Setan Kredit

Kredit bukanlah sesuatu yang asing buat gue. Dari kecil gue udah sering tuh liat nyokap gue kredit panci, kompor sampe jemuran sama akang-akang lewat. Maklum, kita dulu tinggalnya di kampuang nan jauh di mato. Jadi yang lewat ya akang-akang kredit gitu.

Selain itu, keluarga besar nyokap kan pengusaha. Jadi akrab banget sama metode kredit. Buat pengusaha, kredit itu membantu banget untuk suntikan modal. Jadi, bisa ngerjain proyek ini-itu dengan duit hasil kredit, setelah kelar baru dibayar.

Intinya, di mata gue, kredit itu gak salah lah. Bahkan metode ini bisa jadi solusi cemerlang di kala butuh sesuatu tapi gak ada doku. Nyokap gue malah lebih parah. Secara emak-emak ye, beli baju, panci, etc kalo bisa nyicil, ya pilih nyicil deh😀

Pas udah punya penghasilan sendiri, gue sadar diri sebagai orang yang susah untuk bisa nabung. Atas saran nyokap, gue pun mulai merintis karier di dunia prekreditan. Dimulai dengan kredit motor (yang sampe sekarang masih dipake bokap), kredit audio system (yang masih format VCD jadi sekarang rada-rada mubazir deh :(), sampe kredit rumah. Rumahnya sih ala rumah-rumahan Barbie ya, alias keciill banget dan lokasinya di ujung dunia hahaha… Tapi karena dari dulu gue pengen banget punya rumah sendiri, ya gue jabanin.

Konsep gue bahwa kredit itu gak masalah sempat goyang dikit saat ketemu seorang temen. Dia ini kebalikan gue. Jagoo banget nabung, plus hemat bin irit. Alhasil, dia punya rumah, mobil, etc hasil nabung dan kerja bertahun-tahun. Umurnya sih di atas gue ya, sekitar 10-15 tahun lebih tua, lah.

Waktu itu gue sempet debat sama dia. Menurut gue, nabung emang nggak salah, justru oke banget. Tapi untuk punya rumah atau mobil, nabung itu nggak cukup karena nilai uang akan turun terus tergerus inflasi. Sementara harga rumah dan mobil naik terus. Satu-satunya cara buat bisa beli itu semua ya dengan kredit.

Sedangkan menurut dia, nabung itu cukup, asalkan kita hemat dan rajin bekerja. “Buktinya ini gue bisa kok Ra beli rumah di Condet seharga X dengan hasil tabungan gue,” begitu katanya.

Kalo temen gue ketemu sama FinPlan, pasti dibantai abis tuh, hihihi.. Kan daripada nabung yang duitnya lama-lama menyusut karena kepotong biaya admin plus inflasi, mending ditaro di investasi atau minimal, LM lah. Bener nggak sih?

Anyway, sampe sekarang, gue masih akrab dengan kredit. Rumah gue, dibangun pake Kredit Bangun Rumah. Beberapa perabot rumah, dibeli pake duit kredit dari koperasi kantor yang Alhamdulillah bentar lagi lunas. Trus gue punya kartu kredit sebiji, suami juga. Jadi agak susah ya buat gue untuk hidup credit-free.

Prinsip gue sih cuma satu. Meski akrab sama kredit, gue berusaha bayar semua cicilan setepat waktu mungkin. Jangan sampe nunggak, apalagi sampe didatengin debt collector. Dulu pernah bok 1x gara-gara kartu kredit siakek. Traumanyaaaa ampun-ampunan!

Saat ini, setan kredit terbaru buat gue adalah temen baru gue si N, yang merupakan ibu temen sekolahnya Nadira. Awalnya gue liat, profpic BBM-nya N ini selalu ganti-ganti gambar branded bags and watches. Trus dari ibu-ibu lain, gue tau kalo dese jualan branded bags and watches. Oh yo wis, gue berusaha lempeng, gak tergoda.

Trus suatu hari, dia pajang gambar jam Marc Jacobs yang ini nih. Gue ngileer berat, trus gue iseng tanya harganya berapa. Eh dia jawab “Harganya X, Ra. Bisa dicicil 3 kali ya.”

jam mj

APAAHH??? DICICIL 3 KALIII??? Gue yang tadinya ngiler langsung ngences luar binasa *ambil lap pel* Apalagi pas gue ceki-ceki ke OLS yang jualan barang serupa dan dikenal paling murah di antara OLS-OLS lainnya. Lho harganya sama persis! Sama si N malah bisa dicicil. Ih langsung deh gue nubruk itu jam.

