Drive Like a Girl

Waktu liputan test drive kemarin, gue adalah satu dari tiga jurnalis cewek yang ikutan. Sisanya laki-laki kabeh. Jadi, perempuan biasanya cuma duduk manis, gak ikutan nyetir.

Dalam liputan test drive terdahulu, yakni test drive Fortuner dan Camry, gue juga gitu sih, hehehe.. Abisan mobil-mobil yang dicobain itu matic. Gue trauma bener pake matic karena pernah mau tabrakan. Kebetulan kemarin pas test drive Etios Valco isinya manual semua. Gue pun gatel nyobain. Dan jadilah gue satu-satunya pereu yang ikut nyetir.

Temen semobil gue, Mas C yang belakangan gue ketahui ternyata suaminya @yokekomik, keliatan terperangah (tsah bahasanya). Kenapa? “Lo nyupirnya asik dan lincah, Ra. Nggak kayak perempuan,” begitu kata Mas C. Haiss langsung GR dong sayah!😀

28820019

Sejak kecil, gue benciii banget stereotipe yang melemahkan posisi perempuan, di segala bidang. Namun stereotipe yang paling sering didengar adalah tentang kemampuan perempuan dalam bidang menyetir. Makanya, begitu baru bisa nyetir, gue berusaha belajar menyetir dengan baik, baik itu nyupir mobil maupun motor. Untuk urusan ngebut, sutralah. Emang bawaan orok kali ye, jadi sejak baru bisa nyetir, akik udah doyan ngebut. Tapi untuk urusan attitude dan etika, gimana dong? Emak gue sang instruktur setir pribadi pun kalo nyetir suka grasa-grusu macam supir angkot.

Untunglah, dulu gue punya sohib di kantor yang jago memandu teknik nyetir gue. Dari dia lah gue belajar gimana nyetir yang smooth, nggak grasa-grusu atau kasar kayak supir metromini/angkot. Jadi sparepart mobil kayak rem, shock breaker, kopling dll aman, bensin juga lebih irit karena nggak bentar-bentar ngerem, ngegas, main kopling. Trus penumpang mobil pun senang karena mobil melaju smooth, dan mereka nggak berasa kayak lagi naik pick up or truk.

Sebelum diajarin dia mah, gue nyetir mobil kayak naik angkot. Selap-selip, ngebut, ngerem mendadak, grasa-grusu lah. Cuma demi menentang stereotipe “drive like a girl” itu lho. Tapi gara-gara diajarin temen gue ini, selain bisa ngebut, gue juga bisa punya manner dalam menyupir. Well, kecuali kalo ketemu angkot/mobil/motor nyebelin ya. Sumpah serapah dan kebon binatang bisa keluar semua😛

Gue sadar koq, stereotipe “drive like a girl” emang bener adanya. Banyak banget perempuan yang kemampuan menyetirnya seadanya dan enggan meng-upgrade itu. Makanya kalo di parkiran ada yang parkir mobil dalam posisi aneh-aneh, atau rodanya masih miring-miring, pasti dibilang “nih yang parkir pasti cewek.”

Trus perempuan juga lekat dengan stereotipe nggak mau kalah saat nyetir. Bawaannya, semua pengemudi harus memaklumi bahwa dia adalah perempuan yang harus dapet semua duluan. Kalo selisipan di jalan sempit nih, laki-laki biasanya mau ngalah ya. Tapi perempuan? Heck, no! Especially if you’re dealing with an elder woman (including my own mother and MIL, hihihi..).

Astaghfirullaaahh… Setresnya luar biasa deh nemu yang begini! Udah nggak mau ngalah, dese biasanya ngotot trus ragu-ragu pula, yang ujung-ujungnya bisa membahayakan kondisi mobil kita. Gue kalo nemu yang begini, bawaannya mau ngibarin bendera putih dan ngabur aja deh.

Untuk motor, kondisinya sami mawon. Tiap liat ada motor di tengah jalan raya dengan kecepatan minim, 99% kemungkinannya si pengemudi adalah seorang perempuan. Diklakson, nggak mau minggir, tapi nggak bisa ngebut juga. Kondisi begini IMHO adalah perpaduan rasa nggak mau kalah plus sok tahu, dua personality traits yang umumnya nemplok sama gender perempuan di urusan setir menyetir😀

