Sorrow & Gratitude

Udah masuk bulan Desember, artinya bentar lagi mau tahun baru, dan umur gue bakal nambah/berkurang (depends on how you see it) bulan depan. Nggak kerasa ya, how time flies so fast🙂

To sum up, 2013 is not a really good year for my family, especially in financial matters. Mulai pertengahan tahun, ada beberapa kondisi yang bikin kita harus mengencangkan ikat pinggang (makna kiasan dan makna sesungguhnya karena celana gue emang pada kedodoran *somse :P*) dan menghitung ulang financial plan kita. Makanya Alhamdulillah banget gue memutuskan untuk beli motor karena, daily expense gue kepotong lebih dari 50% perhari dengan naik motor sendiri lho. 

Trus, ada ART issue abis Lebaran. Mbak pulper minta resign karena mau fokus ngurusin dua anak cowoknya yang ABG dan doyan tawuran. Abis itu, pengasuhnya Nadira juga berhenti karena ingin meniti karier jadi baby sitter. Untung, mertua mau menghibahkan ART pulpernya buat kita, sementara beliau cari ART baru. Risikonya, gue jadi lebih capek karena mbak ART pulper cuma datang dari pagi sampe siang. Urusan rumah dll jadi urusan gue+suami setelah dia pulang. Nadira dititip ke rumah mertua dan stay di rumah pas nyokap dateng atau pas gue libur.

Karena itu juga, gue akhirnya memutuskan untuk pake catering. Somehow, tahun ini gue baking and cooking blue banget deh. Ditambah ART pergi, yowis gue akhirnya pilih pake catering rantangan aja. Lagi pula, setelah dihitung-hitung, mending catering euy. Perhari, gue kena 34 ribu untuk 4 porsi. Kalo masak sendiri, gak cukup segitu😦

Pertama nyoba, dapet catering referensi dari temen yang rasanya hambar banget. Buset, masih mending gue masak begini kalo gitu mah. Abis itu, gue jajal yang lain, Alhamdulillah enak dan menunya variatif. Namanya Catering Ene, bisa ditelpon di 88979807 atau sms di 98569679. Berikut ini contoh menunya ya.

catering ene menu

 

Apalagi ya yang bikin tahun ini kurang menggairahkan? Kalo dipikirin terus sih masih banyak lah. Dari urusan keluarga, teman sampe kerjaan. Untung (duileh Jawa banget ya, apa-apa diliat untungnya), gue doyan baca, liat-liat sekeliling, plus kerjaan gue tiap hari berhubungan sama human interest. Jadi gue bisa liat bahwa masih buanyaaakkkk orang yang kondisi kehidupannya jauh di bawah gue.

Gue masih punya rumah dan tidur di kamar ber-AC, mereka boro-boro deh, kudu tidur di kolong jembatan. Gue masih bisa makan enak 3x sehari, mereka sekali sehari bisa makan nasi doang pun udah bersyukur. Gue masih bisa menyekolahkan Nadira di sekolah yang bagus, sementara di Papua, anak-anaknya susah sekolah karena guru-guru cuma dateng pas ujian atau malah gak dateng samsek. Yah gitu-gitu deh.

Karena itu, setelah mengeluh panjang lebar di atas, gue coba menuliskan beberapa hal yang membuat 2013 menyenangkan. Di postingan ini ceritanya tentang weight and fat loss dulu aja ya.

Udah bertahun-tahun, resolusi gue tiap Desember adalah untuk mengurangi berat badan. Tapi gagal mulu. Nah tahun 2012 kemarin, gue gak punya resolusi apapun, eh malah berhasil turun tahun ini. Alhamdulillah🙂

Yang seru, temen-temen kantor gue sekarang jadi terpicu untuk mengikuti gue. Tiap hari, ada aja yang datang ke meja gue untuk konsultasi soal berat badan, gaya hidup dan olahraga. Gara-garanya mereka melihat badan gue mengurus. Trus tiap pagi mereka liat gue makan buah, dan tiap siang makan gado-gado/pecel atau oatmeal+sayur+lauk. Ya gue sih hepi-hepi aja ya melayani konsultasi ini. Padahal pada gak tau aja, gue sendiri masih struggling nih untuk menghilangkan lemak tubuh😀

