Berkah Ngeblog

Halooo blog, apa kabar? Setelah seminggu lebih mendekam di rumah karena libur Lebaran plus cuti, hari ini gue pun ngantor lagi. Artinya, bisa ngeblog lagi deh! *magabut alert*

Bisa sebenernya ngeblog dari rumah. Tapi artinya kudu dari tab, yang mana hasilnya bakal banyak typo. Huh sebel sebel sebeell… Mangkenye kalo nggak buru-buru banget, mending ngeblog mah dari komputer kantor aja lah😛

Anyway, kali ini mau nulis soal berkah ngeblog. Gue mulai iseng nulis blog sejak zaman friendster, sekitar tahun 2004-an cmiiw. Sekarang blognya udah almarhum, seiring beralihnya FS jadi web khusus gamer. Di satu sisi agak sedih karena sebagian catatan gak penting gue zaman jomblo dulu hilang. Tapi di sisi lain mah lega. Artinya aib masa lalu terhapus sudah. Hore!😀

Dari FS, gue beralih ke multiply. Di situ, gue mendokumentasikan masa-masa persiapan merit, hamil, jadi ibu baru dan awal-awal belajar masak. Bahkan setelah gue hijrah ke blog wordpress ini, akhirnya gue alihfungsikan multiply gue jadi blog resep.

Pas multiply dihapus juga, untung ada fasilitas khusus impor konten. Jadi deh beberapa postingan multiply gue impor ke blog ini. Dan kalo dibaca-baca ulang, ya ampun, pas jadi ibu baru dulu, gue koq rabid amat yak? Semua kudu perfect, sesuai SOP, sampe hal-hal kecil pun diribetin. Untung sekarang udah insyaf, balik lagi ke my old laid-back self😀 *tutup muka*

Dulu-dulu pas ngeblog, gue gak pernah tahu ada berapa orang yang baca blog gue. Namapun gaptek plus di FS dan MP gak ada menu itu. Jadi ya nulis mah nulis aja. Kalo ada komen, hepi. Nggak juga gpp.

Nah, pas ngeblog di wordpress ini baru deh mudeng ada Hit Stat segala. Trus ada temen-temen blogger yang gak kenal dan ninggalin komen. Gue pun jadi suka terperangah sendiri, eh koq ada yang baca blog gue ya? Koq bisa sih? Blog gue kan suka-suka banget, isinya random abis. Kadang keibuan, kadang kebapakan *lho :D*

Tapi dari situlah berkah ngeblog gue dapatkan. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

1. Nambah temen

Oh ini so pasti banget deh. Sebelum ngeblog, gue emang udah dasarnya suka berteman. Bahkan saat banyak temen gue yang udah pada merit sementara eikeh masih jomblo, gue tetep gak kekurangan teman. Kayak MLM deh, gue kenalan sama temannya teman-teman gue, dan ended up sering nongkrong bareng temen-temen baru ini.

Nah di dunia blog, hal serupa juga terjadi. Baca blog si A, trus liat blogger link-nya or komennya, trus klik dan kenalan sama blogger lain. Makanya ada istilah blogwalking, karena kita kayak “jalan-jalan” di dunia blog. Sayang, untuk ninggalin komen, gue emang rada jarang. Bukan apa-apa, soale gue gagal mulu submit komen kalo pas bacanya pake tab/BB. Giliran di depan PC, malah jarang blogwalking supaya gak magabut banget😦

Serunya, blog-blog yang gue baca nggak hanya tinggal di Jabodetabek aja. Ada yang dari pelosok Indonesia, bahkan dari luar negeri juga banyak. Dan nggak cuma stuck di blog, lama-lama saling follow di socmed, tukeran pin BB or whatsap, sering interaksi, dan jadi temen. Padahal, nggak semuanya pernah ketemuan. Berasa kayak blind date ya🙂

Makanya kalo ada yang ngajak kopdar, gue sih biasanya seneng-seneng aja. Soale itu kesempatan buat ketemu sama sesama blogger. Sayang, kenapa jarang amat yang ngajak gue kopdar? Apa muka gue kurang ramah ya? *umpetin golok* Hihihi..

Oh ya, pas libur Lebaran kemarin, gue sempet ketemuan sama beberapa temen blogger. Sesi pertama kopdar sama Rika, Leony, Rani, Meta, dan Novi. Kebetulan, Rika dan Rani lagi pada mudik Lebaran. Jadi sekalian deh kita meet up di Chatterbox Plaza Senayan. Sama Rika, gue pernah ketemu tahun lalu bareng Novi juga di BSD. Sama Meta mah udah beberapa kali. Tapi sama Rani dan Lele baru kali ini nih.