Anyway, kemampuan nyetir gue juga lama banget koq berkembangnya. Dulu gue belajar pertama kali zaman SMA sama pacar kala itu. Tapi begitu putus, ya udah kelar. Trus pas kuliah punya pacar lagi, baru deh belajar kembali dan punya SIM segala lho. Tapi begitu putus, ya terbengkalai lagi. Sampe akhirnya belajar lagi sama cem-ceman *is this a word?* zaman kerja. Tapi begitu nggak jalan bareng lagi, kelar semua. Gue baru bener-bener lancar dan berani nyetir sendiri di tahun 2005. Jadi kebayang ya, dari pertama kali belajar sampe akhirnya lancar, gue butuh waktu lebih dari 8 tahun gitu lho😀

Menurut gue, nyetir itu modalnya cuma keberanian sih. Once you have the guts to do it, nothing else matters. Tapi begitu udah berani dan bisa, boleh lho ditambah skill nyetirnya dengan etika dan manner. Jadi bisa tertib berlalulintas gitu🙂

*postingan ini TIDAK disponsori oleh ditlantas polri yaaa hihihi..*

40 thoughts on “Drive Like a Girl

  1. sampai hari ini masih belum punya nyali utuk nyetir mobil
    keenakan n ketergantungan sama bokap kala bujang n ma suami kala sudah menikah
    alhasil kemana2 terima nasib harus pake motor
    klo motor jangan ditanya…… yukkkk mari ngebut gaya apa aja okeh, tp itu dulu sebelum punya anak begitu punya anak nyali langsung menciut
    btw mbak seumur2 naik motor (pegang motor dari kelas 4 SD) baru sekali jatuh dan itu gak elit banget jatuhnya gara2 nyetir motor sambil bawa panci n dandang besar hilang keseimbangan jatuh tertimpa motor…pas itu motor matik😦

    • Huahahaha… Gue bayanginlo jatuh ketimpa panci dan dandang koq langsung ngikik ya Mak😀 *salim*

      Kayaknya degradasi prestasi banget ya. Biasanya ngebut eh pas naik matic malah jatuh😀

  2. kalau aku belum bisa nyetir mobil Ra…..dan karena aku itu berpikirnya, daya kontrol emosi seseorang itu bisa ditunjukkan dengan caranya nyetir, aku belum tau deh gimana kalau aku nyetir mobil. Yang jelas suami masih ketar ketir karena aku suka panik😛. Kalau sama motor, cukup tertib lha….

    kalau soal perempuan yang nyetir ditengah dengan kecepatan ngebut segan, minggir tak mau itu…biasanya aku sebutnya…..stereotipe buibu🙂 emang kebanyakan buibu yang suka begitu sih….🙂 maaffff buibu….

    • Kalo orang panikan, biasanya doyan injek kopling. Karena takut kenapa-kenapa, kan kalo injek kopling berasa aman kalo mau ngegas/ngerem🙂

      Soal motor di tengah = ibu-ibu, so truueee!😀

  3. modal nyetir itu NEKAT😀
    aq cm bs nyetir motor dan hepi bisa ngebut, tp emg stelah pny anak klo mau ngebut mikir,hehehe
    itu aja blajarnya smp masuk got besar di perumahan,trus pas ada ibu2 siram tanaman,minjem selangnya buat mandi,krn bdn kotor dan bau got X_X

  4. Gue tuh benci juga stereotype tersebut. Di dalam keluarga gue, terbukti yg sekarang paling bagus nyetirnya justru gue, dibandingin adek gue yang grasa grusu (kadang tiang diem aja dihajar). Tapiiii emang bener Ra, most of the time, temen2 cewe, masyaampun nyetirnya. Gue sering banget stress dan deg2an kalo nebeng temen yg cewe. Yang namanya ngerem mendadak, atau kadang mobilnya loncat, nyalip kaga ngeliat spion, toloooongggg… Blom lagi yg mobilnya rata2 jorok kebanyakan barang. Phew..!

    • Adiklo itu bukannya srantal-sruntul lagi ya Le. Tapi kudu ganti kacamata kayaknya hihihi..

      Temen-temen gue juga banyak yang gitu Le. Kalo gue nyetirin mereka mulu, capek. Tapi kalo gue disetirin mereka, setres gue. Bingung dah😀

  5. suka sebel sama pereu yang parkir mobil ga tertib…kalo mobilnya gede masih bisa dimaklumin, nah kalo udah bawa si ceria atau karimun estilo masih miring2 parkirnya mah kebangetan yak…hehhee…

    Alhamdulillah so far kalo nyetir motor n mobil selalu bisa tertib…smooth dan penumpang bisa rileks…
    sekarang udah berani bawa kedua jagoan kecilku…si sulung duduk di kursi tengah..si bungsu duduk di kursi depan…yang penting bawa ipad, susu n stok cemilan yang banyak biar mereka pada anteng n ga rusuh di mobil…😀
    kalo bawa mobil aku jauuuuh lebih sabar, tapi kalo naek motor bisa senggol baret ama yang reseh…wwkwkwkkk

    *makin kagum sama mba Ira yang multi talenta…😉

    • Tooss ah Mbak! Iya kalo mobil SUV atau yang kayak Alphard gitu mah dimaklumi. Tapi kalo yang mungil2 dan masih miring, pengen dikempesin aja deh bannya hihihi..

