#5 Life Changing Experience

Waktu Dixiezetha rikues tema ini, gue sempet mikir lamaaa banget. Kenapa sih kamu kasih temanya syusyeh bener? Hahaha..😀

Sempet terpikir beberapa pengalaman hidup yang mengubah hidup gue hingga jadi kayak sekarang. Mulai dari masuk kuliah, putus sama pacar, merit dan tinggal bareng mertoku selama 3 tahun. Tapi, setelah ditimbang-timbang, kayaknya ada satu hal yang paling mengubah diri gue hampir 180 derajat dibandingkan dulu, yakni saat gue punya anak.

As cliche as it may sound, having kid really changes me from the person I used to be. Banyaaakkk banget pelajaran hidup yang baru gue pelajari sesaat setelah melahirkan. Here are some examples:

– learn to be committed

Commitment and being committed to someone had not been my forte. Why? Simply because I get bored easily. Gue gak terlalu suka keteraturan, mungkin karena gue tipe yang easy going dan spontan ya. Untung dapet kerjaan yang menantang setiap saat. Jadi gue gak gampang keluar masuk kantor.

Begitu punya anak, mau gak mau harus belajar berkomitmen dong ya. Terutama untuk urusan per-ASI-an. Jadi deh gue belajar banget memerah ASI dengan frekuensi yang teratur, karena kalo nggak, ada bayi di rumah yang kehausan. Sekelumit perjuangannya pernah gue tulis di sini ya.

Selain soal ASI, gue juga belajar berkomitmen untuk ngikutin mood dan kemauan anak. Dulu, gue tipe yang kalo lagi suka sesuatu, misalnya baca buku A, bakal bisa begadang sampe kelar. Mau diomelin bokap kek, ditegur nyokap kek, bolos kerja kek, I don’t care.

Pas punya anak, gak bisa lagi dong kayak gitu. Bukunya kudu ditaro dulu kalo si bocah udah demand something. Intinya mah, begitu jadi ibu, gue gak bisa seenaknya karena gue udah punya komitmen seumur hidup sama Nadira. Kan gue yang brojolin, masa gue gak mau berkomitmen ngurus dia sih? Tanggung jawab dikit dong!🙂

– learn to cook

Orang-orang tuh belajar masak pas merit untuk nyenengin suami. Eh gue belajar masak baru pas Nadira MPASI, hahaha.. *pukpuk suami* Kisahnya udah pernah gue tulis di sini nih. Lumayan lah, dari yang cuma bisa masak air, nasi (pake rice cooker tentunya), indomie dan telor doang, sekarang jadi bisa bikin kue, gudeg, kukis, dan tumpeng. Semua gara-gara punya anak!

– learn to be wiser and be a real grown up

Di tes kepribadian ini aja hasilnya personality age gue 21 tahun. Jadi bisa disimpulkan gue itu susah dewasa dan kayaknya mah agak jauh dari bijaksana ya hahaha..😛

Tapi sekarang mah mendingan dibandingkan sebelum punya anak dulu. Dulu nih, banyaaakkk banget keputusan pribadi yang gue ambil cuma karena “yah udah terlanjur, ya udah deh sekalian basah aja.” Sekarang, setelah punya anak, ya nggak bisa begitu lah yaaww.. Kudu dipikirin semua aspeknya karena, it won’t be about me only. Tapi ini menyangkut masa depan anak gue.

Gue juga gak bisa seenaknya melakukan beberapa hal karena, baik langsung atau tidak, pasti bakal ada efeknya ke Nadira. Misalnya nih, mau pejeng foto berbikini di socmed *yang mana sampe sekarang gak punya juga foto begonoh, wong perut masih wironan cyin*. Kalo dulu mah, pejeng foto begitu, hayok aja dah, klik langsung diaplot. Sekarang? Laki gue sih santai kayak di pantai urusan baju dan foto bininya. Pedoman dia “yang penting pantes, dan gak malu-maluin!” *sit up 3000x*

Tapi anak gue? Mungkin dia mah belum ngerti. Tapi nanti guru-guru  dan ibu-ibu teman sekolahnya, gimana? Trus gimana juga kalo nanti dia udah paham dan komplain? Foto gue udah keburu keaplot, mau di-delete pun, orang-orang udah kelanjur liat. Nah lhooo…

Yang gini-gini nih bikin pening. I can’t be as carefree as I used to be. Tapi gpp juga ya. Emang udah sewajarnya toh, semakin usia bertambah, harusnya kedewasaan juga bertambah bukan?

Untung juga punya suami bertipe serius dengan personality age 46 tahun. Jadi berasa ada temen diskusi dan mentor gitu😀

Trus, gue juga mencoba terus mengevaluasi diri, ada nggak ya tindakan atau sikap gue yang jelek yang kira-kira bakal ditiru Nadira? Karena kayak yang gue tulis kemarin di MommiesDaily ini, anak adalah mesin fotokopi ortu. Kalo mau anaklo A, B, C, ya lo harus begitu juga dong. Ya nggak?

