The Special Month, January

Glenn Fredly can mourn and get his heart broken every January, just like he wrote in his song, but the month is a special one for me. It’s not only my birth month, but also my mom’s, my daughter’s, even my MIL’s and my SIL’s. The more the merrier ye neik😀

Yang lebih hebring lagi gue dan nyokap sih. Ultahnya samaan di satu hari lho, padahal nyokap dulu lahirannya normal. Makanya pas hamil dan dikasitau due date tanggal 17 Januari, gue ngareep banget Nadira lahir barengan dengan ultah gue dan nyokap. Toh masih gpp  kan kalo +/- 2 minggu dari perkiraan due date?

Tapi berhubung laki gue tipe yang stick to the rules dan DSOG menyarankan gue untuk diinduksi tanggal 19 Januari, yaaa terpaksa bubar jalan deh rencananya. Kalo gue pikir-pikir, kedekatan batin antara ibu dan anak terjalin sejak anak di dalam perut. Mungkin itu kali ya yang bikin Nadira nggak lahir-lahir sampe harus diinduksi? Dia tahu ibunya ini masih belum pengen dia lahir sekarang🙂

Anyway, yang paling kasian di bulan Januari siapa lagi selain suami akyu. Boncos neik, kudu kasih kado buat 5 orang sekaligus hihihi.. Korban lainnya, siapa lagi selain akik. Gara-gara ultahnya paling belakangan, jadi deh sering gak dapet kado *ini kode banget lho. Mudah-mudahan hubby baca :P*

Tapi emang bener sih, sejak jadi emak-emak, fokus ultah sendiri teralihkan ke anak.  Apalagi kalo ultahnya 10 hari setelah anak kayak gue. Jadi boro-boro mikirin ultah diri sendiri. Gue malah sibuk bikin rencana mau ngapain ya pas Nadira ultah? Apalagi, tahun ini kan Nadira udah sekolah.

Akhirnya gue berniat bikin goody bag untuk dibagi ke temen sekolahnya plus potong kue sama temen-temen sekolahnya lah ya. Sejak jauh-jauh hari, bocahnya udah minta kue princess kayak bikinan @dapurq. Dari jauh-jauh hari pula gue bilang ke @riani bahwa gue akan order kue sesuai titah si bocah.

Eh, pas MIL ultah tanggal 15 Januari, SIL dan hubby sepakat patungan beliin kue. Mereka minta tolong gue pesenin kue ke @dapurq juga. Dipilihlah model buket bunga. Kuenya gue yang ambil, dan disimpen di kulkas rumah supaya MIL gak tau.

ultah kue upu

Di hari H, pagi-pagi sebelum ngantor kita ke rumah MIL dulu bawain kue. Hepi deh liat MIL gembira dapet kejutan kue dari anak cucunya. Soalnya kalo mood MIL jelek, bencana banget buat kita semua hahaha… Berhubung MIL gue gak doyan cake, alhasil itu RVC kita semua yang ngembat😀 *elus tetelan di perut*

Tapi gara-gara acara potong kue dan tiup lilin di rumah MIL, minat Nadira pada perayaan ultah di sekolah surut. Ini anak emang nggak demen jadi pusat perhatian sih *ih mirip banget sama emaknya ya?* Jadi begitu disuruh tiup lilin dan potong kue untuk MIL aja dia malah mewek. Trus langsung bilang “Mbak Dira mau kue princess Bu. Tapi dipotong di rumah aja ya, jangan dibawa ke sekolah”.

Hadeehhh… Kalo potong kue di rumah berarti kan kudu ngajak bonyok, adik, dan keponakan gue juga. Apalagi ultah Nadira kan pas hari Minggu tuh. Nggak seru cyin kalo potong kue cuma bertiga doang. Masa, kuenya udah kece-kece yang liat cuma bertiga? *cih narsis*😀

Alhasil, 5 hari jelang ultahnya, gue langsung mengubah rencana. Segala goody bag, bento etc gue bikin untuk di sekolah aja (kisah bikin printilannya udah gue tulis di Mommies Daily sini ya). Jadi cuma dibagi-bagi aja gitu tanpa potong kue. Sementara untuk potong kue di rumah, karena ngajak keluarga yang rumahnya deket-deket, terpaksa deh akik masak. Bahkan entah kesambet apa, pake niat bikin tumpeng segala. Zzzz..

