To Stereotype Or Not to Stereotype (5)

Katanya kapok, tapi malah ngelanjutin postingan tentang stereotype. Hahaha.. Abis seru sih. Selain dapet komen-komen yang bikin perut sakit gara-gara kebanyakan ngakak (sampe mewek bok!), I also got my very first hate comment from these postings. Yay!

Okeh, kali ini mau bahas stereotipe seputar bentuk badan dan wajah. Fisik banget deh pokoknya. Biasa, kalo gak bisa tidur suka mikir macem-macem dan dateng deh wangsit buat nulis beginian😀 Mudah-mudahan gak ada yang tersinggung ya. Kalo tersinggung, risiko ditanggung sendiri😛

Sip lah, mari kita mulai:

1. Badan tinggi = jago main basket dan renang

Pada setuju nggak sama stereotipe ini? Tiap liat yang bertubuh tinggi, rata-rata orang bakal nuduh si oknum tersebut begini “Ih lo pasti jago renang dan main basket ya?”

Kenyataannya? Tetot! Dulu temen kantor gue ada yang jangkung banget, hampir 2 meter lah. Gue selalu heran, tiap ada pertandingan basket antar-media, koq dia gak pernah ikut. Soale, gue pikir dia jagoan basket. Wong bodinya tinggi gitu.

Ternyata dia bener-bener nggak bisa main basket bok. “Kalo dribble aja bolanya suka lari-lari, Ra,” begitu kata dese. Yaampuunn.. Salah dong ya akuh, muuph eaa kakaakk..

Untuk soal jago renang, ini terjadi pada diriku sendiri. Untuk ukuran cewek Indonesia, terutama yang segenerasi sama gue, gue tergolong cukup tinggi (tolong jangan dibandingkan dengan anak-anak yang lahir tahun 2000-an yah!). Makanya dari kecil gue selalu dihujani dengan pertanyaan begini:

“Ira badannya tinggi karena rajin renang ya?”

Duileh pada kagak tau aja, akik tinta bisa renang, cyin. Dulu pernah les sama Coach Tjepi teteeepp gak jago-jago. Abis kebanyakan gosipnya sih ya Tjep hihihi😀

2. Crooked nose/hidung betet = medit

Gue gak tau sejak kapan, tapi stereotipe ini selalu gue denger dimana-mana. Asal mulanya juga gak jelas. Kalo gue pikir-pikir sih, mungkin aja gara-gara crooked nose itu banyak terdapat di Arab. Dan stereotipe Arab itu medit. Jadi dikait-kaitkan gitu deh.

Yang lebih kasian, selain medit, crooked nose sering banget diasosiasikan dengan sifat licik dan jahat. Liat deh tokoh-tokoh antagonis di film kartun, kayak Jafar di Aladdin. Rata-rata tokohnya berhidung betet melulu.

jafar

Kasian kan pemilik hidung betet yang dermawan dan baik hati. Seumur hidup ditatap penuh curiga deh sama orang-orang yang kemakan stereotipe ini. Lagi pula, gak semua pemilik crooked nose itu kayak gitu ah. Especially not this one *lopelope*

Owen-Wilson

3. Tahi lalat di atas bibir = bawel bin judes

I’ve heard this stereotype since I was a kid. Nggak tau dari siapa, tapi gue curiga mah dari emak gue hahaha.. Dan gak jelas juga kenapa. Kalo gue rasa-rasa sih, mungkin aja karena cewek-cewek bertahi lalat di atas bibir yang dikenal nyokap, biasanya jutek.

Trus suatu hari gue pacaran sama satu cowok, sebut aja si A. Eh, nyokap si A ada tahi lalat di atas bibirnya! Temen-temen dan nyokap gue langsung pada wanti-wanti “Hati-hati lho Ra, kayaknya ibunya si A bawel dan jutek deh.” Gue sih berusaha positive thinking waktu itu. Apalagi ibu si A ini semacam tokoh agama terpandang gitu deh. Trus dia selalu nice ke gue. Ah masa judes sih?

Ealah, kemudian hari ternyata stereotipe itu benar adanya. Ibunya si A itu diam-diam gak demen sama gue dan nyuruh anaknya putuusss melulu. Tapi di depan gue maniisss banget. Gue pun langsung ngerasa tertipu. Siauull.. Udah sok positive thinking, eh ternyata beneran judes. Nasib-nasib😆

Yang kasian sih waktu SMA ada temen gue, cowok, yang punya tahi lalat di atas bibir. Trus semua orang manggil dia Cindy, taken from Cindy Crawford, the infamous supermodel with mole above her upper lips. Kasian euy. Kalo temen gue lagi sok beraksi macho pas pedekate, imejnya rusak karena tiba-tiba dia nyaut pas dipanggil “Cindy, Cindy!”. Maklum, udah terbiasa :D

cindy

*jangan ngaku Generasi 90-an kalo gak kenal dese*

4. Cewek yang banyak bulunya = nabirong

*FYI, nabirong itu = nafsu birahi merongrong ya mentemen. Sapa tau ada yang gak mudeng :D*

Ini stereotipe paling kampret deh menurut gue. Tapi dari zaman ABG dulu, gue sering denger stereotipe ini. Gue sih berhubung minim bulu, jadi gak kena. Yang kasian ya temen-temen gue yang bulunya segabruk. Seriingg banget dijadiin bahan celaan, dan ditatap penuh penasaran sama cowok-cowok. Alhasil risih ya neeiikkk😀

Bener gak sih begitu? Wah gue gak tau juga ya. Tapi emang ada beberapa cowok yang menganggap cewek berbulu halus banyak di tangan, tengkuk dan upper lips sebagai cewek seksi. Bahkan gue pernah baca di @OMGFacts cmiiw, bahwa di Jepang Utara, ada suku Ainu yang menganggap cewek berjenggot dan berkumis itu amat menarik. Thus, banyak cewek yang sengaja menato bagian atas bibirnya dengan tato ala-ala kumis, supaya dianggap kece. Azegileee… Baca di sini ya.

