It’s a Sabotage!

Kata para ahli, indikator kebahagiaan seseorang setelah menikah adalah berat badannya. Jika orang itu tambah gemuk, berarti pernikahannya bahagia. Sebaliknya, jika orang itu tambah kurus, berarti pernikahannya kurang bahagia.

Melihat betapa tambunnya tubuh gue dan suami sejak kita menikah (hampir) 5 tahun lalu, mungkin bisa disimpulkan kalo kami berdua amat bahagia. Emang bener gitu? Ya nggak juga sih. Berantem mah sering, secara kami berdua doyan banget berdebat over small and unimportant things dan adu isi otak *sok pinter yes? :P* But overall, I think we’re okay.  

Trus gimana bisa tambun? Nah kalo itu banyak sebabnya. Jadi gini ya pemirsa. Sejak hamil, melahirkan dan menyusui, bodi gue kan belum balik-balik nih ke size normal. Nggak usah lah ke berat badan zaman kuliah. Ke zaman merit aja masih jauh euy. Alhasil itu kebaya-kebaya kece yang gue bikin gara-gara tergiur forum kawinan gak ada yang bisa dipake. Zzzz..

Udah berbagai usaha gue lakukan. Dari akupuntur sampe hypnolangsing. Rata-rata sih sukses, tapi cuma sampe 3 bulanan aja. Abis itu gagal maning, gagal maning. Selain karena gue doyan makan dan masak, ada satu hal yang selalu sukses bikin gue gagal langsing. Hal itu adalah hobi suami menyabotase segala diet gue. Huh!

Gimana nggak sabotase? Tiap gue ngurangin nasi, gorengan, cemilan, etc, pasti hubby langsung komen “Nggak usah makan aja sekaliaann..” atau “Mending kamu turunin berat badan kira-kira 50 kg lagi Lieb. Mantep deh”. Semua tentu aja diucapkan dengan nada penuh sarkasme. 

Trus tiba-tiba frekuensi dia minta ditemenin makan dan jajan bertambah. Dan, kalo nggak ditemenin makan atau jajan, dese bakal ngambek dong :(

Kayak yang terjadi hari ini. Gue kan udah 2 minggu ini lagi iseng pake aplikasi Calorie Counting ini yang direkomen sama Erlia @situkangnyampah. Lumayan lah aplikasi gratisan dan gak pake bayar. Sistemnya kayak online food diary, bikin gue lebih aware aja apa yang gue makan dan olahraga apa yang gue lakukan.

Tadi pagi, gue sebelum berangkat udah makan pisang goreng 2 biji, and I felt very full. Trus dalam perjalanan ke kantor, tiba-tiba hubby ngajak jajan. Terjadilah percakapan ini:

H: Lieb kita sarapan dulu yuk dimanaa gitu. Mumpung aku bisa dateng ke kantor agak siang nih. Bubur ayam, nasi uduk or lontong sayur lah. Kamu mau yang mana?

G: Yah, sebenernya aku kenyang, kan barusan udah makan pisgor 2 biji. Gini deh, kamu aja yang makan, aku temenin.

H: Kalo gitu nggak usah lah. Mana enak aku makan sendirian. Nanti aku makan di kantor aja! *manyun*

G: Yo wis, ayo kita makan dulu deh. Jarang-jarang ini kan. *duh istri sakinah banget ya akyuuu*

Akhirnya, kami pun terdampar di warung masakan Medan di Tebet untuk makan Lontong Medan. Untuungg ternyata ada promo Lontong Medan+telur+teh manis seharga 10 ribu yang porsinya keciilll banget, setara dengan 1/2 porsi normal. Jadi deh gue pilih itu aja sementara hubby pilih porsi reguler, dengan lauk telur dan rendang *buset abis nguli dimana Mas?*

Begitu sampe kantor, langsung deh gue naik pake tangga, bukan lift, demi ngebakar londan barusan. Yah jauh dari berhasil sih, tapi mayan lah ada usaha dikit pan. Secara londan plus telur plus teh manis plus pisgor barusan itu terhitung kira-kira 458 kalori. Padahal jatah kalori harian gue cuma 1000 kalori. Bok! :(

calorie counting 13 feb

Serius deh, usaha yang dilakukan hubby untuk menyabotase diet gue kadang sampe bikin pegeel banget. Emang sih, dese nggak pernah ribut nyuruh gue kurus atau langsing kayak yang gue pernah ceritain dulu. Tapi sebagai perempuan, tetep aja ogut pengen langsing. Supaya lebih gampil belanja baju murahan di ITC gitu kakaaakk..

