Bungkus Membungkus

Kali ini mau iseng share seputar bungkus membungkus ah. Ada 3 aspek (ceileh) yang mau gue tulis. Berikut penjabarannya:

1. Bungkus membungkus kado

Ih aseli deh, dari zaman jomblo, gue paliiinngg angkat tangan kalo disuruh bungkus kado. Gak usah yang bentuk kemeja, permen, burung, etc ya. Wong bungkus kado yang simple aja hasilnya mencong-mencong lho! *tutup muka*

Begitu merit dan punya anak, frekuensi acara yang mengharuskan gue bawa kado jadi lebih sering. Mulai dari kelahiran anak temen/sodara, ultah anak temen/sodara, ultah temen sekolah Nadira, etc etc. Gue pun pusing. Gimana dong bungkus kadonya? Masa dibungkus pake plastik kresek item?

Untung ipar gue yang tinggal nggak jauh dari rumah, cukup lihai bungkus kado. Tapi gue nggak enak kalo terus-terusan minta tolong dia dong ya. Alhasil kalo acaranya dikasitau dari jauh-jauh hari, gue biasanya milih beli kado di toko/mol, pokoknya yang ada jasa bungkus kadonya lah. Konsekuensinya, jadi boros ya neik, secara harga barang-barang di toko rata-rata beda cukup jauh dari yang dijual di Gembrong, Asemka, etc. Padahal kualitasnya mah mirip-mirip.

Sesungguhnya pengen juga belajar bungkus kado. Udah melototin yutup sih, tapi koq tetep pesimis. Buat urusan prakarya, kemampuan gue emang minimalis banget deh. Solusi lain kalo lagi mentok, biasanya gue beli kantong-kantong cantik bergambar. Jadi kalo beli kadonya di Gembrong/Asemka, gak pake dibungkus langsung dimasukin ke kantong. Mayan kaannn!๐Ÿ˜€

2. Bungkus membungkus baju di koper (aka packing)

Sama kayak bungkus kado, urusan bungkus baju atawa packing juga jadi problem banget buat gue dari masa single dulu. Gue susah banget untuk bisa packing lightly. Selalu parno takut barang anu gak kebawa, atau barang inu gak kebawa, etc.

Ceritanya sih (sok) kayak Becky Bloomwood gitu, yang tiap traveling bawaannya beberapa koper dengan alasan “Kalo gue tiba-tiba pengen pake kaos manik-manik trus nggak dibawa, gimana? Atau kalo tiba-tiba gue pengen pake rok mini macan tutul tapi nggak dibawa, gimana?”. Jadi semua isi lemari kudu dibawa.

*ilustrasi di atas koq jadi lebih menggambarkan penyanyi dangdut ya daripada Becky Bloomwood*

Anyway, sejak beberapa tahun belakangan, setelah ratusan kali traveling (lebay bener dah), gue akhirnya nemu selah untuk packing lightly. Intinya mah, kalo pergi ke kota besar atau kota yang ada molnya, gak usah bawa banyak-banyak. Misalnya ke Bandung or Bali, bawa baju mah dikit aja. Toh kalo bajunya kurang, tinggal melipir ke Rumod or FO surfing kan? Kalo sikat gigi/sabun/lotion/celdam lupa bawa, tinggal lari ke Indomaret/Alfamaret terdekat. Ya nggak?

Beda sama pas pergi ke kota kecil, kayak Morotai, atau yang sekarang gue datangi, Ende. Baru tuh koper gue isi dengan berbagai perlengkapan perang karena gak yakin di sana bisa nemu perabotan yang gue butuhkan.

Untuk perabotan bocah, agak istimewa dikit karena gue harus siap-siap dengan worst case scenario (ketumpahan susu, muntah, pup di celana, ngompol, you name it). Jadi lebih baik bawa ekstra buat jaga-jaga.

