Andai Aku Jadi Orang Kaya

Buat generasi 90-an, baca judulnya jadi keinget lagunya Oppie gak sih?😀

Anyway, postingan ini dibikin gara-gara obrolan semalem di WA Grup. Gue sih baru baca tadi pagi dan ketawa-ketiwi sendiri. Rupanya, emak-emak PU pada berandai-andai, kalo ujug-ujug pada ketiban rezeki duit sebesar US$ 1 billion, what would they do? *thank you Cici Lele for the correction :D*

Ada yang pengen beli apartemen, pindah ke New Zealand, macem-macem deh. Nah gue, berhubung bacanya baru pas pagi, udah rada ketinggalan. But I know what I would do with the money. Here’s the list:

  1. Sumbangin sebagian ke organisasi zakat/sedekah. Enuff said lah ya.
  2. Beliin rumah dan mobil baru, plus sisihkan sebagian untuk deposito bonyok dan MIL.
  3. Beli kontrakan 10.000 pintu! Hahahaha.. My current obsession is punya rumah kontrakan. Beberapa kenalan dan sodara yang punya kontrakan hidupnya terlihat enak. Cuma ongkang-ongkang kaki di rumah, tiap bulan dapet pemasukan :D
  4. Beli saham, reksadana, LM, pokoknya investasi sebanyak-banyaknya lah. Sehingga hidup gue+hubby terjamin di masa tua nanti dan Nadira bisa sekolah sampe ke luar negeri.
  5. Beli franchise Bebek Slamet dan Indomaret. Tadinya gue mau beli/akuisisi perusahaan aja, kan ceritanya tajir cuy. Tapi kata Leony, beli perusahaan itu nggak segampang yang dikira karena kalo manajemennya gak bener, yang ada bangkrut. Ya udah, beli franchise makanan favorit gue aja lah😛
  6. Beli tanah di samping rumah gue buat bikin kolam renang plus halaman luas untuk bikin apotek hidup. Rumah yang sekarang sih cukup direnovasi dikit supaya lebih nyaman. Just as I said before, gue pan gak demen rumah gede-gede. Capek nyapunya😛
  7. Beli apartemen di tengah kota, vila di Bali kayak impiannya @thebunnycat, dan properti-properti kayak ruko, rumah etc, di Jabodetabek dan beberapa kota lainnya. Buat apa? Ya buat dikontrakin, atau dijual lagi dengan harga lebih tinggi dong ah😀
  8.  Traveling! Pengen keliling Indonesia, dari Sabang sampe Merauke supaya nggak kalah sama orang-orang bule yang memuja-muja Indonesia. Kalo udah khatam, lanjut ke beberapa negara impian. And of course, ke Disneyland lah buat nyenengin Nadira. Trus bikin piknik ke luar negeri ngajak bonyok. Kasian pengalaman ke luar negerinya cuma pas haji doang.
  9. Medical check up+sewa pengacara untuk keperluan surat wasiat buat donor organ. Soale kata Jeng Vina, bikin surat wasiat untuk donor organ ternyata jalurnya penuh lika-liku dan kudu medical check up+bayar biaya konsul pengacara dll dsb.
  10. Naik haji. Kalo bisa bareng-bareng ortu dan mertua. Amin!

Garing ya wish list gue? Hahaha.. Tapi menurut Erlia dan Lele, wish list gue ini, terutama nomor 3, 4 dan 5 itu malah bagus. Soale uang yang didapet jadi ter-maintain terus, nggak habis-habis malah.  Padahal menurut gue mah, wish list nomor 4 itu koq kefinplan-finplanan banget yak😀

Trus gue jadi inget program reality show jadul yang berjudul Uang Kaget. Di situ, bisa dilihat macem-macem reaksi orang (maaf) miskin atau tidak mampu saat dikasih uang Rp 10 juta oleh si pembawa acara, Helmy Yahya, yang harus dibelanjakan dalam tempo 30 menit aja. Ada yang panik, kegirangan dan malah linglung dan bingung mau beli apa aja.

Dulu gue sempet ngobrol sama Mas Helmy soal kisah behind the scene-nya Uang Kaget. Dia cerita, timnya selalu survei alias memata-matai target selama beberapa minggu sebelum syuting dimulai. Jadi bener-bener dipilih yang tidak mampu dan nggak pernah nonton TV.

Nah karena itu, banyak reaksi mereka yang bener-bener bikin Helmy dan kru geleng-geleng kepala. Gue yakin, banyak penonton yang mikir (termasuk gue) kalo jadi peserta Uang Kaget, first thing we’d do is “Bawa aja ke toko emas, trus dibeliin LM/perhiasan. Cepat dan praktis, duit nggak ilang.” Ya nggak?

