#1 Why Working in Newspaper Industry?

Halooo.. Di postingan ini, gue dapet banyak usulan tema blogpost dari temen-temen dan juga dari twitter. Setelah gue peres dan mix and match, total jadi lah 25 tema. Dan, berhubung nulisnya juga tergantung ketersediaan internet, PC dan mood, jadi hestek yang gue pake bukan #31dayswritingchallenge ya. Tapi gue pakenya begini nih, #25themeswritingchallenge, supaya cucok gitu *lirik  Erlia dan Dhira yang sering bolos bikin posting-an. Mana-mana-manaaa.. :D*

Untuk postingan perdana, gue mau nulis tentang alasan kenapa kerja di surat kabar berikut suka dukanya. Tema ini diusulkan oleh Jeng @ichaannisa via Twitter. Berikut ceritanya yaa..

Gue mulai kerja di surat kabar sekitar bulan Oktober 2002. Banyak yang bertanya-tanya, kenapa gue milih surat kabar? Kenapa nggak di majalah yang lebih (keliatan) keren dan eksklusif atau TV yang waktu itu lagi booming? Well, ada beberapa alasan kenapa gue milih kerja di bentuk media ini. Berikut di antaranya:

1. Pengen kuliah dengan beasiswa ke luar negeri

Dari dulu (dan sampe sekarang sih), salah satu cita-cita gue adalah ngelanjutin kuliah lagi kayak yang pernah gue cerita di sini. Berhubung kantong cekak, impian gue adalah kuliah pake beasiswa. Tujuan utama, ke luar negeri lah yaw supaya bisa bener-bener fokus kuliah, gak terganggu kerja.

Bidang yang gue minati selain gender studies adalah media and culture studies. Dan setelah gue analisa kecil-kecilan, kayaknya kesempatan gue bakal gede kalo gue jadi PNS, guru atau jurnalis media serius. Jadi PNS gagal karena gue males ikut proses aplikasinya. Jadi guru gue gak yakin bisa kuat karena akika gak pedean kalo disuruh ngajar di depan kelas. Opsi terakhir ya jadi jurnalis media serius.

Waktu itu gue udah jadi jurnalis di tabloid hiburan. Gue saat itu percaya, aplikasi beasiswa gue bakal langsung dicoret karena gak ada yang nganggep serius seorang jurnalis dari media hiburan. Alhasil, gue pun kepikiran untuk pindah ke media yang lebih serius, yaitu surat kabar.

*padahal beberapa tahun kemudian, ada lhoo temen gue yang kerja di majalah lifestyle dan dapet beasiswa. Sungguh analisa gue abal-abal banget deh!*

Di kesempatan yang bersamaan, gue apply ke 2 media, kantor gue sekarang dan sebuah media lain yang kondang karena tulisan-tulisan investigasinya. Gue keterima di dua-duanya, tapi karena media yang itu lebih jauh kantornya plus gajinya lebih kecil dikit, gue pun pilih kantor yang sekarang deh🙂

Apakah prediksi gue bahwa kerja di surat kabar = beasiswa pasti gampil itu bener? Kagak juga sih. Buktinya sampe sekarang gue belum dapet-dapet nih, hahaha.. *will write about it on another post as requested by Sondang*. Tapi, gara-gara kerja di surat kabar, gue berkali-kali dapet tugas ke luar negeri atau kota yang kasih gue banyak sekali ilmu baru.

2. Lokasi Dekat

Dari dulu kantor gue jauh-jauh melulu. Rata-rata di daerah Jaksel dan Jakpus. Nah, pas tempat gue kerja buka lowongan, gue langsung nepsooongg abis. Maklum, kantornya deket banget dari rumah. Naik metromini cuma 1x, atau naik ojek gak sampe 10rb. Kalo dihitung pake menit-menitan, di jam lengang, paling cuma 5 menit. Mantep kan?

Makanya pas nemu lowongan kerja media tempat gue kerja, bak ketiban duren runtuh deh. Udah posisi idaman, eh lokasinya deket rumah! Tapi ternyata lokasi deket itu cuma bertahan sampe tahun 2009. Sekarang kantor gue kembali menjauh dari rumah😦

3. Solusi Patah Hati

Ini alasan tercemen tapi bener banget. Jadii.. Saat gue liat lowongan kerja “jurnalis surat kabar” di koran, mata gue langsung berbinar-binar. Maklum, saat itu, gue baru beberapa minggu putus dari mantan pacar terserius dan terlama, yang tentu aja bikin hati hancur berkeping-keping😀 Jadi dalam kondisi 64l4u, gue ngeliat lowongan kerja di surat kabar ini sebagai jalan keluar dari masalah-masalah gue.

