Back to Ali Topan Style

Pagi ini gue baca artikel LiveOlive tentang beli motor/nggak. Lah koq sesuai amat sama isi hatiku selama beberapa bulan belakangan. Yes, gue diam-diam pengeenn banget beli motor lagi. Motor gue masih ada sih, tapi model standar dan dipake bokap sehari-hari. Gue pengen beli yang model matic gitu, supaya nggak pegel injek gigi kakaakk…

Kayak yang pernah gue ceritain di sini, naik motor kemana-mana adalah hal yang biasa banget buat gue. Wong dari SD udah jadi Ali Topan cyin. Tapi sejak merit dan punya anak, gue nyaris nggak pernah naik motor lagi. Sebab utamanya, hubby nggak bisa naik motor. Kalah preman euy sama istrinya😀

Rencananya, kalo udah beli motor, gue pengen ke kantor dan beraktivitas sehari-hari dengan mengendarai motor itu. Abis ya, setelah dihitung-hitung, ongkos ojek gue sehari-hari koq bikin tekor amat. Coba dikali minimal 3x aja seminggu, lalu dikali sebulan. Belum lagi kalo gue ada pilates, atau acara lain. Bahkan setelah gue survei-survei, budget ngojek itu bisa dijadikan cicilan motor baru lho.

Kenapa nggak naik angkot? Pagi-pagi gue kudu anter Nadira ke sekolah dulu, baru lanjut ngantor. Jadi kalo naik angkot atau taksi, bisa sampe kantor jam berapa? Alhasil ya kudu ngojek lah yaw.

Kalo bawa mobil, gimana? Wah nggak sanggup deh gue. Liat situasi jalanan aja udah pusing duluan. Belum lagi harga bensin plus biaya parkir yang naik terus. Sebagai pemilik kantong pas-pasan, I’d like to say “Thank you, but no thanks.”

Anyway, di artikel LiveOlive tadi, ada tes tentang kemampuan finansial untuk membeli motor. Setelah gue ikuti, gue masup dalam kategori 50-80. Artinya begini nih:

Mungkin dalam beberapa bulan lagi Anda akan tidak punya utang lagi atau akan memiliki dana darurat yang cukup. Namun, Anda akan memulai utang baru saat membeli motor tersebut. Jika dana Anda baru separuh, coba pertimbangkan untuk membelinya tahun depan atau mencari motor bekas yang masih relatif baru –dengan masa STNK yang masih berlaku. 

Hahahaha.. Jleb amat deh baca hasilnya. Soale pas beneeerrr sama kondisi dompet akyu😀 *tutup muka*

Sesungguhnya, dana untuk beli motornya sih udah ada, gara-gara dapet arisan beberapa bulan lalu. Tapi masih ada pertempuran batin dalam diri gue. Hati gue naksir banget sama motor Scoopy baru. Namun secara logika gue sadar, duitnya kurang euy :( 

Alhasil sampe sekarang hati dan logika gue masih perang. Kalo mau beli Scoopy terbaru, ya kudu nambah dengan cara ambil dana darurat or kredit. Maksain banget nggak sih? Sementara kalo mau yang pas dengan budget, ya kudu beli motor lain yang nggak kalah oke kayak Honda Vario, Yamaha Mio, etc.

Bokap, nyokap dan suami sih menasihati gue dengan bilang beli motor yang lain aja. “Soalnya, pencurian motor sekarang banyak banget dan sadis-sadis. Kalo pake motor baru yang cling, nanti malah mencolok dan menarik pencuri beraksi lagi,” begitu kata suami.

Bener juga ya. Dan setelah ikut tes di LiveOlive tadi, tambah menang deh logika gue. Yowis, kayaknya bulan depan gue mau beli motor second aja deh. Yang penting bagus dan keren, laik jalan, dan sukur-sukur lebih murah dari budget yang gue anggarkan. Lumayan kan sisanya buat biaya perawatan kulit :D Doakan saya ya! *pasang ikat kepala*

29 thoughts on “Back to Ali Topan Style

  1. Ih Mak Ir…benul bgt loh, malah naek ojek tuh bisa lebih mihil dari naek taxi. Gw juga jadi pengen punya motor deh, habis gemes bgt dgn ongkos ojek yg mihil, naek angkot yang sering ngetem, naek busway dan kereta api yg penuh….(hehehe kok ngeluh terus ya)

