(So-Called) Adab Bertelepon

Beberapa hari lalu gue dapet telpon, dari sebuah nomor landline, nggak dikenal. Pas diangkat, begini percakapan kami:

M: Halo ini dengan Mbak Ira?

G: Iya.

M: Mbak, udah terima email undangan dari saya?

G: Ini siapa ya? Undangan apa?

M: *blablabla menjelaskan maksudnya nelpon gue*

Sependek pengetahuan gue, apa yang dilakukan M itu bukanlah adab bertelepon yang benar. Pertama, dia telepon dalam kerangka profesional, alias urusan kerjaan. Kedua, dia telepon dari landline, telepon kantor yang nomornya pasaran. Ketiga, gue nggak kenal dia samsek. Boro-boro kenal, ketemu aja belum pernah. Perusahaannya juga nggak pernah kontak gue. Jadi rada aneh sih dapet telepon kayak gitu.

I think she should’ve started the call with “Halo dengan Mbak Ira? Mbak saya S dari perusahaan anu bla-bla-bla. Apakah Mbak udah terima undangan dari kami?” That’s what people usually do when calling someone related to business matter, IMHO. Kalo masih bingung juga, contoh aja gaya telepon Mbak/Mas yang suka nelepon nawarin kartu kredit/KTA. Simple toh?

Trus gimana kalo adab bertelepon antar sesama teman atau kenalan? Intinya mah, never take someone for granted, even if he/she’s your own friend/family. Kecuali kalo yang beneran akrab, hapal suaranya dan tiap hari teleponan jadi lo yakin nomorlo di-save di ponselnya yaa.. Jadi lo bisa main ngomong “Eh neik, apa kabar lo?” Tanpa perlu menunjukkan identitas diri dulu. Banyak kan yang overpede main ngoceh padahal orang yang ditelepon nggak nyimpen nomornya.

Oh ya, juga jangan anggep enteng “Ah dia mah pasti kalo gue telepon, selalu available”. Bok, hari gini semua orang punya kesibukan masing-masing kalii.. Emangnya lo Obama, SBY atau Jokowi yang teleponnya ditunggu-tunggu sejuta umat?

Untuk yang ini, gue juga punya pengalaman nyebelin nih. Dulu, gue punya temen yang doyaan banget sok asik tiap telepon gue. Jadi biasanya percakapan kami berlangsung kayak gini:

G: *lagi serius deadline pagi-pagi*

D: Halo bisa bicara dengan Ira?

G: Iya, ini Ira. Ini siapa ya?

D: Ah masa lupa sih sama gue. Kan kita baru aja dinner kemarin.

G: Siapa sih nih? *jutek*

D: Tuh kan kamu sombong deh. Masa lupa sama gue.

G: Kalo gak kasitau siapa namalo, gue tutup ya.

D: Ih kamu koq galak banget siihh..

G: *ceklek, matiin telpon*

1 menit kemudian D telpon lagi

G: SIAPA SIH INI???

D: Buset Ra, lo galak amat sih. Ini gue, D. Masa lo lupa?

G: Yee sapa suruh sok-sok pake misterius-misterius gitu. Emangnya semua orang hapal suaralo? Gue lagi deadline tau. Emang ada apa?

D: Nggak apa-apa sih, gue cuma mau ngobrol aja. Jadi ya Ra…

G: *urut dada* *matiin telepon lagi*

Ada yang pernah punya pengalaman kayak gitu? Malesin banget kan yaaa.. Some people think that their voices are so familiar that people recognize them instantly. Or they just love hiding their identities when calling someone because they think it’s a funny joke. Well, not me. Because I consider it such a waste of time.

Makanya, gue kalo telepon itu selalu singkat, padat dan jelas. Dan telepon gue selalu dibuka dengan kalimat “Hai X ini Ira. Lagi sibuk nggak?”. Sebab, gue seriiiing banget dapet telepon di saat yang salah, not to mention those calls from Mbak-mbak KTA or CC ya. Saat gue lagi ribet kerja dan deadline lah, saat gue lagi ribet sama anak lah, saat gue lagi nyupir lah.