Kenava? Soale jadi jurnalis surat kabar identik dengan kerja, kerja dan kerja. 24 jam/hari, 7 hari/minggu. Buat gue, itu adalah solusi terbaik untuk menghilangkan segala kegundahan hati. Gue berharap, dengan working like a dog, gue bisa melupakan rasa nyeri di hati *ceileh bahasalo Ra* Apalagi, koran gue itu koran sore yang deadline-nya pagi sampe siang. Jadi mau pulang semalem apapun, paginya harus langsung bikin berita. Beda sama koran pagi yang deadline-nya sore sampe malem.

Apakah benar gue kerja keras? Oohh benar sekaliiii… Sebagai anak baru di kantor yang kolot banget, gue abis deh dipelonco senior-senior. Ada senior yang jealous karena beberapa narsum lebih suka berhubungan sama gue bukan dia lagi. Ada yang gosipin gue ina-itu. Ada yang gak suka karena penampilan gue dianggap too much buat seorang jurnalis surat kabar. Pokoke macem-macem deh. 

Contohnya gini deh. Dulu kan ada acara I Like Monday di Hard Rock Cafe tiap Senin tuh. Nah karena anak baru, jadi gue yang disuruh liputan ini tiap minggu. Jadilah, setiap Senin gue liputan dari jam 11 malem sampe jam 1 dinihari, dan baru sampe rumah jam 2-an. Trus Selasa paginya jam 7.30 gue udah harus nongkrong di kantor ngetik. Abis itu, biasanya jam 10-an gue udah berangkat lagi untuk liputan macem-macem, sampe malem lagi. Nggak heran, baru sebulan kerja, gue udah kena tifus😀 Sekarang sih karena udah nggak jadi reporter lagi, jam kerja udah makin teratur. Lumayan lah.

Apakah patah hatinya berkurang? Lumayan sih, karena sibuuuukkk banget, gue jadi nggak punya banyak waktu untuk bengong dan mikirin urusan asmara. Trus, karena lingkup liputan lebih luas, jadi lebih banyak dapet gebetan kenalan deh. Lumayan buat pelipur lara, meski ujung-ujungnya mah kewongnya tetep sama temen kantor hahaha😆

4. Pengen merambah bidang lain selain hiburan/lifestyle

Kalo gue kerja di majalah lifestyle, pasti ujung-ujungnya ya bidang itu-itu aja. Di surat kabar, temanya kan general ya. Dan semua jurnalisnya harus mampu menguasai semua bidang itu. So far sih gue udah pernah ngerasain bidang ekonomi dan perkotaan termasuk kriminal. Tapi mungkin karena minat dan penampilan (lho?), gue tetep ditaro di bidang hiburan dan lifestyle.

Kalo kata orang kantor sih “Di sini nggak ada yang punya passion di bidang hiburan dan lifestyle selain lo Ra.” Jadi yah gitu deh. Tapi karena tiap hari rapat 2x sehari ngebahas materi dan isu-isu terkini, mau nggak mau, gue jadi paham lah dengan isu-isu di luar bidang yang gue tangani. Lumayan, kalo ketemu orang yang tahu gue jurnalis dan diajak diskusi ngalor ngidul soal politik, kriminal  atau ekonomi, Insya Allah bisa lah ngimbanginnya🙂

5. I love writing

Ini alasan kenapa gue gak mau apply di media elektronik (TV/radio). Dulu gue pernah mencicipi kerja di rumah produksi selama tiga bulan, and it felt like hell! Gue cuma bisa mengekspresikan pikiran dan isi hati via tulisan. Sementara di media elektronik, tulisan justru harus dibuat sesingkat dan padat mungkin supaya bisa pas dengan durasi tayang. Duuuhh.. Gak-gak-gak kuaattt!!!

Di surat kabar, kemampuan menulis menjadi syarat nomor satu. Sisanya adalah kemampuan networking sehingga dapet narsum oke, kemampuan mewawancarai, dll dsb. Beda sama media TV/radio kan?

Sayangnya, sekarang industri surat kabar, or in general, industri media cetak, mulai menurun. Bahkan beberapa surat kabar dunia udah mulai tutup kayak yang ditulis di wikipedia ini. Di kantor gue pun udah mulai terasa gejala-gejalanya. Yah mudah-mudahan aja gue masih bisa kerja di industri ini sampe pensiun nanti. Nggak ambisius banget ya? :D 

journalist

Anyway, terkait dengan kinerja yang tak mengenal waktu, gue jadi berempati banget sama Mitha Diran, copywriter yang meninggal setelah nggak tidur selama 30 jam. Maklum, dulu gue sering banget begadang demi ngejar deadline, liputan tengah malem *sering banget pas lagi di desk perkotaan/kriminal nih. Lagi enak-enak bobo, eh ada info bom meledak*, atau simply hang out sama temen-temen aja sih, hehehe😀