    • Hahaha.. Iya Mbak. Naik motor sendiri itu so far adlh solusi terhemat lah. Paling cuma kena bensin+parkir, yang kalo dibandingin sm ongkos ojek dll, jauuhh banget. Plus hemat waktu pula. Negatifnya ya capek plus risiko kecelakana lbh tinggi. Mudah2an jangan deh yaa🙂

  2. *tos* dari sesama biker yang suaminya ga bisa bawa motor. alhasil kalo cuma pergi2 lucu ke depan komplek atau jarak deket yang ada aku yang boncengin suami…

    • Ahahahaha… Suami gue udah gue suruh nyobain motor. Dia bilang sih bisa, mungkin krn gengsi ya. Tapi terus dia realistis blg “Tapi cuma utk di komplek aja nih. Kalo di jalanan, aku kyknya gak berani.” Haiizzz..😀

  3. semangat Mak….
    bawa motor tuh enaknya emang bisa gampang kemana-mana…lebih irit pula🙂
    lha gimana jalan gak penuh motor ya…. abis enak sih…

  4. Welcome back to the club Ra… tar kalo ketemu sesama pengendara motor yang sms-an atau nelpon sambil nyetir jangan lupa klakson kenceng-kenceng biar kaget, trus pelototin ya *itu aku sih*😀

  5. Ra, jadi inget zaman zaman masih liputan dulu. Cusss naik motor kemana-mana. Kalau sekarang sih jujur aja, gue ngga kuat naik motor dari Depok – Pulogadung PP. #faktorusia

  6. *tos juga* emang ya mak naek motor di Jakarta n sekitarnya banyak deh keunggulannya, apalagi klo lg macet parah n kita bisa selap selip, rasanya mo ngeledekin cewek cantik yang duduk merengut dimobil n bilang “emang enaak.. weekk” #sambil ngiri sebenernya.
    Teganya dirimu jatuh cinta n masang photo scoopy sih??!! soale 2 tahun lalu daku keilangan motor gress itu di parkiran kantor mba Ira…apalagi klo liat iklan scoopy waktu itu..”Ini scoopy ku, mana scoopymu ?” huhuhuu.. ilaaaang…#suami bisikin … “udah… move on”

    • Udah beli malah Dhit. Kan dulu gue juga kemana2 naik motor. Yang pasti, kalo naik motor sendiri, kostum disesuaikan deh. Tiap hari ngantor bakal pake sepatu keds aje, no more boots/high heels😀

  7. Ya udah ambil aja mtr 1 hehehe. Aq dl ga bs naik mtr,tp berhub lolos krjaan jd wartwan, mau ga mau mesti mobile pake motor. Lmyn ngirit dibanding bensin mobil, walo brasa di dompet jg sih gara2 bbm naik gini.

    Salam kenal ya, silent reader tp udh follow dirimu di twitter,IG hehehe

    • Bener Mbak Jeni. Kalo jadi wartawan, motor itu paling capcus deh. Secara naik taxi mahal+macet, bawa mobil idem, dan naik angkot jg lama, hehehe..

      Salam kenal juga. Btw wartawan dimana Mbak?🙂

  8. aku gak bisa naik motor, Ra, but I loove ojek so much deh kalo buat ngejar cepetnya. Tapi harga ojek di sini masih oke banget, sih. Eh emang si scoopy itu keren ya, aku sukanya yang krem it, klasik banget tampangnya. Jadi berasa bisa dandan dindin kalo naik si scoopy. Semoga dapet motornya ya Ra . Siapa tau ada yang BU jual mureee. Siapa tau scoopy pula

  9. Ah… kalo di jakarta emang cinta mati sama motor deh. lebih ringkes, hemat, n cepat euy. Kalo ngantuk or capek, tinggal berhenti di tempat parkir/tempat penitipan motor/mall truss lanjut deh ngebusway😀.

  10. beberapa bulan lalu saya juga beli scoopy yg krem-merah tadinya mau item-merah tp indentnya kelamaan drpd nunggu2 mendingan ngambil yg ada aja… tapi setelah make agak kuciwa dikit ternyata motornya beraaaaat boook… jd mikir buat dijual lagi aja ganti yg lebih ringan kaya mio hehehe

  11. Pingback: Naik Motor = Murah? | The Sun is Getting High, We're Moving on

  12. Pingback: Suka Duka Jadi Biker | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