Selain itu, gue juga pengen sehat lah yaw. Sehingga gue bisa terus nemenin Nadira sampe dia gede, dewasa dan bahkan punya anak. Makanya selain sok-sok diet, gue juga mulai olahraga kecil-kecilan. Bukan lari yang pasti, karena gue gak demen lari kayak ibu-ibu seleb blog.

Nah, alasan sehat inilah yang sering gue promosiin ke hubby supaya dia mau ikutan mengubah pola makan. Abisan, dia sering mocking kalo gue bilang diet itu untuk langsing. Jadi gue coba trik lain aja, dengan bilang diet itu untuk sehat.

Which is true btw. Tapi kan tapi kan, sebagai pemilik otak cetek, my ultimate goal is to look good. Sehat adalah bonus. Kebalikan ibu-ibu yang lain ya? Hahahaha…😛

Ah gara-gara judul postingan ini jadi pengen nyanyi teriak-teriak kayak Beastie Boys deh. Masih ada yang inget gak?🙂

46 thoughts on “It’s a Sabotage!

  1. Hahahaha, sama yo mbak. *Toss dulu
    Aku juga gitu e, kalo suami pulang malem abis maen badminton gitu suka bawa nasi pecel.
    Terus ngajak makan bareng, kalo ditolak katanya durhaka. Lha terus nasibku piye?
    Diajak makan terus tapi badan ga boleh melar. Olahraga! gitu katanya.
    Aku langsung melengos.
    Semangat dietnya!

  2. Wah apps nya boleh juga nih! aduh kok ya cerita nya sama banget yah sama suami aku pun begitu. Parahnya suami orang belanda yg demenannya makanan yg mengandung dairy (keju-kejuan, krim, susu, etc) Jd lah dia suka masakin lasagna berlemak tinggi, beliin coklat, beliin muffin dsb yg niatnya sih nyenengin istri…tp istri jd gembroot!! huhuhu. Kl diet jg di sinisin, “mending kamu sport drpd nyiksa diri” Ih aku kan ga se-atlet dia, lari 500m aja dah megap megap. Begitulah, sampe akhirnya nemu yoga. Tp emang kitanya yg kudu lebih kuat drpd suami deh. Soalnya emang selaen pengen jd seksi lg, dengan makan lebih sehat dan balans tuh emang sehat buat badan & stamina. Jangan nyerah ira ^^ ganbare!

    • Orang bule mah demen banget olahraga ya Pi. Makanya biarpun makanan kelas berat tapi sehat-sehat dan atletis. Gue juga gak kuat tuh lari, makanya pilih yang lain aja ah🙂

      Btw, lo baca deh di aplikasi itu, masak membakar kalori lumayan banyak lhooo.. Tapi, abis masak, trus makan, kapan kurusnya?😀

      • iya ra..udah mendarah daging sport itu karena udah dibiasain dari kecil. udah jd life style katanya mah..Beda bgt ma ogut yg senam seminggu sekali di sekolah ajah ngeles mulu ada aja alesan nya, lg mens lah, pusing lah.Cape deehh

      • Idem!😀

        Tapi kalo gue liat di Eropa olahraga emang jadi lifestyle ya. Beda bgt sama Amrik yang lifestyle-nya fast food hehehe.. Paling cuma di beberapa wilayah aja kayak LA yang orang-orangnya doyan olahraga karena demen berbikini.

  3. Ya oloh, dengerinnya masih Beastie Boysss… itu dengeran gue jaman SMA tuh kalo di mobil, sama Prodigy hahahaha…

    Kalo suami gue belom pernah komen apapun, secara sekarang masih masa menyusui, malah dia suruh gue makan lebih banyak biar asinya banyak. Coba di test nanti ya, setaon lagi hahahaha…. *tau2 udah hamil lagi, ketawa deh gue*

    • Beastie Boys dan Prodigy seru ya Le kalo sambil nyupir. Apalagi ngebut, wiiihhhh! Tapi sekarang mah inget anak di rumah dulu deh😛

      Apaaa.. Abby mau langsung dikasih adik??? Gue aminin boleh gak? Hihihii..😀

  4. Mamak ir,pertanyaan gw adalah gmn itu calori counter bisa ada makanan indo? Gw uda lama donlot tu aplikasi tp slalu patah semangat bgitu makanan yg gw makanan kaga ada di list situ,mo bikin sendiri jg g tau kandungan gizinya, jadinya gw pake app runkeeper aja biar tau hari itu gw uda ngebakar brp kalori (yang pastinya defisit ama yg dimakan)