Hasilnya, seru! Meski pada bawa bocah, tapi ngobrol mah jalan terus. Maklum, namanya juga emak-emak😀

kopdar 1

*ibu-ibu kompetitip dalam urusan diet. Novi ditunggu ya tips and tricks-nya :D*

Sesi kopdar kedua adalah ketemuan sama Amy dan Dhita di Eat & Eat Kota Kasablanka. Kopdar ini terjadi gara-gara gue nitip eyeliner sama Amy. Trus kita janjian ketemu sekalian transaksi. Eh kata Amy ternyata Dhita juga nitip barang sama dia. Jadi deh kita transaksi bareng di Kokas.

Gue ajak nyokap+Nadira, Dhita ajak Azka+Oky, Amy ajak Saif+suaminya. Saif lucuuu banget, TP (tebar pesona) melulu ke gue dan Dhita. Ternyata kata Amy, Saif sering diajak sama Om-omnya ngecengin cewek-cewek di Vienna. Pantesan udah terlatih bener senyum malu-malu kucingnya, hahaha😆

kopdar 2

*posisi menentukan prestasi. Di sini, gue salah posisi jadi keliatan gendut! :(*

Kapan-kapan kalo ada yang mau ngajak kopdar, kabar-kabari ya. Aku mau ikutan dong *gak mau kalah sama Novi :D*

2. Nambah ilmu dan titipan😀

Di blog, gue suka nulis random things and thoughts. Termasuk ilmu baru yang gue dapet, misalnya abis seminar tentang financial planning atau parenting. Nah, banyak blogger yang juga hobi posting kayak gini. Jadi demen deh gue, karena dapet banyak ilmu.

Kayak soal financial planning deh. Gue kan dulu gak tertarik dan bloon banget ya untuk masalah ini (eh sekarang juga masih sih :P). Tapi gara-gara bacain blog temen-temen, gue jadi mulai tertarik dan ikut baca sendiri. Soale, banyak teman blogger yang menulis soal ini dengan bahasa yang mudah dimengerti plus bisa relate ke gue. Asik kan?

Trus, terkait dengan poin no 1 di atas, banyak blogger yang tinggal di luar Jakarta bahkan Indonesia. Gue pun jadi tahu kondisi, kebiasaan dan kebudayaan, etc di tempat tinggal mereka. Ini penting banget karena yah, sapa tau someday punya rezeki lebih untuk berkunjung ke sana, ya nggak? *AMIN!* 

Another thing, bisa nitip! Hahaha.. Banyak kan barang-barang yang gak available di Jakarta/Indonesia. Jadi kalo ada yang ke luar kota/negeri, trus orangnya nawarin, gue pun dengan senang hati menitip. Tapi inget, jangan maksa dan tahu diri. Jangan sampe nitip tapi malah nyusahin. Inget karma dan dunia itu sempit. Kalo lo pernah nyusahin 1 teman, bisa jadi dia akan curhat ke teman lain, and it goes on and on and on. In the end, the world will recognize you as that “nyusahin person”.

Kemarin sih gue nitip jelly shoes sama Rani karena kebetulan tokonya ada di bawah kantornya dia. Gue juga nitip eyeliner sama Amy karena kebetulan tokonya ada di samping kantornya.  Thank you girls! *smooch*

3. Dapet rezeki lebih

Gara-gara ngeblog, gue beberapa kali dapet tawaran untuk nulis sponsored post alias postingan berbayar. Gue sih hepi-hepi aja, apalagi rata-rata yang nawarin produk yang gue pake juga. Mayan, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui😀

Yang pasti, gue nggak mau lebay dalam bikin postingannya. Alias bener-bener kayak advertorial di media gitu. Gue tetep nulis dengan bahasa gue sendiri, pengalaman gue sendiri, jadi meski postingan berbayar, tetep nggak aneh ceunah.