Tapi di acara reality show itu, reaksinya macem-macem dan kadang mengharukan. Kata Helmy, ada satu target yang begitu dikasih uang 10 juta, langsung lari ke arah resto fast food. Alasannya? “Dia udah lama pengen makan fried chicken di situ, tapi nggak punya uang.” Ih dengernya aja gue terharu lho :’)

Ada juga yang panik, beli kulkas dan TV, tapi lupa bahwa rumahnya di kolong jembatan dan nggak ada listriknya. Ada yang sibuk beli beras beberapa karung, dan sembako lainnya, tanpa inget bahwa he had to carry the stuffs himself while the shooting was on progress. Ada yang repot pilah-pilih baju, sepatu, dll untuk anak-anaknya. Padahal waktu yang diberikan cuma 30 menit. Jadi begitu dikasitau waktunya habis sementara uangnya masih sisa banyak, dia  pun langsung nangis.

Dari situ, gue jadi teringet sama istilah OKB alias Orang Kaya Baru, yang dalam bahasa Prancis disebut nouveau riche. OKB ini biasanya adalah orang-orang dari kelas menengah bawah yang kaya mendadak. Bisa dari bisnis dan kerja keras, atau simply dapet warisan, undian or abis kena gusuran *banyak nih di Jakarta :D*

Istilah OKB berkonotasi negatif karena biasanya, OKB dikenal dengan hobi belanja yang berlebihan. Trus, semua yang nempel di badannya bermerek dengan lambang HARUS di luar supaya keliatan mahalnya plus jangan lupa perhiasan emas segede-gede gaban (jadi pada inget 4ngel l3lg4 gak sih? :P). Intinya, they like to show off and shop like the world’s gonna end tomorrow.

Contoh paling gampang, liat deh para artis, baik lokal maupun internasional. Begitu sukses dikit, langsung foya-foya. Gue pernah nonton di E! True Hollywood Story edisi tentang artis-artis yang bangkrut. Di situ diceritakan, seringkali pemasukan musisi ini gak sepadan dengan apa yang mereka habiskan dan juga gaya hidup mereka. Padahal di luar negeri kan pajaknya gila-gilaan. Untuk tau seleb siapa aja yang bangkrut, silakan liat di sini ya.

Meski begitu, ada juga Jay-Z yang bisa dibilang OKB karena aslinya dia berasal dari keluarga miskin. Tapi dia bisa sukses me-maintain karier plus duitnya hingga bisa kayak sekarang.

Yah, dari perilaku peserta Uang Kaget dan para OKB, mungkin bisa dilihat ya perilaku dasar manusia. Ada yang kayak peribahasa “You can take a girl out of a country, but you can’t take a country out of a girl” alias, norak mah norak aje. Tapi ada juga yang kayak Jay-Z dan beberapa selebriti serta pengusaha sukses yang merangkak dari bawah tapi gak berubah jadi OKB.

Nah, menurut temen-temen, kalo pada ketiban rezeki nomplok kayak imajinasi gue, atau ujug-ujug jadi OKB karena dapet warisan, what would you do?

39 thoughts on “Andai Aku Jadi Orang Kaya

  1. Salam kenal mba iraaa;)

    Ak mau buat sekolah spesialis bahahak secara sekolah ppds di indonesia masih membutuhkan uang baik buat administasi maupun biaya tambahan lain. Habis itu mau punya kontrakan juga asik kayaknya emg investasi di properti gitu;)

    Oiya satu lg dan masih berhubungan dgn dunia klinis, pengen bikin klinik laktasi di kota kabupaten ku habis sampe skrg fasilitas spt itu minim sekali di kota kecil. Hohohoho

  2. Huahahaha mbak iraaaa sama bgt sama suami cika,katanya punya rumah jangan gede2 susah n cape ngurusnya. Padahal kan kalo horangkayah ga ngurus rumah sendiri kaleeee xixixixixi.
    Klo cika punya duit ga abis2 selain mau dipake buat zakat dll,nyenengin ortu n mertua,mau diving sepuaspuasnya hahahahaah

    • Iya Cik, abis kalo rumah gede, bakal susah ketemu anak dan suami saking gedenya. Mending yang kecil-kecil aja supaya anget *alasan padahal emang bokek :P*

      Eh iyaa gue jg pengen belajar diving!