    Anyway spy g oot,untung sih suami gw g menyabotase tapi kl minta dibawain makanan pasti yg g sehat ky cakwe lah, martabak manis lah, batagor lah, tapi giliran gw mo beli kue2 berkrim2 g boleh, katanya ‘jgn nanya2 uda kurus blom mulu kalo masi makanin kue gituan’ ah sebel *buang muka

    • Ada koq Lin. Tapi ya nggak semuanya. Jadi kalo yang nggak ada kayak tumis jagung peda (lunch gue hari ini), gue masupin aja jagung rebus dan ikan asin ke lunch gue. Mayan lah kurleb dapet🙂

      Hahaha.. Itu lakilo jangan-jangan gak ngeh kalo kalori RVC with cream cheese icing lebih rendah daripada seporsi indomi goreng😀

  5. Hahahahaha… bener banget alasan biar bisa beli baju di ITC. Dan gw berharap dulu gw gak pernah berdoa berharap bisa gemukan, tnyt berat di 50kg dan di 70kg mencari bajunya sama susahnya T_T

  6. gue dong kalo weekday aman kan krn laki gw di jakarta, pagi gue bisa lari trus atur2 makanan & malem tidur cepet biar nggak laper. tapi mulai jumat malem dia udah menghancurkan 5 hari pertahanan gue dr mulai pulang jemput di travel which is jam 8 ato 9 malem “ngebaso yuk, ato jajan2 di tendaan malem” itu kan jam2 terlarang bangeet. blom lg sabtu minggu nya, bubar jalaan dgn alasan yampun masa cuma ketemu pas wiken aku ga ditemenin makan. yah gimana ya kan mau jadi istri solehah nurut sama suami *buang timbangan *

    • Hahahaha… Mayan lah bok, lo punya waktu 5 hari seminggu buat hidup sehat, dan 2 hari jadi istri solehah. Itung-itung lo diet apa tuh yang kalo wiken boleh makan sepuasnya😀 Lah kalo gue kan, 7 days a week dong yaa.. *menatap tumpukan tetelan dengan pilu*

  7. hahahahah ira…iyaaa nurut aja sama suamik raaa…
    ahhh aku sukaaakkk quote yang ini:
    “Tapi sebagai perempuan, tetep aja ogut pengen langsing. Supaya lebih gampil belanja baju murahan di ITC gitu kakaaakk..”
    betuuulll….gak keder dan banyak pilihan pleuss harganya murah, dan meski dibilangnya All Size kata mbak-mbak ITC tetep aja menurut gw itu bukan All Size karena ukurannya kisaran S-M doang :p

  8. sama saya juga ngerasain susahnya diet setelah kawin… kudu nemenin suami makan salah satunya.
    kadang kan kan udah tuh ya diniat2in diet, tapi sebagai tukang masak, kalau ada makanan sisa kok rasanya mubazir. lahap deh sepiring.. (excuse, excuse xD)

  9. ampun Irra, aku sih niat langsing segede gunung, akuh kan tak mau seperti mamak-mamak batak jaman duluuuuh, aku mau seperti mommy mommy batak jaman sekarang. Tapi aku lapar mata-an, dan gak perlu disabotase suami sering sabotase diri sendiri. Padahal ya, aku udah sering inget mantra “a second in the lips, forever in the hips’ tapiii..sambil ngunyah pisang goreng 5 biji (yang digoreng sendiri , niat kan) aku bilang “nothing last forever ah!’…dan masuk lagilah pisgor ke 6 dst

    • Hahaha.. Ya ampun gue baca mamak-mamak batak jadi ngakak sampe nyembur Ndang!😆

      Gue tuh dulu sering berprinsip gini “Ngapain tajir dan terkenal kalo makannya cuma selada kayak Michael Jackson, Madona, etc, gak bisa makan enak kayak kita. Hidup itu kan cuma sekali, jadi kudu dinikmati dong!”. Tapi begitu liat bodi mereka, especially Madonna yang udah tuwir tapi staminanya cihuy, jadi pengen muntahin segala kue dan gorengan deh X_X

  10. Mbak ira,maaf kalo oot,jika berkenan dan engga keberatan, boleh minta alamat emailnya mbak ? Saya mau kirim sampel Cilok Radza asli Bandung, smoga gak ganggu,makasih sebelumnya.

