Paradise City

Di tengah never-ending traffic, polusi, banjir dan tingginya harga bahan pokok, gue berusaha nyari sisi positif dari Jakarta. Here are some of the things I manage to remember. The comparison and data are taken from my and my friends’ personal experiences and also from what I read in books, newspapers, online sources or wikipedia.

FYI, don’t take it too personally ya, apalagi dianggap nyinyirin temen-temen yang tinggal di kota/negara lain. Seriously, I never thought of that.

Anyway, here they are:

1. Jakarta’s traffic is like hell? Think again. Menurut beberapa temen gue yang pernah berkunjung maupun tinggal di India, lalu lintas di sana jauuhh lebih semrawut. For instance, orang India itu doyaaaan banget bunyiin klakson. Jadi buat yang suka sensitip kalo diklaksonin abang metromini or bajaj, coba deh tinggal di India. Temen gue awalnya stres tapi lama-lama milih cuek, gak sensitip lagi😀

Trus kemacetannya suka tanpa alasan. Di Jakarta mah, macet biasanya diakibatkan mobil mogok, banyak motor yang neduh di bawah jembatan pas hujan atau ada tukang bakso yang dorong dagangannya rada ke tengah jalan. Tapi kalo di India, bisa diakibatkan karena ada sapi yang lagi asoy leyeh-leyeh di tengah jalan. Berhubung sapi = hewan suci, nggak ada yang berani ngusir. Jadi deh maceettt bener…

2. Eneg sama ratusan ribu motor yang sruntulan di jalan Jakarta? Try Phnom Penh, then. When I was there in 2004, practically there’s no public trasportation available. Mobil pun cuma dikit yang ada. Kalo pun ada, biasanya milik pemerintah, UN dan pejabat. Untuk turis atau masyarakat umum, pilihannya cuma ojek dan semacam tuk-tuk yang digerakkan sama motor juga.

Kalo kata temen gue yang orang sana sih, they used to have bus as public transportation in 2001. “But nobody wanted to go by bus. They prefer riding motorcycle because it’s faster than bus,” he said. Kalo nggak salah, program pengadaan bis itu dibikin dengan bantuan Jepang. Cuma kuat berapa lama doang, lalu bis di Phnom Penh dihentikan karena nggak ada yang naik. Oh ya, bis yang ada saat ini rata-rata cuma buat rute ke luar kota atau disewakan.

Dan, di Jakarta mah motornya kece-kece ya. Dari kelas matic, Kawasaki Ninja sampe Harley Davidson. Di Phnom Penh, bookkkkk motornya tuwir-tuwir kabeh! Padahal di Jakarta, abang gorengan aja bisa kredit motor terbaru karena DP-nya murah. Begitu juga di beberapa wilayah Indonesia lain. Di kampung-kampung, buanyaak yang pake motor jenis terbaru. Jauh bener ya bedanya sama di Kamboja.

Btw, pas gue konfirmasi kisah ini ke temen yang baru aja tugas dari sana, sapa tau kondisinya udah berubah gitu, dia bilang “Sama aja Ra. Kemana-mana ya gue kudu ngojek.” Trus gue baca di artikel ini ternyata emang bener, belum ada bis di Phnom Penh. Tsk tsk…

*gue pernah tuh naik motor yang kayak di atas pas di Kamboja, ada extensionnya supaya muat banyak*

3. Public toilet in Jakarta sucks? Try those in China (mainland) and you’ll have a veerryyy different perspective. Gue belum pernah ke Cina, tapi dulu pernah nongkrongin thread di forum FD tentang wisata ke Cina. Di salah satu postingan, terdapat kisah-kisah horor tentang public toilet di Cina.

Si penulis (maap ya Mbak, saya lupa namanya), cerita bahwa dia pernah kebelet pipis pas lagi berkunjung ke pasar tradisional di sebuah kota di Cina. Trus pas sampe toiletnya, dia shock. Ternyata, WC umum di situ nggak ada yang pake pintu. Jadi orang cuek aja pipis atau BAB di depan orang-orang lain yang lagi antre. Gue bayanginnya aja linu bookk…

Trus si penulis ini cerita, saking nggak tahannya, dia pipis sambil nutupin pake payung. At least ketutup lah yaaa..

