Duren Oh Duren

Buat masyarakat Asia, terutama Asia Tenggara kayak Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Singapura, duren adalah buah idola. Bahkan banyak yang bilang duren itu = king of fruit. Meski luarnya serem tapi dalemnya legit. Jadi duren itu pas dengan pepatah “Don’t judge a book by its cover” ya gak sih?

Gue sendiri cukup suka sama duren, tapi nggak ngefans berat. Kalo ada, ya gue makan. Kalo nggak ada, ya nggak gue cari. The same thing goes to chocolate. Gue suka coklat, tapi kalo nggak ada, ya nggak sampe nyariin gitu. Biasa-biasa aja sih.

Selain buah duren yang dimakan apa adanya, gue juga lumayan suka beberapa produk olahannya kayak lempok aka dodol duren, pancake duren, ketan pake saus kinca duren, bubur kacang ijo pake duren, dan sebangsanya. Untuk produk olahan lain kayak tempoyak, gue masih belum doyan deh. Soale di benak gue, duren itu diasosiasikan dengan buah yang manis, bukan makanan asin atau lauk nasi.

Anyway, meski suka duren, tapi kayaknya perut gue itu kurang kuat menahan serbuan duren, apalagi dalam jumlah berlebihan. Salah satu pengalaman yang paling membekas soal perdurenan ini terjadi sekitar 12 tahun lalu. Suatu hari, gue diajak my then boyfriend untuk nginepย bermalam tahun baruan di rumah neneknya di Sukabumi. Jangan bayangin kita asyik masyuk pacaran ye. Wong nginepnya rame-rame sama keluarga besarnya yang soleh soleha gitu. Zzzzz…

Nah di rumah neneknya itu ada pohon duren. Trus karena tau anak cucunya mau ke rumah, dari jauh-jauh hari si nenek selalu menyimpan duren-duren yang matangย  pohon di gudang. Jadi begitu kita sampe, duren-duren itu tinggal dibuka dan dimakan deh.

Alhasil, gue pun makan duren lebih dari 3x sehari. Sarapan, lunch, dinner, bahkan nyemil pun diembel-embeli duren. I couldn’t stop since the fruits were soooo delicious. Trus semua orang kerjanya memamah biak pake duren. Ya gimana eikeh gak ikutan juga?

Pulang dari situ, perut gue gassy berat. Kerjaan gue tahak-kentut-tahak-kentut. Dan bener lho, selama 3 hari, gue kena maag akut, sampe gak bisa makan apa-apa kecuali bubur. Huh pasti gara-gara duren deh!

Abis itu, gue nggak kapok makan duren. Tapi ya sewajarnya aja. Apalagi pas merit, dapet suami yang kadar fanatisme pada durennya mirip sama gue, alias berada dalam level biasa-biasa aja. Trus ART gue dulu takut sama duren. Jadi nggak usah bawa duren ke rumah, wong ada bau-bau duren di halaman aja dia udah langsung kabur ke kamarnya di atas. Jadi, biasanya gue makan duren dalam bentuk pancake, atau cuma pas lagi plesiran sama temen or keluarga besar.

Nah, dua minggu lalu, gue kebetulan dapet tugas luar kota, ke Malang dan minggu depannya ke KL. Sutralah ya, diet berantakan abis karena aktivitas padat dan makanan melimpah ruah. Yang nggak diduga adalah, selama dua biztrip itu, duren juga ikut melimpah. Weleh-weleehh..

Pas di Malang, saat panitia ngajak makan duren, gue oke-oke aja. Toh rame-rame kan ya, jadi seru-seruan gitu. Durennya duren Petruk cmiiw, enak dan maniss banget. Mantep deh.

IMG_20130829_222436

Pas di Malaysia, di malam terakhir gue dan dua jurnalis lain diajak dinner bareng Pak Wakil Menteri Parekraf. Ternyata Pak Sapta ini doyan banget duren. Di perjalanan dia udah wanti-wanti untuk jangan makan banyak-banyak karena mau ngajak makan duren. Jadi abis ngajak kita makan seafood (kepiting telur asin, udang oatmeal, etc!!!), dia langsung nyeret kita ke tukang duren di daerah Chow Kit.

