D’Ya Think You’re Cool?

Barusan baca artikel ini dan gemeess sendiri. Mudah-mudahan ke depannya gue bisa jadi ortu yang mendidik Nadira menjadi pribadi sopan dan penuh respek pada orang lain, gak kayak si bocah di video ini.

Liat videonya dan nilai sendiri deh.

I know, when we’re young, we tend to do something stupid just to make us look cool and fabulous without thinking that there are consequences in everything we do. Mulai dari pacaran, ngerokok, tawuran, doing drugs, sampai kriminal macam shoplifting. Well luckily, I experienced none of those things above. Eh kecuali pacaran dan rokok ding.

Khusus untuk drugs, I’m soooo against it. Nggak tau kenapa, gue bener-bener nggak suka banget-nget-nget. Tapi yang paling membekas adalah pengalaman pas gue kuliah dan kerja sebagai jurnalis tabloid keluarga.

Suatu hari, gue disuruh wawancara dokter khusus yang menangani rehabilitasi pecandu. Pas sampe RS, gue disuruh langsung ke ruangan pasien karena ada kondisi darurat. Rupanya si dokter lagi menangani seorang pasien.

Si pasien ini baru kelar rehab dan udah keluar beberapa hari lalu. Dia dilarang pake drugs lagi karena tubuhnya masih dalam masa detoks cmiiw. Eeeh dese melanggar aturan. Alhasil, badannya kejang-kejang, pupil melebar, jantung berdetak kencang, etc etc macam orang lagi sakaratul maut. Gue liatnya sampe melongooo karena ngeri sendiri.

Yang bikin gue miris, pasien itu berusia 30 tahun, while at that time, I was still 20 yo. Jadi wajar kalo gue ngeliat si pasien ini tua ya. Gue pun langsung ngerasa benciiii banget sama si pasien. Why did he waste his life by doing drugs? Udah setua itu lho padahal😦

Di usia 30 tahun, dia masih aja nyusahin ortu. Normally, di usianya, dia udah kerja, mungkin juga sudah menikah dan punya anak, serta sibuk mengejar mimpi. Lah ini, malah ngabisin duit ortu buat beli drugs. Lalu, begitu ortu usaha masukin dia ke rehab untuk ke sekian kalinya, dia malah balik pake drugs lagi. Emang disangka rehab itu murah cong? Iihh!😦

Pengalaman itu membekas banget di benak gue dan bikin gue tambah benci sama drugs. And I promised myself to never do anykind of drugs, meski itu cuma buat iseng-iseng atau coba-coba. I just don’t want to see the sad and disappointed expression on my parents’ faces, just like the one on the bastard’s parents’ faces.  

Pas udah kerja dan sering clubbing, gue seriingg banget ditawarin ineks, drugs, dan beragam jenis minuman. Untuk minum, sesekali masih oke tapi karena aslinya gak doyan minuman yang pahit-pahit, ya bener-bener cuma sesekali doang. Gini ya, gue minum obat batuk sirup dan jamu aja kudu sambil nutup idung dan abis itu langsung nenggak air putih. Gimana minum vodka, whiskey dll?

Dulu suka nih gegayaan pesen screw driver, whiskey cola, JD, Johnny Berjalan *you know what I mean ;)* atau bir kalo lagi clubbing. Buset, yang ada sesloki/segelas aja kagak abis-abis. Yang duluan abis biasanya cuma es batunya doang :P Makanya kalo pulang clubbing, gue kebagian gotongin temen mulu. Soale selalu jadi orang paling sober sih🙂

Lucunya, mungkin karena akting yang amat meyakinkan plus stamina tinggi *oh masa mudaaa*, gue sering disangka jago minum dan pemakai ineks. Padahal kalo clubbing, gue jogedan cuma modal air mineral+orange juice. Clubbing buat gue = olahraga. Sesat yes? :D Jadi ngapain di-boosting pake zat-zat lain? Mayan bok jogedan semalam suntuk itu ngebakar kalori banyak banget *demam calorie counting apps*

Dulu sering sih ditawarin ineks gretong dari berbagai jenis oleh temen-temen clubbing. Dan gue selalu menolak dengan tegas. Untunglah gue selalu berangkat dan pulang clubbing sama temen yang bener. Intinya, kalo clubbing, cari partner yang sama pemikirannya denganlo supaya lo nggak kebawa macem-macem. Kalo gak, mending nggak usah deh.

Trus, karena keseringan liat orang yang malu-maluin aksinya pas mabok, atau getting high trus jadi kayak orgil, gue males begitu juga bok. Gue terlalu gengsi untuk berada dalam kondisi kayak gitu. Apalagi kalo sampe difoto dan dipajang di socmed. Mokal aing!

Sekarang setelah jadi ortu, jadi mikir-mikir. Bisa nggak ya gue kayak nyokap yang ngebolehin anaknya clubbing tapi tetep bertanggung jawab? Jadi nggak gampang ikut-ikutan kayak anak-anak muda pada umumnya. Tuh lieur deh jadinya mikirin beginian. Zzzz…

The greatest day in your life and mine is when we take total responsibility for our attitudes. That’s the day we truly grow up. [John C. Maxwell]

14 thoughts on “D’Ya Think You’re Cool?