Keribetan ini mirip lah sama waktu Nadira ultah pertama dulu, dimana gue (sok) bikin cupcakes, coklat lolipop plus kukis hias. Waktu itu mah gue udah ngebatin gak mau mengulangi lagi. Lah kenapa setelah 3 tahun kambuh lagi sifat rabid mom KW3-nya? -___-

SAM_2463

*goody bag buat temen sekolah*

Di hari H, sepagian gue ribeett banget sama urusan bikin tumpeng, dibantu sama ART. Sementara hubby gue usir suruh ambil kue di rumah Riani, sekalian ngajak Nadira pergi. Kalo dia ada di rumah, proyek tumpeng gue bisa gagal euy.  

Proses masak-masak mah mayan ye, karena sebagian udah dicicil dari kemarin-kemarin. Jadi tinggal urusan ngedekor aja yang PR berhubung gue amat tidak crafty. Untung ada artikel+tutorial di web NCC yang ini. Bener-bener ngebantu banget deh!

Dan pagi itu, terjadilah pemandangan kocak di rumah. Gue ngedeprok di lantai, belum mandi, bikin tumpeng sambil melototin tutorial step by step di tablet😀 Yah gak sempurna sih, jauh dari sempurna malah, karena daun pisangnya miring-miring gara-gara gak pake styrofoam. Tapi ya tetep bikin gue hepi karena, 5 tahun lalu, mana kepikiran gue bikin tumpeng sendiri?

ultah tumpeng

*tumpengnya numpang nampang lagi ya kakaakk.. Maklum baru pertama kali bikin jadi norce :P*

Meski nervous karena banyak orang (padahal cuma seiprit yang dateng), Nadira tetep hepi. Dia bisa main sepuasnya bareng-bareng. Yang kocak, nyokap gue kan ngasih sayap-sayapan+tongkat+bando peri. Langsung dong ya dipake hari itu juga, kagak mau dicopot! Sambil geret-geret tas koper dari Qilla-nya Riani. Gue aje yang ngeliatnya geraaahh sendiri😆

SAM_2434

*yang semangat deketan sama kue malah Langit. Like mother like daughter sih, dulu emaknya juga begitu, hihihi.. *

ultah renang

*kado kolam renang dari Deba langsung dicobain :)*

Oh ya, beberapa hari sebelum hari H kan kita sempet ketemu om gue. Pas ditanya mau kado apa, Nadira jawab: “Mbak Dira mau ayam!”. Singkat, padat dan jelas. Pas ditanya, ayam apa maksudnya, ternyata dese minta anak ayam dong maakkk.. Jadilah sama om gue dibeliin anak ayam 5 ekor!

Masya Allah itu bocah rempongnya setengah mati dapet “dede ayam”. Malem-malem pake piyama (plus sayap-sayapan peri), dia ribut kasih makan+minum ayam. Lalu terjadilah percakapan ini:

N: Bu, kenapa dede ayamnya nangis melulu?

I: Soalnya dede ayam nggak ada ibunya. Jadi nangis deh. Kasian ya?

N: Ya udah, Mbak Dira aja deh jadi ibunya.

I: Oke…

N: Tapi besok beliin kostum ayam ya Bu. Masa Mbak Dira jadi ibu ayam nggak bisa patok-patok.

Imajinasi dan celotehan anak itu suka mengejutkan dan unpredictable ya, hihihi..😀

ultah dede ayam

29 thoughts on “The Special Month, January

  1. Itu goody bag ‘ide’ banget😮 nyiapin sendiri bukjeng? Hihihi, aku sama Nindi (anakku) percis cis (halah perCIS) tanggal lahirnya, akhir bulan pula, jadi hampir tiap tahun mundur 3-7 hari baru celebrate, kalo nekat ya…bakpau yang lewat depan ruma aja de ..T_T..

    Happy birthday kakak Nadira dan ibu🙂
    Ayamnya digedein ya, nanti barengan sama kura-kuranya Nindi
    ps: ati-ati kegoreng ibu #eh hihihi

    • Iya bikin sendiri sampe encok Mak😀

      Iih hebat banget melahirkan pas ultah. Tapi repotnya, kalo lagi bokek kayak yang lo ceritain itu Mak hihihi..

