Scary Movies

Saat ini, salah satu tugas yang wajib gue tunaikan (ceileh bahasanya) adalah menonton dan menulis review film baru setiap minggunya. Job desc kayak gini udah lama sih gue jalanin, sejak baru jadi jurnalis dulu lah. Tapi karena di-rolling ke berbagai desk, baru sekitar setahunan ini lah balik lagi nonton+nulis review film.

Segala jenis film harusnya sih gue tonton, nggak hanya genre-genre tertentu. Tapi buat gue, ada satu pengecualian. Gue paling ogah dan males nonton film horor. Mau itu horor lokal yang ada pocong/kuntilanak/dedemit, horor asia, atau horor bule yang ada slasher-slasher-nya, intinya OGEENNGGG!!!

Dulu beberapa kali nekat sok berani nonton film-film horor, alhasil cuma nonton 1/3 film aja. Sisanya, akuh bersembunyi di balik jaket/tas/tangan. Makanya, pas pacaran dulu, paling enak emang nonton film horor. Bisa jadi modus buat peluk-pelukan, hahahaha…😀

Sebenernya, keogahan gue nonton film horor nggak terpupuk sejak kecil, lho. Waktu kecil, gue sering tuh nonton film-film horor, especially film-filmnya Suzanna. Sundel Bolong? Nyi Blorong plus segenap sekuelnya? Malam Satu Suro? Duh, akik udah khatam semua lho *tepuk dada* Makanya sampe hapal sama suara ketawa ala Suzanna plus dialog paling memorable-nya berikut ini:

Sate. Sate 200 tusuk, makan disini.
Cepetan, Mas!
Biarin! Mentah juga enak!
Soto! Ama pancinya!
Sama pancinya!

…SUNDEL BOLOOONG!

Pas SMP-SMA, gue mulai beralih ke film-film horor lain, macam slasher-slasher ala film holiwut kelas B-C dan ofkors, film drakula favoritku sepanjang masa, Bram Stoker’s Dracula. Film yang terakhir itu sih ditonton bukan karena horor, tapi karena ada Mas Nunu yang jadi idola remaja ABG di tahun 90-an. Uhuy!

Trus, film itu meski seremnya sampe bikin takut mau pipis, tapi adegan uhuk-uhuknya juga banyak. Seru deh nonton rame-rame sama temen-temen😀

Makanya entah kenapa makin tua dewasa, koq gue bukannya makin berani sama film horor, tapi malah makin penakut. Sampe kebawa in real life, termasuk pas nginep di hotel pas tugas ke luar kota. Heran bener deh :( 

Dulu waktu nonton preview Jelangkung, gue nggak berani pipis ke toilet malem-malem selama seminggu. Padahal toiletnya di samping kamar gue, zzzz… Begitu juga abis nonton preview Kuntilanak. Gue nggak berani bobo sendirian selama seminggu, dan kudu ditemenin nyokap. Zzzzz..

Oh ya, to be honest, untuk tingkat kesereman, thumbs up lah buat film-film horor lokal dan Asia. Emang sih, film horor luar negeri itu efek visualnya kece dan total gitu. Tapi film-film horor lokal dan Asia, efek proximity-nya lebih ada. Sebab, yang ditampilin pan hantu-hantu yang kita “akrab” sejak kecil ya. Jadi lebih scary euy.

Tapi yang nyebelin, film horor lokal makin hari makin cupu aje deh. Plus makin mengada-ada pula. Formulanya pun simple banget. Pertama, harus ada hantu jadi-jadian, yang biasanya sih hantu hybrid dari folklore/urban legend yang udah ditambal sana-sini. Misal: Pocong Ngesot (what the f*ck??? ) Kedua, artis seksi plus adegan buka-bukaan. Ceritanya mah gak penting, yang penting malah adegan nganunya itu. Ketiga, ada orang cupu/jelek (maap ya yang ngerasa), buat jadi bahan celaan.

Dulu fim-film Suzanna juga ada adegan buka-bukaan plus ada Bokir cs sebagai bahan bully. Tapi perasaan gue, tetep tontonable deh, nggak cupu bin maksa kayak film horor sekarang.

Anyway, ada yang demen film horor? Kalo iya, hebriinngg euy. Gue sih meski nontonnya bareng-bareng pun tetep ogaaahh *cemen :P* Oh ya, ini ada soundtrack Bram Stoker’s Dracula yang dinyanyiin one my most fave singers, Annie Lennox. Please pay attention to the lyrics. Related banget sama masa lalu Dracula dalam novel Bram Stoker. Sad but beautiful :’)

Once I had the rarest rose
That ever deigned to bloom.
Cruel winter chilled the bud
And stole my flower too soon.

Oh loneliness – oh hopelessness
To search the ends of time
For there is in all the world
No greater love than mine

24 thoughts on “Scary Movies

  1. Bukunya Bram Stocker’s Dracula bikin gw selama 4 jam habisin baca 2 buku itu, tp siang hari ya bacanya hihihihi, gw juga cemen kok. Tapi gw percaya klo memang Wina jatuh cinta sama si Count dibanding sama tunangannya, sedih ya. The Others-nya Nicole Kidman Ra kudu dicoba, wah bikin sport jantung, tambah Sadako-nya The Ring versi Jepang ada tuch foto yg mirip di salah satu hotel tua di Malang. Gw gak masalah nonton horor bulay dibanding Indonesia, serem ya bayangin Jupe tp perutnya bolong wkwkwkwkwk. Klo laki gw mah anti, soalnya dia trauma nonton Srimulat Live, tiba2x Paul sbg Drakula loncat di depannya hihihihihi.