Setelah gue inget-inget gaya hidup gue saat itu, aduh rasanya pengen tutup muka deh. Udah begadang mulu, ngerokok kuat banget, makan gak teratur eeh gak pernah olahraga pula. Padahal, udah terkenal banget, wartawan itu identik sama stroke, diabetes, penyakit jantung, dan penyakit ginjal. Semua gara-gara suka begadang sambil ngerokok plus ngopi. Mungkin yang bikin gue lumayan sehat adalah karena gue gak suka minum kopi, teh, soda, dan alkohol *will write about this as requested by May*.

Therefore, if I could give advice to my younger self, I’d ask her to eat healthier, work out more, limit cigarette intake, and drink plenty of water. Trus begadang kalo nggak perlu-perlu banget, nggak usah. Jadi bisa balance antara kerja dan clubbing gitu😀

Okeh segitu dulu postingan perdana di #25themeswritingchallenge ini. Panjang juga ye, berhubung penulisnya bawel. Nantikan postingan berikutnya yaa🙂

26 thoughts on “#1 Why Working in Newspaper Industry?

  1. apakah sy pertamax??? hehehhehe
    tapi kerja di media itu emang asik ya mbak, bisa kenal sama banyak orang dari macam kalangan…. jadi networkingnya jadi luas….
    btw, ditunggu 24 tema lainnya:)

  2. Aku kok jadi pengen nambahin tema, ya: tulis dong, fakta seleb yg bikin kamu ternganga2 saking shock-nya, Ra. Well, gak perlu kasih nama asli, pake inisial,biar pembaca juga ikut senapsaran, hihi…

  3. Surat kabar meski mulai menurun tapi ada media penggantinya, internet. Jadi tenang aja Ra, ur job is save. Aku baru tahu kamu sekantor sama suami, it answered many of my questions (kepo)

  4. horeeee… akhirnya postingan ini muncul jg..
    sbg sesama pekerja media, i feel you, girl😀
    great writing as usual, ra..love it🙂

  5. oo gitu toh..hihihi ini menjawab penasaran gue juga mba Ir..kenapa dirimu jadi jurnalist..;))

    dan bagian liputan keluar negrinya itu loh…mupeeng banget akikaa…😀

  6. Bc critamu jd kangen masa2ku jd reporter dulu..smoga awet ya Ra di ktr mu ini, sampai pensiun kelak. Iri sih, kmu dan suami bisa krj di ktr yg sama. Sementara ktrku, ga boleh suami istri krj bareng. Jd aq terpaksa cuss deh, hiks..

    • Oh iyaaa dirimu dulu reporter juga ya Jen. Kenapa gak pindah ke media lain sih supaya bisa tetep jadi reporter? Wartawan itu kan pekerjaan yang gak bikin kaya secara finansial, tapi bikin kaya secara pengalaman *ceileh*😛

  7. Nomer 5 pas bangett hahaha. Pernah rasain yg di media elektronik. Pressure kalo inget “durasi” hahahaha..Sekarang sih udh gak di bidang ini.. Dan satu lg yg dipengen: punya kartu pers!😆 sayangnya pas kartu pers mau jadi, saya nya keluar T.T

    • Nah kan, bener kan. Toss dulu ah Mbak Elsha! Gue mati gaya euy di media elektronik. Gak bisa bebas berekspresi via tulisan. Keriting deh disuruh nulis sependek2nya, wong doyan nulis gini hahaha..

      Kartu pers itu kalo kata temen gue yang ex wartawan, adalah salah satu yang ngangenin dari profesi ini. “Kan kalo ditilang trus tunjukin kartu itu bisa bebas Ra,” begitu katanya. Hahaha.. Padahal sekarang mah gak sakti-sakti banget kaleee kartu itu.. Gue aja pernah ditilang koq🙂

  8. Salken. Suka deh sm tulisan2nya. Gw pengen bgt jd journalist, pas keterima di satu harian, pas dapet beasiswa. Sm nyokap lgs dihasut bw ambil beasiswa aja. Eh keterusan sampe sekarang. Bye bye dah impian masa lalu (?) jd reporter.

  9. Asik ya mbak jadi Jurnalis, bisa ketemu banyak orang, bisa update info terus. Semoga sukses terus ya mbak Ira, seperti kata mbak Novi walau pamor surat kabar sekarang udah mulai menurun, tapi berita di media elektronik seperti internet masih diminati banyak orang😉

  10. Pingback: Impian Belum Sampai | The Sun is Getting High, We're Moving on

  11. Pingback: Zodiak dan Putus Cinta | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

