gue dapet yang levelnya jauuhhh di atas keluarga kami. Orang2 mungkin bangga ya dapet anak konglomerat, tapi gue malah takut anak gue diinjek-injek euy. Plus takut itu anak ternyata manja dan gak hardworking, cuma ngandelin duit ortunya😦

    • Iya Mbak. Agama itu penting, tapi lebih penting lagi kalo anak dekat dengan ortunya. Jadi ortu bisa memantau kondisi sosial anak tanpa perlu nyewa detektif swasta segala hehehe..

  13. Ir, waktu baca berita ade sara itu, aku shock! Yaampuuunn umur 19 tahun dulu aku boro2 mikirin gmn caranya ngebunuh cewek sainganku, wong mikirin kuliah biar nggak DO aja peniiingggg!
    Bener ya, jaman sekarang kita sport jantung liat kelakuan para abg itu. Macem mana 10,15,20 thn yang akan datang kalo A3 udh pada gede, cobaaaa? Huhuhu..
    Eh, kalo enji—> sengaja tulis komplit hohoho aku juga seneeeppp liatnya. Amit2 deh, jauh2in aura dari yg model begituuuu…. *kekep si tengahku*

    • Sama Fit. Dulu umur 19thn perasaan pikiran gue ya cuma kuliah doang. Cowok sih ada, tapi gak segitunya kalee…

      Enji itu contoh mimpi buruk buat ibu-ibu yang punya anak gadis ya. Amit-amit, jangan sampe anak-anak kita ketemu yang model begitu, hiiii…

  14. Dan Mamahku pernah bilang

    “Nak, jangan pernah kamu pacaran/menikah hanya karena kamu merasa “harus” menikah. Hidup sendiri belum tentu kesepian, Hidup berdua belum tentu bahagia. Perawan tua atau bahkan janda sekalipun, jadilah perempuan yang punya martabat. Orang lain pasti ngomongin kamu, tapi pastikan saat mereka bicara, ada sesuatu yang layak mereka irikan darimu.

    Jodoh ada ditangan Tuhan, jangan merasa perlu mendahului caranya”

    So dear Nadira, sebelum waktunya kamu lirik”an hiduplah happy kaya Ibu yaaaa…kalo dapet jodoh kaya-pinter-ganteng itu bonuss (tapi tante ga nolak dapet bonus sih)

  15. Walau anak-anak kita masih piyik, setuju banget Ra, udah mulai mikirin yang begini2 dari sekarang2. Karena soon.. ga berasa mereka tau-tau udah remaja. Kalau kita ga siap2 dari sekarang, takut kelabakan🙂 Gw ama Nirwan bahkan udah ngerancang2 sedetilnya, sampe.. kalau nanti dia besar dan kita bangun rumah baru, tempat “pacaran” nya Shaina nanti di teras kayak begimana haha..
    Note to Nadira nya cakep ra.. boleh dicontoh nih buat ditanamin ke Shaina juga…😉

    • Beneerr banget Cha! Ini aja perasaan baru kemarin Nadira brojol, koq sekarang udah 5 tahun? Antara kaget dan terharu sendiri hahaha *lebay*

      Nirwan posesip gak? Laki gue mah posesip banget nih sama anaknya, overprotektif pula. Gue rada khawatir ntar dia susah dapet pacar karena babenya galak deh😆

  16. ira… salam kenal ya🙂 pas blogwalking ke blog lo ini krn tertarik nama anak kita sama.. dan sama juga udah 5 th hehe… anyway, gue follow ya, I like reading your blog and i love your note to nadira!

Leave a Reply