    • Hahaha… Lo sama aje sama gue, Yas. Sesama penakut gitu😀 Dulu gue jg baca buku horor selalu siang, abis kalo malem lebih spooky ya😛 Iya bener, gue juga percaya si Wina jatuh cinta beneran sama si Count. Apalagi di pelemnya, yang jadi Count itu Gary Oldman yang lebih matang dan dewasa ketimbang Keanu Reeves. Trus kayak lebih paham sama perempuan gitu kan yaa *lopelope*

      Itu lakilo kocak amat! Gue ngakak parah ih baca “horror experience”-nya😆

  2. ya ampyuunnn jeng iraaaaaaa, itu cuplikan suzananya.. aku jadi bernostalgia dehhh… dulu aku juga selalu nonton film-filmnya doi lohhhh

  3. kalau horror bule aku dan anakku suka nonton Mak, macam Mama, Paranormal activity, Insidious gt udah nonton. tapi kalau horror Thai yang biasanya sadis2 gt gak suka. hantu bolehlah…tapi bunuh2an gak mauuuu

  4. Nyahaha…akuu termasuk golongan yang anti liat film horror. Adegan sadako keluar dari TV aja masih kebayang2 sampe sekarang -___-”
    eh temenku ada dong tiap kencan tontonan wajibnya film horror. zzzzz…
    bukan buat yang biar bisa meluk2 gitu.. tp emang karna dia ngrasa itu ‘menarik’ -___-“

  5. Kalo gue sebenernya agak labil Ra. Gampang ketakutan tapi selalu penasaran nonton film horor. Yang abis nonton Jelangkung juga gw samaan kayak elo. Takut banget gitu ngapa2in. Liat pintu kebuka dikit langsung gw tutup.. abis takut ada yang lewat.. hahaha…

    Makanya sekarang kalo nonton film horor pasti harus sama orang lain, ga pernah mau sendiri. Itu juga karena gw nontonnya sambil tutup mata dan sibuk nanya yang nonton bareng gw adegan seremnya ngapain.. ahahahaha..😛

    • Gue 10 tahun lalu juga kayaklo, Be. Masih ada penasaran pengen nonton lah. Kalo sekarang, gue bener-bener ogah deh nonton horor. Bisa stres karena pas nontonnya seru, abis nontonnya itu lhoo yang bikin trauma X_X

  6. hadeh si Lulu….aku dulu inget abis nonton paranormal activity, ga brani di rumah sendirian *dulu masih belom ada anak dan suami jauh*….sampe harus bawa temen/tetangga tidur di rumah hahaha

  7. Hahaha kalo kerjaan gimana nolaknya mak? Gw jg anti nonton film horor,mnrt gw,gw tu orgnya sangat pengertian pada diri sendiri (apeee) misalnya gw tau bahwa gw penakut banget&kebayang2nya bisa ampe mingguan-bulanan (pernah gak sengaja nonton serial si manis yg muncul di jendela,sampe kuliah gw gak berani nutup horden malem2) jd gw gak mau nyiksa diri ntn horor,kecuali horor bule yg agak cupu makeupnya ky zombi2an… Pernah jaman abg ama sepupu2 gw dipaksa ntn the eye,kalo gw tutup muka,filmnya di pause,begitu terus sampe abis,tapi gw bisa ngeles dengan ngeliat ke arah2 lain hehe..kalo film bule gw takut ama film2 saiko,kalo film indo nya kaya rumah dara gt deh…so soal horor2an gw g pernah menchallange diri,gak pernah mau baca crita horor/denger crita2 horor…g mo nyiksa diri hehe

    • Kalo kerjaan mah, gue lempar ke anak buah, Lin. Amaaann😀

      Itu sepupu-sepupulo parah beut ya maksanya, hahahhaa.. Kalo anak orang sampe trauma dan setres pada mau tanggung jawab gak?😆

  8. gua nonton bram stoker’s Dracula setelah baca novelnya. dan gua kecewa berat!
    gile pas baca novelnya itu gua sampe gak berani tidur lho saking seremnya. hahaha.
    eh pas nonton filmnya kok gak ada serem2nya sama sekali gitu…😛

    • Nah menurut gue, buku itu emang selalu lebih dahsyat dibanding filmnya Man. Soalnya kalo di buku kan kita sbg pembacanya bebas berimajinasi. Makanya novel Bram Stoker’s Dracula lebih serem dibanding filmnya ye. Gue baca bukunya abis nonton filmnya. Jadi nggak seru😀

    • Ahahahaha.. Gue tuh film bunuh-bunuhan yang darahnya muncrat selalu tutup muka krn gue gak kuat nonton adegan voilent. Tapi gak smp bikin trauma kayak film horor sih😀

  9. ga berani nonton film horor sampe sekarang, aq tau aq orangnya penakut, jadi daripada ambil resiko mending hidup dengan nyaman wkwkwk.
    dulu pernah nekat nonton jelangkung aja berdua sama temen kostan, alhasil selama seminggu kita tidur sekamar, wkwkwk #cewecewecemen

  10. Setuju deh! ga ada yang ngalahin seremnya hantu lokal. Drakula mah lewaaat diabnding poci, kunti, de el el.
    Eh eh mba film hantu jaman skrg yang geje gitu juga banyak loh yg nonton, sampe heran gue apaa sih bangusnya😐

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s