Oh ya, gue itu termasuk emak-emak yang lousy karena nggak pernah tuh bawa perlengkapan kesehatan kayak obat, termometer dll. Mungkin karena selama ini traveling sama Nadira baru ke kota-kota besar aja ya, belum ke lokasi terpencil. Untuk makan pun, gue cuek. Sepanjang ada restoran yang jual ayam/bebek goreng, Nadira aman lah!๐Ÿ˜€

Btw, ada satu tips dari temen gue pas kita ke Korea 2 tahun lalu. Karena itu merupakan pertama kalinya gue dateng ke sebuah negara yang lagi early winter, bawaan gue pun buanyaak dan tebel-tebeell banget. Maklum ya, eike kan orang kampung. Lah di puncak aja repot nyari jaket, apalagi kena salju?

Nah temen gue ini udah biasa traveling ke negara-negara bermusim 4. Alhasil bawaannya dikiit banget, cuma 1 tas kabin kecil, untuk lebih dari seminggu. Kata dia, kalo ke negara yang lagi musim dingin, bawa baju nggak usah banyak-banyak. “Karena kita nggak berkeringat, baju dipake lebih dari 1x pun nggak masalah,” kata temen gue.

Yah mungkin bener ya. Tapi kalo prinsip itu diterapkan oleh orang yang punya masalah dengan bau badan, bisa semaput gak sih orang-orang di sekelilingnya? *bedak MBK-nya Kakaakk..*

3. Bungkus membungkus makanan

Dengan bangga (sekaligus rada malu juga sih), untuk urusan satu ini, skill gue bertambah drastis setelah jadi emak-emak. Dulu waktu masih single, gue paliinggg males disuruh bungkus-membungkus makanan di acara keluarga, kantor, kumpul-kumpul teman, etc. Alasannya ribet, males, malu, macem-macem deh.

Nah begitu jadi emak-emak, somehow insting bungkus-membungkus gue jadi lebih terasah. Sigap bener deh kalo di acara keluarga terus ada makanan favoritnya Nadira. Abis itu langsung minta bungkus, buat anak gitu hehehe..

Bahkan beberapa kali liputan atau acara kantor, gue dapet lunch box yang nggak sempet gue makan. Dulu-dulu nih, biasanya gue kasih OB or ditinggal. Sekarang mah, niat bener dibawa pulang, terutama kalo menunya adalah favorit Nadira๐Ÿ˜€

Begitulah sekelumit perjalanan hidup saya di dunia bungkus-membungkus setelah jadi emak-emak. Bagaimana dengan Anda?๐Ÿ™‚

41 thoughts on “Bungkus Membungkus

  1. ๐Ÿ˜€ Selalu ada yang bisa bikin senyum kalau mampir sini.
    ๐Ÿ™‚ Aku masih terpana sama cara Ira nyajiin bentonya.. (Aku tambahin Mamah depannya boleh nggak sih?.. Nggak enak kalau nyebut langsung nama.. :D)

  2. Hihihiw….bener banget nih Mbaa..persoalan bungkus membungkus sungguh PR skali yak…aku klo soal mbungkus kado, nyerah deeeeh…ga pernah rapi dan berbentuk manis gituh๐Ÿ˜›

  3. naluri emak emak yuniversal ah kalo ada makanan sisa yang kesukaan anak pasti maen bungkus aja!

    Kalau gw sih mayan jago sih kalo bungkus kado maah! gampiil itu maah *hahahha sombong bener yah padahal cuma bisa bungkus kotak biasa, kalau gak ada kotak buat bungkus langsung panik,*..

    nah yang rada susyeh itu bungkus bungkus baju (baca ngelipet baju) buat dimasukin koper! hadeeuh nyerah deh. gw gak bisa tuh ngelipet baju sampe rapih dan simetris gitu. Kalo ngelipet baju pasti deh mencong mencong, sisi kiri sama kanan gak bisa sama dan ukuran lipetan antar baju juga beda beda gituu!