Dan nggak semuanya penting. Ada yang cuma mau ngobrol, atau gak pake babibu langsung ujug-ujug curhat. Or worse, nawarin MLM -____-

Because I know how nyebelin it is, gue pun berusaha nggak melakukannya ke orang lain. Dengan tau si X lagi sibuk/nggak, gue jadi bisa menakar, kira-kira maksud gue harus disampaikan dalam berapa menit. Kalo si X lagi sibuk, dan gue cuma mau curhat, ya gue akan tanya, kapan gue bisa telepon lagi? Kalo si X lagi sibuk dan gue mau ngomong penting, ya gue bakal ngomong straight to the point gak pake basbisbus. Pokoknya gitu lah.

Sampe gue suka dikomplain sama hubby “Kamu tuh kalo telepon orang kayak keburu-buru banget. Aku liatnya aja ngos-ngosan. Gak sopan tau.” Lah gue begitu justru untuk menghemat waktu dan menghargai orang yang gue telepon. Kalo dia lagi sibuk kan, bisa jadi telepon gue mengganggu rutinitasnya.

Lagi pula, menurut gue nih, karena sekarang zaman digital, orang tidak akan menelepon kecuali hal yang amat penting dan butuh ngomong langsung. Jadi kesalahpahaman akibat tanda baca bisa dihindari. Beda banget sama zaman dulu dimana telepon itu dianggap common practice dan bisa jadi obat rindu. Sekarang mah, kirim pesan via BBM, whatsapp, twitter, facebook aja udah cukup. Kurang seru ya?

…..Dan tiga kalimat terakhir dalam paragraf di atas tambah nunjukin di era mana gue lahir dan tumbuh dewasa, hahahhaa.. *dapet salam dari party line 0809 :D*

phone

*picture’s taken from here *

Anyway, mari berajojing pake lagunya Mbak Gaga dan Biyonsi dulu yuk🙂

40 thoughts on “(So-Called) Adab Bertelepon

  1. hihihii maka dari itu aku ga suka nelpon mba sukanyaa texting masaaa, kalo nelpon kalo lagi canggung ga ada percakapan atau kikuk kaya ketauan hihhhii ,nyebelin ya emang kalo ada telpon langsug babibu gtu hihihihi

  2. gue sering tuh dapet telepon dari temen yang emang niat banget mau ngerjain dengan cara nyembunyiin identitas. Benciiinyaaaaaaa setengah mati.
    Atau yang ngambek karena nomernya gak gue save trus pembalasannya ya ngerjain gue begitu.
    Ngomong langsung aja napa sih biar irit pulsa?

    • Ah bener banget Rik! Padahal kan ngomong langsung itu nguntungin dese juga ye, jadi pulsanya gak abis. Apalagi pas zaman kita muda tuh, dimana harga pulsa mahal *yah buka-buka umur sendokir deh :P*

  3. Aku termasuk yg jarang bgt telp. Kecuali klo pentiiiing buangeeet.. Selama masih bisa sms atw bbm atw whatsapp atw line mesti pake itu dlu.

    Males jg sih mb klo ad yg telp pake nomer yg g ke save trus main rahasia2an n sok deket gt. Bawaannya pengen nutup telp aj deh.😀

  4. aku juga lebih suka sms sebenarnya..apalagi kalo masalah kerjaan.. biar ada track recordnya jadi kalo ada kesalahpahaman tinggal unjukkin aja tuh sms2nya… palagi kl ama pejabat ya mbak, kalo nomor ga dikenal, suka ga mau angkat mereka, mending sms dulu terus memperkenalkan diri terus nanya deh bisa ditelpon apa engga.. takut lawan bicara yang disebelah lagi punya urusan yang maha dasyatttt… hehehe

    • Ah iya, kalo untuk kerjaan emang lebih enak sms/BBM/email supaya lebih jelas rinciannya plus ada bukti tertulisnya. Gue juga kalo mau wawancara narasumber pasti sms dulu sebelum telepon supaya dia mau angkat🙂

  5. gue sering tuh dapet tlp kyk della itu… “hallo ini siapa ya?” lah emangnya mau nelpon siapa kok gak msh nanya siapa lawan bicaranya -.-“

  6. untuk menghindari nomor2 tak dikenal, gw masang fitur blacklist.
    bisa blokir nomor2 yg ga ada di phonebook, maupun private call.
    sms dng kata2 tertentu bisa di diblokir jugak, terutama yg mengandung kata2 KTA, kredit, dll dsb😀