Dan setelah tahu dagangan si N bisa dicicil, sekarang tiap liat dia ganti profpic dengan barang terbaru, gue deg-degan sendiri jadinya. Kalo naksir, gimana dong? Soale nyicil itu emang keliatannya enteng, tapi kan mengganggu pos-pos pengeluaran tiap bulan. Barang yang ini aja belum lunas. Racun oh racuuunnnn….

33 thoughts on “Setan Kredit

  1. “Kan daripada nabung yang duitnya lama-lama menyusut karena kepotong biaya admin plus inflasi, mending ditaro di investasi atau minimal, LM lah. Bener nggak sih?”

    *tertampar* sebagai orang yg selama ini nabung dan masih belum berani kredit apapun … pake kartu kredit aja sebelum tanggal cetak sebisa mungkin dibayar lunas biar gak bayar bunga … hahahahha … cupuuu😛

    • Jadi lo masih credit virgin, Giet? Hahaha… Tapi bagus lhoo.. Artinya lo gak konsumtif dan jago nabung. Nggak kayak cewek-cewek lain *tunjuk diri sendiri*

      Kalo mau, daripada nabung, lo investasi aja di Reksadana kek or minimal LM. Soale kalo nabung doang di tabungan biasa, bukannya untung tapi buntung karena kepotong macem-macem biaya plus inflasi. Apalagi lo lagi di luar kan? Invest paling gampil ya reksdana gitu. Ambil yang autoinvest karena sekalian itung-itung nabung🙂

  2. Hahahahahah postingan curcol rupanya, kirain tadinya mau ngebahas baik buruknya kredit dan perencanaan keuangan endesbre😀
    Godaan belanja jadi makin-makin dong ya dengan fasilitas cicilan 3 x bunga 0% nya temen lu ra.

    • Hahaha.. Kagak bisa gue Et bikin postingan serius-serius amat. Once in a blue moon dateng mood-nya buat bikin yang kayak gitu😀 Mana ilmu finplan masih cetek, bisa diketawain deh sama yang jagoan beneran😛

  3. Hihihi, betul mbak. Kredit itu membantu, kalo nggak kredit mana bisa kebeli itu rumah..kata ibuku.. Hahaha..
    Kalo yang printil2an macam accesories gitu emang ga kerasa, pas dihitung-hitung eh ujung2nya ambil dari pos ini itu.
    *curcol

    • Benul! Kalo gue kudu nabung dan gak ambil kredit rumah, bisa-bisa sampe sekarang gue masih tinggal nebeng sama ortu atau ngontrak deh. Kredit emang pancen oye deh!😀

      Nah itu dia. Apalagi ibu-ibu di sekolah Nadira banyak yang jualan macem-macem trus diiming-imingi “bisa dicicil lho cyin”. Duh godaan beneerr.. Gue sih sebisa mungkin lunas. Tapi kalo yang mahal banget, ya terpaksa nyicil deh😛

  4. wkwkwwk masih pake kredit rumah nih *curcol, lagian kalo nunggu nabung, ampuun deh harga rumahnya naik sama nabungnya ga kekejar bok
    kalo kita agak konservatif euy, ngebatesin kredit itu cuma untuk keperluan besar seperti rumah ato mobil. Tapi kalo mau kredit barang dianggarin cuma bayar cicilan 1 barang tiap bulan. Kalo pengen barang-barang itu en kita masih nyicil barang yang lain yaaa harus nabung dulu. Jadilah ini rumahku masih ngemper dan lesehan *curcol qiqiqqi… wong pake kartu kredit aja harus dibayar lunas tuh sebelum kena bunga.

    • Nah iya Mak. Kalo nabung, harga rumahnya nggak kekejar. Makanya the best option ya kredit deh.

