#8 Baking Passion (and Some Easy Peasy Recipes)

Okeh, tema kali ini adalah rikues dari Sally, Cici, dan Tyas. Baru ditulis sekarang setelah akik punya oven baru, hehehe..😀

Kayaknya pernah gue bahas berkali-kali kalo gue itu aslinya gak bisa masak. Gue baru tergerak belajar masak setelah Nadira mau MPASI. Eh ambisi gue keterusan gara-gara liat sebuah blog seorang pembuat kue. Dia cerita, baking passionnya dimulai gara-gara pengen bikin kue ultah anaknya yang ke-1. Pas sukses, dia malah jadi hobi bikin kue macem-macem. Akhirnya dia terima pesenan kue dan lumayan sukses.

Wah, waktu baca itu, gue ternganga banget. Kalo dia bisa, masa gue gak bisa sih? Jadi deh gue berambisi belajar baking, murni otodidak cuma hasil gugel resep, terutama dari milis NCC. Pernah sih ikutan cooking class gratisan sekalian liputan. Tapi to be honest, di cooking class itu gue justru sibuk nyemilin kuenya, bukan belajar ilmunya, hahaha😛

Pertama kali belajar baking adalah saat gue bikin kukis keju buat Nadira waktu dia baru umur 7-8 bulan. Rasanya sih lumayan enak, lembut banget dan ngeju. Tapi bentuknya dong, kayak tempe goreng tepung!😆

cheese biscuit

*kalo Nadira dikasih kue ini sekarang, pasti ogah deh. Untung dulu waktu bayi dese doyan-doyan aja*

Tapi tetep dong semangat bikin kue mah terus berkobar. Padahal modalnya selain resep hasil gugel cuma oven tangkring alias otang hasil belenjes di Cawang dan mixer tanpa merek punya nyokap.

Waktu itu gue masih nomaden, 4 hari di rumah mertua, 3 hari di tempat nyokap. Karena gue cuma bisa bebas bereksperimen di dapur nyokap, semua perabot baking gue taro di situ. Jadi tiap gue nyampe tempat nyokap, pasti langsung eksperimen baking. Kebetulan, tetangga nyokap bikin warung kelontong. Jadi dese sampe hapal tuh tiap gue dateng, pasti gue beli gula, mentega, telor dan terigu di situ buat bikin kue. Pertanyaannya selalu “sekarang bikin kue apa Ra?”😀

Yang seneng ya nyokap lah ya, cemilan tersedia mulu. Selain itu, kalo para tante, om, dan adik gue dateng ke rumah pas gue lagi nginep, mereka juga ikutan seneng karena bisa makan kue gratis. Untuk rasa sih biasanya oke-oke aja. Namanya juga kue ya, sepanjang kita patuh pada resep, rasa biasanya nggak akan melenceng jauh. Nah untuk urusan bentuk tuh yang seringnya ajaib. Maklum, namanya juga amatiran hehehe..

kue 013

*my very first bolu ketan item and cake tape keju. Liat potonya jadi pengen bikin lagi deh, gampil!*

kue soes

*meski bentuknya abstrak (malah rada mirip p*p kucing ye?), tapi kue soes ini enak lho sodara-sodara*

cookies hias

*pertama dan terakhir bikin kukis hias begini. Masya Allah repot amir, pake gosong pula! Next time mah mending pesen ke Echie cemalcemilciamik aja ah*

kaastengels

*kalo yang ini oke deh disuruh bikin lagi. Gampil soale, meski nyetakinnya itu rada-rada bikin encok ye bok*

Terima orderan nggak? Pernah sih 1-2 kali. Itu pun setelah dipaksa-paksa, soale gue emang gak bakat dagang dan gak pedean. Buat gue, masakan gue dibilang enak aja udah cukup. Kalo pake dibayar, gue jadi terbebani banget, dan khawatir nggak enak. Makanya gue males banget terima orderan. Takut mengecewakan cyin. Kalo mau, gue kasih resepnya aja, atau kita bikin kue bareng. Atau, kasih bahan-bahannya ke gue deh. Nanti gue bikinin, tapi kalo kurang enak jangan marah yaaa..

