Remember the Name

Waktu mulai ikut pilates sekitar 7 bulan lalu (wow udah lama juga ya), ada beberapa hal yang gue kagumi dari instruktur gue, Rani. Selain bodinya yang nyaris zero body fat dan ketekunannya mengajar pilates, 1 hal lain yang bikin gue kagum adalah kemampuannya mengingat nama para muridnya. Serius lho, Rani ini inget semua nama murid-muridnya.

Padahal, meski kita latihan pilates per 10 sesi, tapi kan suka ganti-ganti personel. Dan dari pertama kali kenalan, biasanya Rani bakal langsung hafal nama-nama muridnya. Bahkan di kantor FD pun, dia hapal tuh semua nama+muka karyawannya. This is amazing karena gue tau, selain ngajar di FD, Rani juga ngajar buanyaakk banget murid. But she remembers everyone’s names.

Mengingat nama orang adalah tantangan tersendiri bagi gue. Iyaaa.. Gue segitu dudulnya deh kalo disuruh inget-inget nama. Padahal, tiap kali kenalan sama orang, gue selalu berupaya keras untuk mengingat namanya. Ndilalahnya, kudu balik nanya lagi dan lagi karena eikeh lupa cyin. Kalo menurut ilmu psikologi, kondisi ini namanya lethologica. Tapi kayaknya gue gak separah yang dideskripsikan sih, apalagi kayak di gambar di bawah ini😀

Yang menurut gue aneh, gue sering lupa nama orang but I remember every single details about that person. Misalnya gini nih: “Ini orang kan temen SD gue, yang dulu duduknya sama si A, ke sekolah suka naik sepeda, sepatunya warna putih garis-garis, tasnya gambar Snoopy. Trus dia punya kakak yang ganteng banget, rumahnya di daerah X, dulu ada pohon mangganya, dst dst.” Tapi gue lupa namanya aja gitu😥

 

Nyebelin ya cyiinnn… Apalagi gue yakin seyakin-yakinnya, orang bakal impressed dan ngerasa dihargain kalo orang lain inget namanya. Soale gue juga suka surprised, impressed dan GR sendiri kalo ada orang lain inget nama gue, terutama kenalan baru atau kenalan lama yang bertahun-tahun gak ketemu.

Makanya gue salut sama orang-orang kayak Rani yang jagoan inget nama-nama orang lain. Atau mereka yang kerja di hospitality industry, yang selain kudu ramah, juga kudu hafal nama klien dan customer. Kayak hairdresser di salon, pegawai hotel, dll dsb. Bahkan di Hotel Mulia, salah satu isi training untuk karyawannya adalah mengingat nama-nama tamu yang menginap lho. Nggak cuma resepsionis  doang, tapi cleaning service bahkan satpam pun kudu inget. Gile beneeerrr…

Gue tau sih, biasanya orang akan hafal nama orang lain atau kenalan baru jika si X ini punya sesuatu yang unik. Misalnya, rambut dese warna merah terang, tindikan segabruk, extremely pretty/the other way around, skinny/the other way around, dll dsb. Hal lain yang bisa ngebantu adalah proximity, alias kedekatan. Misalnya, nama kenalan baru ini mirip nama kakak/adik, mukanya mirip sama mantan (wah kalo yang ini gaswat bok, memancing CLBK dong), dll dsb.

Gimana kalo yang ditakdirkan berpenampilan rata-rata, gak punya tindikan, tato, dan sebagainya? Yah terima nasib deh. People will hardly notice or remember your name *sniff*

Berikut ini ada tips yang mungkin bisa ngebantu supaya kenalan baru langsung inget namalo ya. Cekidot:

1. Saat kenalan, sebutkan namalo dengan jelas dan lantang. Kalo perlu berikan sentuhan pribadi. Misal: “Halo Mbak, nama saya Budi. B-U-D-I. Iya, kayak Budi adiknya Wati itu lhoo..” *then she’ll remember you as Budi the jayush guy. Not bad, eh?*

2. Sebut nama sendiri berkali-kali sebagai pengganti kata “aku, saya, atau gue” dalam percakapan. Mau contoh? Kalo nonton infocemen, pas ada Donny Kesuma, nah itu dia contoh yang cihuy.

3. Gantungkan name tag kantor di dada kemana-mana, atau kasih kartu nama ke sang kenalan baru. Buat gue yang sering lupa nama orang, name tag atau name card itu ngebantu banget. Jadi pas gue mau nyebut nama orang tersebut, gue tinggal lirik name tag/name card-nya aja. Cespleng!

4. Kalo namalo pasaran, selain memberi sentuhan pribadi yang garing-garing gimanaa gitu (look at exhibit 1), consider changing your name with something more spectacular. Silakan konsultasi pada Agung Yulianto alias Ki Joko Bodo atau Deddy Cahyadi Sundjoyo alias Deddy Corbuzier yaaa…

5. Capek namalo dilupain mulu sama temen/kenalan? Nah begitu punya anak, kasihlah nama yang kece bin keren supaya diinget orang. Sesuaikan juga dengan kondisi zaman. Kalo anaklo lahir di zaman modern kayak sekarang, kasih nama yang tradisionil deh. Kelak di saat dia dewasa nanti, orang akan lebih gampang inget karena nama dese beda sendiri dan bisa jadi, mengingatkan mereka akan nama-nama leluhur di masa lampau. *lah jadi spooky ye*