  11. Suamiku juga gitu mbak, udah semangat 45 mau diet eh digagalin dengan gampangnya. Katanya ngapain diet? Udah manis kok. Eaaa :p trus tiap malem diajak jajan mulu. ya nasi goreng lah, ya kue pancong lah.. kalo gini kapan saya bisaaa kurusnya cobaaa?😦

    • Hihihihi.. Ciyeeh yang dibilang manis sama suami sendiriii😀

      Di satu sisi seneng sih karena suami gak ribet dan nerima apa adanya. Tapi di sisi lain, ya itu, kapan bisa kurus doonnggg *sigh*

  12. I pil yuuu mbaaa😀
    Suami tiap aku mau diet atw makannya dikit langsung ngomel ‘udah makan yg banyak ntar sakit’
    Setelah nikah jadi ikut kebiasaan suami nih. Kan dia pulang kantor malem dan klo sampe rumah harus makan nasi. Jadilah ji bininya diajakin makan. Padahal dulu jaman gadis jarang makan malem. Lah ini sekalinya makan jam 8 aja, pernah jam 9.30 malem donggg…
    Gimana ni badan ga nambah bulet coba. Alhasil hampir 3 bln nikah bb udah naik 3kg.
    Dan kya nya masih bakal naik lagi secara lg hamidun, suami nyuruh makannya tambah semangat

    • Waah selamat ya penganten baruu.. Selamat juga udah naik 3kg dalam 3 bulan, hihihi…😀

      Gue juga dulu sama kayaklo, Jeng. Abis merit langsung hamil, berat badan pun naik-naik ke puncak gunung melulu. Yang penting nanti abis melahirkan, jangan keenakan makan segabruk ya. Pas menyusui makan sesuai kebutuhan kalori harian aja, jangan ngikutin napsu kayak gue dulu, hahaha.. Kalo nekad, ya dijamin bakal bernasib sama kayak gue, hiks..

  13. tersentak *halah* padahal seneng ada temennya (yg belum balik ke bb semula) ha.. *evilgrin*
    waktu hamil pertama naik 22 kilo aja, 2 taun berlalu sisa 18 kilo lagi -__-” dengan alasan menyusui yaa makan segila-gilanya..
    lagi program olga eh ada rejeki hamil lagi, belom 3 bulan udah turun 4 kilo, sisa 14 kilo lagi.. tapi masih ada 6bulan ke depan entahlah naek brp kilo nanti kehamilan kedua ini :))
    *malah curhat*

    • Hiyahahaha.. Gue jadi inget pas dulu hamil ketemu ibu2 lagi hamil tua. Dia langsung ceramahin gue “Mbak, kalo abis melahirkan, turunin BB dulu ya sebelum hamil lagi. Jangan kayak saya nih. Masih sisa 20kg, eh udah keburu hamil lagi. Nggak tau deh nanti gimana cara nurunin BB abis melahirkan anak kedua.”

      Tapi selama duit segudang dan masih ada Impression dll, cincay lah yaa.. Semangka!😀

  14. Kalo suamiku beda mba…
    yang rajin diet dia, tapi tiap kali diet terus laper marah-marah melulu
    sampe aku yang lagi makan bisa diomelin
    lah yang diet dia, kok semua orang harus ikutan ngurang-ngurangin makan kayak dia…

    salam kenal ya mba…..
    *cium tangan*

    • Ahahahaha… Kayaknya laki gue kalo terpaksa diet mungkin bakal kayak suamilo, Mak. Secara dia doyan banget makan, pasti stres deh kalo disuruh diet hihihihi..

      Salam kenal juga Mbak Yulia. Jangan cium tangan dong, cium kaki aja😀

  15. Baru baca post ini pas lagi scrolling2 blog elo. Dulu gue sempet pake tuh My fitness pal, pokoknya jadi app handphone paling sering dibuka deh, dan berhasil ngebuat gue serius turun berat badan dan semakin rajin exercise karena ke-OCD-an gue. Gue nggak demen kalo sampe liat itu minus, jadi kalo udah nyerempet minus, gue langsung lari sorenya. Hahahaha.
    Tapi yah seiring waktu lama2 gue bosen, dan balik gendut lagi hahaha. =9 emang niat nggak lebih gede dari nafsu makan.

    • Hahahaha.. Gue awal-awal sempet kayaklo gitu. Kalo udah jumlahnya hampir minus, sebelum tidur sit up, push up etc. Abis males lari ke luar sih.

      Skrg belum kurus-kurus nih, jadi bingung, gue yang salah itung or gimana ya? *tipe orang gak sabaran*

      • Hahaha kalo nggak kurus2 berarti mungkin itungannya salah. Kayak misal pisang goreng itungannya dia mgkn yang kecil dan digoreng pake minyak bagus sedang kitanya makan pisang goreng super gede pake minyak gorengan abang2 hwahaha biasa kan kita sebagai cewek suka delusional xD

Leave a Reply

