Ogah Hidup Susah

Gara-garanya tadi pagi buka facebook terus nemu postingan temen gue ini. Langsung ketawa-ketawa sendiri karena, oh so friggin’ true!

fesbuk jodoh

Trus gue keinget masa-masa jomblo dulu dan berbagai percakapan dengan teman-teman sesama jombloers. Banyak teman gue yang akhirnya memilih melajang dengan alasan kayak di atas.

“Ibaratnya nih Ra, saat ini kualitas hidup gue 5. Gue punya karier, duit sendiri dan bisa nyenengin ortu. Trus kalo merit sama si X, gue harus nurunin kualitas hidup gue. Kalo cuma jadi 4 sih gpp, tapi kaloย jadiย 3 atau bahkan 0, buat apa? Mending gue kayak sekarang aja. Tetep hepi koq,” begitu kata seorang teman yang masih melajang sampe usia 40 thn.

Gue pun berpikir demikian. Apalagi kalo dari awal ketemu cowok, trus dia bilang “Kriteria gue mencari pendamping hidup simple koq. Yang penting dia mau hidup susah.” Lah Mas, situ mau cari bini apa cari pembeti?

Mungkin zaman dulu, banyak perempuan yang oke-oke aja dengan kriteria kayak gitu. Tapi sekarang, dengan meningkatnya pendidikan dan karier, mata perempuan pun melek. Cinta mah cinta, tapi kalo abis merit disuruh berhenti kerja tanpa dikasih uang yang cukup untuk biaya rumah tangga, anak dan kebutuhan pribadi misalnya, nggak banyak yang mau lho *including moi ;)*

Matre? I seriously deny that claim. Ini mah namanya realistis cyin. Hidup gue sendirian aja hepi. Masa abis merit jadi menderita siihhh..

Trus ya, buanyaaakk sekali pengalaman perempuan-perempuan di masa lalu yang hidupnya susah melulu. Pas merit, mereka mau diajak hidup susah. Dengan sabar dan ikhlas mereka mendampingi suami berikhtiar. Bahkan gak sedikit yang rela membanting tulang demi suaminya bisa sukses.

Eh begitu suaminya beneran sukses, apa yang terjadi? Yak, mereka ditinggal kawin lagi sodara-sodara. Idiihhh… Malesin amat yaakk… Makanya banyak ortu yang akhirnya menyekolahkan putri mereka tinggi-tinggi dan mendorong supaya berkarier, agar mereka nggak bernasib kayak begitu. Salah satunya, emak gue sendiri๐Ÿ˜€

Anyway, sekian dulu ah postingan intermezzo siang ini. CU l8r! *alay mode on*

59 thoughts on “Ogah Hidup Susah

  1. Hi Ra, gue juga dulu pas ditanya sama calon suami ketakutan terbesar gue dalam perkawinan adalah gue takut hidup susah hahaha…soalnya, gue kuliah s2 pake duit sendiri, kerja udah 6 tahun pas mutusin kawin, jadi udah seneng banget pegang duit sendiri…kita sama mungkin karena didikan keluarga kita kali yah ra, terbuka buat perempuan bisa sekolah setinggi2nya dan kerja sesuai sama passion hehehe

    • Nah bener banget tuuh Lyd! (eh bener kan namanya Lydia?). Kalo udah terbiasa pegang duit sendiri, kayaknya koq agak susah ya buat nurunin standar hidup hahahha… Plus didikan keluarga kayak gitu. Jadi, kayak kita sekarang deh๐Ÿ™‚

  2. ra ini blog lo ada cacing yang ngikut2 ke bawah bikin gue panik deh. Kirain laptop gue rusak ada cacing dalem nya ahahhaha.

    eniweii tante gue yang cerai juga kriteria nyari suaminya kayak gitu. At least bisa menghidupi dia. Orang selama ini dia kerja sendiri udah enak pendapatan nya. Tapi kan kehidupan doi udah over the top gitu ya. gimana para cowok ga takut. Alhasil sampe sekarang masih sendiri. Padahal tante gue cantikkk loh bok (mirip gue) *silakan muntah* hahahha

    • Hahaha.. Ini si tante AM ya Dhit? Iya sih, dia sendiri aja hidupnya hepi. Makanya kalo cari suami baru ya yang kudu bikin dia hepi, nggak sedih. Ya nggak?

      Btw iya bener, lo mirip ih sama dia. Lo ahli diamond juga ya jangan2?๐Ÿ˜€

  3. halo mba ikutan komen…kalau menurut aku sih.. selama gak dilarang kerja dan saling support gpp sih ya..banyak yg istrinya lebih sukses dr suami and they happy, kalau dilarang kerja trus susyehh hmmm nah itu baru :p hehehe

    • Hahaha.. Bener banget! Ada lho temen gue yang kayak gitu. Kasian gue liat istrinya, jadi kayak tertekan. Disuruh berhenti kerja sih oke lah, tapi sama suaminya gak dicukupin juga kebutuhannya. Jadi harusnya merit bikin hepi, ini malah bikin stres๐Ÿ˜ฆ

  4. setuju!!