What surprised me more was when one of my colleagues told me yesterday that he had lost 10 cm off his waist, and 4kgs off his weight. Itu semua dia capai dengan rajin olahraga plus mengganti nasinya dengan oatmeal setiap makan malam. “Iya Ra, gue bilang ke bini gue, gue bisa begini karena konsultasi sama personal health coach gue, yaitu lo,” katanya. Aseli gue terbengong-bengong sendiri bok. Rupanya bener ya, action speaks louder than words. Gue gak banyak ngomong macem-macem (kecuali kalo ditanya), eh malah bikin impact ke kehidupan orang lain🙂

Dan temen gue itu, sebut aja si A, sekarang sibuk mempromosikan gue kemana-mana. Jadi, tiap ada yang bilang dia terlihat kurusan, A akan bilang kesuksesannya itu gara-gara konsul ke gue. Dan yak, nambah deh jumlah orang yang mendatangi meja gue tiap hari hihihi.. Gpp deh, secara di kantor gue sering kesepian karena gak ada temen gosip *nasib temen kantor laki mulu*

Kalo menurut gue, yang hebat dari kesuksesan A adalah dirinya sendiri. Kalo dia gak punya komitmen tinggi untuk mengubah gaya hidup dan pola makan, dia nggak akan sukses, meski udah konsultasi ke ahli diet termahal sekalipun. Soale banyak temen gue yang doyan tanya ini itu ke gue tentang weight loss, tapi gak ngaruh apa-apa karena mereka nggak mengubah gaya hidup mereka. Atau kenalan-kenalan gue yang udah ke dokter diet top atau beli H3rb4l1f3 mahal-mahal tapi nggak ngaruh karena mereka belum bisa mengontrol diri sendiri.

Intinya mah, kayak yang pernah gue baca di IG yakni “Your body can do anything. It’s your brain you have to convince.”  *jleb*

Anyway, ini ada lagu A Long December from one of my favorite bands ever, Counting Crows. Cocok banget deh dengan mood gue tahun ini. Mudah-mudahan tahun depan akan lebih baik ya. Amin🙂

Maybe this year would be better than the last…

16 thoughts on “Sorrow & Gratitude

  1. Ah baca posting kayak gini nih jd inget taruhan ama temen gw, feb kudu bisa turun…hmmm 5 kg.
    Keep posting mba ira, krn di tahun 2013 gw kenal blog ini dan sering ketawa ketiwi mikir dibuatnya

  2. Ra, makasih juga lho krn lo bbrp kali posting nyebut tentang pilates dan gw sekarang mulai ikutan pilates juga sama Rani di Sana Studio.. Aiihh lumayan banget ya Ra bikin badan jd lebih lentur, sayang lokasinya jauh dari rumah gw di Bekasi, jadi cuma bisa seminggu sekali aja deh gw🙂

  3. Mba ira.. Sikent reader nih, gara2 catering tp ga nahan unt komen. Kita samaan lhoo Cateringnya mba, wkwkw pdhl rmhku di pdk kopi.. Menu favku *udang mayo n sambelnya hihihi.. Nice posting mba🙂

    • Waahh bener nih Mbak? Toss dulu ah!

      Btw kemarin aku iseng tanya kurir yang anter ke rumahku. Dia bilang, dia anter ke rumahku, Pdk Kopi, dan Kalimalang. Wah berarti makanan kita dianter pake kurir yang sama! *gak penting amat ya :P*

  4. Soale banyak temen gue yang doyan tanya ini itu ke gue tentang weight loss, tapi gak ngaruh apa-apa karena mereka nggak mengubah gaya hidup mereka. Atau kenalan-kenalan gue yang udah ke dokter diet top atau beli H3rb4l1f3 mahal-mahal tapi nggak ngaruh karena mereka belum bisa mengontrol diri sendiri.<— mamak ira ini kok gw banget yah *nunduk, untung blom buang2 duit buat sewa trainer/suplemen2 hehe