Kisah ini diperkuat oleh testimoni Jeng Lele yang udah beberapa kali ke Cina. Menurut dia, di salah satu kota terbesar di Cina, tak jauh dari hotel bintang lima, WC umumnya pun masih kayak gitu deehh.. Gimana yang di kampung beneran ye? Duh jadi pengen bilang ay laf yu ke WC umum di pom bensin nggak sih?

*this is the most mendingan pic from all of the pictures I found in Google. Go search yourself with keyword “public toilet in China” deh. Aku muaalll -__-*

4. Delivery service katanya “diciptakan” di Amrik. Buat orang Jakarta (or should I say, Indonesia), delivery service mah kagak perluuu.. Buat apa? Wong pedagangnya nongol di depan rumah hampir 24 jam sehari. Dari bakso, ketoprak, somay, roti, gorengan, gado-gado, mi ayam sampe sekoteng.

Not only food, but also lots of things and services like hordeng, tanaman, asah pisau, sol sepatu, and kid’s toys. They’re all available in just one teprokan away. Gimana, mantap kan Gan?

Trus ya, kalo kelaperan di mana pun, entah di halte, bahkan di tengah kemacetan jalan tol, pasti ada aja tukang makanan. Mulai dari bakpao, somay, tahu, sampe kerupuk. Jadi, no need to worry my friend. Urusan perut dijamin rebes deh kalo di Jakarta. Harganya pun murah meriah, nggak pake additional charge buat delivery service lhooo.. Yah meski kadang kebersihannya diragukan sih :D

Inilah yang, menurut temen-temen gue yang tinggal di luar negeri, sering bikin homesick. Di negara masing-masing, boro-boro deh ada tukang nasgor lewat jam 12 malem. Kalo laper tengah malem pilihannya cuma 2: lanjut tidur atau masak stok makanan di lemari.

5. Now let’s move to club scene. Bisa dibilang, club scene di Jakarta itu lumayan komplet. Dari yang kelas Bongkaran alias di pinggir rel kereta dan isinya banyakan p3cun, kelas dangdut koplo dan aringkingkingking di Kota sampe kelas hip yang rata-rata ada di Jaksel. Bandingkan dengan beberapa negara lain deh.

Kamboja, for instance (maap ya Kamboja mulu, gak kreatip :P). Waktu ke sana dulu, gue sempet nih clubbing di sebuah klub di Sieam Reap. Astagaahh… Cupu berat, dan they only served Angkor Beer, bir kebanggaan orang sono. Zzzz.. Trus pas ke Phnom Penh, gue diajak ke klub yang katanya paling heitz di kota itu. Yah lokasinya mirip Hailai gitu deh. Tapi yang bikin ajaib, di tengah-tengah acara ajojing, musik mati dan ada jeda istirahat. Trus naiklah dua orang pelawak yang melawak dalam bahasa Khmer. Bayangin deh kalo lagi asik jogedan di klub di Jakarta terus tiba-tiba Sule dan Kiwil naik. Agak aneh nggak sih?

Trus di Singapore, gue pernah beberapa kali clubbing, tapi koq ya selalu nyasar ke klub yang standaaar banget. Gak hip samsek. Kalo menurut temen-temen gue yang tinggal di sana sih, klub selain Zouk ya biasanya standar emang. Oh fanteesss…

Tapi yang lebih menyedihkan ya kondisi di Brunei ya. Menurut temen-temen gue, di sana hampir gak ada club scene. Party cuma dibolehin setahun sekali, pas NYE. Kalopun mau ajep-ajep, biasanya anak-anak muda Brunei yang punya kenalan di Kedubes Filipin, dateng ke acara yang digelar di situ. Temen gue pernah cerita, dia diajak ajep-ajep di sebuah party yang digelar di tengah hutan, pake password dll segala.

