Diskriminasi Bodi

Dari zaman masih langsing dulu (ceileh bangga banget yang pernah langsing), sampe udah gembrot sekarang, musuh utama gue saat belanja baju adalah ukuran Free Size. Kenapa? Soale dulu, meski badan rada kurus, tapi kan bagian badan gue yang ini gak kurus. Jadi seringnya kalo beli free size, pasti nyangkut.

Sekarang, tambah lagi deh problemanya. Soale gak cuma satu bagian tubuh aja yang besar, tapi semua-muanya. Nah, free size ini sering nipu banget. Judulnya sih free size dan diklaim bisa muat untuk ukuran S-XL. Tapi kenyataannya mah mentok di size M doang.

Makanya gue benciiii banget sama OLS baju yang nulis keterangan ukuran dagangan mereka cuma dengan Free Size, tanpa ada keterangan berapa sentimeter waist, bust, hip dan arms-nya. Gara-gara sering ketipu sama Free Size yang muatnya cuma sama orang size S-M, jadi gue bawaannya parno berat deh.

Anyway, boleh dibilang, size baju lokal atau merek luar yang dikhususkan untuk pasar Asia itu diskriminatif sekali sama orang-orang bertubuh seperti gue. Nggak usah OLS yang rata-rata ambil barang dari Cina dan Korea atau produk lokal yang modelnya macam penderita anoreksia semua itu. Lha gue pernah liputan ke luar kota, trus dapet kaos seragam Nike Dri Fit yang buat main golf. Di gue sih Alhamdulillah muat ya size L-nya. Tapi beberapa temen lain yang badannya jauh lebih gede dari gue, gak ada yang muat. Masa size XL dan XXL-nya tetep kekecilan buat mereka. Setelah gue telisik, di kaos itu ada tulisan “khusus buat Asian market”, yang pastinya dinilai bertubuh lebih kecil daripada European or American market.

Makanya kalo beli baju di FO yang beneran sisa ekspor (bukan baju yang khusus dijual di FO), toko baju impor kayak Zara, Mango, Pull & Bear, Mark & Spencer, etc, atau baju/lingerie sisa ekspor di @jualjuil, gue berasa langsing. Yaeyalaahh.. Wong size yang dipake size bule :D Jadi hati bahagia dong ya kalo ditanya “Size apaan nih bajunya, Ra?” dan gue bisa jawab “size S!”. Kalo bisa tuh size gue pajang di luar deh, hihihi..😛

IMG00989-20121215-1413 edit

*ini size S/M kalo gak salah, dibeli dari zaman prewi :D*

 

SAM_2509

*”yang ini size M beli di @jualjuil. Bangga deh hahaha… :D*

Melihat fakta di dunia nyata kayak gini, kenapa ya para desainer/OLS nggak tergerak untuk mengubah ukuran baju yang mereka jual? I mean, seperti diketahui, asupan gizi masyarakat zaman sekarang kan lebih baik, termasuk masyarakat Asia. Bodi warga Asia pun mengalami perubahan, alias lebih tinggi, lebih besar dan lebih montok. Alhasil, ukuran baju yang dijadiin patokan dulu pun banyak yang mengalami perubahan dengan kenyataan yang ada sekarang.

Nggak percaya? Liat deh kalo OLS atau toko baju di mol lagi pada sale buat ngabisin stok. Buat nyari size L ke atas itu susaaah banget. Yang banyak kesisa justru size S or XS. Gue pernah nyari jins di Levi’s, size 29 ke atas abis kabeh. Begitu pula dengan sepatu. Tiap toko sepatu lagi pada sale, sepatu size 39, 40, 41 susaaahh banget didapet karena udah laris duluan. Yang banyak kesisa ya ukuran 38 ke bawah.

Maka dari itu, ayo dong para desainer, OLS dan toko-toko baju, sepatu dan lingerie. Mari mengganti patokan size dengan size internasional. Kemungkinan larisnya tinggi lho karena yang bisa beli jadi lebih banyak, nggak cuma mereka yang bertubuh langsing/kecil/typical Asian aja.

Also, you’ll do us, the big people, a favor. Dengan muat di size M/L, nggak lagi di size XL or XXL, rasa pede akan bertambah. So, it won’t do you any harm, will it?🙂

37 thoughts on “Diskriminasi Bodi

  1. Haha senasib ya kita mbak😀 .Dadah bye-bye baju2 murah sama sepatu murah tapi unyu-unyu made in cibaduyut, karna badan dan kaki menolak alias gak ada yang muat :((

  2. hahaha…i feel you deh mak. secara jaman prewi sempet langsing (dikit), eh baju2 nyangkut di toket. skrg udh emak2 beranak 2, nyangkut di semua2. makanya kl dpt baju yg muat diukuran gue, ih girangnya luar binasa. kl di olshop emg udh kagak gue liat2 lg. hopeless cyiiiinnn…

  3. Untuk kali ini…
    maabkan akuh…
    akuh bersyukur bertubuh kurus kering kerempeng bak orang anoreksia😀
    huahahahah..
    Tapi emang bener tuh ra, OLS pada seenak jidat kalau nulis keterangan “All Size” biasanya ipar gw tuh yang ketipu melulu, tapi yang untung sih gw, karena baju yang gak muat itu akhirnya dilempar ke gw😀

