Reply or Not Reply?

Waktu belum punya blog, gue suka nyangsang ke blog orang karena ngegugel sesuatu. Dari situ, gue suka blogwalking dan kadang-kadang, ninggalin komen. Trus, kalo sempet, gue suka penasaran balik ke blog itu lagi dan cek, komen gue udah di-reply belum, hihihi..

Kalo di-reply, rasanya seneengg banget deh. Berasa kayak fans kirim surat ke idola, trus dibales gitu. Apalagi kalo balesnya keliatan niat banget, bukan sekadar basa-basi pendek kayak “Thx” gitu-gitu. Pasti gue jadi rajin balik ke blog tersebut untuk baca-baca dan komen-komen lagi. Meski misalnya postingan si blogger biasa-biasa aja, tapi gue ngerasa ada kedekatan karena “yay, dia pernah reply komen gue lho!”. *sok ikrib :P*

Kalo nggak di-reply, gimana? Secara anaknya traumaan, gue biasanya jadi males ninggalin komen di blog itu. Pikiran gue “Ah males banget nggak ditanggapin, mana gue udah komen panjang-panjang pula. Ngapain ah capek-capek komen, dicuekin gitu. Malah mungkin aja komen gue nggak dibaca. ” Cetek yes? Maklum, gue gak tau kalo owner blog bakal terima notifikasi email tiap ada komen yang masuk😆

Nah, pas punya blog, gue berjanji pada diri sendiri untuk membalas komen-komen yang masuk ke blog. Dan, gue nggak cuma mau reply-an basbisbus doang. I always try to treat my blog readers as my new friends. Makanya, gue selalu seneng tuh, kalo nulis blog cerita tentang motor misalnya, trus ada yang reply dengan cerita pengalaman mereka seputar motor. Jadi kan semacam tukar pengalaman toh. Dan, tiap reply komen, gue selalu ngebayangin lagi asik ngobrol sama si penulis komen. Bahkan kadang kala sambil senyum-senyum sendiri, dan suka diliatin temen kantor. Menyenangkan deh, jadi seru sendiri😀

Tapi, menurut gue, reply komen secara personal itu emang butuh waktu dan mood khusus. Sounds lebay, but it’s so true, well at least for me. Soale, kalo mood gue lagi pas banget untuk reply komen, I can spend hours in front of computer to reply the comments one by one. Tapi kalo lagi terburu-buru di tengah kesibukan, mending gue gak reply deh daripada jadi jaka sembung bawa golok, alias gak nyambung.

Makanya gue salut sama blogger yang rajin reply komen, secara cepat, personal dan ramah kayak Koh Arman gitu deh *mention-mention sambil sok akrab*. Pernah suatu hari di WA Grup ngobrolin soal komen di blog masing-masing. Secara aklamasi, kita salut sama Arman yang selalu rajin reply komen secara cepat dan personal, padahal kegiatan dia juga banyak lho. Resepnya apa sih Man?🙂

Belakangan ini, karena gue lagi ribet banget sama kerjaan, ide untuk nulis postingan tidak berbanding lurus dengan ide untuk reply comment. Bener lho, gue lebih cepet nulis postingan daripada reply komen, apalagi kalo postingan tentang cowok-cowok kece😛 That’s why gue jadi telat mulu nih reply komen-komen yang udah ada. Maaf ya mentemen🙂

Btw, this is purely my personal opinion ya. Banyak koq blogger yang memutuskan untuk tidak mereply komen di blog mereka karena menganggap “blog aing, kumaha aing. Nggak boleh protes.” Atau “yang penting semua komen udah gue baca, gak direply gpp kan?”.

Ya itu terserah aja sih karena menurut gue, tiap orang punya opini dan perspektif pribadi masing-masing. Nah, kalo gue kan punya prinsip “treat others the way you wanna be treated”. Jadi, berhubung gue hepi kalo komen gue di blog seseorang di-reply, nah komen-komen di blog sendiri pun gue berusaha reply satu-satu (kalo ada yang kelewat, biasanya gara-gara mata sayah error). Pamrih banget, I know😆

Udah ah segitu dulu rambling-an siang ini. CU next time!🙂

59 thoughts on “Reply or Not Reply?