    Tapi katanya sih kl packing baju mending digulung yah? atau pake vacuum bag.. temen gw pake vacuum tuh kalo mau mudik, beneran bikin tumpukan baju jadi tipiiiis banget, jadi bisa muat angkut-angkut banyak baju..
    Coba cari deh vacuum bag for clithes di ols

    • Iya vacuum bag katanya emang cihuy banget Mel. Bikin tumpukan baju jadi tipis banget dan koper pun jadi cantik ala-ala iklan di majalah. Gak pake acara melendung-melendung kayak koper gue๐Ÿ˜€

      Beberapa temen gue yang sering traveling emang pake beginian buat andalan packing. Ah gara-garalo gue jadi keinget deh. Mudah-mudahan murah harganya karena kalo mahal, ya kagak jadi beli dah๐Ÿ˜›

      • Eh iya Mel, Japanesehouse itu banyak kasusnya. Kan sama milis MPASI Rumahan juga pernah berkasus. Murah-murah barangnya tapi suka missing in action si ownernya. Ntar gue cari-cari ah. Makasih lho racunnyaaa… *korek-korek dompet*

      • wah berarti Jpaneese house dah terkenal banyak kasusnya yah? eh ada kasus apa tuh sama MPASI rumahan?

        emang barangnya murah-murah sih, vacuum bag aja cuman 100rb, padahal gue pernah liat di ols laen harganya diatas itu, kalao gak salah sekitar 125rb-an deh

      • Kasusnya lupa tepatnya gue. Tapi kalo gak salah, Japanese kerjasama sm owner milis MPASI untuk kasih harga khusus untuk barang MPASI gitu. Eh pas udah beberapa member transfer, barangnya nggak dikirim-kirim. Ternyata reputasinya emang jelek gitu cmiiw. Serem nggak sih?

  4. ih ira yang bungkus membungkus makanan iya banget deh. Aku bener-bener jilat ludah sendiri *yummy* dulu sering berkata dalam hati “takkan aku jadi mamak-mamak macam ituuu* eeeh skrg melakukannya, apalagi di Bandung ini pas arisan udah disediain sama yg punya rumah plastik buat ‘mbekel’. Meski makannnya yg dibawa std, tapi aku ngeliat efeknya ke anak-anak yg suka dibawwain sesuatu gitu.

    • Hahaha.. Eh Ndang, setau gue kan kalo di orang Batak, acara bungkus-membungkus itu wajib. Makanya temen gue cerita, kalo arisan+kebaktian keluarganya, makanan sampe dipisah supaya masih ada jatah buat pendetanya. Kalo nggak dipisah, ibu-ibu main mbungkus semuanya sampe abis tak bersisa๐Ÿ˜€

      Etapi bener lho, Nadira juga demen banget kalo pulang gue bawain makanan hasil mbungkus. Dan gue jadi inget waktu kecil. Kalo nyokap gue pulang abis arisan/acara keluarga dan bawa bungkusan makanan, pasti gue girang banget. Padahal sih belum tentu juga makanannya lebih enak dari yg dimasak nyokap ya๐Ÿ˜€

      • hahaha iya, tapi pas aku masih di lingkungan Batak kan aku belum menikah. Jadi tak sempat merasakan keganasan itu. Nah yang kagetnya di sini, karena aku tak berpikir itu juga berlaku di tanah Sunda nan santun ini hihi

  5. Gw malah suka bgt bungkus kado.. Krn cuma itu “pekerjaan tangan” yg gw kuasai krn tulisan tangan dan gambar gw amburadul. Packing gw lumayan efisien lahh sama bisa packing 30mnt sblm ke airport tanpa ada yg ketinggalan๐Ÿ™‚ bungkus makanan juga atau nata bekel jg gw hobi, dulu wkt sd ampe belajar bungkus makanan pake kertas coklat itu, intinya sih kalau lipat melipat kertas, kain gt2 gw suka.

  6. Kalo gw bungkus kado model kotak masih bisa lah… Tapi kalo udah disuruh model kembang, permen… Beuh nyerah.. Mending suruh nari poco2 aja deh *eh*

    Soal packing baju… Nyerah juga… Ga bisa tuh packing yang padet gt, asal semua masuk saya senang.. Biasanya sih paling suami yang benerin lagi kelarannya.. *puk2bubu*

    naaaah kalo makanan.. Baru nih, agak sigap.. Ahahahaha.. Apalagi kalo kenal sama yang punya rumah. Langsung deh pas mau pulang mepet2 manja minta plastik… Hihihi… Mayan, ngirit masak kan ya?