Ketatnya pemerintah mengontrol alkohol dan party itu katanya sih buat mengontrol pergaulan generasi muda. Padahal kata temen gue, yang kebetulan masih keponakannya sultan, hal itu nggak ngaruh. Sebab, banyak remaja Brunei yang terlanjur hamil di luar nikah dan berperilaku kebarat-baratan. Sad, eh😦

6. Berita-berita kriminalitas di media bikin serem euy. Bahkan gue yakin, banyak yang mikir pengen pindah ke luar Jakarta supaya anak-anaknya hidup lebih aman, ya nggak? *been there done that*

Tapi ternyata nih, kriminalitas Jakarta masih kalah sama India. Masih pada inget dong ya kasus turis diperkosa rame-rame di sana? Atau bandingin sama Kamboja yang, waktu gue ke sana dulu pun, selalu dikasih warning jangan ke luar hotel malem dan sendiri. Banyak kriminalitas plus, hati-hati kalo melangkahkan kaki di jalan karena banyak ranjau darat yang belum ditemukan.  Hiiii..

Yang juga nggak kalah mengezutkan adalah Arab. Banyak kan kisah orang lagi naik haji/umrah diperkaos trus dibunuh? Belum lagi tindak pelecehan seksual yang nggak mengenal batasan usia. Masa mertuanya temen gue, udah nenek-nenek bok, pas lagi tawaf, digrepe aja gitu pant4tnya. Gue sih Alhamdulillah pas umroh dulu nggak sampe kena kayak gitu karena kemana-mana selalu ditemenin sama temen-temen gue yang laki. Tapi gue sempet sih dilamar jadi istri kedua oleh seorang owner toko parfum kondang. Zzzz… X_X

Oke segitu aja dulu kali ya. Kemarin-kemarin sih sempet banyak ide yang muncul, tapi as usual, pas ditulis, lupa kabeh. Nanti kalo idenya nongol lagi, bikin part 2-nya aahh..😀 Nah, kalo ada yang mau nambahin atau mengoreksi, be my guest yaaa🙂

Oh ya, buat generasi 90-an, mari kita dengarkan lagu yang gue ambil jadi judul postingan ini. From bedil karo mawar, rek😀

39 thoughts on “Paradise City

  1. Curcol aah berhubung akik kmrn lumayan nyaris setaon setengah jadi transmigran di muara enim yg in the middle of nowhere, sakaw banget sama jakarta dengan segala kemudahan moda transportasi… daann… urusan pedagang makanan keliling ini. Hahaha disono mo bakso aja kudu ke kota, udah gitu rasanya beda bgt sm rasa bakso jakarta. Aah emang biar nyebelin, i heart jakarta deh. Buktinya selama disana selalu pengen balik kesini.

    • Hahaha.. Bener tuh Hen. Jakarta itu benci tapi cinta banget yaa.. Sagala aya di sini, terutama makanan. Eh tapi lo begitu sampe Jakarta kangen pempek palembang kaann😀

      *ih laper nih ngobrolin makanan*

  2. adohhh, linu berattt liat toilet nya china mainland. to be noted, jangan sering sering minum ya, biar ga beser hehe. iyalah, jangan suka memandang rendah negeri sendiri yah, right or wrong, this is my country and i love it.

  3. Delivery paling juara itu ya di rumah gue, tinggal telpon, lalu abang tukang baksonya akan datang bersama gerobaknya baru racik pesanan pas udah nyampe dpn rmh kita. Gue merasa istimewa. Hehehe.

    • Huaahhh.. Pasti lo langganan banget sama itu abang bakso ya Mak. Soale dia sampe mau datengin gitu hihihi.. Dulu gue juga punya tukang gado-gado dan bakso yang kayak gitu tuh. Mayan banget yaa.. No additional charge pula!😀

  4. Ra, tentang china benar banget tuh. Gw di sini anti bener ke toilet umum, di china apalagi. Pernah masuk dan langsung keluar lagi karena mending gw tahan dibanding trauma.Tante gw dong, masa ga sengaja ngebuka salah satu cubicle toilet umum yang ternyata ada orangnya. Di dalam ada ibu-ibu gitu lagi makan sambil nongkrong di atas toilet. Abis itu marah-marah doi! WTF! Dan gw gak tahan mereka buang reak dimanapun ..seakan abis minum minyak goreng seumur hidupnya….hoeekkk!