  1. Raaaa… gile banget tuh cewe, ga pake mikir ngomongnya…

    BTW, menurut gue jg, emang tugasnya ortu untuk mendidik anak, dan jangan salahkan pergaulan. Memang pergaulan itu parah, tapi kita bisa milih mau ikut yang mana. Pilih yang “sepaham” sama elu, walaupun nyerempet, pasti masih bisa mengendalikan diri.

    Sama juga halnya sama free sex. Stereotype orang itu, kalo kuliah di negara barat dan pernah pacaran, pasti udah pernah ngelakuin. Kadang2 cowo Indo yang gue sempet date, anggep begitu juga, dan gue bilang, sorry ya, mungkin temen gue begitu, tapi gue ngga. Kalo cowok udah macem2, pasti bakalan gue tinggalin.

    • Nah komenlo bener banget Le. IMO, emang tugasnya ortu untuk membekali anak dgn pengetahuan dan pola pikir yang kuat, supaya gak gampang ikut-ikutan. Jadi alam bawah sadar pun udah bisa menyeleksi mana yang teman sepemahaman dan mana yang nggak. Sekarang tugas kita nih buat ngedidik Nadira dan Abby supaya bisa berpola pikir macem emak-emaknya ini yaa🙂

  2. Lucky us Mbak Ira, pernah ngeliat worst effect dari drugs, Kuliah sampe sekarang aku (kadang”) masih aktif di Yayasan yg concernnya di AIDS. Jadi ga jauh ya dari drugs. Pertama kali ngeliat yang lagi sakaw, trus Ibunya nangis-nangis di luar. Dan sejak itu aku janji, nyokap ga akan pernah ada di posisi itu. Cuma ya, gak tau kalo udah punya anak nanti. Nyokap dulu ngebebasin dan aku grow up dengan baik tapi namapun aku agak” parnoan, ga tau apakah bisa atau gak kaya nyokap” kita.

    Anyway, selain udah ngeliat yang terparah ari efek drugs, salah satu alasan ga pernah macem” itu omongan Mama. “Jangan” macem-macem ya Nak, Inget Mama-Papa, bukan masalah malunya tapi anak kami cuma satu. Kalo kamu sampe ga ada, nanti tuanya kami gimana?” Ampuh itu. Kalo nanti Mbak Nadira ternyata ga punya adik, boleh banget dipake. LOL

    • Iya sama Ra. Gue juga mikir, dulu nyokap gue koq bisa sih ngelepas gue bergaul tapi tetep kasih tanggung jawab. I don’t think I can do that to Nadira deh😦

      Nyokap gue sih lebih sering ngomongin tentang beban moral kayak gimana yang bakal ditanggung dia+bokap kalo gue sampe macem-macem. Ternyata laki gue juga digituin sama bonyoknya. Makanya, mungkin dari kecil perlu ditanamkan rasa tanggung jawab untuk menjaga nama dan martabat keluarga ya. Plus rasa sayang ke ortu tentunya🙂

  3. Sepupuku yang paling aku sayang jadi korban narkoba😦
    Kita kecilnya sering main bareng, he was my idol, handsome, gagah.. dan meninggal di usia 27. I was, i mean i still am, sad.
    Terakhir sebelum meninggal aku jenguk dia di RSCM dan waktu itu literally tubuhnya tinggal tulang berbalut kulit. Kebayang ngga sih? Beberapa hari kemudian dia nggak ada. Sediiiiiiiih banget rasanya

    • Turut berduka ya Mak *hug*

      Kadang suka gak abis pikir ya, why did it happen to somebody that we love? But for me, just take it as a life lesson aja daripada sedih melulu. Semoga kita dan anak-anak kita dihindarkan dari yang kayak gitu ya🙂

  4. Kapan hari aku liat berita di TV ada ibu2 yang ketangkep karna dia sindikat emas palsu
    Pas ditanya buat apaan aja hasil jual emas palsu itu, dia bilang
    “Ya buat hidup sehari-hari dan biayain kebutuhan narkoba anak saya”
    sigh..miriiis banget deh dengernya.

    • Astagaaahhh…😦

      Duh, maap nih ya, si ibu itu IMO kebablasan deh memenuhi kebutuhan anaknya. Dengan dia begitu, tambah ngejerumusin diri sendiri plus keluarganya kan. Sedih ih bacanya Mak😦

  5. ya ampyuun mak, akika sepaham ama dikau. kalo minum, icip2 akika pernah mak. hanya sekedar utk tau rasanya yg bisa buat org alcohol addict. dan rasanya…yah masih enak teh manis anget hihihi… kalo drugs, aduh jgn sampe deh. gak mau dan gak akan nyoba, udh keluar duit, eh kyk org bego pula nantinya. nauzubilahminzalik..
    mudah2an anak2 kita pd bs memilah kyk emak2nya ini ya..aamiin..

    • Iyaa bener! Gue tuh dulu nyicip selain penasaran juga karena takut dibegoin. Banyak kan orang yang ditipu suruh minum anu, padahal ternyata isinya alkohol. Karena mereka nggak tahu rasanya, jadi diminum aja gitu sampe jackpot dan jadi bahan lelucon orang lain..

      Setuju sama omonganlo Mut. Amiiinn🙂

Leave a Reply