    Nikah dalam keadaan mapan aja ga menjamin akan langgeng seumur hidup, apalagi dalam keadaan susah? Mungkin lebih pas kalau dibilang “siap” untuk hidup susah kali ya. Pribadi aku sendiri, aku berani” aja untuk nikah, even dalam keadaan masih merintis 22 nya, tapi yangs ering bikin sedih adalah mereka yang memutuskan untuk membawa anak dalam kondisi pernikahan yang belum stabil. Nikah sama pacaran cuma beda di selembar kertas IMHO, tapi sebentuk nyawa lagi itu urusan lain kan ya.

    • Bener tuh Ra. Membangun keluarga itu emang gak gampang ya. Selain cinta dan agama, fondasi lain yang gak kalah penting ya ekonomi. Jadi kalo belum kuat2 banget, trus punya anak bererot, perjuangannya gila-gilaan banget tuh ya. High risk๐Ÿ˜ฆ

  5. setuju lahir batinnya!!!

    untung dulu sumami kriterianya bukan yg mau diajak hidup susah,,klo kriterianya dia begitu yang ada
    “You OUT before You in” hehehehehe
    emang jaman penjajahan pake hidup susah,,

  6. setuju mba, kan kita pengennya kehidupan rumah tangga yang makin lama makin baik, ga perlu kaya yang penting cukup, cukup buat pendidikan, cukup buat tabungan, investasi dan dana pensiun, cukup buat travelling heheheh

  7. Lagian yah Ra, hari gini cewek educated nggak mungkin bisa jatuh cinta sama laki model begono. Gue generalisasi aja yah, cewe educated (dan beneran smart lah ya) pasti ada sisi feminis dikit lah, mana mungkin dia mau jadi anggota keluarga nomor dua begitu kawin? Cewek2 modern itu udah pada gak mau “dikawinin”, mereka maunya jatuh cinta lalu memutuskan kawin sama2. Nah cowok2 yang pemikirannya “Cari cewek yg mau hidup susah” itu pasti goal nya cari cewek yang mau “dikawinin” alias abis kawin dijadiin pabrik bayi, pembokat, tabung susu bayi dll. Yang pasti nggak akan nyari yg educated lah.

  8. hmmmmm…. ga masalah sih kalo di awal mau hidup “susah”…. asal keliatan aja cowonya kerjanya dimana, impiannya seperti apa, passionnya apa, kapabilitas n kemampuannya dia kayak gimana #ehsamaajayak๐Ÿ˜€. Lah, kalo diajakin hidup susah tapi udah keliatan cowonya pemalas, ga mau kerja, ga punya impian, ortu ga kaya #eh๐Ÿ˜€ yaaaaa males banget laaaaahhhhhhh wkwkwk

    • Bener tuh Mbak. Kita juga liat-liat dulu orangnya kayak gimana. Kalo emang awalnya sama-sama susah tapi dia keliatan hardworking, gak masalah. Nah yg jadi masalah kan kalo udah susah trus pemales. Ih bikin ilfeel deh.

    • Jadi inget omongan temen gue “kalo gak matre tuh gak bisa hidup, wong semua kebutuhan di dunia kudu dibeli pake duit. Kalo beras bisa dibeli pake daun, gak bakal ada lagi cewek matre.”๐Ÿ˜†

  9. Ihhh setuju bgt. Kalo masa lalu aja udah “pas-pasan” masa sekarang mau “susah-susahan”……secinta apapun pasti tahu, kalau hujan lebih nyaman naik mobil ketimbang naik motor ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

  10. hihihi di kampus waktu itu pernah ada yg ngomong mirip gitu lah, bilangnya “mau cari cewek yang bisa diajak susah, sama-sama mulai dari nol” trus ada yg jawab “yah ke pom bensin aja sana, cewek cewek di pom bensin kan suka bilang gitu ‘mas, mas, mulai dari nol ya” ihihi aduh malesin banget ya cowok belum apa-apa kok kayak sudah mewahyukan bakal hidup merana.

  11. mau susah maksudnya mau hidup miskin ya? Kok gue ngertinya mau susah = mau usaha ‘n kerja keras (termasuk kerja keras ngurus anak and rumah), gak mau susah = bisanya cuma ongkang2 kaki…akik salah ngerti ya?