  1. iya ih lama komenku seribu tuh gak kau balas-balas , ish .Sebel ih. *sok pundung mutung* Ihik Ra, aku sih gatel tiap ada yg komen pengen balas. Dan itu godaan terutama di saat hectic begini jadi ku-off kan coment. Kalo komen di tpt orang kan bisa dibatasin waktu, lah kalo di blog sendiriiii, setiap komen bikin pancingan baru buat aku ngomong dan ngomong dan ngomong lagiiiiii

    • Hahaha.. Lo tuh hebring amat sih Ndang, sampe off-in comment supaya gak terganggu!😆 Gue jadi penasaran, kalo kita ketemu, berdua doang bakal kayak ada 10 orang kali ya, secara dua-duanya bawel😀

  2. Hehehehe… I feel you. Gue pernah komen yang niat banget di sebuah blog. Tapi kemudian ngga ditanggepin. Sementara gue liat reply-an orang yang ngga niat malah ditanggepin. Mungkin karena gue bukan temen dari si pemilik blog yah. Akhirnya gue ngga pernah komen-komen lagi di blog dia. Eh sekarang ternyata untuk masuk blog nya pun harus orang-orang yang ter-register. Blaahh… Situ ngetop?

  3. Duh, Ra. Akhir-akhir ini gw juga jarang bales reply. Bukan karena apa-apa sih, ya kayak yang loe bilang tadi karena gak sempat membalasnya lagi banyak kerjaan. Tapi Baiklah, gw akan coba bales komen satu per satu deh. resolusi tahun depan : membalas sekurang-kurangnya 90% dari komen dalam tempo waktu paling lama seminggu *berasa bikin quality objective*

    • Hahaha.. Iya Ndah, gue juga sering gak sempet reply. Makanya numpuk banget nih, tapi gue tetep berniat bakal bales satu persatu. Bukan karena gue pengen sok nice, tapi ya karena emang gue suka koq. Ibarat disapa orang, apa susahnya sih menyapa balik, ya nggak?🙂

  4. embeeerr bener kalo di balas reply-an komen dari bloggernya itu rasanya gimanaaaaaaaa gitu.
    Hahahahahahahaha, dulu waktu jaman masih punya blog juga rajin balesin satu² (kayak yang banyak aja)

    daaannn kalo blog temen sendiri udah komen tapi ga direply tuh rasanya agak menohok hati #halah
    perasaannya, kok ga dibales sih kan kita temenaaaaaan T_T

    • daaannn kalo blog temen sendiri udah komen tapi ga direply tuh rasanya agak menohok hati #halah
      perasaannya, kok ga dibales sih kan kita temenaaaaaan T_T

      Hahaha.. Curcol nih yeee😀

  5. halo mbak ira,

    salam kenal🙂 saya suka blog walking juga nih. dan bener banget, rasanya kalo dibales apalagi dimampirin blognya senang sekali (eh tapi bukan maksud terselubung yak! hihihi). rasa senengnya serasa punya temen baru aja di dunia maya.

    tapi setuju juga, ngebalesin dengan jujur (bukan asal jawab aja) itu kadang butuh niat sama mood.
    mending sekalian tunggu moodnya dateng dulu aja ya😀

    • Halo Mbak Lia, salam kenal juga🙂

      Hahaha… Maksud terselubung juga gpp Mbak. Kalo gue emang suka jarang komen di blog orang karena dari BB/tab syusyeh (or in other words, akyu gaptek hihihi :P). Tapi kalo blogwalking atau mampir balik, kadang-kadang disempetin sih🙂

  6. yah kayak yang lu bilang, gua juga merasa kalo orang nulis komen itu sama kayak orang ngajak ngobrol. jadi kalo gak direply itu sama kayak orang ngajak kita ngomong tapi kita cuekin. berasa ngomong ama tembok. padahal gua bukan tembok kan? gua kan orang ganteng… huahahaha😛

    jadi ya karena itu kalo ada orang komen di blog gua, gua selalu reply.🙂 biasanya gua tiap pagi selalu rutinitasnya ngecek email dan bales2in komen dulu. kecuali kalo ada kerjaan urgent ya baru gak bisa bales komen. hehehe.