      Ayamnya, seperti kata Nadira, udah “meninggal”. Sediih banget dia karena satu persatu ayam-ayam itu mati🙂

  2. huehehehehehhehhe.. asli waktu lo twit ttg mba dira sama kadonya gw ngikik.. apalagi pas liat gambarnya pake sayap plus ngeliatin ayamnya :))
    polosnya anak2 itu lucu ya.. bener2 berimajinasi tingkat tinggi..

    btw keren ra, project gudibek sama tumpengnya.. jadi pengen belajar masak biar bisa bikin tumpeng sendiri.. *ngayal tingkat tinggi*

    oia mba dira, ayamnya masih hidup ga?

    • Iya Ke, sama kayak gue liat foto Tania pake baju princess menyapu lantai di kuisnya MD. Hihihi.. Imajinasi anak itu emang lucu banget. Kudu didukung supaya kreativitas mereka terus berkembang ya, meski sambil cekikikan sih😀

      Lah lo bukannya jago masak? Kemarin udah terima orderan brownies segala toh?

      Ayamnya, as in Nadira’s words, “meninggal” bok. Anak-anak ayam gitu kan sebenernya emang gak boleh jauh dari induknya, atau peternakan yang khusus ada penghangat ruangan etc. Jadi rentan mati. Ini aja dalam tempo 2-4 hari, mati satu persatu. Sedih deh Nadira-nya😦

  3. Happy bday Nadira.. Hahahahaha…. Keren deh waktu tiba2 minta kostum ayamnya.. Hihihi.. Untung gw ga ngejengkang dari kursi waktu baca.. :))
    iraaa.. Tumpeng lo keren bangeeeet.. Edun. Pingin ngicip jadinyaaa.

    • Hahaha.. Iya Be. Gue aja sampe ngakak pas ujug-ujug dia minta kostum ayam. Ntar jadi si Chaki dong?😀

      Makasih Tante Bebe. Ayo bikin tumpeng sendiri dong. Pasti si Bubu gembira deehh🙂

  4. seru ya ultahnya rombongan ya ra..mirip nih ama keluarga gue..seminggu ada 3 yang ultah di januari..hehe..
    canggih deh bikin tumpeng segala..mantabbb..! kue princessnya lucu banget..mau pesen juga ah ama uni *nyontek* hehehe..

    happy bday ya ra..buat nadira, mertua and ipar lo juga..
    btw jadinya dapet kado sepatu apa? hihi..

    • Iya Both, jadi pasaran gini ultah di Januari semua hahaha.. Kue princess-nya lucu yaa.. Kalo Nara suka princess, kasitau fotonya deh. Pasti suka dan minta dibeliin😀

      Makasih Tante Bheboth. Gue dapet kadonya koper bok, jauh dari sepatu euy😀

  5. Happy birthday Nadira…
    Semoga sehat-sehat selalu ya pwincess, semoga terus jadi kebanggan keluarga dan anak ayamnya juga sehat wal afiat🙂

    btw watch out Asnug!
    Keren banget Ra hasil kamp konsentrasi😀 gw sampe sekarang belum berani mimpi bisa bikin nasi kuning sendiri, hihi *pemalas kelas berat*

  6. Yaaay! Happy b’day Nadira. Maaf telat, ya. Hebat deh ini maknya Nadira, bisa bikin tumpeng segala. Itu sampe printilan sambel goreng, kering tempe, dll yg ngelilingin tumpeng juga bikin? Hadeeeuh, ijke nyerah deh , cyin. Mending pesen aja sama jij kalo butuh tumpeng ya. hihi…

  7. mbak numpang nanya. itu bento box beli di jatinegara nama tokonya apa ya?trus harganya brp?mau bikin anggaran nih buat bikin bento hehehe…..makasih

    • Aku beli di toko Laba-laba, dia lokasinya di basement gitu Mbak. Tanya aja, toko plastik dimana, trus tanya bento box mika. Harganya murmer koq. Aku lupa tepatnya tapi cmiiw 2rb/biji. Dijualnya per 10 biji.

  8. Pingback: (Ternyata) Nggak Kapok | The Sun is Getting High, We're Moving on

  9. Pingback: Curhat Ibu yang Tidak Terampil | The Sun is Getting High, We're Moving on

  10. Pingback: Nadira and Her Pet Obsession | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