    • Gue baca ceritalo aja mual Nis. Gimana ngalamin sendiri ke sono ya? Tambah gak napsu dah ke Cina T__T

      Iya soal reak juga bikin geli ya. Apalagi kalo di resto. Idiihh bisa ilang deh napsu makan *hueekk*

  5. Pas banget gw abis aja nge-post tentang mudik ke jakarta..Biar banjir bandang kek, macet tambah parah kek, kayaknya kalo kota kelahiran mah bikin ngangenin aja lah..hehehe

  6. Hidup zouk *eh :p

    Beberapa tmn gw yg tinggal ato kerja d luar negeri jg suka pd cerita gt, ktnya ga seenak yg dibayangkan,wlopun mgkn dsana lbh tertib dibanding disini😀. Ada jg tmn gw yg emg ga suka tinggal d jakarta, jd lbh milih menetap di luar. Kembali ke orangnya masing-masing yak hehehehe

    • Iya Ye, depends on the person sih. Ada koq temen gue yang teramat benci sama Jakarta dan Indonesia, jadi ya dari dulu kerjanya jelek-jelekin kota dan negara sendiri. Padahal dia lupa, dia lahir dan cari duit dimana kalo bukan di Jakarta dan Indonesia yak. Zzzz..

  7. Pas banget… gue lagi mikir, biar kata JKT gudangnya macet, orang-orangnya banyak yang ngga disiplin, gue lebih cinta ke JKT, karena mereka ngga berusaha money oriented -pengalaman waktu ke HCMC, dikit2 nanya diarahin ke hal yang menguntungkan dia-

  8. Eh itu tentang gerobak makanan lewat bener bangeeeeetttttt, baru Sabtu kemaren gue ketiduran, bangun2 jam 9.30 malem (catet ya bok, cuma jam 9.30 malem) kelaperan, di rumah ga ada stok plus males bener yak, malem2 masak, bingung aja gitu gue cari restoran buka. Adapun restoran buka biasanya yang ada bar nya di daerah turis, sudahlah jauh, mahal, dan belum tentu juga dapet seat karena mesti reservasi dulu. Terbayanglah dulu jaman kuliah, jaga malem, jam 1 pagi kelaperan, tinggal keluar IGD, depan RSCM abang sate aja masih jualan, warung bukajo (bubur kacang ijo-red :D) buka 24 jam, atau kalau niat, rame2 ke kebon sirih makan nasgor atau pisang bakar di roti bakar Edi (ih, gue jadi ngiler beneran ini). Dan lo tau sendiri lah, itu bukan sekedar makanan abal2 yang didatengin cuma gara2 buka 24 jam macem fast food2 disini, tapi beneran huenaaakkk. Sama Jakarta itu emang love and hate relationship ya, haha..

    • Armand hahahaa.. Minggu kemaren gue juga kelaperaaan.
      Liat dapur, cuma ada beras sama sosis doang lho!
      *melangkah lesu keluar dapur*

      Indonesia emang surga makanan dan kenyamanan bangett. In service area, we are like top of the world ya hahaha..

    • Hahahaha.. Ivoooo.. Sedih nian nasibmu Naakkk *pukpuk Ivo sambil ngunyah pecel lele*

      Iya bener banget tuh Vo. Di sini mah mau makanan apapun available hampir 24/7, dengan harga murah, dan lokasi deket pula. Kalo di LN, rata2 yang open 24/7 gitu fast food ya bok. Yah, at least itu bikinlo jadi rajin masak atau malah sukses diet karena males tengah malem ngoprek dapur😀

  9. Ira, India emng dinobatkan sebagain kota terseram sedunia untuk ditinggali oleh wanita, based on several researches.. Dibalik gemerlap Bollywood yang buka bukaan kayak bule, dibalik banyaknya model expat cantik yang jadi artis, dan dibalik artis Indihe asal UK yang pulang kampung demi perfilman, ternyata orang aslinya beneran kayak horny 24/7 gitu. Serem banget..

    India, dan Pakistan itu dua negara serem dimana perempuan prohibited bener jalan sendirian. Di pedesaan, mereka harus tutup muka pake kain (bukan cadar ya, tapi kain sari ditutup ke muka *awas nubruk!), dan 1 dari 4 keluarga pasti punya senjata.
    Sementara kalo di Pakistan, kalo kita keluar gak pake kerudungan aja (although pake lengan panjang dsb dsb), itu mata laki udh kayak mau dicolok.
    Speaking about feminists yah yang ngeluh gak bisa pake rok mini mau naik angkot, they should really grateful living in Indonesia..

