Food (and Cholesterol) Galore!

Gak ada yang lebih menyiksa saat diet dan mengatur pola makan dibanding baca tulisan/review tentang makanan favorit. Karena itu, gue mau nulis tentang makanan ah, supaya banyak yang senasib sependeritaan sama gue, hahaha *tertawa licik*

Gue kasih judul ini karena isinya beragam jenis ya. Mudah-mudahan bakal sakseis bikin laper temen-temen semua *kunyah jeruk, pepaya dan oatmeal*

1. Nasi Uduk Mat Lengket, Klender

Nasi uduk ini ngetop banget deh, khususnya buat warga Jatinegara, Rawamangun, Duren Sawit, Klender dan sekitarnya. Lokasinya sih di pinggir jalan. Bukan warung kaki 5, tapi rumah makan gitu. Tepatnya, kalo dari arah Pahlawan Revolusi Pondok Bambu, kita lewatin fly over Klender dulu. Nah, si Nasi Uduk Mat Lengket ini pas di akhir fly over, yakni di kiri jalan. Kalo dari arah Pulogadung/Rawamangun, kudu muter dulu ya karena dia adanya di kanan jalan.

Udah lamaa gue mau ke situ, tapi hubby selalu ilfeel karena puenuhnya gak kira-kira. Tapi suatu hari, akhir tahun lalu cmiiw, kita akhirnya nyobain juga. Tentu aja gara-gara gue yang maksa😛

Begitu masuk, kita langsung disuruh duduk. Trus pelayan bakal ngasih sepiring nasi uduk yang ditaburi bawang goreng segabruk plus irisan ketimun dan sambel merah menyala kepada tiap-tiap orang yang datang. Dia juga bakal bawain sepiring ayam goreng, sesuai jumlah orang yang ada di meja itu. Baru deh kita order minum. Bisa air mineral, teh botol atau Es Jeruk. Kalo mau pesen side order kayak semur tahu, semur jengkol, etc, bilang aja, nanti dibawain. Karena ngajak Nadira, sebelum duduk, gue wanti-wanti pelayannya untuk bawain 1 nasduk tanpa sambel.

IMG00940-20121126-1809

Overall, rasanya enak, especially ayam gorengnya. Ayamnya pake ayam kampung, diungkep trus digoreng sebentar aja asal panas. Jadi ayamnya gak kering, masih juicy gitu. Tapi karena ayam kampung, dagingnya gak yang pyar empuuk banget kayak ayam negeri. Buat Nadira, ayam goreng itu enak tapi dia suka sebel karena nyelip di giginya hehehe..😀

Sambelnya gak pedes samsek, karena dibikin dari cabe yang bijinya udah dikeluarin semua. Nasi uduknya enak dan berasa, plus buyar gitu, gak lengket kayak nama pemiliknya. Ala nasduk Betawi lah ya. Untuk minuman, rekomen gue sih pilih Es Jeruk ya, karena jeruknya asli dan berasa banget, nggak cuma berisi gula/air aja.

Untuk harga, Nasi Uduk Mat Lengket ini a bit pricey. Makan berempat bisa habis hampir 100 ribu.  Mana lokasinya penuh dan panas, terutama di jam-jam makan malam, sekitar abis Maghrib sampe jam 8-an gitu. Jadi bener-bener cuma buat makan doang. Begitu habis, ya diharapkan langsung bayar dan pergi karena bangku kita udah ditek-in orang lain.

IMG01011-20121229-1958

2. Bebek Sinjay, Madura

Kudunya bebek ini masuk postingan bebek yang ini dan ini ya. Tapi berhubung males, dimasupin bareng yang lain aja deh.

Gue udah lama denger tentang betapa lezzaaatnya Bebek Sinjay dari temen-temen twitter, terutama mereka yang tinggal di Surabaya. Tapi berhubung gue di Jakarta, trus denger-denger makan Bebek Sinjay itu pake segala waiting list endebre endebre, ogut jadi rada-rada ilfeel lah yaw. Mental orang nggak mau susah nih😛

Eh beberapa bulan lalu, gue ada liputan test drive ke Surabaya,  dengan jadwal berkunjung juga ke Madura. Serius deh, first thing I had in mind was “Wuih asik, bisa nyobain Bebek Sinjay!” Hahahaha..😆

Pas gue ngobrol sama orang Toyota, ternyata mereka juga udah consider makan siang di Bebek Sinjay. Tapi, karena rumah makan itu gak bisa reservasi sementara rombongan kita banyak banget, plus selalu penuh saat makan siang, akhirnya mereka batal ngajak kita lunch di situ. “Tapi aku usahain nanti dibungkus koq Mbak Ira. Mudah-mudahan bisa ya, soalnya kan banyak yang bilang, makanan itu nggak enak dibawa pulang, lebih enak dimakan di restonya,” kata Mbak Wied, Manajer Toyota Astra Motor.