  7. tulisan sungguh menggambarkan jeritan hati gue.
    pokonya setuju pisan lah sama semua yang ada di sini. Kan diem2 gue suka sedih gitu deh kalo komenku gak dibales, hihihihi. Tapi trus tyt bales komen pun butuh waktu dan energi yg lumayan juga ya

    • Kan emang idenya didapet dari obrolan kita di WA Group dulu Rik🙂

      Iya bales-balesin komen itu butuh mood dan energi banget. Apalagi kalo udah numpuk dan beda-beda tema. Jadi kudu channeling dulu sama postingan dan komen yang mau direply. Takut gak nyambung hahaha😛

  8. ih, nggak tahan buat komen. kalo saya sih, selalu menganggap orang yang mau ngebalesin satu persatu komen meski nggak kenal/bukan temennya, itu menandakan dia orang yang rendah hati dan asik aja. dan biasanya sih, orang yang rendah hati itu ternyata justru orang yang “berisi” plus, berarti dia mau menghargai orang lain yang menyempatkan baca celotehannya dan menyempatkan untuk meninggalkan jejak. dan, saya malah mending ngeliat blog yang secara konsisten SAMA SEKALI nggak pernah ngebalesin komen (meski dia kenal) lho, daripada dalam 1 postingan ada yang dia balesin, ada yang enggak. berasa kalo di dunia nyata pilih2 teman nggak sih? ehehehe…

    • Koq baca komenlo gue jadi GR sendiri ya bok. Hahaha.. *dilemparin recehan sama pembaca blog*

      saya malah mending ngeliat blog yang secara konsisten SAMA SEKALI nggak pernah ngebalesin komen (meski dia kenal) lho, daripada dalam 1 postingan ada yang dia balesin, ada yang enggak.

      Eh ini bener banget deh. Artinya tuh orang konsisten, hahaha😀

  9. Setuju banget mbak Ira.. Aku pun kalo ninggalin komen di blog orang trus gak dibales suka cidih2 gimana gitu hihihi makanya sebisa mungkin kalo ada yang komen di blogku juga pasti aku bales. Kayak berinteraksi sama temen baru aja. Semakin sering interaksinya (walau hanya di kolom comment) kan bisa memperkuat hubungan pertemanan. Menurutku sih gitu😀

    • Semakin sering interaksinya (walau hanya di kolom comment) kan bisa memperkuat hubungan pertemanan. Menurutku sih gitu

      Menurutku juga gitu koq Li. Makanya, dari dulu sampe sekarang kalo komen gue gak dibales di blog orang, masih suka sedih hahaha.. Dan itu bikin gue take my lesson sih. Kalo baca blog orang yang gak suka reply komen, ya gue gak bakal komen. Gue pilih komen di blog-blog yang ownernya ramah aja ah😛

  10. Itulah mak yang bikin gw demen ama blog ini, soalnya tiap komen selalu dibales, kadang2 balesan lo suka pengen gw bales lg aplg kalo topiknya seru hehe…

    Gw juga suka blogwalking blog2 lain, ada yang sama sekali gak gw baca komen2nya krn si blogger g pernah bales&isi komennya puji2an aja, berasa liat instagram artis deh..ada yg komennya bisa ratusan krn rajin ngobrol..dan pasti lah si pembaca berasumsi, gak bales komen=kurang ramah, padahal sih belum tentu gitu ya..

    Suka ada juga blog yg isinya informatif&(kayanya) ngetop tapi yg komen dikit banget, itu juga bikin males komen walopun gatel hehe..