  7. Gue orangnya nggak enakan lho takut ganggu waktu org yg diseberang sana dgn ngeladenin telepon dari gue, makanya idem dengan lo diatas, opening line gue selalu “lagi sibuk nggak?” even ke suami sendiri. Ngerti lah ribetnya org kalo nerima telp di wkt yang gak pas. Bukannya konsen dengernya, malah cm bikin rempong kan.
    Even via texting di whatsapp/bbm/Line whatsoever yang gue membutuhkan jawaban dr ybs, gue selalu blg, “gakpapa jawabnya nanti2 aja kalo udh ga sibuk” apalagi kalo cuma buat curhat/rumpi2 gak penting, hihi.
    Ohya soal adab menerima telpon, kalo dr nomer gak dikenal, biasanya nggak gue angkat. Kalo beneran mau bicara, pasti dia hrsnya ngerti untuk sms setelahnya. Soalnya pernah kejadian nerima telp org iseng, sok2 kenal ngajak main tebak2an ini siapa, ujung2nya gue kesel trus gue mau tutup, dia maki2 sambil bawa2 polisi. Hidiiih.. org stress gue rasa.

    • Ih sama ya kita Hen. Gue juga kalo BBM/watsap yang cuma pengen gosip/ngobrol, pasti bilangnya sama kayaklo. Tapi masalahnya, banyak orang yang gak ngerti sopan santun dan etika kayak gini. Udah lah awalnya dibuka pake PING! berkali-kali. Ternyata cuma pengen jualan, atau nanya gak penting. Minta dilempar pake lap kotor banget deehhhh -___-

      Lah itu orang aneh amat, udah sok tebak-tebakan trus ngancem-ngancem. Santet aja Hen, santeett! *halah*

  8. males banget kalo yang nelpon ujung2nya nawarin MLM… huahahaha…

    ngomongin telpon, gua jadi suka geli kalo inget jaman dulu pas masih hobi telpon2an pas jaman sekolah.
    berhubung suara gua ama bokap mirip, kalo ada teman yang telpon nya main nyamber aja begitu ‘halo’ langsung ngomong ‘Man, blblablabla’ (dalam artian gak nanya dulu, ‘arman nya ada?’) dan kebetulan yang ngangkat telpon itu bokap, wah udah pasti dikerjain ama bokap gua. jadi bokap gua pura2 aja jadi gua gitu…

    ngeselin banget emang bokap gua dulu. gua paling sebel kalo dia pura2 jadi gua di telpon. huahaha. tapi kalo sekarang diinget2 jadi lucu…😀

    • Ih ya ampun Man, baca tentang bokaplo, gue jadi inget nyokap gue. Dulu kejadiannya sama banget tuh sama ceritalo. Temen gue main ngomong “Halo, Ra, gue mau pinjem bukulo dong”. Trus sama nyokap gue dibilang boleh dan janjian deh itu temen gue dateng ke rumah.

      Pas gue cerita, bahwa tadi yang angkat telepon bukan gue, tapi nyokap, temen gue ini maluuu banget. Tapi dia berusaha nyelametin muka dgn bilang “Oh gue udah tau koq Ra. Tadi gue pura-pura bego aja”. Zzzz….

      Berarti bokaplo dan nyokap gue sama-sama jahil ya😆

  9. Kalo bapak gw jawab telpon, beliau bertanya dari siapa, misalnya temen gw, trus temen gw maunya cuma jawab: “dari temennya Tyas oom”, langsung sama bapak gw dijawab: “ya memang temennya, masa musuhnya? *langsung tutup telpon*” wkwkwkwkwk. Eh jangan2x mgkn gak ada cowok yg mau pacaran sama gw jaman sekolah ya gara2x bapak gw ya huhuhuhuhu…

    • Hoahahaha.. Bok, ternyata bokaplo killer berat ye. Cowok-cowok jadi jiper gitu kan mau pedekate😆 Tapi perasaan sih bapak-bapak jadul emang sok galak ya kalo di telepon. Bokap gue juga gitu soale.