  4. mbak ira….berarti dirimu memang masih termasuk langsing kok…..kalau gw nih, the true body besar….bahkan di zara aja pakenya XL…itu pun kalau yang model slim fitted kagak muat lah ya….*hiks*

  5. Senasib mbak, aq juga sering ga muat sama OLS… emang bete banget tuh kalo dibilang all size/free size, soalnya pasti kegedean hiks secara aq kerempeng dan selalu kebesaran walopun ukuran S. Jadi mau seciamik apapun yang dipajang, tetep tak tergoda. Baju buatan nyokap paling the best lah apalagi gratis juga qiqiqi.
    Kalo sepatu juga gitu, jarang banget dapet yang cocok, sale ato ga sale. Soalnya ukuran sepatuku itu 35-36 dimanaa lebih sering cukupnya yang 35. wkwkwk

    Tapi beruntung lho mbak, dirimu punya curve juga. Kalo aq bener-bener ga ada lekuk bodi wanitanya nih, hadeehhh

  6. hahaha aseeeeek, kau bawanya ke faktor gizi ya.Ra. Tuh denger tuuuh para produsen, gizi zaman skrg kan bikin badan Asia lebih gedeee. Iya, Ra, lihat di stok barang di toko apalagi sale pastiii yg nyisa ukuran semi anak kecil. Bikin hemat sih, tp nyesek pas suka sama yg bagus tp udah abis karena punya badan dan kaki mainstream *sok nyari temen banyak soal gede badan*

  7. Balada klasik per-fesyen-an yahh..
    Aku juga setiap beli di @jualijuil seneng lohh berasa oke ni bodi. Giliran ke toko normal. Grrrr… sizingnya suka bikin senewen! And I do hate with all my heart Asian sizing too. Esp for lingerie. Cup nya ya amplop, pelit bgt deh ukuran!
    Tapi aku juga notice itu setiap sale sekarang ukuran yg gedean yg biasanya aku leluasa pilih2 jadi mulai lebih sedikit. Jadi lebig sering sisa yg kecil2. Yet no one in fashion industry bother to change accordingly. Gemas deh.
    Suddenly, ukuranku yg tdnya bukan ukuran mainstream mulai jadi size maintream nih. Gak seru lagi deh. #salahfokus

    • Beneerr.. Lingerie merek lokal atau Asia itu nyebelin! Makanya dulu gue selalu bilang ke temen2 yang boobs-nya kecil, they’re so lucky because they’re able to buy bras in available in most markets, with cheap price. Lah kalo kite kan, mana mungkin yeeee😦

      Suddenly, ukuranku yg tdnya bukan ukuran mainstream mulai jadi size maintream nih. Gak seru lagi deh

      Setuju!😀

  8. senasib di ukuran sepatu, makanya klo ke toko sepatu suka ngomel sendiri karena yg dipajang itu rata2 nomor 36, kalo gue mau cobain ukuran gue kan mesti minta ke pegawainya, males duluan deh hehe

  9. Masuk akal!!!
    Jadi solusi nya adalah bukan untuk memaksa kita diet atau mengecilkan ukuran baju, tapi untuk mengecilkan standarisasi ukuran baju masyarakat asia!!!
    WAH BRILIAN ide lo Ra!
    Ira for president!!! Kyaaaa

  10. Iraaa.. Bahaya atuh kalo size diganti skala internasional semua. Gimana nasib gue yang size nya XS dan sepatu 34/35😦. Sekarang aja kayaknya udah susye cari baju yang pas euy, apalagi sepatu. Yang paling gampang belanja kayaknya emang yang punya bodi standar ya, M dan sepatu 37-39. Di atas dan di bawah itu repooot.

    Sama koq kayak kamu, Ra. Kalau beli di ols iar ditulis free size/all size S-L juga biasanya kedombrangan di aku:).

    Kalo gue, say NO to your idea :p

    • Hahahaha.. Eh tapi di luar negeri, ada size khusus lho buat yang berbadan mungil kayaklo, Fit. Nama size-nya Petit, dan itu menurut gue sih pas banget. Gimanaaa.. Oke kan?🙂

      • Oh iya heheee.. Kalau itu gue mau dah. Asal harganya jangan kayak merk luar. Idealnya size lengkap dari petite ampe XXXL, bahan oke dan model keren, tapi.. harga murce ala ITC :p

  11. Gara-gara cari keterangan soal ukuran FREE SIZE, malah jadi nyangkut di BLOG-nya para cewek. hadaaah..
    Meski saya gak gemuk-gak kurus, Selalu sia-sia klo terlanjur beli pakaian ukuran FREE SIZE… setan bener…
    Tapi cukup jelas blognya, dan kayaknya memang FREE SIZE tuh hanya untuk tuyul ukuran S dan M.
    Mmm.. Oya, dari bahasa penulisan Blog, kayaknya yang punya blog ini RADA KEMAYU. Apalagi begitu saya lihat fotonya, aku yakin 100% yang punya blog ini kemayu.
    Tapi karena memang beneran ayu, jadi ya gakpapa ding hahaha
    Makasih Infonya, blog anda bagus kok mbak.
    BOIKOT FREE SIZE !😀

Leave a Reply

