No Scrubs

Untuk memilih pacar, gue dulu punya beberapa kriteria. Gak terlalu macem-macem dan spektakuler sih. Standar aja lah ya, secara gue juga standar bener *sadar diri cyin* Yang pasti, kriteria nomor satu buat gue adalah cowok itu nggak boleh medit.

Kenapa? Ih, koq pake tanya sih? Emang ada gitu ya cewek yang suka sama cowok pelit, and the other way around? For me, cowok pelit itu a big no no. Selevel lah sama cowok bau ketek. Combo banget kalo udah pelit eh dese juga bau ketek *laah jadi OOT*

Kebayang ya kalo pacaran sama cowok pelit. Nonton bioskop, makan or other dating activities kudu bayar sendiri-sendiri atau dia minta dibayarin. Kayak lagunya TLC yang No Scrubs itu lho, tentang cowok-cowok yang sok pengen gaya deketin cewek tapi gak mau keluar duit. Ke laut aje deh Mas!

Bukannya sih matre ya. Zaman pacaran dulu, gue selalu berusaha ngebayarin sebagian pengeluaran tiap gue dan temen kencan gue pergi nonton/makan/etc koq. Dengan begitu, gue ngerasa punya bargaining power dan kedudukan kita seimbang. Maunya balance ya, sama-sama bayar gitu. Tapi, gara-gara kebiasaan ini, gue jadi pernah kepentok cowok medit 1-2x. Untung semua masihย tahap jalan bareng, belum pacaran.

Salah satu nyebelin experience adalah cowok berinisial B. Jadi, suatu saat kita nonton nih. Dia bayarin gue nonton, gue beliin pop corn danย minum *yang kalo dihitung-hitung lebih mahal daripada tiket nonton :P*. Abis nonton, dia ngajak makan di Hokben. Eh pas di kasir, tiba-tiba dia bilang duitnya kurang jadi cuma bisa pake Debit Card. Padahalย at that time, Hokben cuma terima cash.

Langsung aja gue nawarin diri untuk membayar, yang langsung dia setujui secepat kilat. Nah, yang nyebelin, dia ngomong kenceng-kenceng di kasir dan nyalahin Hokben karena gak terima Debit Card. Nyelametin muka atau medit beneran sih cuy? Abis itu besoknya gue ogah deh pergi lagi sama dia. Maleezzzz -__-

Anyway, untunglah hubby nggak gitu. Bahkan salah satu alasan gue mau pacaran trus merit sama dia ya karena dia nggak medit. Bahkan terlalu royal bok, sampe dese bokek melulu karena mau aja ditodong temen or sodara (gue) untuk nraktir. Sekarang, gue lah yang jadi polisi supaya dia bisa ngerem pengeluarannya dari hal-hal nggak penting, hihihi…

Oh ya, hubby kan selalu kasih gue jatah bulanan sekian buat kebutuhan keluarga. Nah kalo kita lagi makan di luar atau belanja, trus dia mau bayarin, dia selalu kasih dompetnya ke gue. Jadi nggak pernah tuh di kasir, dia yang keluarin dompet dan bayar. Kesannya, semua bayar-bayaran gue yang handle sebagai istri dan manajer keuangan, meski duitnya ya dari dompet hubby.

Gue pernah tanya, kenapa sih ribet amat pake begini segala. Kan lebih simple kalo dia yang bayarin wong duitnya dari dompet dia juga. Ternyata, hubby punya persepsi tersendiri untuk urusan duit, yang diwarisi dari bapaknya. Menurut keluarga mereka, kurang sedap dipandang jika suami membayari belanjaan atau barang istri dan mengeluarkan uang dari dompetnya. Sebab, suami terkesan tidak percaya pada istri untuk belanja sendiri sampe-sampe si istri harus minta uang dan dikawal suaminya untuk beli sesuatu.

Agak ribet ya, namanya juga jawir๐Ÿ˜€ Tapi kemudian gue jadi inget cerita nyokap gue soal seorang teman lamanya, sebut aja Tante S. Kata nyokap, Tante S ini punya suami yang mediiitt banget. “Bahkan saat si S mau keriting rambut aja, suaminya harus ikut dan ngebayarin. Padahal akan lebih simple kalo suaminya kasih duit ke S untuk pergi ke salon sendiri,” kata nyokap.

Gara-gara cerita nyokap itu, gue jadi paham prinsip hubby dan alm FIL. Mungkin suaminya Tante S bukannya medit atau nggak percaya, malah mungkin aja amat perhatian dan sayang sama istrinya sampe mau nemenin ke salon. Tapi kan kesan di mata orang kadang berbeda dari yang dia maksudkan, bukan? Jadi, untuk menghindari kesan-kesan kayak gitu, hubby dan alm FIL pun memilih cara ribet kayak yang gue jelasin di atas.