    Tapi bener loh ninggalin komen itu ibarat kaya ngajak kenalan orang baru, kl g dibales pasti lgsg males&sebel, tapi kl dibales wah jadi semangat baca blog itu terus hehe

    • Hahaha.. Iya jadi berasa ceting di komen ya Lin😀

      Oh ya, ada ya blog yang isi komennya puji-pujian doang? Jangan-jangan sebenernya ada yang bukan pujian, tapi didelete sama ownernya kali hahaha *suuzon*

  11. Gue lagi belajar gimana bisa balikin komentar sebanyak lo Ra, makanya kadang-kadang ya daripada gue asal thanks doang mending gue nunggu sampai ada waktu. Tetap ya dikejar waktu. Btw aku pernah tuch mutung sama blogger, apalagi gue judgemental habis, komentar gue gak dibales. Tapi gue menghargai komentar lho, bagus kan ada yang baca, apalagi dapat komentar dari blogger sekondang lo, mbak Sondang RP, Mbak De, Mas Dani dkk sumpah gue kembang kempis seharian hahahahaha…

    • Iya, reply komen itu, apalagi kalo udah numpuk di beberapa postingan yang beda tema, bikin extra effort untuk bisa kasih komen yang nyambung lho Yas. Makanya, kalo lagi ada waktu lumayan lowong kayak sekarang ini, baru deh gue sempetin reply satu-satu. Soale kalo sambil buru-buru suka enteu puguh hehehe..

      Aih dibilang blogger kondangan, jadi maluuu :”>

  12. waaaaa, bener banget mbak saya udah 2 tahunan ini lo jadi pembaca setia beberapa blog trmasuk blog ini… tp suka ragu2 koment, takut dibilang sok akrab plus takut dicuekin…xixixix
    skr coba2 mulai aktif ngeblog, mdh2an ada yg kunjungin itu aja dl… krn blognya bahasannya cetek, jd g brharap banyak dikomenin hahhahaha #curcol
    g kayak blognya mbak ira yg gawoool gitu…😀
    oh iya ko Arman itu memang ramah bener euy….. salut dah

  13. aku pernah kapok komen di tempat orang….karena itu orang sukanya balesin komen orang yang terkenal aja (atau dia kenal) dan gak semua gitu. Berasa dia pilih2 teman gak sih?😦
    kalau aku sebisanya membalas komen ketika emailnya masuk….jadi kalau dia lagi OL bisa bales2an komen🙂 tapi kalau pas lagi gak sempet ya tahan dulu.
    Tapi suka sebel juga sama yang komen keliatan basa basi gitu, bukan teman ya….biasanya orang baru. kalau teman, biar basa, biar basi, aku tetep seneng🙂
    Nice post buuukkk!

    • Jangan-jangan blogger yang lo maksud samaan kayak yang dimaksud Tyas dan Hesti di atas ya Lu? Soale sama-sama tentang blogger pilih kasih, hehehe.. *tebak-tebak buah manggis*😛

  14. ko mba ira ngerti banget yaa…udah lama jg suka blog walking ke sini tapi ya gitu karena saya blogger yg pasif dan kalo mau komen suka takut ga dibales….ada rasa takut dibilang sksd, kepo;p…apalagi cm blogger pemula…nice post mba ira…:)

    • Hehehe.. Iya Mbak, aku juga dulu waktu belum punya blog dan baru punya blog, deg-degan untuk kasih komen di blog orang. Takut disangka SKSD dan takut sedih kalo gak direply hihihi..🙂

  15. Ah mba ira…lagi nyindir aku yaa? Hampir tiap hari aku buka blog mb ira cuma buat ngecek komen ku udh di reply apa belum.
    Hehehehe
    Seneng blog walking tapi ga punya blog. Dan blog mba ira Ɣªηƍ paling rajin aku buka
    #mujibiardikasihhadiahakhirtaun