      Gue juga sebenernya rada males kredit untuk beli perabot. Tapi suami gue gak bisa hidup tanpa AC, jadi deh kredit AC, hahaha.. *tutup muka*

  5. Xixixi… Ngebaca judulnya eijk tersindir berat loh mbak. Secara eijk tukang kredit yak.. X_X

    Klo menurut ak yah, kredit itu sah2 aja sih. Asal sesuai batas kemampuan jg lah ya. Klo g mampu ya jgn dipaksain bgt. Nti adanya malah macet. Kan gak oke bgt tuh tampilan perlente eh ternyata kreditnya macet. Gagal nyalon lurah ntar….😀

    • Tapi kan bener, kredit itu kayak setan, hobinya menggoda dan menghantui terus. Apalagi kalo barang-barangnya bagus dan murah, hahahhaa..😀

      Setuju! Menurut gue, kalo memutuskan untuk beli dengan kredit, harusnya udah ngitung kemampuan finansial tiap bulannya. Jangan sampe nunggak atau macet. Jangan kayak kenalan gue. Kredit tas LV trus nunggak. Atau temennya tante gue, kredit berlian dan nunggak juga. Alesannya bermacem-macem. Padahal kan tas LV dan berlian itu kan bukan barang primer ya, at least menurut gue😦

  6. Acungi jempol dengan prinsip lo Ra: berusaha bayar semua cicilan setepat waktu mungkin. Jangan sampe nunggak, apalagi sampe didatengin debt collector. Zaman dulu gw suka sosialisasi kerjaan kantor di daerah, klo tahu pasti akan bawa cerita lo utk dijadikan contoh🙂.
    Temen gw di kantor juga nawarin tas KS, MK dsb dg cicilan 3x pembayaran harga bahkan lebih murah 100rts 200rts ribu dg OLS, gw ambil saja gitu. Eh baru satu kali pembayaran, gw mau operasi kista gitu trus gw takut gak bangun dari meja operasi (lebay pdhl operasi kecil), gw bayar lunas semuanya. Alasannya bukan takut ninggalin hutang ke anak2x gw tapi gw takut malahan ketahuan harganya sama laki gw jikalau temen gw menagihnya ke laki gw kelak hahahahaha😀.

    • Bwahahaha.. Kocak lo Yas! Gue sangka lo ngelunasin takut kenapa-kenapa eh takut suami tau harganya😆

      Eh jangan-jangan temen kantorlo kerjasama sm temen gue ya? Soale si temen gue ini punya reseller juga bok. Gue acung jempol sama dia karena otak bisnisnya jalan banget. Gue mah paling kagak bisa deh dagang. Makanya jadi pembeli, dan penyicil mulu, hahaha..😀

  7. mbak iraa..toss dong ach sesama emak2 yg susah terbebas dr kredit. Yg penting bs mengkalkulasi jgn sampai tekor tiap bulan alias besar pasak drpd tiang.
    Btw minta rekom dong toko online yg bagus, sering ketipu nich😦

  8. Wah kalo gua siy doyan bangetttt Kartu Kredit, Ra.. Apalagi A*Z, Juaaarrraa yg Femme Platinum.. Redeem point rewards nya cuma setengah sajooo, lalu cashback beli ‘bbm’ sempet berbulan2 sebesar 10% , belom diskon2nya di resto2 yg fantastis bisa 50% atau free dine in buffet di hotel bintang 5, pokoknya I love credit card krn gw manfaatin bgt yg bisa ‘menguntungkan’ gw.. In the other hand tapinya gw selalu bayar lunas semua expenses, gak boleh telat alias anti kena bunga! Wkwkwwk jd emang gw manfaatin keuntungannya aja.. Apalagi semua expenses yg pasti-pasti terjadi itu diberi nilai lg sama mereka pake point rewards dimana gw bisa tuker dgn voucher MAP, sekali redeem, happy luar biasssaaa deh.. Pokoknya harus kita yg lebih untung aja dr pd pihak si credit card, hohoho..

    Nah kalo bagian nabung, gw lmyn setuju sama temen lo yg doyan nabung tuh, tentunya emang harus diversifikasi.. Yg jelas ogah unitlink, hehe.. Tapi bener kok Ra, mending uangnya disiapin baru beli ketimbang kredit.. Pengecualian tp kalo utk beli rumah/tanah ya, krn kan harganya pasti naikkk terusss.. Ya at least paling usaha cari bunga seminim mungkin sama DP sebisa mungkin digedein sekuat tenaga deh..😉 Tapi kalo mobil, duh nyeseeekk deh kalo kredit, gak ridho bayar bunganya yg suka gak sopan.. Kecualiii boleh kredit 0%, itu baruuu manstabs wkwkwkwk.. *dasarogahrugibangetyagw,hihi..lakibikisamaini,setipe..* ^o^

    Pokoknya gw pro menabungggg instead kredit deh! Hihihi.. ^o^

    • Nah, orang-orang kayaklo ini yang menurut gue, pinter Dis. Kan bank penerbit CC dapet untung dari bunga. Trus mereka berlomba-lomba kasih bonus, redeem point, diskon sama merchant etc untuk menarik nasabah. Lo justru menggunakan CC buat dapet bonusnya, tapi bayarnya tetep lunas. Kalo diitung2 mah si CC rugi ya bok😀

