Cashless Society?

Beberapa tahun belakangan ini, dompet gue lebih banyak dihuni oleh kartu ATM, kartu kredit dan kartu-kartu membership, ketimbang duit. Bukannya karena bokek ya (padahal mah iya, apalagi kalo pertengahan bulan :P), tapi gue ngerasa lebih aman begini. Jadi begitu butuh duit dikit, langsung ke ATM. Secara ye, sekarang ATM ada dimana-mana dan terkoneksi satu sama lain. Beda banget sama 10-15 tahun lalu dimana lokasi ATM adanya di ujung berung, dan cuma tersebar di beberapa titik aja.

Trus kartu ATM ini juga bisa dipake buat kartu debit, plus suka ada promo diskon/bonus segala. Gimana nggak tambah endeus? Kalo saldo di ATM udah menipis, mari kita pakai kartu kredit. Jadinya dompet enteng, dan gue pun jadi bagian cashless society. Tsah gayalo Raaa.. :D 

cashless society

 

 

Tapi ye, pas gue hitung-hitung, koq sistem pembayaran kayak gini kadang bikin gue lebih boros. Soale bentar-bentar ke ATM. Bentar-bentar gesek. Begitu terus. Belum lagi kalo belanja online, bentar-bentar transfer deh😛

Beda banget sama awal-awal merit dan pindah rumah, dimana gue pake sistem cash yang ditaro dalam amplop. Suami kasih jatah bulanan sekian dalam bentuk duit cash. Semua langsung gue bagi-bagi. Jadi kalo duit kurang, tinggal ambil di lemari. Dan karena bentuk fisik duitnya keliatan, jadi begitu tinggal dikit, langsung was-was😀

Trus kemarin baca di akun twitternya LiveOlive yang ini dan lagi disebut-sebut tentang #30DaysChallenge #LivingwithCash. Nah gue keinget metode cash first, cards second yang gue pilih dulu. Trus jadi pengen ikutan deh. Belum dicoba sih, secara minggu ini gue masih ada belanjaan online yang kudu diselesaikan. Trus minggu depan gajian yang berarti kudu bayar segala tagihan via ATM. Jadi mungkin awal Oktober aja dicobanya🙂

Gue mengakui, jadi bagian dari cashless society itu banyak keuntungannya. Lebih ringkes, lebih efektif dan efisien, dan lebih aman. Faktor terakhir itu penting banget karena misalnya gue mau beli barang 10 juta nih. Bakal lebih enak kalo bayarnya ngegesek ATM/kartu kredit dibanding gue bawa-bawa duit 10 juta ya gak? Kayaknya riweh gitu.

Tapi apakah faktanya benar begitu? Ternyata punya kartu kredit juga gak aman-aman banget lho. Kayak yang gue baca di artikel LiveOlive tentang tips agar nggak jadi korban penipuan kartu kredit. Di situ disebutkan bahwa menurut Visa dan MasterCard International, Indonesia menduduki peringkat kedua dalam hal penipuan kartu kredit di dunia.  Wow! *shock*

Trus musti gimana dong? Nah di artikel tadi ada 5 tips yang dibuat oleh LiveOlive berdasarkan survei dan wawancara ke beberapa merchant. Yang paling jleb buat gue adalah nomer 2, yakni jangan sembarangan membuang struk belanja yang menggunakan kartu kredit karena di situ ada nomor kartu kredit kita. Laah gue sering begini, karena kalo disimpen semua, dompet eikeh gendut bener. Waduuhh.. Besok-besok dibakar aja dulu kali ya? *panik*

Anyway, buat yang lagi ikut tantangan #30DaysChallenge #LivingwithCash good luck yaaa… Gue mungkin bakal nyoba #7DaysChallenge #LivingwithCash dulu deh awal bulan depan. Mudah-mudahan bisa konsisten ah. Watermelon!

*bye bye online shopping*

17 thoughts on “Cashless Society?

