Praduga (Tak) Bersalah

Seperti yang pernah gue tulis dulu, gue itu paliiiing demen sharing info ke temen dan keluarga. Entah di twitter, grup atau blog, pokoke kayak tukang obat lah. Macem-macem pula yang di-sharing, terutama untuk urusan makanan hahaha.. *ketauan ya kenapa akyu gak bisa kurus*

Intinya, gue paling demen tuh kasih rekomendasi atas sesuatu yang bikin gue puas. Misalnya, makan di warung A, atau belanja diΒ OLS-OLS langganan. Β Kalo kemudian banyak yang tertarik makan di warung A or belenjes di OLS-OLS itu, gue seneng banget meski gak dapet untung samsek. Berbagi sesuatu itu baik kan, meski hanya sekedar info?

Sebaliknya, kalo dapet bad experience dari seller/vendor, gue berusaha gak secepat itu ngetwit atau nulis bad review. Kenapa begitu? Pertama-tama sih karena takut kena UU ITE cyin. Khawatir kan akyu kalo bernasib macam Prita yang dulu komplain soal RS di Tangerang itu lhoo..😦

Kedua, kalo vendornya temen atau kenalan, nggak enak ati bok. Jadi terpaksa telen pil pahit sendirian deh.

Ketiga dan yang paling penting, takut disangka hoax atau ngejelek-jelekin orang. Apalagi banyak kan yang berprinsip, kalo kita nutup aib orang, aib kita sendiri akan tertutup. Trus, banyak juga yang berprinsip, review akan sesuatu hal itu kan bersifat subyektif. Jadi bisa aja gue bilang jelek, tapi ternyata orang lain oke. Ujung-ujungnya, gue dituding ngejelek-jelekin orang lain deh.

Lalu, based on personal experience and judgment, gue sering tuh pas nyemplung satu lingkungan, dapet gosip-gosip bahwa si A itu blablabla. Padahal pas kenal sendiri, kenyataan yang adaΒ justru sebaliknya. Karena itulah, gue berusaha menerapkan asas praduga tak bersalah. Intinya, kalo gue nggak ngalamin sendiri, gue belum mau percaya omongan orang.

Tapinya, gue juga nggak mau sok eksperimental banget. Kalo gue dapet omongan jelek tentang toko X cuma dari 1-2 orang, masih berani lah gue coba belenjes di situ. Apalagi kalo harganya mursida ya. Itung-itungan risikonya masih masuk akal lahπŸ™‚

Nah kalo yang ngomongin buanyak banget dan harganya muahal? Itu mah nekad kalo masih berani nyoba ye.

Trus gimana kalo gue dapet servis/barang jelek? Biasanya gue akan komplain ke oknumnya dulu. Gak perlu marah-marah, pake tanda seru segabruk atau emosionil sih. Ditegur baik-baik dulu lah. Kalo orangnya beritikad baik, dia pasti akan ngerti koq. Tipe yang begini, gak perlu deh ye dibikin bad review. Anggap aja case closed once he/she apologizes dan berusaha memperbaiki kesalahan. Gak usah dipanjang-panjangin, karena bisa jadi dese cuma khilaf.

Kalo orangnya nyolot, atau komplain kita dicuekin? Nah yang kayak gini nih yang bikin nyolot balik. Biasanya gue tunggu dulu sampe dia minta maaf. Kalo kagak dan justru dia bereaksi sebaliknya, baru deh akyu babat habis! *soto, nasgor apa digongso bu? #salahfokus*

Perlu diingat, menulis bad review itu tujuannya IMO sih positif ya. Kira-kira begini nih:

  1. Membantu melepaskan beban di hati. Daripada jadi jerawat batu mending dilampiaskan di tulisan, benul?
  2. Membantu orang lain agar jangan terjerumus dan melakukan kesalahan seperti yang telah kita lakukan. Kalo lo susah berpikiran mulia macem gitu, pikir logika terbaliknya gini deh: “Kalo gue gak bikin bad review, bakal tetep akan ada orang yang pake vendor/toko itu. Artinya, bisnisnya tetep laris, padahal dia udah ngembat duit gue dan bikin gue sakit hati. Ih gak rela deh!” *pilihan logikanya tergantung kemurnian hati kita masing-masing. Gue sih udah pasti logika yang mulia lah yaw :P*
  3. Biasanya begitu ada bad review nongol, akan muncul silent victim lain yang selama ini memilih diam plus gak mau ribut. Jadi ada sharing session deh sesama victim.
  4. Membantu si vendor/toko untuk introspeksi diri. Kan komplain dari kita dicuekin nih ya. Sapa tau dengan adanya bad review dan komen-komen dari silent victim, plus hujatan-hujatan dari komentator lainnya bikin dese akhirnya mau ngaca dan memperbaiki diri. Kalo nggak ada kritikan, bisa jadi dia ngerasa apa yang dia lakukan selama ini oke-oke aja. Ya toh?πŸ™‚

Gimana, gimana. Pada setuju gak?

13 thoughts on “Praduga (Tak) Bersalah

  1. stuju deh buk *daripada dijadiin babat* hahahah
    eh tapi stuju Ra, sama seperti kalo kita senang menerima good review, supaya fair ya harus lapang dada menerima bad review *pan aku jualan juga mak, jadi pernah dpt kritik pedas juga* namanya pedagang kan manusia juga ya. bisa salah

    • Nah lo ini contoh pedagang beritikad baik Nov. Bener kayaklo bilang, senang dapet good review, harus lapang dada juga dapet kritikan. Toh kritikan itu buat masukan supaya bisnis tambah bagus. Daripada nggak ada kritik tiba-tiba jumlah pelanggan menurun terus dan bisnis kita pelan-pelan merosot, kan?

  2. Setuju dong, namanya penjual itu mau jual apapun ya tetep jual servis juga, mau brg ciamik hrg murce tapi kalo bad servis mah bs jd bumerang jg, tapi kalo nggak ada yg komplain ya mungkin dia ngerasa fine2 aja, pdhl kenyataannya nggak. Jadi yg namanya penjual hrs introspeksi diri dan legowo menerima kritik, yg namanya pembeli jg hrs kritis kl gw bilang. Toh demi kebaikan bersama kan?

    • Beneerrr! Kayak yang Novi bilang di atas Hen. Kalo seller nerima pujian dengan senang, harusnya dia juga bisa lapang dada nerima kritikan. Daripada nggak terima kritikan apapun tapi lama-lama kehilangan klien, kan?

  3. intinya, berani berbuat berani bertanggung jawab. berani berjualan, mesti berani nerima feedback tanpa pilah pilih. mosok yg bagus2 diterima tapi yg jelek2 dimentahin..

    makanya gue gak jualan. ngerik! hahaha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s