  3. Setuju, sama yang mengenai OKB. Some people ada yang emang mentalnya OKB *sambil ngaca semoga akuh nggak. semoga aku ORANG KAYA saja tanpa Baru* Yang OKB jiwa pamer dan brandednya lebih tinggi, padahal sering salah penempatan juga.
    Kalo aku dapet rejeki nomplok begitu sih pertama sih buat amalan juga, Ra. DAn bukan karena hati yang baik banget, tapiii biar spending dan investing berikutnya nggak merasa bersalah dan maruk, gitu, dapet gretong an aja kok ya pelito. Hihihi, Baru sewa Ligwina biar dia yang mikirin investasiku yg terbaik ke mana aja dengan uang segitu, biar bisa buat dapend anak dan pensiun leha leha. Baru kasih ke ortu dan mertua. Kalo ada sisa, Baru pesen tiket ke Eropa dan wujudkan cita cita nonton live piala dunia atau piala eropa. Itu aja deh. Kalo masih ada sisanya lagi, aku ngayal lagi. Perlu waktu, bo. 10 juta kan 30 menit ya di acara Helmy itu. Kalo 10 Milyar ijinkan aku dan suami bertapa 3 hari.

    • Tapi kayaknya kita susah jadi OKB deh Ndang. Wong nggak pernah pasang lotere hahaha..😆

      Iyah, gue juga lupa tuh masupin soal Ligwina ke dalam wish list. Kan lumejen ya, sapa tau karena dikelola Finplan, duit kita jadi berkembang lebih banyak lagi. Lumayan buat 7 turunan ya nggak seeehhh😀

  4. Lunasin KPR dan pinjaman kantor, pengen tahu hidup tanpa harus bayar tagihan hihihihi. Ada satu gw pengen juga: bikin beasiswa buat mahasiswa di almamater gw, sebagai terima kasih gw krn dulu tanpa beasiswa i won’t be here. Nama beasiswanya lucu kali ya: Make Your Dreams Come True… Jadi ngayal di siang bolong hehehehehe.

    • Oh iyaa.. Lunasin KPR dan segala utang-utang, penting banget tuh! *tepok jidat*

      Gue juga lupa masupin sekolah lagi di wish list, Yas. Mendingan bikin beasiswa kayaklo ya. Sapa tau dapet gelar Master/Doktor Honoris Causa gara2 bikin beasiswa ye.

      *jadi niatlo sekolah lagi itu buat ngejar gelar atau ilmunya sih, Ra? hihihi.. :P*

  5. kalo gue kali beli properti banyak, kontrakanlah, kosanlah, investasi yg gak usah gue urusin tapi jalan terus trus gue beli pulau atau gunung yg subur makmur, pensiun dini… suka2 deh mau jungkirbalik sendiri di pulau ekke… menanam sayur mayur sendiri jd klo makan tinggal metik di kebun, trus ke kota sebulan sekali naik helikopter biar gak kena macet. Itu aja sih… sisanya dipikirin ntar deh klo udah ada duitnya beneran😆

    • Tjep, serius lo mau tinggal sendirian di pulau? Lo kan Aquarius yang makhluk sosial bangeett.. Bisa mati kegaringan lo gak ada temen. Tapii.. Kalo beneran beli, gue diajak yaahh *nemplok2 Tjepi :D*

  6. Gue sih setengahnya kasih emak gue, suruh dia olah dah tuh duit biar nanti beranak pinak. Setengahnya lagi gue bawa keliling dunia 5 tahun. Selama keliling dunia gapapa deh gue hidup pas2an, yang penting bisa keliling dunia, jajakin kita satu2. =D
    Pulang2 bikin buku deh ttg keliling dunia, trus best seller kan tuh (amiiinn) trus tinggal ongkang2 kaki di rumah terima rolayti hahahahah.

  7. Ih, gw juga mau ketiban duit segepok. Trus nambahin point2 lo, gw mau bikin fitness room di rumah+pt buat fitness dhewe di rumah, biar ga ada alesan “ga ada yang jagain anak!” Males mah males aja luh, hihihihi…

  8. Gw mo komen:

    1. Mak wishlist lo g kebanyakan tuh?g keburu abis? Hehe

    2. Eh gw kira acara2 sejenis uang kaget gt penuh rekayasa loh,ternyta beneran ya? Jd semua reality show beneran apa cm sebagian? Oot..biarin..penasaran

    3. Kl gw ketiban duit byk yg pertama adl ambil sekitar 5-10%nya buat foya2,entah jln2&nginep di hotel berbintang di kamar suite atau belanja barang luar biasa mahal yg selama ini gw pengenin,intinya buang duit, trus sekian persen sumbangin, sisanya gw bagi dua,yg 1 buat ditabung doang tanpa embel2 invest,sisanya gw panggil manajer keuangan buat investasi jangka panjang..