Gue sih selama ini nggak pernah ada masalah ya, meski emang agak ribet dikit. Tapi gue melihat ada nilai positif lain. Dengan memberikan dompetnya ke gue, berarti hubby percaya sama gue dan nggak ngumpetin hal-hal yang mencurigakan di dompetnya itu. Gue pun nggak perlu sneaking-sneaking untuk ngintip isi dompetnya, kayak yang dilakukan istri-istri zaman dulu di film Dono itu lho๐Ÿ˜€

37 thoughts on “No Scrubs

  1. Hahahahaha, pas adegan di hokben itu bikin sewot bgt ya.
    Masak dia ga inget sih uang didompet tinggal berapa?
    Minim ke atm dulu gitu kek,, tendang aja deh cowok kyk gini..
    *gemes*

    • Hahahaha… Lo kayak temennya laki gue Er. Istrinya gaji lebih gede tapi dia minta suaminya yang jadi manajer keuangan keluarga. Alhasil kalo si istri mau beli apa-apa, ya kudu minta duit ke suami. Laki gue pun melongo liatnya๐Ÿ˜€

  2. Hahaha…sama ma suamiku Ra, kalo mau bayarin pasti dompetnya langsung dikasi ke aku. Dan katanya sih, dia juga bercermin dari bapaknya tentang kebiasaan itu. Dulu pas pertama aku ga mikir ribet, tapi lebih ke takut kalo orang yang liat jadi mikir kok dia kaya suami2 takut istri, tapi lama2 karena dia cuek ya akunya juga ga masalah๐Ÿ™‚

    • Idem Mak. Kalo lagi mau pergi sama sodara-sodara, atau mau pergi jauh berapa hari gitu, biasanya gue disanguin duit sekian. Jadi nanti di sana udah gak perlu hand over dompet lagi๐Ÿ˜€

    • Nah, ini kebalikanku, Mbak. Aku malah seringnya nahan diri buat beli ini itu, sementara dia malah nyuruh-nyuruh. Sampe pernah dia bilang “ngapain sih pelit-pelit sama diri sendiri?” Lah padahal kan itu supaya duit belanja bulanan aman hahaha..

  3. Pernah naksiiiirr bgt sama cowo wkt kuliah. Akhirnya usaha mati2an, diet berbulan2, luluran mulu biar putih, ganti semua isi lemari biar jd feminin.. Tau2nya pas jadian ga nyampe sebulan gara2 meditnya ya ampuun, parkir aja gw yg bayarin boro2 deh makan ditraktir.. -______-“

  4. Nah kalo si Bubu itu kayak suaminya si Tante S itu deh.. Kalo kemana2 ya doski yang bayar. Dari belanja di supermarket, belanja baju (kalo yang ini sih kadang dia males ngantri baru dompetnya kasih ke gw), ke salon juga doski yg bayar (kalo dia lagi nemenin).. Tapi ga medit tuh.. Cuma emang kalo diliat orang kayaknya perhitungan banget yaaaa… Hihihihi..

  5. Aduh co medit ga banget deh..Lucu ra, bokap gw tuh mirip suami loe (apakah krn sama jawa nya?) ngasi dompet kl disuru mbayar LOL ! Nah suami gw ini td nya waktu msh br kenalan,gw takut dia medit (sama gw paling ilpil ma co medit!) tnyata untung aja gak malah royal banget.Klo iya mah ga bakal jd suami deh.Sekarang sih dah nikah ga ngaruh bgt mau sape yg bayar wong semua dari 1 rekening bank. Jd awal bulan kita nyetor duit di rekening itu buat expense sebulan.Kl ada extra expense ya sapa yg pny duit lebih aja.

    • Pi, temen gue pernah dating sama cowok Belanda. Trus pas makan, dibayarin. Tapi pas naik taksi dia gak mau bayar dengan bilang “lho tadi kan gue udah bayarinlo makan. Harusnya lo bayarin naik taxi dong.” Temen gue sampe bengong. Bukannya dia gak mau keluar duit, tapi shock aja dijeplakin kayak gitu, hahahhaa..๐Ÿ˜€

      Ada lagi yang kencan sama cowok Belanda juga. Pas usai dinner, bill dateng si cowok cuma keluar duit buat bayar makanannya. Naik taxi juga gitu, dia bayar separuhnya. Temen gue kaget karena gak ada basa basi samsek. Makanya gue sampe kepikiran, apa cowok Belanda straight to the point dan rada mreki kayak gitu ya? Untunglah testimoni lo mematahkan dugaan gue hihihhi… Eh lakilo Belanda kan ya?