      Btw, anak zaman sekarang asik ya kalo mau pedekate karena udah ada hape dan BB. Jadi tinggal telepon/BBM, 90% pasti dijawab orangnya langsung. Coba zaman dulu. Kalo mau telepon kan kudu telepon ke rumah, sambil berdoa mudah-mudahan yang angkat si gebetannya langsung. Soale kalo yang angkat bokapnya, kacaaauuuu😀

  10. hahahah samaa…gak pernah suka kalau yang telpon sok-sok misterius gitu, trus gw disuruh nebak yang telepon gw siapa. Lahhh dia kira gw lagi ikut kuis tebak-tebakan kali ya. :p
    Dan gw juga gak pernah suka, kalau trus misalnya *akhirnya* dia ngasihtau dia siapa, eh ujung-ujungnya ngomong “ihh sombong banget sih sekarang sampe temen dilupain” kalau udah keluar kata-kata ini gw gak ragu buat jawab “jadi lo capek-capek nelpon gw en buang pulsa lo cuma buat bilang kalau gw sombong? makasih yaaa ibu peri baik hati yang gak pernah tau arti sombong itu apa sebenernya”
    huaahahhah,.. abis piye dong Ra…kan kadang entah HP ilang, rusak, ganti, sampe gak sempet backup no telepon dan akhirnya gak tau jadi ini nomor siapa, itu nomor siapa😀

    • Dan gw juga gak pernah suka, kalau trus misalnya *akhirnya* dia ngasihtau dia siapa, eh ujung-ujungnya ngomong “ihh sombong banget sih sekarang sampe temen dilupain”

      Ih itu bener bangettt!!! Ada tuh temen SMP/SMA gue yang demeeen banget nelpon dengan gaya kayak gitu, Mel. Mana teleponnya selalu bad timing. Trus kalo gak diangkat, abis itu sms nuduh gue sombong, bla3. Kalo diangkat dan gue gak tau nomornya, kembali gue dituduh sombong. Hadeeehhh😦

  11. Gue pernah banget, Mbak. Pas jidat lagi berkerut2 nyusun report di kantor, telepon masuk ke hp, nomer asing, dan langsung nembak “Halo, ini Rizha ya? Apa kabar?”. Trus pas gue tanya baik2 ini siapa, dia bilang persis plek kayak kejadianmu itu Mbak, bonus dia marah2 trus maki2 karena gue tetep gak kenal (suaranya) “Ini aku dari kepolisian juga sama kek suamimu.. emang suamimu gak pernah cerita temennya dari kepolisian?” trus misuh2 gak karuan. HELLOOO, temen laki gue dari kepolisian kan sejuta umat banyaknya, lha wong laki gue emang polisi. Giliran gue semprot balik krn dia udah kurang ajar maki2 gue, langsung ditutup telponnya. Sampe sekarang pun masih jadi misteri ilahi, orang itu siapa😛

    • Hoahahaha.. Aduh bacanya aja ikutan esmoni ya bok. Gimana gue ngalamin sendiri? Gue kan orangnya panasan ya bok. Kalo terima telepon kayak gitu, biasanya gue tutup aja or better, gue geletakin di atas meja. Jadi biarin deh tuh orang ngabisin pulsanya cuma “ngobrol” sama meja gue😀

  12. “Some people think that their voices are so familiar that people recognize them instantly. Or they just love hiding their identities when calling someone because they think it’s a funny joke”

    mba Ira, ini postingannya yahud banget🙂
    ak setuju banget klo telp gak ada salahnya nyebutin identitas kita, walopun kita sudah kenal dekat sekalipun sama yang kita telpon. Malesin banget kan ya, udah kita beneran gak kenal suaranya, disuruh nebak siapa yang telpon, nyoba nebak yang telpon eh salah, malah dapet maki2, oh kejamnya dunia *_*

  13. paling sebel lagi kalo nerima telpon dari ababil temennya adek-adek.
    ababil: halo, ini siapa? x ada?
    gw: dari siapa ini?
    ababil: temennya
    gw: temennya punya nama ga?
    ababil: *nutup telpon*

    sumpah, pengen nyekek ababil macam gitu pake kabel telpon. untungnya berhubung rantau, cuma ngalamin kalo lagi mudik. tapi susahnya, tante-tante sayah juga suka gitu. langsung main tembak dan somehow menganggap suara sayah mirip sama suara ibu. bengong aja ngangkat telpon langsung diserbu ocehan perkara ini itu😦

    • Alm nenek gue juga dulu suka gitu, Mak. Jadi tetangga gue kan no telpnya beda 1 nomor sama no telp gue. Tiap siang, alm nenek selalu telp nyokap. Tapi ndilalahnya selalu salah sambung ke tetangga gue. Percakapannya cuma gini: “Halo, Deh (nama nyokap).” Pas dibilang salah sambung, langsung ditutup. Gue yang malu kan ya kesannya nenek gue gak punya manner. Padahal sih gara-gara dia udah tua hahaha😀

Leave a Reply