      Kalo gue, tiap nyupir bareng anak itu adalah momen penguji kesabaran. Soalnya, kalo nyupir sendiri kan bisa marah-marah sambil sumpah serapah tuh. Kalo sama anak, kudu nahan supaya gak dicontoh😀

      Ya ampun jadi malu ada yang kagum *sisiran*

  6. Dulu jaman sekul sm kuliah tiap nyetir slalu belagu alias ngebut, maklum labil hehehehe pas kerja smpe skrg klo nyetir agak lbh sabar apalagi klo dipepet mtr, udh ga emosi ky jaman dlu hihihi palingan ngeri aja klo kebaret :p

  7. mak njleebb bacanya mbak. hahaha.
    saya kalo nyetir dalam kondisi stres atau capek atau marah (biasanya abis di omelin emak atau babe nih) dari yang “drive like a girl” langsung berubah jadi “drive like supir angkot” malah mbak. hahaha.
    bisa sih nyetir smooth kaya lagi bawa limousine gitu, tapi liat-liat penumpangnya. Kalo tamunya temen pengajian emak yang sudah sepuh atau temen sekantor babe yang ganteng gitu baruuuu deh nyetirnya smooth beneeer. tapi ya menderita gitu sih, rasanya kayak beban gitu bawanya. pengen banget sih bisa nyetir smooth tapi tanpa tekanan. tulis teknik bin triknya dong mbak. 😀

    • Lo kayak suami gue aja deh. Kalo lagi emosionil, pasti gaya nyetirnya langsung ngegas-ngegas trus selap-selip kayak supir angkot hahaha😀

      Yah bingung deh gue disuruh nulis trik nyupir. Intinya mah pake feeling aja supaya smooth gitu. Trus bayangin kalo di bangku penumpang, enak gak lo kalo yang nyetir grusa-grusu🙂

  8. aduh aq tipe yang drive like a supir angkot… apalagi kalo bawa 3 anak tanpa ART…
    udah kenyang pengalaman ngerasain hebohnya anak-anak
    dari yang lagi macet dan ada di tengah-tengah tiba-tiba nadhiifa bilang mau pipis sambil loncat-loncat yang artinya udah kebelet banget, dan terpaksa berakrobat ria sambil nyetir
    ato 3 anak pada berantem di dalam mobil. ato yang pada rebutan tidur sambil tendang-tendangan… qiqiqi
    yah, maksud hati sih bukan nyombong bisa berakrobat pake setir qiqiqi, cuma kadang-kadang emang ada kondisi yang mengharuskan pergi keluar dengan 3 anak waktu ga ada ART

    • Aduh Mbak, gue saluutt banget deh sama dirimu! *keplok-keplok standing ovation*

      Gue kalo nyupir cuma berdua sama Nadira malah lebih simple lho dibanding kalo ajak ART atau bareng suami. Entah kenapa, Nadira selalu anteng kalo kita cuma di mobil berduaan. Tapi begitu ada orang lain, hadeeehh bikin setreeess banget. Makanya ih salut bener bisa nyetir sendiri bareng 3 anak!

  9. Entah kenapa waktu gw dulu nyetir, gw lebih emosi sama pengemudi cewe loh. Suka lupa juga kalo sendirinya cewe dan mulai ngomel panjang pendek.. ahahahaha.. Cuma emang sih ya, rasanya kalo yang suka parkir asal2 itu kebanyakan perempuan gitu. Sigh.. Saya kan jadi terbebani kalo parkir juga jadinyaaaah..

  10. Guru menyetir pertama adalah nyokap gue. Dari 15 tahun lalu sampai hari ini, setiap nyetir bawa dia, pasti ada aja komentar keluar “hati-hati jgn terlalu deket sm mobil depan” atau “jangan lupa pakai lampu sein”. Otomatis nyetir gue kalo didepan sang suhu malah jadi ngawur krn grogi hahaha. Kalo nyetirin org lain mah lancar jaya dan sering dipuji malah *tepuk dada jumawa*

    • Nyokap juga guru nyetir gue Vin. Meski bukan yang pertama, tapi dia adalah yang terakhir *halah kayak lagu jadul :P*

      Kalo gue suka grogi nyetir pas nyetirin MIL. Soale kadang suka komen kayak nyokaplo gitu. Bikin deg-degan bok😀