      • whuahahaha!so familiar..Iya laki gw belanda. Gw pernah mmhh ngedate sama cowo Jerman bookk..dia yg ngajak dinner tp pas bill dateng dia cm bayar meal nya dia,aduh gw ampe mungutin receh2an krn ga siap duit! Beda kultur sih ya ra disini udah gitu di mari emansipasi wanita nya kenceng bgt, cewe kedudukannya sama kayak laki. Udah biasa “going Dutch” gitu, tp wat kita orang Indo yah mungkin jatohnya keliatan medit ya? Tp emang bnyk sih yang dasarnya emang medit! lol kaya laki jerman yg gw datein ituh..sekali aja bis itu dadah.

      • Tapi emang udah rahasia umum ya kalo orang Belanda itu gak bisa basbisbus dan rada medit. Hahaha..

        Untuk urusan basbisbus, gue pernah wwcr orang Erasmus Huis, gak pake ba-bi-bu perkenalan etc, setelah salaman langsung ditanya “So what do you want to ask?”. Trus pas udah kelar, ya udah gitu aja. Padahal pas di CCF (Prancis) dan Istituto Italiano, ketuanya ajak ngobrol babibu lamaa banget sampe 2 jam๐Ÿ˜€

  6. Pernah dapat cowok medit.. modal kendaraan doang.. bayar bensin dan ongkos masuk wahana eike yang bayar. Terus di dalam ga dibeliin makan apapun. Cih.. cukuplah. Mau pacaran kog ga modal.๐Ÿ˜€

    • Iihh sama! Gue pernah deket sama cowok yang modalnya mobil ortu doang. Tapi dia mau anter-anter gue, jadi gue beliin bensin. Pas gue udah ogah jalan sama dia lagi karena ngerasa diporotin, dia koar-koar ke temen-temen gue “Si Ira itu matre banget lho.” Gak kebalik ya Cong? -___-

      Untung temen-temen gue tau yang sebenernya. Wong kalo mereka nebeng sama itu orang, juga ditarikin duit buat beli bensin koq๐Ÿ˜€

  7. suami lo samaaa persis kayak suamiku, walopun bayarnya pake kartu pun…tetep itu dompet dikasih ke gue untuk urusan bayar bayaran…apakah karena sesama jawir ? jadi prinsipnya sama? hehehehe๐Ÿ™‚

  8. Hwahahahaha…. SETUJU BANGET SAMA CARI COWOK YANG GA MEDIT. Medit itu bikin gue ilfeel setengah mati!! Eh iya, mantan gue yang terakhir sebelum suami, itu semua yang pegang duit BAPAKnya. Nyokapnya kayaknya bawa tas guede guede isinya cuma tissue sama sisir sama alat make up doang deh hihahahaha..

  9. Ah..jadi inget jaman pacaran dulu pernah diajak makan sama pacar ke Blok S. seneng dong pesen sana sini soalnya dia juga pesen sana sini begitu kenyang dia bilang kalo gak bawa duit…lah…emang sini atm kemana-mana bawa duit banyak? langsung ilfil deh…

    • Serius? Huahahahaha… Trus lo bawa duit gak? Kalo sama-sama gak bawa, gue langsung kebayang kalian berdua ninggalin KTP atau cuci piring karena gak mampu bayar. Kayak di film Dono yaa๐Ÿ˜†

  10. Lo kepikiran ya, kalo si suami nemenin istri ke salon bukan berarti medit, tapi mungkin emang perhatian aja sampe ditemenin ke salon. Hahaha.
    Tapi emang bener, medit itu selevel sama bau ketek, sama2 nggak mungkin dijadiin suami meskipun muka selevel tom cruise!

    • Kan kita wajib berbaik sangka sama orang, hahaha *alibi :P*

      Ih bener banget. Meski dikata ganteng kayak Clive Owen pun aku tak sudi punya suami pelit. Apalagi kalo bau ketek juga!

  11. untung suami ku ga pelit tapi lebih ke irit krna kita harus nabung biar bisa punya rumah sendiri. soal bau ketek setujuuu…. suamiku smp sekarang suka kadang2 aku ciumin keteknya, kan klo bau yg malu gak cuma dia, aku juga malu kya ga bisa ngurus suami hahaa….

    • klo bau yg malu gak cuma dia, aku juga malu kya ga bisa ngurus suami hahaaโ€ฆ.

      Hahaha.. Ih itu bener banget! Gue mau nulis soal beginian lupa mulu. Nanti aahh..๐Ÿ˜€

  12. kalo di sini pake checking account yang joint sih, jadi mau siapa yang bayar juga ngedebetnya rekening yang sama.
    ampun, Ra.. istri jaman film Dono tu nunjukin umur banget deh.. hahahaha

Leave a Reply