    • Hahaha.. Laki gue disuruh packing mah bisanya main breg-breg aja. Gak rapi samsek. Kebalikan Bubu yaaa๐Ÿ˜€

      Urusan makanan, mungkin kalo gue jadi lo yang tinggal di luar negeri, gue bakal gragas juga Be. Secara kalo pengen apa-apa kudu masak sendiri pan? Mumpung ada yang tinggal makan dan gratis, ya bungkus lah yaa๐Ÿ˜†

  7. waah kalo aku suka bgt ngebungkus.

    mulai dari ngebungkus buku yg baru dibeli (itumah nyampul ya?) sampai ngebungkus kado..kaporit bangeet.
    makanya dirumah selalu ada stok kertas kado, sengaja beli dengan berbagai motif.

    nah soal packing ini juga kaporit banget deh. kl mau bepergian koper semua orang dirumah gw yg packing-in (maafkan bahasa maksanya). semua orang pokoknya tau beres aja, tinggal mindahin koper ke bagasi.

    kalo ngebungkus makanan..yah sesama emak2 kita sama yaaa..hihihi

    • Iihh hebat banget sih Del! Gue ya zaman sekolah dulu aja paliingg males nyampul buku. Abis gak rapi-rapi sih, hihihi..

      Eh ya ampuun baru nemu nih orang yang hobi packing. Mantep bener! Dengan ini gue tasbihkan lo sebagai Ratu Bungkus Membungkus yaaa๐Ÿ˜†

  8. sama ra, Gue daripada disuruh bungkus kado atau nungguin orang bungkus kado mending beli kantong kertas aja dah, cuma beda 2 rb perak sama beli kertas kado..hihih
    kalo packing baju yang banyak banget biasanya satu-satu gue gulung..
    kl buat bungkus makanan gue banyakan ngomporin orang, bagian teriak-teriak,, ‘eh bungkus2..’, tapi gak mau ngikut bungkus2 biar orang laen aja yg nge-bungkusin buat gue *toyor gue*

  9. Bungkus membungkus pakaian pas travelling, ak kacauuu banget,haha…paling sebel deh kalo disuruh packing…karena packing itu bikin kita mikir, berapa hari ya travelling?hari ini mau pake baju apa?gimana caranya supaya di mix n match?bawa sepatu atau sendal yah?disana ada mukena ga ya, jadi tinggal minjem aja (ini mah alesan bener yah, masa mpe ibadah juga di korting,hehe),dan sebagainya….pusing lah intinya…

    Bungkus membungkus makanan sisa??widih, saya ratunya…hal ini diajarin semenjak ak kecil,gila ya?? ya iyalah, wong emak ku ga mau bungkusin makanan sisa arisan (dia sibuk haha hihi ama sodara, nah anaknya yang disuruh,bener2 eksploitasi anak deh haha),jadinya dia mengutusku untuk ngebungkus..walhasil ak yang paling muda di antara kerumunan sodara2 (yang udah ibu2) yang lagi ngebungkus….tapi kebiasaan bungkus membungkus makanan ini ga ak tampilin di tempat kerja,haha jaiiiim….secara ya kalo orang yang gesit ngebungkus itu suka d omongin di blakang (beda kalo d tempat sodara, suka di ketawain,saling mamer jarahan terbanyak,poto2 jarahan,seru deh), ya jadinya ak cuma ambil yg jadi hakku aja, nasi box๐Ÿ™‚

    • Ih sama bangeettt.. Gue juga langsung kepikiran mix and match lah, trus ngitung berapa hari nginep = berapa potong yg kudu dibawa supaya tetep keliatan gaya hahaha.. *padahal mah perasaan tetep biasa-biasa aja deh penampilan gue*

      Ya ampyuunn nyokaplo hebat banget Mak, anak dirintis jadi ratu ngebungkus sejak kecil๐Ÿ˜† Tapi emang sih suka risih lho kalo acara keluarga or acara kantor, trus ada yang super inisiatif ngebungkus padahal acara belum kelar. Makanya gue masih suka jaim bok, kalo udah pada mulai ngebungkus dan disuruh bungkus juga, baru deh ikutan, hihihi..