Kemarin-kemarin, gue terserang baking blues gara-gara ART nginep pulang. Cuci mixer dll sih masih gpp ya. Tapi ngangkat otang, nyiapin batu bata penyangganya di kompor, trus ngebalikin otang setelah dipake koq mikirnya bikin gue capek duluan ya. Mana otang gue size yang medium-large pula. Kegedean buat baking kue abal-abal ala saya.  

Setelah mikir plus minus oven listrik, akhirnya minggu lalu gue beli juga tuh otrik merek Cosmos. Will write about this oven later ya. So far sih gue puas. Apalagi kalo dibandingin otang, otrik makes life easier and more simple lah.

Setelah beli otrik, gue baru praktik 2x, yakni Bread Pudding dan Macaroni Schotel. Bikin bread pudding karena punya roti tawar leftover. Sementara schotel karena emang udah kepengen dari lamaaa. Sengaja baking yang gampil dulu lah untuk pemanasan setelah lama gak baking *padahal sih emang males bikin yang ribet-ribet kayak dulu lagi*😛

Buat yang minta resepnya, kira-kira ini ya. Dijamin gampil berat!🙂

*fotonya menyusul ya, abis cupu bok😛 *

Bread Pudding with Chocolate and Cheese

Bahan-bahan:
5 lembar roti tawar (gue pake wholewheat bread-nya Holland Bakery)
3 butir telur
350 ml susu (gue pake low fat UHT milk)
6-7 sdm gula
mesis dan keju parut sesuai selera

Cara membuat:
1. Panaskan oven selama 10 menit. Sementara menunggu, potong-potong roti tawar.
2. Kocok telur, susu dan gula hingga rata dan gula larut menggunakan whisk.
3. Semir loyang dengan margarin (gue pake pyrex).
4. Susun separuh roti di dasar loyang, tuang dengan separuh adonan telur.
5. Taburi dengan mesis dan keju parut.
6. Ulangi poin nomor 4 dan 5.
7. Panggang adonan dengan suhu 150 C – 160 C selama 50 menit. Tes tusuk untuk mengetahui apakah puding roti sudah matang atau belum.
8. Sajikan.

P.S: Sebenarnya roti bisa dicampur dengan adonan telur, mesis dan keju parut lalu dituang langsung ke loyang. Gue sengaja dilapis-lapis gitu supaya agak kece hasilnya, gak uplek-uplek banget :D

Cheesy Macaroni Schotel with Chicken and Carrot

Bahan-bahan:
250 g makaroni (gue pake La Fonte 1 bungkus)
5 butir telur
600 ml susu
2/3 bungkus keju cheddar, potong kotak-kotak. Sisanya diparut untuk taburan. Kalo mau lebih, boleh bangeettt
1 buah bawang bombay
3 siung bawang putih
1 kaleng kornet ayam (gue pake size yang gede, 350 g cmiiw. Kemarin kebetulan adanya ini di lemari)
2 batang wortel, parut dengan parutan keju
2 kotak Maggie blok rasa ayam (atau ganti aja dengan garam dan gula sesuai selera, or kaldu jamur juga enak, tapi gue lagi keabisan nih)
lada bubuk dan pala bubuk
minyak goreng (gue pake coconut oil)

Cara membuat:
1. Rebus makaroni hingga al dente. Tiriskan.
2. Iris-iris bawang bombay dan bawang putih. Lalu tumis hingga harum.
3. Masukkan kornet, kaldu blok, lada dan pala bubuk, tumis hingga matang. Masukkan wortel, aduk-aduk, matikan api.
4. Campur telur dan susu hingga rata.
5. Masukkan makaroni, tumisan kornet dan keju cheddar. Aduk-aduk hingga rata. Cicipi apakah sudah pas atau belum.
6. Tuang di loyang atau pinggan tahan panas yang sudah disemir margarin. Taburi dengan keju parut.
7. Panggang selama kurleb 50 menit dengan suhu 160 C. Tes tusuk untuk tahu apakah sudah matang atau belum.