    Kalo ngeliat yang tinggal di LN, sebagai orang Jakarta, pasti iri dengan keteraturan LN. Emang rumput tetangga lebih hijau daripada rumput sendiri. Wajar. Tapi kita mesti tau, siapa tau hijaunya karna banyak pupuk kandang mwahahahahahahahaa..

    Gue yang udh hampir 10 tahun di LN pun tetep selalu kangen sm Indo, Jakarta in particular. Dan kayak nasionalisme gue lebih tinggi sejak jauh dari tanah air. Eaaa..

    • Iya My, real life India ya emang di Slumdog Millionaire ya. Soale film-film-nya SRK dll itu kayak fake gitu, nunjukin fantasi doang.

      Pakistan itu berarti rada mirip Arab ya. Di sana kan kerudung bukan lagi kewajiban tapi justru keharusan. Soalnya kalo nggak pake bisa ditubruk dan dilumat laki2. Wong yang pake jilbab+gamis aja suka dipelototin dgn tatapan h0rny, gimana yang kagak?

      Eh setuju My. Gue tiap ke luar negeri, rasa patriotisme dan nasionalisme justru makin membuncah. Nggak tau deh kalo gue tinggal di luar negeri gimana jadinya, hahaha..

  10. Sepertinya gw masih di honeymoon phase sama Swedia ya Ra. Soalnya biarpun rempong kalo ketemu dokter, ga ada delivery, dll tapi belum kangen pulang kampung banget (kecuali buat ketemu temen2, keluarga dan makan bebek *teteup*). Tapi emang sih, sejelek2nya/sesetres2nya kita tinggal di Jakarta pasti ada tempat yg sebenernya lebih parah. Tinggal gimana kita ngeliatnya aja kali ya.

  11. Yg public toilet di Cina itu bner bgt,sahabat gw ada yg s2 disana,dia jg ampe nulis di blognya bahwa public toilet di Cina dibagi beberapa kategori mulai dr yg mendingan ampe parah bgt, ini agak oot cm kocak aja sih,tante gw yg abs dr cina ngasi oleh2 ke Abidzar waktu bayi berupa celana yg selengki nya bolong,kt tante buat tempat popok kali, tapi gw mikir gmn caranya yak,apa di Cina popoknya beda kali, trus gw iseng nanya ke temen gw itu,kt dia,disana tu clana emang bolong trus g pake apa2 lg,udah ‘itu’ nya kmana2 deh..mo musim dingin jg gitu, siyog gw..

    Oya soal keamanan, gw kok ngerasa ky US atau ostrali itu lbh serem yak,prasaan byk org saiko/mabok yg bebas bawa2 senjata, dulu pas di sydney gw&suami malah g pernah pergi malem (diatas jam 9) krn takut ama org2 itu, pernah skali gw nonton mardi grass,ya ampun itu brp kali nemu org brantem ampe bedarah2&1 area CBD nya bau alkohol, blom lagi siang2 dipalakin ama abg celeng (disini jg sih ya tp prasaan disana lbh serem maboknya hihi) pernah juga suatu wiken depan rumah gw persis itu halte,pas minggu pagi gw kluar di halte situ uda penuh ama pecahan kaca botol minum,walopun polisi banyak&cctv dimana2,yg mana penjahat cepet ketangkep,tetep serem yak,jd klo ntn criminal
    Minds makin parno haha

    Oh 1 lagi, disana mall tutup jam 5,kecuali kamis pas gajian tutup jam 9 hahaha…

    • Hah, popok tengahnya bolong? Idiihh kalo anu-nya bocah digigit semut atau dipatok ayam gimana tuh? Giling deh iihhhh….

      Kalo faktor keamanan mungkin karena negara itu bukan daerah jajahan kita ya Lin. Plus di tv kan sering ada tayangan psikopat dll. Jadi bawaannya parnooo aja.