– learn how to live my life better

Termasuk urusan financial dan kesehatan. Financial, gue jadi belajar soal dana pendidikan, dana pensiun, reksadana, etc etc. Pokoke semua hal yang awalnya membosankan buat gue, terpaksa sekarang diakrobin. Semata-mata supaya keuangan rumah tangga rapi jali dan masa depan anak dan keluarga aman terkendali. Insya Allah.

Kesehatan juga begitu. I quitted smoking since I knew I was pregnant. Pernah nyoba ngerokok lagi setelah kelar menyusui sih, tapi cuma kuat 1 bulan, itupun cuma 3 batang rokok/hari. Ini hebat banget lho, secara dulu gue ngerokok nyaris sebungkus sehari.

Sekarang gue juga jadi rajin olahraga dan makan sehat. Semua dilakukan dengan tujuan mulia, supaya bisa nemenin Nadira sampe dewasa, dalam kondisi sehat walafiat, jadinya gak nyusahin. Amin🙂

– learn to be grateful and cherish every single day

Dulu, banyaakk banget ambisi A-Z yang gue miliki. Meski ngakunya sih gak ambisius-ambisius banget, tapi tetep sedih amat kalo ambisi akika gak tercapai.

Sekarang, gue mencoba lebih grateful dan legowo kalo keinginan gak tercapai. Misalnya kemarin dulu gagal liputan ke Pulau Buton yang udah gue idam-idamkan banget. Daripada bete, gue lebih liat aspek bahwa gue jadi punya waktu untuk kruntelan sama Nadira di rumah.

Agenda wiken juga gitu. Dulu nih pas single, kaki gatel dan hati galau kalo Jumat siang belum ada janji hang out atau kumpul-kumpul dimanaaaa gitu selama wiken. Sekarang mah, perasaan wiken lebih enak di rumah aja. Selain ngumpulin tenaga yang habis selama weekdays, juga sekalian ber-quality time gitu. Masak kek, ke pasar kek, atau main ke rumah bonyok dan adik gue.

Anyway, kemarin, tepatnya tanggal 20 Januari, Nadira ultah ke-5. Gak terasa ya udah 5 tahun gue menjalani hidup yang lebih kalem, lebih teratur, dan lebih dewasa, cuma gara-gara seorang makhluk yang pernah tumbuh di dalam perut gue :’)

Jadi ibu memang sedikit banyak mengubah diri gue jadi pribadi yang lebih mature. Tapi itu tetep gak ngilangin kepribadian asli gue sih. Being a mom doesn’t have to change us 100% right?

So that’s it, my life changing experience as written above. Gue yakin, banyak ibu-ibu yang bisa relate ke postingan ini, apalagi ibu-ibu yang dulunya se-klub sama gue di BC Bar *lirik Garet, Tita dan Gadsya*. Klise banget yah? Tapi mau gimana lagi dong, emang ini yang sesungguhnya dan sejujurnya terjadi koq! *halah*

Ada yang punya pengalaman samaan? Atau punya life changing experience yang beda? Cerita-cerita dooongg.. Makasih ya🙂

P.S: Buat yang belum punya anak, simak kartun di bawah ini. Just to give you a hint of life as parents😀

14 thoughts on “#5 Life Changing Experience

  1. Mbak Ira, I adore you! You’re a really great mom. Semoga nanti kalo saya punya anak bisa kayak gitu jg ya. Hehe maap requestnya serius bgt. Thanks for sharing mbak, and happy birthday to Nadira!🙂

  2. Waaahhh sama banget mba. Meski klo gw lebih refer ke pernikahan itu sendiri sik yg bawa banyak perubahan. Anak bawa perubahan lbh banyak lg. Kayanya klo ibu2 life change experience nya soal anak ya hahhaha. Eniwei happyy bda nadira :)))

  3. Blom jadi ibu, tapi jadi inget pengalaman jadi guru musik wkt kuliah🙂 itu aja berasa berat bgt krn di dpn murid yg masih anak2 kan kita dituntut spy bersikap dewasa gitu, gak lucu kan kl gurunya masi cengengesan (pdhl aslinya emg begitu *sigh*) itu aja cm 4 jam sehari & 4 hr seminggu, kl jd a mom kan full time…woaaa!
    Ohiya, happy bday to nadira, moga2 jadi anak yg sehat, pintar, dan bahagia!🙂
    Btw, udah coba tesnya…hslnya aku 35 aja *tuaaaak*😦

    • Nah kan, ngerasa berat kan jadi orang dewasa di depan anak-anak. Apalagi kalo harus 24/7 di depan anak sendiri hahahaha.. Makasih Tante Yuni doanya🙂

      Gpp 35, itu artinya kamu dewasa. Drpd gue keremaja-remajaan gini pdhl udah emak-emak😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s