Yowis, gue nggak berharap banyak. Kita sempet lunch di sebuah resto apaaaa gitu, yang menyajikan makanan Madura dan nasional. Pas pulang, eeh ternyata lokasi resto tadi cuma beberapa meter dari Bebek Sinjay. Dengan hati sedih gue cuma bisa liat resto bebek yang bikin penasaran itu.

Eh namanya rezeki ye, begitu sampe hotel, ternyata panitia nyediain sepaket nasi+begor+sambel+lalap dari Bebek Sinjay. Whoaaa… Happy bangeet! Tapi berhubung kenyang bener, plus malemnya masih bakal ada dinner di resto, gue cuekin tuh begor. Gue taro di kamar hotel trus cabut.

IMG01211-20130323-1724

Jam 23.00 sebelum keluar untuk karaoke, baru deh gue sempet mengganyang Bebek Sinjay. Terus terang, gue gak berharap banyak karena, begornya pan udah dingin ya. Ternyata, astagaahhh… Enyaaakkkk buangeeettt!!! *nulisnya sambil ileran* Bebeknya empuk dengan bumbu yang ngeresep. Sambelnya sumpah deehhh.. Endeusnya beneran nggak sante! Menurut gue sih, sambelnya itu adalah perpaduan antara sambel mangga dan sambel korek. Jadi rasanya edan banget.

2013-03-23 17.32.27

Karena masih kenyang, nasinya gue cuma cuil-cuil dikit. Lagian tega banget sih Bebek Sinjay, kasih nasi seporsi kuli gitu. Emangnya kamu kira aku segitu rakusnya apah? *tersinggung*

Alhamdulillah, rasa penasaran gue akan Bebek Sinjay terpenuhi juga. Ibarat orang ngidam, anaknya nggak bakal ileran lah hihihi… Tapi sekarang, jadi ribet nih. Kalo keinget kelezatan Bebek Sinjay, sapa juga yang mau dititipin, wong belinya aja penuh perjuangan, hikss..

3. Soto Haji Mamat BSD

Tau Soto H. Mamat ini tak lain dan tak bukan adalah gara-gara duet piar BSD, @metariza dan @gletitia. Mereka seriiingg banget ngetwit soal kelezatan Soto H. Mamat. Kan gue jadi ileran yaaa..

Nah pas sempet makan di LivingWorld, gue nyobain tuh Soto Betawi Mangga Dua di FoodTown Society. Trus gue pilih yang versi oseng. Wuih, enaakkk banget! Pas gue inget-inget, lho ini kan mirip sama Soto H. Mamat. Berarti si Soto Mangdu itu KW-nya Soto Mamat. Lah KW-nya aja udah endeus, gimana aslinya? Tambah penasaran deh akyuu..

IMG01231-20130405-1711

Sabtu kemarin, gue ke BSD demi ambil titipan Ovomaltine di rumah @metariza. Sebelumnya, gue pengen makan Soto Mamat dulu. Kebetulan, hubby kan kantornya sekarang di Alsut, dan dia cerita pernah diajak maksi di Soto Mamat sama temen kantornya. Yo wis, capcus lah kita ke situ.

The verdict? Uenaaakkkk!!! Meski gue makannya pake oatmeal, tapi tetep rasanya mak nyus lah kalo kata Pak Bondan. Sayang pas ke situ, parunya abis karena kita datengnya juga udah jam 14.30. But overall, it’s super delicious. Ih jadi pengen lagi deh😦

Soto H Mamat

4. Soto Tangkar Omah Sendok

Pertama kali tau menu ini pas adik gue kawinan 6 tahun lalu. Pan kawinannya di Omah Sendok, Kebayoran ye. Trus salah satu menunya Soto Tangkar. Wuih, heitz banget deh. Bahkan tetangga-tetangga nyokap yang asli Betawi pun pada bilang, it was the best Soto Tangkar they’d tasted.