      Nah yang mal setuju banget tuh. Indonesia mah juara bener deh. Kalo ada midnight sale malah mal buka hampir 24 jam😀

  12. India dalam Bollywood itu tipu habis, bener2x sampai sana gw sama temen kantor gw seperti nglihat film slumdog millionaire (bener gak judulnya?), realitas di India pengemis tinggal di jalan (malam hari mereka tidur di jalan), sama kotornya seperti Indonesia. Beruntung masih ada laundry kiloan di Indonesia meski gak tau ya cucinya dimana, disana pun ada namanya Dhobi Ghat seperti perkampungan kumuh isinya baju laundry-an semua (sangking takjubnya gw pasang fotonya di blog hihihihihi). Tapi satu yang paling gw salut, meski India seperti itu, kenapa banyak dari mereka lulus sekolah di perguruan tinggi terbaik dunia, bahkan industri Indonesia khususnya perbankan lebih cenderung hire orang India…

    • Kisahlo kayak temen gue bok. Dia bayangin India itu indah dll. Tapi pas nyampe sana, 180 derajat bedanya. Belum lagi cowok-cowoknya yang kurang ajar. Masa pas dia nawar kalung di pedagang pinggir jalan, si abang dengan seenak udelnya naro tangan dia di atas boobs temen gue. Awalnya temen gue nyangka gak sengaja. Tapi koq si abang betah. Ih no wonder banyak turis yang diperkaos di sana ya😦

      India itu mirip kayak Cina ya. Sama-sama emerging market dan developing country, masalahnya juga mirip dengan poverty dan sanitasi, tapi orang pinternya juga banyak. Mungkin karena pemerintahnya pintar memotivasi anak-anak muda untuk mengejar ilmu setinggi mungkin supaya sukses ya.

  13. Walau belum pernah tinggal di LN dalam jangka waktu lama jadi gak tau rasanya kangen jakarta kalo lagi di LN sana ya mba, tapi tinggal di daerah walau masih di indonesia aja bisa bikin kangen jakarta loh mba..Jakarta itu semua serba 24 jam. angkot, makanan, ojeg (termasuk ojeg payung yang kalo ujan jam berapa aja bisa nongol abang-abangnya), minimarket macem indomart dan alfamart, mall pas midnight sale, segala-galanya deh yang bikin saya berat kalo disuruh pindah dari jakarta…

    • Hahaha.. Iya beneerr.. Ojek payung itu tuh ajaib. Jam berapa dan dimana pun, pasti nongol, asalkan di Jakarta. Kalo di luar itu, especially di kota kecil, susah ya mak🙂

      Btw skrg alfa dan indomart bukannya udah mulai menjamur di daerah2 ya?

  14. yang paling susah buat gue selama tinggal di negara kulkas ini adalah ngikutin waktu sholatnya yang berubah terus sepanjang tahun. Kalo lagi summer isya-nya tengah malem, trus jam 2 udah subuh aja. Kalo lagi winter zuhur-asar-magrib mepet-mepet dari jam 12 sampe jam 3, jadi kalo keluar sebentar tau2 bablas kelewatan waktu sholat.
    Belon lagi kalo puasa. Ya Tuhaaaaaaaan. Lagi summer gini puasanya 20 jam.
    Ditengah2 keadaan Indonesia yang katanya semrawut banget, tapi waktu sholatnya teratur terus sepanjang tahun, kagak bikin puyeng seperti di sini.

    • Aduh Rika, komenlo koq tumben sih solehah banget!😀

      Iya ya Rik, gue bayanginlo puasa plus solat dalam waktu mepet-mepet kayak gitu aja pusing. Jadi ketampar deh, secara di Jakarta kan waktu solat dan puasa nyaris sama dari dulu sampe skrg. Tapi gue suka ngulur-ngulur waktu solat sampe saat paling terakhir *nunduk malu*

  15. Aku pernah tinggal di jkt 3bulan tp gak terbiasa *maaf nih*..gak tahan dgn macet,terlalu byk orang,mobil penuh sesak jd serba bingung aku
    Karena aku dari kecil tinggal di Bali jadi merindukan pantai,pasir,turis,

    • Hahaha.. Iya bener banget Mbak. Buat beberapa orang, Jakarta itu sumpek dan bikin pegel. Apalagi buat yang dari kota kecil atau lokasi dengan keindahan alam. Jakarta sucks berat deh🙂

Leave a Reply