    Gw agak kecewa sih ama diri gw krn g bs istiqomah dlm pengurusan badan inih..hrs lebih memecut diri nih biar ky lo 😤 thumbs up deh mak 👍

    • Hahaha.. Semangat Liinn.. Gue juga lagi drop banget nih semangat makan sehat dan olahraganya. Makanya lagi bolak-balik memotivasi diri untuk back on the right track. Yuk kita bareng-bareng yuukk🙂

  5. “Gue masih punya rumah dan tidur di kamar ber-AC, mereka boro-boro deh, kudu tidur di kolong jembatan. Gue masih bisa makan enak 3x sehari, mereka sekali sehari bisa makan nasi doang pun udah bersyukur”

    Walopun ga nyambung sama inti postingan, tapi somehow kata” diatas sangat menggampar Mbak. Lately soal kerjaan sangat luar biasa bikin stress (blame myself yang selalu masukin hati semua kondisi…hehehe)

    Tapi aku harus beneran sadar ya, bahwa biarpun galau, masih bisa galau di kafe. Mau mewek masih bs mewek di kamar sendiri. Stress sama kerjaan, masih bisa makan enak dll.

    Somehow I hope that I know you in real sih : )) Sepertinya dikau orang yang sangat rasional dan bisa membuat orang bersyukur.

    Cheers, Mbak!

    • Iya Ra, IMHO, we need to see these things to keep us grounded. Kalo terus-terusan liat ke atas, hidup gak akan pernah cukup kan. Gue kalo lagi sedih, bokek, galau, etc, biasanya berusaha inget-inget those unfortunate people yang pernah gue temuin waktu liputan perkotaan dulu. Lumayan buat bikin diri sendiri untuk inget bersyukur🙂

      Btw, I see that you have a blog now. Yay! Kapan-kapan kita kopdar yuk. Sambil makan-makan tentunya hahaha😀

  6. nyeeehehehehehehe… gw termasuk korban herb4lif3 yang gagal nurunin berat badan gara-gara terlalu males untuk ngeblender! emang sih bisa dishake, tapi enakan diblender ama buah, tapi pemalesan! Halah! muter-muter ga keruan🙂 yaudahlah, bersyukur aja dulu dengan BB ndut segini😛 *ngeles*

    • Hahaha.. Kalo gue nggak pernah coba Herb4l1f3 simply because I don’t wanna spend my money on dietary supplements. Maunya yang gratis2 aja *mreki*😛 Dan mengubah gaya hidup itu gak perlu beli macem-macem obat, cuma butuh niat doang🙂

  7. mba Ira😀 ..sebenernya aku jg ngiri ngeliat body mba Ira yg makin mengurus dan jd terpacu buat bener2 diet pake olah raga. Slama ini diet atur pola makan aja (yg mana cm bertahan beberapa minggu doang) , baru turun 3kg aja udah langsung jumawa..eeehhh, liburan 3 hari naiknya 5kg -___-. Trus, terinspirasi jg sm blognya sesorang yg nulis ttg muaythai, jadilah skrg ak mulai rajin muaythai (baru 4 kali sih), lumayan deh, walaupun baru turun sekilo, dan belum keliatan kurusan, tp pipi udh menirus, lengan mengecil (kebukti sm baju lengan panjang yg udah lama terbengkalai krn gamuat di lengan, skrg udah muat lagi), dan perut kecilan. ini kiloan belom banyak turun tp efek enaknya udah ke seluruh tubuh. Yg paling pnting adl, ak jd ga gampang ngantukan :)))). jd emang kalo nurunin bb itu paling oke kudu pake olah raga, efek jangka panjangnya berasa banget :)). Makasih loh mba Ira, ud bikin aku ngiri dan terpacu😀 hehehehe

    • Waaahh hebatt Mbak! Watermelon, semangka!

      Aku juga lagi berusaha memotivasi kembali diri sendiri nih, karena lagi drop semangat olahraga+dietnya. Sebel deh. Yuk mari songsong tahun baru ini dengan semangat hidup sehat lagi *kata-katanya kayak di spanduk kampanye ya*😀

      You’re most welcome Mbak, seneng deh kalo bisa menularkan virus yang baik ke temen-temen🙂

Leave a Reply