Tapi ya agak males ke Omah Sendok karena susah parkir plus tempatnya sering ditutup untuk private event. Makanya gue girang bener pas makan siang di food court terbaru Pasfest Kuningan, yaitu Passer Koeningan, ada si Omah Sendok ini. Versi mininya sih, karena berbentuk ala kedai. Tapi yang penting, ada Soto Tangkar!

Soto Tangkar itu sebenernya kayak Soto Betawi, tapi instead of daging, isinya iga. Rasa Soto Tangkar Omah Sendok itu bener-bener mantap lah. Porsinya juga gede, lengkap dengan emping, acar, nasi, sambel dan jeruk nipis. Sayang sambelnya nggak pedes samsek. Tapi segitu aja perut gue udah gembira sih. Kalo nggak salah, seporsi itu sekitar 40rb deh. Agak mahal, but it’s worth it🙂

2013-04-13 13.49.10

Udah yah segini dulu. Nggak sanggup gue nulis panjang-panjang lagi karena perutku sudah meronta. Mana lagi berusaha clean eating gini nih. Huaaaa.. T___T

70 thoughts on “Food (and Cholesterol) Galore!

  1. wkwkwkwk…untung bacanya gak sejam yang lalu….disaat perutku beneran keroncongan🙂
    jadi karena penuh dengan nasi padang pake kikil, aku gak ngiler sih….
    *lanjut cepet-cepet nutup blognya Ira

  2. Soto h. Mamat means enakkk..gw pernah Makan di rumahnya meta hihi

    Kalo sinjay Mnurut gue kok enakan kaleyo ya. Sambel nya keasinan buat lidah gw. Kalo bebeknya si emang empuk. Apa karena gue Udah Antri 1 jam jd keburu ilfil ya huhu. Lagian antrinya gilak, kita ga bisa pilih bagian bebeknya juga.mau paha stau dada ga bisa milih. Sambelnya pun ga bs minta tambah.

    Omah Sendok kebayoran dimana si ra? Jd pengen coba soto tangkar nihh..

    Ackkkk kan lagi diett *sigh*

    • Nah itu Dhit, menurut gue jadinya blessing in disguise gue makan Sinjay dibungkus. Soale banyak yang bilang, kalo makan di sana suka ilfeel gara-gara jorok, trus antrinya juga bikin napsu ilang.

      Omah Sendok di Jl. Omah Sendok, Senopati, Dhit. Kalo lo dari SCBD, terus aja ke Senopati, nah ntar belok di Jl Bhakti. Trus ada belokan kiri pertama, belok deh. Lo ikutin jalan, nanti ketemu Omah Sendok di kanan jalan. Restonya nyaman banget, ada kolam renangnya gitu. Trus makanannya Idonesia semua, tapi enak-enak plus reasonable price. Makanya sering di-booking buat private event.

  3. ya ampyun mana lagi puasaaaa hahahhaa mba ira itu mak lengket juara ga ada yg ngalahin makan itu dari jaman sd, waktu pak haji lengket nya masih ada duduk di bangku plastik merah, kalo kita dtg sekeluarga langsung disenyumin.. skrg yg ngelola anak perempuannya ya mbaaaa huaaa jd kangen mkn itu , ini menu wajib kalo bukber satu keluarga hihihih top bgt deh mak lengket :))))

      • iya kata mama ku itu anak nyaaa mba.. mamaku sih sering ngobrol ama ibu-ibu yang dikasir :”) langganan keluargaku biasanyaada bapa yg botak dan maap agak maju giginyaaa .. tp kata mamaku orgnya udh ga ada disitu hehe kalo ada dia trus ngantri dilayanin nya cpt hehehehe, kalo pesen juga skrg pake bbm atau sms kalo bungku jadi tinggal sms langsung dtg udh disiapin hehehe

    • Nah itu Res, gue juga selama ini cuma bisa membayangkan kelezatan Sinjay. Makanya pas banget ke Madura, kayaknya rugi bener kalo nggak makan. Alhamdulillah kesampean hehehe.. Iya mau nitip juga bingung, secara belinya antri gitu. Nyebelin deh.