P.S:
– Di resep-resep NCC sih biasanya mac schotel dikukus dulu, trus baru dipanggang dengan topping saus keju. Berhubung akik males, plus kukusan gue kecil, gak muat pyrex, alhasil dipanggang aja lah yaw. Alhamdulillah rasanya oke-oke aja.
– Oh ya, kornet bisa diganti daging/ayam giling. Sayuran juga bisa diganti dengan brokoli, jamur, bayam, etc, atau ditambah sesuai selera. Be creative!

Gimana, gampil kan? Ayo-ayo silakan dicoba yaa..🙂

22 thoughts on “#8 Baking Passion (and Some Easy Peasy Recipes)

  1. Maaak gw pun sejak punya oven listrik bawaannya pengen manggang mulu haha…lagi dong sharing2 resep buat panggang memanggang&tips2 anti gagal mak..
    kalo resep andelan gw yg jarang gagal itu apple cobbler (aslinya peach cobbler) yg nyontek youtube paula deen sama cheated scones yg di mommiesdaily hihi, oya gw suka bgt mantengin channel youtube onepotchefshow, kue2nya gampang2&enak2..

    • Kalo gue senengnya hunting resep di milis NCC, Lin. Soale udah teruji semua, pasti enak lah. Iya ya, oven listrik ini bikin semangat baking menggelora kembali euy. Senang!🙂

  2. aq dulu dpt otrik dari manager karena 1 semester ga pernah ijin dan telat, tp malah ga pernah dipke baking >_< cm buat ngangetin kebab hehehe
    btw mbak kirain gmbr atas sendiri itu nugget😀

  3. ovennya miriip sama punya gw.. tp gw kok sampe skrg itu oven klo di penuhin isinya sebagian gosong😦

    btw itu resep emang paling gampil dan enyaaakkk… gw udh nnyoba semuanya😀

    • Idem Ke. Kemarin gue sempet bikin banana cupcake, dibikin 2 rak, yang ada sebagian gosong, sebagian bantet hahaha.. Tapi kalo bikin schotel pake pyrex, dipenuhin gak masalah. Mungkin kalo bikin kue yang gak perlu ngembang etc, dipenuhin ovennya gpp ya. Kalo kue yang kudu ngembang kayak cupcake/cake, mending dipanggang satu2. IMHO lho ya🙂

  4. Ahhhh bener banget macaroni schotel paling gampil n enak ya mba. Aku nge baking kalo lagi libur skolah aja(aku ngajar) oven ku jg masih dikit jam terbangnya. Beli yg oxone. Tp timer nya udah rusak aja. Bolu ketan itemnya enak kyaknya tuh

  5. Gue juga nyeraaaaaaaah bikin sugar cookies! Gilak rempong bgt, sudah kuduga mending pesen di echie hahahaha.. Gue lg suka baking kirain lbh murah bikin sendiri ya bok.. ternyata oh ternyata pretelannya banyak! ke Toko bahan kue lebih mahal drpd ke toko baju di mall..

    • Sama Ti. Makanya gue heran si Echie koq hobi banget bisnis ginian. Tekun bener dia hahaha..

      Iya emang, baking itu printilannya banyak bener. Spuit aja jenisnya bejibun. Belum lagi kalo lo pengen beli merek Wilton yang mihil itu. Pusiinggg..

  6. Pingback: Cuti = Nguprek di Dapur | The Sun is Getting High, We're Moving on

  7. Pingback: Don’t Judge a Book by Its Cover (2) | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