  16. Dulu waktu era Multiply (masih blom move on juga), selalu ada waktu utk komen di blog2 orang2 dan bales2in komen orang di blog sendiri, kadang bales2annya udah gak kontekstual tapi tetep nagih utk buka si blog lagi dan lagi..
    Klo skrg, seneng bgt kalo ada yg baca tulisan gue dan komen, berasa dihargai banget krn udah meluangkan waktu utk baca tulisan dsb. Soalnya maklum bener deh skrg selain orang2 pada sibuk dgn aktivitas laen, juga social media makin bejibun, jadi pasti gak pada sempet utk update semua (terutama blog orang yg panjang tulisannya)

    • Klo skrg, seneng bgt kalo ada yg baca tulisan gue dan komen, berasa dihargai banget krn udah meluangkan waktu utk baca tulisan dsb. Soalnya maklum bener deh skrg selain orang2 pada sibuk dgn aktivitas laen, juga social media makin bejibun, jadi pasti gak pada sempet utk update semua (terutama blog orang yg panjang tulisannya)

      Setuju banget sama pendapatlo Vin! Makanya gue berusaha reply komen yang mampir di blog gue karena, hey that’s the least I can do to show my gratitude, right?🙂

  17. Akupun sering blogwalking ke sini wk..wk..wk
    Linknya udah masuk list follow storie diblogku , tapi sampe sekarang belum berani meninggalkan comment, karena masih membaca post mu yang tahun 2009, kalo belum khatam rasanya ngga ikrib banget🙂
    Tapi coz this post…akhirnya comment ini tercipta dunk, dunk, dunk..
    Same like the others this is one of your the NICE POST like the other nicest post :d

  18. hihihi…bener pisan ini, suka ngecek balik setelah ninggalin komen di blog orang, dibales gak ya? kalau dibales seneng banget🙂, dan bisa bete kl komennya kelewat dibales/memang ga dibales si empunya blog, haha…*sungguh sungguh sensi*

  19. Ngga cuma balesin komen di blog Ira.. termasuk komen di sosial media.. kalo yang dibales cuma orang2 yg deket atau kenal sama dia aja, kok rasanya pilih2 temen amat ya?.. hahaha.. *ada yg sakit hati komennya jarang dibales di sosial media*

    • Iya bener tuh Dit! Mending kalo dese seleb ya yang tab mention-nya bisa sampe ratusan. Kalo cuma sesama twitter user kayak kita gini, tapi gak pernah reply orang lain, bikin gondok ya cyiinn.. *lah curcol*

  20. Hai salam kenal. Ga tahan ga komen, maap. Tp kl mesti dibales satu2 apa ga cape y?? Apalagi kl komennya ga mutu (spt komen yg ini :D).

  21. ra, gw mamahnya fathya nih. akhirnya ktemu blog elo yg udah ramai diperbincangkan positif oleh ibu2 TK B2, hehehe. yg nemu blog ini juga laki gw gara2 lagi hunting SD buat fathya. naah jadi nadhira mau ke SD mana nih ceritanya? hehehehhhhhhhh

    • Hai Redhiiittt…

      Aduh tengsin gue blog abal-abal ini dibaca ibu2 BA. Bisa hancuurrr reputasiku di sekolah hahaha *tutup muka*

      Nadira belum tau nih SD dimana. Fathya bakal di EP ya? Gue naksir sih, tapi mihil bookkkk😦

  22. “Kalo di-reply, rasanya seneengg banget deh. Berasa kayak fans kirim surat ke idola, trus dibales gitu. ”

    Huahaha…aku bgt itu siy,norak ya. Postingan kali ini bener2 menelanjangi hatiku deh (duh,knp jd tambah norak). Tulisan bagus Ra

  23. “Bener lho, gue lebih cepet nulis postingan daripada reply komen, apalagi kalo postingan tentang cowok-cowok kece That’s why gue jadi telat mulu nih reply komen-komen yang udah ada.”

    >> woalaah mbak Ira, gak papa…. beneer deh gak papa….
    soalnya postingannya seger beneeeer… hihihihihihihi….😀
    #salahfokus😀

Leave a Reply