  4. Serious lho doi pake oatmeal.. Coba bagian yg ada oatmeal itu lebih detail deh bok, asliii kepooo.. Termasuk bagaimanakah citarasa perpaduannya dgn menu sampingan si oatmeal, hihihi.. 5 jempooll buat mama Nadira…. 😜😁

  5. Ini nih yang bikin tambah ngebet mudik..ampun deh racun!! GILA ngiler abeess gw liat foto2nya. Tapi gw emang klop banget selera nya sama loe, ra. Gw demen bgt sama soto Betawi dan bebek goreng/bakar..tapi kalo makan bebek gw udah punya langganan sih di Solo. Kalo pulang gw pengeeeenn bgt makan bubur ayam, yg enak dimana ya ra? kasih bocoran dong pliiisss (daerah Jkt ya ra)😀😀😀

    • Soto Betawi itu emang tiada duanya ya Pie. Itu di Soto Mamat kan ada pilihan bening. Laki gue langsung bilang “Ih apa enaknya soto Betawi bening? Harus santen dong.” Gagal deh usaha memilih yang lebih sehat😀

      Bubur ayam di Barito enak tuh yang pake cheese stick. Tapi personally sih, gue lebih suka bubur ayam tradisional yang pake kuah kuning gitu, Pie. Bubur Barito itu agak berasa modern di lidah gue, hehehe.. Deket rumah gue sih ada yang lumayan oke, bubur ayam Cirebon gitu deh. Bayanginnya gue jadi laper😦

  6. whoaaaaaa cegluk banget iniiii. Ish itu bebeknya enak banget sih Ra, aku dikasih bebek slamet atau bebek suryo aja udah suenang minta ampun. arrgh itu si soto pake iga kebayang lejatnyaaa *kok jadi bayangin Iga Maranu* aku kan karnivor banget Ra. Kalo tadi ikan ikanan mah gak napsir, tapi daging dagingan…….slurpiiiieeee

    • Gue baca komenlo kebayang deh betapa perutlo kerucuk-kerucuk baca poin yang bebek dan soto tangkar, Ndang😆

      Soto Tangkar itu istimewanya karena pake iga emang Ndang. Kalo baca sejarahnya sih, zaman dulu orang pribumi nggak boleh makan daging karena hanya untuk Belanda aja. Nah sama orang Betawi sisa-sisa tulang dibikin soto, jadi deh Soto Tangkar. Tapi di beberapa tempat, soto tangkar artinya ya soto betawi dengan isi daging, jeroan gitu. So far baru nemu yang otentik ya di Omah Sendok.

      Ayo kapan ke Jakarta. Abis ngerapihin alis, kita nyoto yuukkk😀

  7. salam kenal y mbk ira, duh ketagihan niu baca tulisannya mbk ira, dah baca semua isi blognya dan tiap hari nunggu updetan tulisannya, br berani comment nih…kyknya mbk ira ngefans bgt y ma bebek, duh sngnya tuh bebek da selebblog yg ngepen bgt.
    kpn2 klo k cirebon mampir ktmpt aq y mbk, ntr blh mkn bebek goreng ma bebek bakar sepuasnya deh, tp jgn berekspektasi terlalu tinggi y, coz tmtnya cm warung kaki 5, tp rasanya g kalah ma bekgor di hotel berbintang (kt suamiku sih, coz doi kan mantan cook di salah satu hotel dket kantor FD), soal kbersihan, tnang aja mbk, es batunya aq bikin sendiri dr air isi ulang, bkn dr air kali lho. catet…lho..lho..ni comment pa jualan y? jd malu, sudahlah mbk kutunggu kau di cirebon, bahagianya diriku klo warungku disambangi wartawan senior sekelas mbk….mksh.

    • Haloo Mbak Mufti *eh bener kan manggilnya itu?*🙂

      Eh serius nih undangannya? Kalo ke Cirebon, Insya Allah mau mampir ah. Jadi penasaraaannn banget sama warung begornya Mbak. Mana belum lunch nih, jadi kebayang-bayang deh, hikss😦

      Nanti kalo mau ke Cirebon, aku email Mbak ya🙂

      • haduh jgn panggil mbk donk mbk ira, panggil ticha aja, aq bru 24th lho (tetep g mau dianggap tuwir) secara aq kan unyu2 kyk ank sma..weeekkk*pgnmuntahnulisnya*
        eh serius lho mbk, aq tggu, tp tmpt aq bkn di kota, tp klo mbk naik mobil or bis dr jkt pasti lewat tmpt saiah…tp jgn berkespektasi terlalu tinggi ya klo dibandingin bebek slamet, duh g pede abesss….