Segitu dulu ah postingan kali ini. Emang deh, di saat hati sebenernya gundah gulana karena bokek, yang keluar malah postingan-postingan aneh kayak begindang. Kamuflase statusisasi hati kayaknya bok😀

Anyway, ada yang mau nambahin tips-nya? Feel free to give your comment below🙂

24 thoughts on “Remember the Name

  1. Ra, dulu waktu aku di bank, semua CS/satpam/teller/tea lady biasanya punya foto2 cust priority banking hehe.. ya itu foto di apalin deh, sangking hapalnya sampe bisa hapal kebiasaan mereka yang kadang2 suka nyolong majalah hahaha.

    btw…. mba Rani itu gka mau punya pilates di medan yaa🙂

  2. Katanya, ini tergantung jenis kecerdasan seseorang, Mbak. Mungkin Mbak punya kecerdasan visual, jadi ingetnya hal-hal detil seperti dia pake baju apa, warna rambutnya apa, rumahnya gimana. Ada orang yang kecerdasannya, kecerdasan matematik. Jadi, inget banget sama numbers (semua no. rekening yang dia punya, dia inget). Nah, mungkin orang yang bisa nginget nama orang ini jg jenis kecerdasannya beda, walau saya gak tau persis jenis kecerdasan apa ini.😀

  3. Sepakat laah ama jeung Mirna. Kalo saya, udah lupa nama, lupa ciri khas, lupa sagala macam. Haduh, kecerdasan mana aja kagak ada yang outstanding Bu, hehehe… Btw, o iya, kenalin mbak, nama saya Nurul, N-u-r-u-l. Nurul ya, Gak pakai Arifin loh yaa… *jayuuuusss*

  4. kalo gue terbalik ra. Namanya gue inget. Kadang sampe plek nama lengkapnya juga gue hafal. Tapi…..gue lupa mukanya, huahahahahahahah. Jadi sering banget kejadian gue dituduh sombong krn papasan sama orang dan gue melenggang aja nggak pake negor. Padahal mah itu karena gue nggak inget itu siapa, hahahahahah. Dan ini biasanya kejadian ke orang-orang yang kenalannya selewat doang.

  5. hahaha iraa iya kalo gue mirip sama Erlia, hafal nama sampe ke nama panjangnya, karena kalo kenalan ama orang biasanya pas nanya no hp gue simpen selengkap2nya di phonebook hp tuh namanya… trus pas gue SMA, ada satu guru yang kalo manggil kita pas absen, bagiin ulangan, sampe ke tulis nama di kertas ulangan HARUS nama lengkap, makanya kita sampe hafal luar kepala bahkan urut2an hahahaha

    • Ya ampuunn.. Hebat amat lo nyimpen nama lengkap orang di phonebook HP. Tapi bagus juga ya, jadi gak bakal ketuker antara Dian A sama Dian B. Lebih oke lagi kalo ditambah ciri2nya misalnya “Dian Tompel” atau “Dian Jangkung”😀

  6. Aku biasanya kalo kenalan dan gak yakin how to pronounce someone’s name, aku tanya “how do you spell it” atau “how do you write it”. Ato cara lain, habis kenalan, aku tulis/catat namanya. For me, writing something or reading something does magic to the brain way better than just listening.

    Nginget nama ini penting bgt buat aku, soalnya tiap hari meeting sama kontraktor yg representative nya ganti2 muluk….kalo ga inget, pas perlu sesuatu bingung manggilnya

    • For me, writing something or reading something does magic to the brain way better than just listening.

      Ah so true, Nov! Baiklah, aku akan mengikuti metodemu untuk mengingat nama orang lain kali. TFS yaw!

  7. Gue bangeeeeeeeeet….jangan kan ketemu temen lama….setaun ga sekelas aja gue uda lama nama tuh orang siapa😐. Inget sih dia dulu sekelas tai inget inget namanya susyeee bener gitu ya. Gue ampe parno nih jangan jangan otak gue kenapa napa😦 *lebayatun*

  8. ——I remember every single details about that person. Misalnya gini nih: “Ini orang kan temen SD gue, yang dulu duduknya sama si A, ke sekolah suka naik sepeda, sepatunya warna putih garis-garis, tasnya gambar Snoopy. Trus dia punya kakak yang ganteng banget, rumahnya di daerah X, dulu ada pohon mangganya, dst dst.” Tapi gue lupa namanya aja gitu ———dia diinget banget karena kakaknya ganteng banget kan Ra? iya kan? *nuduh*

    kalau aku… suka lupa sama wajah orang, terutama yang kenalan sepintas lalu, tapi biasanya inget nama sih. itu yang bikin orang mengira aku sombong 😦

  9. Wah, ini saya banget x_x
    Ga hanya lupa nama, tapi hampir semuanya. Kayanya gen pengingat saya diambil semua sama Mbak Ira x_x
    Pernah kenalan sama satu orang dalam rombongan keluar kota. Gini prcakapannya:
    “Jadi lo kerja di media X yang online apa majalah?”
    “Gue di…” (pas dengerin sambil bersihin pasir yang nempel di kaki karena lagi di pantai)
    Pas selesai bersihin pasir, terus posisi duduk, mandang dia lagi.
    “Jadi, di mana kerjanya?”
    Deym, asli lupa. Jawaban dia terhapus pas lagi bersihin pasir di kaki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s