    Skrg mikirnya agak panjang,kalo dulu gw mikirnya cm tabungin aja lah smua,tar abis kalo bebelian macem2 hehe

    • 1. Itu udah dikoreksi, kalo $1 million iya dikit banget😛
      2. Kalo menurut Helmy sih Uang Kaget beneran diproduksinya. Gak tau deh dia jujur/gak.
      3. Seru yak, gara2 what if ini, pada mikir keras bikin wish list kalo ujug2 jadi miliuner hihihi..😀

  9. Kalo dapat uang kaget diluar zakat investasi sama beli2 aset, gw mau resign terus ke london ambil “kursus masak” di le cordon bleu, sambil cari “kos2an” aprt studio aja yg ditengah kota tinggal disana 1-2 tahun.. Balik indonesia buka restoran padang.. *ngayal

  10. Mba,ikut komen ya..😀
    Klo ketiban rezeki, slain mirip sm mba nmr 1,2,4,8,10, aku mau beli tanah banyak trs dijadiin kebun sawit, sm beli truk,excavator,fuso jg.. Hehehe….

  11. setelah melakukan hal2 yg kebanyakan org lakukan (investasi, beramal, dan tentunya menyisihkan untuk ortu/anak), gue kepengen banget sekolah lagi. how fun it will be, belajar tanpa harus pusing mikirin biaya dari mana, gimana kalo ntar gak balik modal, abis sekolah mau ngapain..hihihi…oiya, satu lagi, pengen punya toko buku, cita2 sejak jaman dulu banget (yep am a bookworm hehe) karena menurut gue, mau punya uang sebanyak apapun, kalo kita nggak punya kegiatan yang kita cintai, kayaknya basi banget ya bok. ada tante gue yg tajir berat, kerjaannya jalan2 keliling dunia, belanja, arisan, makan2 di fancy restaurant,tp gw liat hidupnya nggak pernah puas. something is missing there🙂

    • Iya Trid, gue juga koq ya bisa kelupaan masupin rencana kuliah lagi ya di wish list di atas? *tepok jidat* Btw, lo kepikir nggak, kalo kita kuliah tanpa ngerasa ada beban biaya dari mana, balik modal/gak, abis sekolah mau ngapain, motivasi kuliah kita jadi drop? Hahaha.. Sok di-psikoanalis banget deh, padahal pan cuma khayalan doang😛

      menurut gue, mau punya uang sebanyak apapun, kalo kita nggak punya kegiatan yang kita cintai, kayaknya basi banget ya bok

      Bener banget! Makanya itu di wish list gue masupin duit kudu diinvestasi supaya gue ada modal untuk doing things I love, kayak traveling, cooking, writing, etc🙂

  12. Jadi ikut ngayal juga nih aku,kalo aku bikin kontrakan,kos2an, kolam pemancingan plus restorannya. lalu menghajikan ortu,bibi,nyekolahin adik2ku di luar negeri, n bikin sekolah gratis n berbobot kurikulumnya dikampungku
    Itu aja aamiin

    • bikin sekolah gratis n berbobot kurikulumnya dikampungku

      Aku juga mauuu.. Nanti kita bikin kurikulum standarnya ya Mak, buat di kampungmu dan kampung-kampung lainnya *ngayal mulu :P*

  13. BAiknya ditelaah lagi soal orang miskin di duit kaget sebelum mereka dicap norak. Pernah nggak berpikir kalau mereka itu pola pikir dan kelakuannya tebatasi oleh keadaan mereka yang below poverty line. Boro2 mikir panjang untuk nyetok lm within the span of one hour, prioritas mereka yang utama adalah menyambung hidup or immediate lifestyle improvement. SeumuR hidup miskin, sepuluh juta is an impossible number buat mereka..so if their immediate reaction dicap norak, mungkin yg perlu dicerca ya yang bikin acara tv macam gini….mengeksploitasi kaum miskin so that you and I can watch this on tv in our air conditioned living room while we laugh at their lebay ness

    • Programnya udah dihentikan koq Mbak karena bener kata dirimu, Uang Kaget mengeksploitasi kaum papa. Btw, komen Mbak ini mau mengkritik produsernya atau postingan saya ya? Emosi beneeerr🙂

      • hehe maap ya kalo kesannya mengkritik u, nggak kok…aku emosi ama programnya..
        apologise if the context of my post above was rude.

  14. Wah, namaku disebut!! hahahaha…
    Gak perlu jadi orang kaya kok ra, utk ketemu gue dan proceed keinginanlo donor organ *promo terselubung* hihihi

    Ayok kapan kita kencan makan siang oatmeal?!

    • Hahaha.. Eh ada rate khusus buat promo gak terselubung di blog ini. Silakaann *macam blogger seleb aje ada rate-nya :D*

      Ayooo.. Pokoknya kalo lo lagi beredar, hubungi gue yaakk.. Gue siap makan oatmeal sambil liatin lo makan nasi padang *glek*

Leave a Reply