      Ah lo dan suami emang hebring deh. Ikut kursus jadi certified finplan aja gih. Abis itu buka praktik jadi finplan beneran. Kan udah punya dasar2 based on personal experience🙂

      • Cerdik sama medit alias pelit tuh emang 11-12 ya, Ra.. Sungguh..!! Ahahahah

        Hampir setahun resign emang pernah kepikiran tuh jd FinPlan, LOL.. Tp kok maju-mundur alias masih males, wkwkwk skrg sibuk jd supirnya si bocah aja deh! Hihi paling gw suka share ke sahabat2 deket aja yg suka minta dikasih reference.. Apalagi laki gw bidang pekerjaannya stock market, jadilah laki-bini seneng share info2 dan tips bermanfaat🙂

        Eh tp kita jg doyan bgt lho branded stuff, dan rajin visiting branded sale / bazaar for daily outfit.. Hohoho.. Dan kita seringkali fortunate nemu brg2 ok dgn generous price.. Entah discount or else.. Jadi aku dukung shopping mu mamak Ira.. ;D dudidudidu.. ;D

      • Ih dirimu ini kemarin dukung nabung, sekarang dukugn shopping. Aku jadi galau nih, mau nabung atau shopping ya? *alesan pdhl emg doyan belenjes :P*

        Ih hebaaattt banget deh laki bini ini. Coba dong bikin blog isinya tips & tricks utk spend and invest your money wisely. Pasti seru deh🙂

  9. Wah kalo gua siy doyan bangetttt Kartu Kredit, Ra.. Apalagi A*Z, Juaaarrraa yg Femme Platinum.. Redeem point rewards nya cuma setengah sajooo, lalu cashback beli ‘bbm’ sempet berbulan2 sebesar 10% , belom diskon2nya di resto2 yg fantastis bisa 50% atau free dine in buffet di hotel bintang 5, pokoknya I love credit card krn gw manfaatin bgt yg bisa ‘menguntungkan’ gw.. In the other hand tapinya gw selalu bayar lunas semua expenses, gak boleh telat alias anti kena bunga! Wkwkwwk jd emang gw manfaatin keuntungannya aja.. Apalagi semua expenses yg pasti-pasti terjadi itu diberi nilai lg sama mereka pake point rewards dimana gw bisa tuker dgn voucher MAP, sekali redeem, happy luar biasssaaa deh.. Pokoknya harus kita yg lebih untung aja dr pd pihak si credit card, hohoho..

    Nah kalo bagian nabung, gw lmyn setuju sama temen lo yg doyan nabung tuh, tentunya emang harus diversifikasi.. Yg jelas ogah unitlink, hehe.. Tapi bener kok Ra, mending uangnya disiapin baru beli ketimbang kredit.. Pengecualian tp kalo utk beli rumah/tanah ya, krn kan harganya pasti naikkk terusss.. Ya at least paling usaha cari bunga seminim mungkin sama DP sebisa mungkin digedein sekuat tenaga deh..😉 Tapi kalo mobil, duh nyeseeekk deh kalo kredit, gak ridho bayar bunganya yg suka gak sopan.. Kecualiii boleh kredit 0%, itu baruuu manstabs wkwkwkwk..

    *dasarogahrugibangetyagw,hihi..lakibikisamaini,setipe..*
    Pokoknya gw pro menabung deh! Titik. ^o^ hihihi ^o^

  10. Suka banget ama tulisannya, ak juga hobby belanja OLS tp masih belon berami kredit…jd belinya yg murah meriah dan bukan branded..paling anti beli yg kw kw an..

    • Ah malu Mbak, hihihi.. Kalo penjualnya itu temenku, dia gak ada website. Tapi buat referensi, liat-liat aja di facebook akun Bananina. Dia juga jual branded bags and watches yang terpercaya, Mbak. Happy shopping🙂

  11. ya ampun ira belanja lagi? ihh kok belanja teruss sihh,,nanti uang nya habis loh,, inget penddikan anak mahal,kpr,dll dll dll,,, susah loh jeng iraa kalo nyicil teruss *komen ala haters,anonim,genk genggeus* wakakakaakakakakaka *salim sama mas adi dulu*

  12. Pingback: Arisan Yuk! | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