  1. Aku masih keukeuh punya rekening tabungan yg ga ber-ATM tuh Mbak. Soalnya kalo pegang ATM tuh berasanya duit habis langsung narik, abis lagi, narik lagi, abis lagi, narik #kolor deh . Jadi ga ngerti udah spend berapa. Pengen pake metode amplop2an itu, tapi masih blm berani, Takut tengah bulan pening krn ga ada isinya😛

    • Ih hebaatt.. Berarti gak pernah belanja online dong? Salut iihh.. Gue tuh kecanduan bgt sm online shop hahaha😀

      Gue jg punya sih rekening yg gak pake ATM. Tp khusus untuk rekening yang buat dana darurat aja. Takut kepake🙂

  2. berasaa benerrr cashless society😀. karena emang ga ada duitnya sih wkwkwkw.
    Habiss sering males juga kalo pake cash. Ke minimarket ajaaa, sering ga ada kembalian recehan😀, kalo ada kembalian pun pake modus sumbangan yaaang sering banget tuh kasirnya kelupaan dimasukin ke bonnya dengan alasan banyak banget. Malessinnn kan?

    • Eh iya bener tuh. Kalo ke SPM, sering banget gak ada kembaliannya, trus pake modus sumbangan. Ya gue sih gpp ya, jadi pembulatan ke atas, asalkan bener-bener disumbangin. Kalo ternyata nggak kan nyebelin juga😦

  3. Baru aja gue nulis tentang betapa pemalasnya gue bawa duit cash di dompet akibat males ke ATM dan suka merasa takut abis kalo bawa duit cash *padahal kalo ngedebit rajin zzz* tapi sering kena batunya jadi repot pas ga bisa debit. dompet gue juga tebel bukan karena duit cash tp struk belanja haha, tapi emang harus disobek2 kecil ra sebelom dibuang.

    • Iya biasanya sblm dibuang, saya sobek2 dulu… Bahkan mungkin stay beberapa hari dulu di dompet krn akan ditulis di buku catatan.

      Saya punya kebiasaan ini sejak SMP mbak: Catat pemasukan bulanan dan pengeluaran harian, even itu cuma parkir motor/mobil. trus di-stabilo jd 2 bagian: Pengeluaran penting (hijau) pengeluaran ga penting (pink/kuning). Kenapa gt? Sesuai filosofi lampu lalu lintas (halah :p ) warna hijau means ya GO BUY IT krn emg butuh smntra kuning/pink means I WANT IT BUT DONT NEED IT YET. Pas di-review lg saya sering kaget, krn ternyata lebih sering spend utk WANT daripada NEED haha.

      At least walopun akhir bulan, ngga nyampe ngutang lha.. Hehe

      • Aku dulu seringnya nulis di memopad BB, Mbak. Sampe yang printilan pun dicatet. Tapi mungkin karena plain aja, gak keliatan mana yang need dan want ya. Besok2 ngikutin tipsnya Mbak Grace deh pake stabilo. Supaya keliatan beda kebutuhannya🙂

    • Hahaha.. Iya Din. Gue juga suka gitu. Duit di dompet palingan 100rb-200rb dan receh2an gitu. Kena batunya giliran ada Bu RT dateng mendadak, nagih iuran. Sementara ATM deket rumah lg rusak. Gaswaatt😛

  4. aku pake sistem amplop, diajarin suami😀 itu juga gegaranya pake sistem jatah atm tapi malah tekor mulu. gimana ga tekor, lokasi atm nya di tempat belanja😀

    ya kadang bolong seh, belum bisa kaya suami yang disiplin banget, malah sering surplus dianya😀 tapi sejauh ini lebih aman ketimbang sistem atm.

    • Iya nih gue juga kayaknya kudu mulai deh Mak. Soale pake sistem ATM emang menekorkan banget *halah bahasanya ala Vicki :P* Kalo gue, lokasi ATM ada di gedung kantor. Jadi lincah banget kan buat transfer ke online shop-nya hihihi😀

    • Ih hebat atuh Wor. Kalo emang bisa, gitu aja terus. Kalo gue sih, punya CC dulu awalnya buat jaga-jaga kalo kudu ke RS darurat dan lagi gak ada duit cash. Gitu-gitu deh. Meski sekarang ujung-ujungnya buat belenjes juga😛

Leave a Reply