Dia pun cerita tentang kelezatan duren Mosang King yang dijual di situ. Duren jenis ini bukan sembarangan. Harganya paling mahal karena kualitasnya terbaik. Terus terang, saat itu meski sebelumnya cuma makan ikan-ikanan+sayur tanpa nasi, gue udah kenyang banget. Tapi berhubung dipaksa, yowis gue dan anggota rombongan pun ngembat itu duren. Mahal pula kan ya neik, sekali-kali boleh lah buat obat penasaran.

The verdict? Enak karena dagingnya tebal dan bijinya kecil. Tapi kalo soal taste, entah kenapa gue lebih suka duren petruk yang gue makan di Malang kemarin. Mosang King ini ada pahit-pahitnya dikit gitu. Padahal kata Memez, duren Mosang King di Jakarta bisa mencapai harga 500ribu/biji lho. *shock*

IMG_20130906_232714

Udah tuh ye, abis makan duren kita sempet muter-muter dulu liat KL di malam minggu trus baru balik ke hotel. Tiba-tiba perut gue berasa gak enak. Dan yak sodara-sodara, gue jackpot dong. Orang-orang mah jackpot karena overdosis minum minuman beralkohol, lah eikeh gara-gara makan duren *tutup muka*

Dan nggak cukup sekali itu aja. Jam 12-an gue ke KLCC cuma buat foto-foto bareng temen-temen lain. Abis itu gue minta buru-buru balik hotel karena, gue pengen jackpot lagi. Hadeehhhh…๐Ÿ˜ฆ Untuungg durennya dibayarin. Kalo gue bayar sendiri, pasti udah mewek darah tuh ngeliat duren 500ribu tergeletak di dalam toilet bowl๐Ÿ˜ฅ

Gue nggak tau ya, apakah duren itu penyebab gue jackpot atau emang bodi gue kemarin lagi kurang enak karena kecapekan. Tapiย pengalaman itu emang bikin gue jadi agak-agak males makan duren. Setidaknya dalam 1 bulan ke depan lah segala perdurenan di-hold dulu. Abis itu sih, kayaknya udah boleh dihajar lagi๐Ÿ˜›

12 thoughts on “Duren Oh Duren

  1. iyakali raa kombinasi seafood sama duren gitu bikin perut berontak. sama ama laki gw kemaren tuh dia kebanyakan makan tomyam yg seafoodnya geda2 sama ketan duren yang emang endeus banget, gue sampe ‘neq sendiri liatnya. berakhir dengan dia jackpot. untung di bkk mah murah, walau bayar sendiri. coba kalo 500 rb trus muntah, curiga laki gue jackpot, gw yang nangis haha. btw gw dlu pas ke KL ga tau kalo chow kit itu trkenal sm durennya, klo tau kayanya laki gue udah ngejar banget itu.

    • Hahaha.. Iya Din, untuungg ini dibayarin. Kalo bayar sendiri juga gue mewek parah๐Ÿ˜†

      Gue juga baru tau Chow Kit ada duren yang oke. Kalo kata orang KL, Chow Kit itu Little Jakarta karena banyak orang Indonesianya.

  2. Hahahaha asli ngakak jadinya. Makanya pas nemu Mosang King di All Fresh Cibubur Square gue langsung inget lo. Btw, sebenarnya ada trik kalo makan duren. Untuk menghilangkan rasa eneng-sebah-kembung dan sebagainya, gue biasanya minum teh hangat tawar… dan selalu berhasil untuk bikin ngga muntah.

  3. bnr Memez tuh Ra, klo mau ga munmun abis makan duren minum air hangat. Klo gw emg demen duren, tp krn magh gw semakin ga bnr, jd gw takut makan bnyk2๐Ÿ˜€

  4. Wew duren harga segitu dibawa ke spm bisa buat belanja RT hampir sebulan yak, hehe
    kayaknya bener gara2 duren deh Ra, dulu gwjuga pernah abis pesta duren rame2 diajak pergi om yg bawa mobilnya kurang asik pula, berujung jackpot di tujuan๐Ÿ˜ฆ

    • Bangeett.. 500rb dibawa ke Tip Top bisa buat belanja bulanan, tinggal nambah dikiit lagi hahaha.. *teremak-emak 2013*

      Duren kayaknya bersifat gassy ya Hen. Plus tajem buat lambung, makanya gampang bikin muntah/diare buat yang perutnya sensitif.

Leave a Reply