Oh ya, ada juga beberapa rekan blogger yang punya bisnis dan minta gue nyoba produk mereka. Kayak cilok dan siomay Radzanya Cika yang sumpah endeeuuuuss berat (gue order lagi ya Cik kalo udah buka) dan celemek I’m a Google Chef dari Mbak Ika yang super duper cute. Alhamdu? Lillaaahhhh….🙂

somay radza

celemek

Overall, gue cukup bahagia dengan ngeblog. Makanya pas kemarin sempet ngobrol-ngobrol soal wacana nutup blog demi alasan privasi sama beberapa temen blogger, to be honest, gue pernah mikirin juga sih. Tapi untuk waktu dekat kayaknya belum ya. Wong blog gue masih abal-abal gini, belum selevel celeb blogger. Gak usah sotoy nutup-nutup segala deh Ra :P

Oh ya hampir lupa. Meski telat, gue mau ngucapin Selamat Idul Fitri, Taqaballahu Minna Wa Minkum, Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Batin. Met Lebaran semuaa… Udah pada naik berapa kilo?😀

 

56 thoughts on “Berkah Ngeblog

  1. Senang blogwalking ketemu orang yg nulisnya seperti manusia normal apa adanya, maksudnya apa adanya, lalu kasih komentar eh ternyata dijawab🙂. Gue belum berani lho Ra kopdar, saya pemalu, apalah blog abal-abalan saya ini hihihihi.

  2. Aduuuh Ra jangan ditutup dong blog nya, dulu pas Nadia Primaji nutup blog nya gw sedih eh kemaren Woro Pradono juga *mewek* jangan dong plis, biarkan haters menggonggong dan cewe-cewe kece berlalu aja.
    BTW Ra di foto pertama dirimu heitss sekali dengan body langsing ituu *iriiii* *tenggak nastar setoples*

  3. Mbak iraaa makasi yah udh jd pelanggan setia🙂 btw blog mbak ira salah satu blog pertama yg cika baca dari awaal sampe akhir,yg satunya lg blognya mbak darina🙂
    Seruuuuu

  4. Ga naek banyakkk Raaa krn kmrn pas puasa gw turun lumayan jg hahaha *bangga*

    Maaf lahir bathin yah *lagi*

    Oiya yukss kopdar brg Mba Novi, Indah, dll hehehehe

  5. Raaaa, sini kujejelin lemak *liat foto 1, hahaha yg foto 2 emangsalah posisi banget ituuuu center of attention pulak*
    Terserah lah Ra kalo mau ditutup tapi invite akuh hahahaha

  6. *Langsung jleb begitu baca kalimat terakhir post mbak Ira*
    emang timbangan dan Lebaran itu berkorelasi positif. Lebaran datang, makan enak, maka timbangan pun bahagia bergeser ke kanan :p
    gue juga jadi temenan sama Amy gara2 sering nongkrong di FD trus beralih ke blog. senengnya kemarin bisa ketemuan sama teman2 blogger🙂 gue belum sempat kopdar, maklum jauh di pelosok hehehe.

    Mohon maaf lahir batin, mbak Ira, tetep ngeblog yaaa, salah satu blog yang wajib dikunjungi!ni

    • Gue malah jarang nongkrong di forum FD. Padahal jadi member sejak 2007 hahaha *tutup muka*

      Iya timbangan dan Lebaran itu koq kompak banget yaa.. Segala gempuran santan dan kue2 emang maknyus buat nambah BB. Hiks😦

      Maaf lahir batin juga Deeth. Aduh akuh jadi GR dibilang blog yg wajib dikunjungi. Kalo ke Jakarta, mari bertemu yaa🙂

  7. Mba Iraaaaaaa…jangan pernah tutup blog ini yaaaa… aku sukaaaaaaaaaaa bangedh baca2 disini… inspiring nget nget nget.. *kecup

  8. yaaaah mak..jgn ditutup ah. akika gak bisa2 baca donk. secara akika demen baca, gak demen nulis. senengnya baca2 blog org doank. hihihi… btw, itu foto yg pertama, body makin heiiitttsss aja deh. jd pgn bs se-slim itu.

  9. ohh nama gue disebut2 toh dimarih. pantesan stats gue melejit haha
    alhamdulillah ya foto gue tangan nya ga keliatan haha. jadi ga keliatan deh gede nya :p

    gue juga seneng blogwalking, seru ya baca2 cerita temen2 blogger😀

  10. EH EH GUE GAK KOMPETITIP DALAM DIET!!! Hahahaahhahah… benerrrraannnn! Lu liat kan yang kemaren makannya banyak… sampe abis dr chatterbox masih ke bawah lagi makan bubur sumsum candil hihihih. Nanti kalo gue udah kelar nyusuin, gue baru nyusul kompetitipnya yak!

  11. Ra lo mah udah kurus bener itu apanya yang salah posisi?!
    Salah posis dan badan gue, kudu kurus (lagi) hahahaha..
    Coba share tipsnya, ini 9.2kg hasil 3 minggu gak keluar juga dari badan gue T_T

  12. Pingback: Kopi Darat | The Sun is Getting High, We're Moving on

  13. Pingback: Blogger Kagetan | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