5. Langsing dan kurus = SEHAT 100%

Dari zaman jebot, tubuh kurus nan langsing adalah idaman gue, juga pereu-pereu sedunia. Selain menarik, tubuh langsing dan kurus juga dianggap 100% sehat.

Alhasil, yang punya gen badan kurus dan susah gemuk pun biasanya suka semena-mena untuk makan. “Makan banyak aja kurus, ngapain ngatur-ngatur makanan?” begitu biasanya argumentasi yang dilontarkan mereka. Jadi deh segala makanan diembat. Yang tinggi lemak, kolesterol, karbo, etc, hajar bleh! Trus, ngapain olahraga? Tidur-makan-tidur-makan aja udah kurus. Olahraga, a big no-no lah yaw!

Padahal, yang begini ini justru yang bahaya. Pada belum mahfum ya dengan istilah skinny fat, yakni orang-orang kurus or langsing tapi memiliki body fat tinggi. Atau kayak bokap gue yang langsing abis, tapi kolesterolnya tinggi. Atau temen gue yang super kurus tapi asam uratnya tinggi. Serem kan bok.

skinny-fat-female-model

Sayangnya, di dunia, rata-rata orang lebih fokus sama berat badan, bukan body fat dan kadar kolesterol tubuh. Padahal, nggak semua orang langsing/kurus itu body fat-nya normal/rendah lho. Banyak koq yang kurus/langsing tapi body fat tinggi, kolesterol tinggi, etc.

Di dunia modeling juga banyak yang berbadan kurus tapi nggak sehat karena mengidap anorexia, bulimia, etc. Jadi, menurut gue mah, stereotipe ini nggak 100% benar ya.

skinny-fat

Anyway, segitu dulu stereotipe fisik di postingan ini. Ada ide lain nggak? Share yaaa🙂

25 thoughts on “To Stereotype Or Not to Stereotype (5)

  1. Jidat jenong (lebar) tanda pintar atau alisnya nempel tanda pelit bener gak sie? soalnya jidat laki gw jenong anak2x pun demikian, moga2x sie pintar2x hihihihihi…

  2. nambahin ahh..

    kuping caplang katanya rejekinya banyak, soalnya ketampung di kuping. hihihi….
    trus bulu idung yang panjang (maap yak agak agak jorki) sampe kluar kluar gitu katanya boros.😀

  3. Aseek ada sambungannya lg, keknya bakalan terus berlanjut niih;)
    Saya tambahin dech katanya kalau G tau nyebut huruf R sempurna bakalan jago ngomong inggris #ini fisik bukan sich heheheheh

  4. gendut= males+lemot

    asli deh Mbak, temen aku yang juga HRD bilang kalo mereka kadang suka males nerima fresh graduate yang gemuk karena takut orangnya males nantinya.

    sini tabokin satu” secara aku gendut akut

    #eh tapi aku juga pemales sih..males olahraga…jadi ada benernya yak?

  5. aku tinggi, tapi sama sekali gak bisa basket dan renang
    aku malah punya tahi lalat di bibir atas, dan beneran…..cerewet dan judes😆
    trus, rambut dan alisku tebel, dulu juga suka dikatain nabirong gitu….yo emang bener se, huahaahahahaha

    trus….telinga caplang Ra…katanya pinter, itu, telinga yang keliatan banget dari depan

  6. hiahahaha
    telat baca posting yang ini, udah komen soal olga bukan supaya kurus tapi supaya sehat di posting yang sebelumnya. Oh ya, nambah lagi mbak: org kurus ama yang langsing berotot, mungkin sama keren yaaa kalo pake baju..tapi kalo telanjang, lean muscled rules!! hahaha
    ituh, putih itu cantik. Gak kudu kaleee *natap benci liat iklan2pemutih =D

  7. Ehhh tahi lalat di kaki katanya melanglang buana langsung terpatahkan olehkuuuu hahahaha! Ni ada tahi lalat idup di jari manis kaki, tapi sampe umur duapuluhan akhir juga paling banter ke luar kota. Hiksss…
    Ehh, apa belom aja yak? :))) *menghibur diri*

    • Hahaha.. Masa sih? Tau gitu, waktu remaja dulu gue bikin tato tahi lalat di kaki deh supaya bisa melanglang buana. Jangan2 pramugari, pilot dan pelaut ada tahi lalat di kaki semua?😀

  8. Kalau yang tinggi enggak bisa main basket itu suami eike banget ahahahahaha. Dia mah senengnya main bulutangkis, futsal sama main voli. Karena tingginya lumayan untuk rata2 pria di tanah air (180 cm), suka ‘dituduh’ jago main basket😛. Padahal si doi pas-pasan banget kemampuan basketnya😀.

Leave a Reply