    • Iya Mak, di sini gue ngebahasnya, susah = hidup miskin. Kalo yang gak mau susah = ongkang2 kaki mah mana bisaa.. Marriage is hard work, right? Gak bisa cuma pake ongkang2 kaki, meski hiduplo dikelilingi mobil, berlian dan tas branded๐Ÿ™‚

  12. setuju banget mbak. hari gini ya semua orang berlomba2 meningkatkan kualitas hidupnya. kadang perempuan udah begitu setia ya mendampingi pria2 yang susah hidupnya, eh pas udah sukses, malah jadi ngikutin ego dan mencari perempuan lain. yang kayak begini ini kan yang bikin pengen ngegorok hehehe

    • kadang perempuan udah begitu setia ya mendampingi pria2 yang susah hidupnya, eh pas udah sukses, malah jadi ngikutin ego dan mencari perempuan lain. yang kayak begini ini kan yang bikin pengen ngegorok hehehe

      Hahaha.. Pilihan kata yang pas banget tuh Mbak Lia!๐Ÿ˜†

  13. Horeeeeee….udh katam 2x baca blog ะฟฮซยช mb ira. Sukaaa banget sama tulisan mb ira.
    Resep masakan ะฟฮซยช banyak ฦ”ยชฮทฦ aku praktekin, pernah mimpi ketemu mb ira juga saking ngefans ะฟฮซยช. Inspiratif banget pokoknya
    #kasih 4 jempol#

  14. oh kalo gue denger “mau diajak susah” gw ngertiinnya ga expect to be treated like a princess all the time, jadi mau go through the tough times, ga usah extreme2 banget sih, misal lagi roadtrip trus hotel2 bagus udah fully booked terus nginep di tempat yg lebih ‘sederhana’, masih mau, toh semalem aja.. soalnya ada sepupu gw yg drama banget kalo hal2 begini, disuruh naik taxi aja drama, maunya di treat like a princess all the time (jadi aneh malah)… hehehe, sekedar kasih opini ya

    • Bukaann.. Bukan itu maksud gue. Kalo gue malah, urusan traveling oke-oke aja nginep di hotel melati ala backpacker. Yang rada princess justru laki gue bok hahaha.. Urusan mandiri, mau work hard dan susah (dalam artian gak manja ya), itu mah gue mau banget. Yang gue bahas di sini, hidup susah = miskin dan kualitas hidup di bawah yang biasanya dijalanin saat single dulu. Gitu lho Mak๐Ÿ™‚

  15. Diiiih ini temen gue juga share nih di path lengkap sama tanggepan cowo desperado nya yg bilang cewe macem gitu siap siap jadi perawan tua. Langsung dah diserang semua cewe cewe tuh postingan ahhahahaha lagian jadi cowo kok mikirnya pesimis amat, nikahin anak orang ya buat dibahagiain kalo malah mau bikin hidup tuh cewe jadi susah ya mending ga usah. Bye! Hahaha

  16. Pingback: Wanita Mandiri | Barbie Pink's Blog

  17. Gw gak nanya aja ce gw dah ultimatum bahwa kalo ntar nikah dia gak mau hidup susah,, gw sih jawabnya “masak gw mo ngawinin anak orang buat diajak hidup susah seeeh, gw bakal bahagiain lo” wkwkwkwk
    Terus dia ngomong lagi,, gw mau suami yang udah mapan, gak mau sama co balangsak. Ya gw jawab itu hak lo mau milih co sperti yg lo mau.. contohnya seperti gw, you deserve to get me!
    BTW, pendidikan dia magister, dan profesi dosen…
    Setelah petualangan ane berpacaran dengan ce2 dari berbagai kalangan pendidikan, memang semakin tinggi pendidikan ce dia akan semakin logis.. dan ekspektasinya juga tinggggiii… dia gak akan malu ngungkapin keinginan dan harapanya.
    Pesen gw buat cowo2 yang mau nikahin educated woman : “kalo lo ngerasa gak mampu ya mending mundur aja.. kalo lo mampu ya go a head!”

    Hidup itu pilihan masberooo…

  18. ini yg koment cewe2 semua, cewe umur 25 ++ bisa ga laku lohh…
    siap2 perawan tua deh…umur diatas 35 rawan punya anak
    cowo bukan mengajak susah, tapi ngajak memperbesar asset
    banyak tuh cewe ngabisin harta si cow… -_-
    makanya keluarga gue suruh hati – hati cari cewe, ga perlu cantik, cukup cantik hatinya
    terutama asset keluarga, apalagi asset sampe puluhan M
    matanya siape ga kinclong liat begonoan…
    kecuali si cewe pernah idup susah atau minim mandiri lah, niat hidup, ga ngabisin waktu untuk buang – buang duit.

    • Mas, kalo Anda punya aset sampe puluhan M, masa gak punya otak yang cukup pintar untuk paham maksud postingan ini sih? Oh lupa. Orang (yang ngaku) kaya gak selalu pintar ya. Sori๐Ÿ™‚

      • Dia ngertinya dunia jin sama setan mbak, menilik dari postingan dia di blognya.
        Mungkin aset puluhan M nya itu bukan berupa RD, emas, properti dan sejenis..mungkin maksudnya anak tuyul dan makhluk astral lainnya. Nyari cewek yang cantik hatinya, gak mungkin mau sama lelaki yang gak cakep akhlaknya mz, sekedar info…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s