  8. Aku mau highlight : walau makannya pake oatmeal juga tetep enak.. Lalu…. Tapi parunya abis..
    Apakah dalam hati “yaah parunya abis” atau “alhamdulillah parunya abis”??
    Demi bokong beyonce!!! Huahahahaha

  9. bgitu baca paragraph pertama langsung tutup window and run to the opposite direction *you are one of the reason why i need to run 10 km every day huhuhuhuhuhu*

  10. Adegan tadi malam –> Me: Si Ira nulis tentang H. Mamat dekat rumah. Laki: Iya, terkenal sampai ngantri2x. Me: Lah kok lo tau sie? Laki: ya memang terkenal kali. Me: Ya sudah malam ini ke sana. Laki: idih ogah, ngantrinya itu kan gw sudah cerita. *penasaran to the max*.

  11. mbak ira, aku kan dilamar hubby di omah sendok. tau gt nyobain soto tangkar ya. karena gugup, udah hari hujan aku pesennya es krim. haha… makasih rekomendasinya. bebeknya bikin ngiler berat

    • Iihh gpp lagi pesen es krim. Gue malah bayanginnya agak awkward kalo proses dilamar tapi lo lagi sibuk gerogotin iga di dalam soto tangkar😀

      Mending, pas anniversary aja ke Omah Sendok lagi. Baru tuh cobain soto tangkar🙂

  12. guwe….
    salah banget,…
    mampir ke blog lo…
    di jam makan siang ini,…
    dan gw hari ini gak masak…
    T.T

    *nadahin iler*
    *aduh bebek sinjay, soto betawi, soto tangkar…*

  13. ahhhh ..nasi uduk mat lengket, emang enduesss banget mba ira,,
    aku dr kecil hobi kesana sama keluarga, smpe skrng pun sama suami msh kesana,
    tp kita paling anti kalo bulan puasa, soalnya kalo lewat dr jam 1/2 7 itu nasi uduk dan tmn2 udah abis..

    dya sebenernya ad dua tempat, yang satu yg mba ira bilang,
    satu lg yg ke arah rawamangun, tp eh tp tmptnya lebih keci’ …

    Omah sendok soto tangkarnya enak, gara2 jatuh cinta sama si soto dan tmptnya sempet booking tmpt itu buat married, eh tp ga jadi dong krn putus sama si calon,, walau akhirnya qt nyambung lagi n jadi married tp tgl bookednya udh keburu angus.. hikss😦 (lah jadi curhat😀 )

    kalo kedai omah sendok yg dipasfest dilantai brp mba?

    • Yaahh.. Padahal kawinan di Omah Sendok itu cihuy banget lho. Makanannya enak-enak, tempatnya cantik, plus terjangkau pula biayanya. Sedep deh😀

      Di pasfest Omah Sendok adanya di food court Passer Koeningan di lantai atas. Lokasinya di tengah-tengah pasfest gitu. Si Omah Sendok adanya di sebelah Soto Betawi Roxy apa ya. Lupa2 inget gue, soale kalo ke situ, pasti langsung ke Omah Sendok, nggak ke yang lain😀

  14. Hahahahhaa… BEBEK SINJAAAAYYYY!!! Jadi inget, pulang dari ngantri bebek Sinjai di Madura, gue pusing, terus kena batpil! Pas nyobain bebeknya, lidah gue udah mati rasa karena sakit… Huuu seenak itu ya Ra?

    • Huahaha.. Lelee.. Koq ironis amat ya. Udah antri, eh pas dimakan, lo kena flu jadi gak berasa😆 Iya enak banget Le menurut lidah gue. Tapi kata beberapa orang sih, biasa aja. Rata-rata yang komen gitu karena keburu bete kelamaan antri😀

  15. gue baca postingan malem-malem pas anak-anak+hubby udah tidur, dan yang terjadi adalah….. gue ngences-ngences bacanya🙂 udah lama banget gue gak makan nasi uduk, blm pernah nyobain yang namanya soto tangkar, udah lama menghindari bebek goreng sama soto betawi gegara gue punya kolesterol……. huwaaaaaaaa… ja..ja..jadi gue makan apaan dong inih *lemas tak berdaya*

  16. Pingback: To Stereotype Or Not to Stereotype (2) | The Sun is Getting High, We're Moving on

  17. Pingback: My Kind of (Healthy) Lifestyle | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