  11. hihihi..gue boleh nyetir setelah gue bawa almarhum bokap gue (pura2nya di tes gitulah), n doi blg, nyetir gue udh tinggal dilancarin aja. dari situ mak, gue tergila2 ama yg namanya nyetir. dan satu hal, gue jg gak suka pake mobil matic. gue demen pake mobil manuel bo!. biar kata betis pegel kalo gue jabanin lampung-jakarta-lampung, tetep aja gue merasa lbh secure dgn mobil manuel. biar dah dikata norak krn msh demen ama mobil manuel. hihihi…
    nyokap gue jg lbh seneng disetirin ama gue drpd adek gue yg cowok. alhamdulillah.. eh itu compliment sekaligus sindiran kali ya krn gue bawanya gak grasa grusu alias santai😀

    • Gue tuh trauma sama mobil matic gara-gara pernah di jalan tol, hampir tabrakan. Biasa deh, namanya juga udik, hihihi.. Sekarang sih lagi rencana pengen belajar matic lagi nih. Abisan pegel banget euy nyetir pake manual ya🙂

  12. saya harus ngaku mak kalo perempuan nyetir emang nyebelin, gak motor gak mobil (termasuk saya kali yah? hahahaha) tapi ya emang itu kenyataannya loh
    hehehehehehe

  13. Pas baca kata2 lo bawaan orok udah ngebut, gue ngebayangin elo di atas baby walker dengan wajah nyolot dan ngebut sengebut2nya hahaha.
    Anyway, yes, “cem-ceman” is a word indeed.
    dan taw gak ra, gue nggak bisa nyetir loh! Hahahaha parah yah gue. Yah di Singapore gue maw belajar nyetir dari mana. huhuhu

    • Koq gue jadi ngebayangin muka bayi yang ada di jam meja sopir angkot ya?😀

      Ih masa gak bisa nyetir siihh??? *pelonco dan bully ah :D* Tapi di Spore buat nyetir+beli mobil ribet kan ya. Lagian di sana public trasport-nya oke. Gak papa lah gak bisa nyetir🙂

  14. aku udah nyetir 10 tahun, dr awal kuliah baru berani bawa sendiri. 5th awal, mobil rajin masuk bengkel memanfaatkan asuransi buat benerin yg penyok2 dan baret2. hahaha masih ngasal banget nyetirnya.. tp sekarang lebih hati2 sih, apalagi sempet kena tipu jambret dan kaca dipecahin jg.😦 ga bisa trauma sih akhirnya, karena nyetir jadi kebutuhan sehari2 sekarang

    • Ahahaha.. Di kasuslo, asuransi bener-bener berguna ya Sel😀 Waduh sampe kena jambret dan dipecahin kaca? Tapi lo gpp kan ya?

      Kalo dulu gue suka nyetir jam 2 pagi gitu, trus kaca mobil gue kan rada transparan. Nah biasanya gue pake topi+jaket supaya kayak laki. Abis kalo ketauan cewek, suka dikerjain sih😦

  15. Hahaha, aku ini cewek tapi suka mendiskredutkan cewek lain yg nyetirnya mengganggu pengguna jalan lain. Kemampuan sendiri entah juga, gak jelas. Tapi pengemudi yg nyebelin itu kan pengemudi angkot, yg notabene cowok smua, jadi ga bener kalo cewek aja yg nyetirnya grasa grusu

  16. Hi sista…kalo boleh share dong pernah ada trauma gimana sama mobil matic…? Aku lagi deg2an berat nih krn target tahun ini my youngest daughter mesti masuk preschool n hubby udah nge dorong2 aku anter jemput pake mobil yg di rumah…lhaa masalahnya jeung…mobil dia gede2 semuaa… Duluu waktu aku masih teenager di rumah ortu pakenya bangsa suzuki sierra yg ala jimny sampe nabrak2 gitu… Abis itu have never been driving sampe tahun lalu waktu dipaksa suami belajar pake volvo 740 manual…masih ndut2an juga…sekarang nih si 740 dipake suami ngantor daily…dan yg ada di rumah rencananya buat anter jemput anak tuh si volvo 960 matic…lebih parah deeh ga kurang2 gedenyaa… Dan aku belum pernah sekalipun pake matic…(tepok jidat) ada ga sih self hypnosis biar ga keder bawa mobil yaa…?

    • Aku sih dulu traumanya cuma karena pertama kali nyoba, trus hampir tabrakan Mbak. Abis itu belum berani nyoba lagi deh.

      Kalo menurutku, latihan terus aja supaya terbiasa. Nanti kalo udah terbiasa dan keberanian terkumpul, pasti bisa deh. Good luck ya!🙂

Leave a Reply