  10. Permisiiih pemirsa mau comment.
    Klo bungkus membungkus kado nightmare buat gw…asli ga ada bakat, kemauan apalagi kemampuan…hihi..
    Klo bungkus baju dikoper sih cincai lah Ra..
    Nah…bungkus makanan ini nih dulu sebelum nikah ogaaah bener gw. Pas udah nikah suatu hari laki gw yang sering bantuin temennya di EO kewongan konglomerat pulang2 nenteng makanan, buah2 dan kue2 cantik. Astagaaaa…gw tadinya ilfil maliiiih….gw ngawinin Laki model beginian. Ternyata tuh makanan disuruh bagi bagi ke tetangga yang krg mampu. Katanya drpada dibuang ga ada guna nya lebih baik dikasih ke orang yg blm tentu pny kesempatan nyicipin peach, plum, kue2 lezat..Oouwooo…pengen ditemplok ga sik?
    Setelah pny anak dan pembenti saban arisan langsung sodorin plastik minta dibungkusin untuk oleh2 ke mbak mbak tercintah…hihi…
    Sekian.

    • Hahahaha.. Eh bener ya, laki-laki yang doyan bungkus itu bikin ilfeel bener ya neik. Soale bapak gue nggak pernah tuh ada sejarahnya bungkus-bungkus. Sekarang mulai mau asalkan buat cucunya. Itupun biasanya dibungkusin anak buahnya๐Ÿ˜€

      Tapi di kantor gue ada bok laki-laki yang doyan bungkus-bungkus. Mana meditnya setengah mati. Ih sumpedeh ilfeel beraatt…

      Kalo nyuruh ART ngebungkus kasian bok. Nanti takutnya dia malah dipelototin ibu-ibu lain yang kompetitip itu hihihi..

  11. Nahhh..kalo gw demen banget bungkus kado..dl wktu kuliah malah gw yg kebagian bungkus kado klo patungan beli kado buat temen..model kemeja?..model permen?..kantong?..kipas?..lipit2?..hihihi..gw doyan bgt liat mbak2nya bungkus..jd bisa sndiri :p

    Klo packing y mau g mau udh trlatih aye..dr sma ud merantau y klo mo pulkam kan packing sndri..saking terlatihnya gw pun bs packing oleh2 masuk ke kerdus dgn ciamik n byk isinya..ajaran mak gw tuh๐Ÿ˜€

    Klo bungkus makanan sih biasanya gw udh dibungkusin ma yg punya rumah..jarang bungkus2 sndiri..udh dirumah pun biasanya gw kasih si teteh..plg yg disisain yg kita suka aja..mgkn ini krn gw blm nemu acara yg makanannya enaaak bgt yak..makanya males mbungkus๐Ÿ˜€

  12. kalow bungkus kado, meski ga rapi-rapi amat, hayuk deh. paling gampang kan kalo kadonya udah bentuk kotak. nah kalo bentuknya ga kotak, paling si kertas kado aku jadiin paper bag…beres deh. gara-gara itu juga jadi demen koleksi kertas kado lucu-lucu. ujung-ujungnya malah jarang dipake hihihi…..

    kalo packing buat travelling, rasanya bersyukur banget dulu kuliah jauh dari ortu. jadi belajar bawa barang seperlunya. sekarang kalo mau mudik sekeluarga, bener sih kopernya dua, tapi isinya dikit. toh waktu balik ke jakarta, bakal penuh oleh-oleh. biar ga kebanyakan kardus gitu๐Ÿ˜€

    kalo makanan, baru deh angkat tangan…berguru aja deh ke mamah Ira๐Ÿ˜€

    • Ahahaha.. Gue juga nggak jago Mak bungkus makanan. Masih males sih sebenernya sampe sekarang. Lo kudunya berguru sama tante gue yang selalu sigap di berbagai acara. Malah seringnya acara belom kelar dia udah repot bungkus-bungkus. Geezzz…

  13. Pingback: Curhat Ibu yang Tidak Terampil | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

