My Braces Affair

Salah satu hobi gue adalah berkunjung ke dokter gigi (dokgi). Bagi sebagian orang mungkin hobi ini aneh (except @ruthwijaya my fellow dentist fan). Bahkan banyak yang bilang gue rada freak karena buat mereka, dokgi = nightmare. But I enjoy it, I really do.

Mungkin ini dipicu karena waktu kecil, gue sering sakit gigi ya. Berhubung kondisi keuangan bokap nyokap gue minimalis, jadi deh gue jarang ke dokgi. Trus karena trauma sakit gigi itulah, gue bertekad untuk memperbaiki kondisi gigi gue. Thus, I love visiting dentist.

FYI, gigi gue aslinya crossbite dikit (gigitan terbalik/cameh) dan gingsul. Pokoknya nggak se-cling giginya bintang iklan pasta gigi deh. Makanya gue ngebeeeet banget pake braces. Sampe masup ke doa sebelum tidur lho. Jadi selain doa mancungin hidung gue juga minta pada Allah supaya dikasih rezeki buat ngerapihin gigi😀

Di tahun 2002, gue akhirnya bisa mewujudkan cita-cita pake braces dengan cara pinjem duit sama nyokap. Trus gue komit untuk nyicil bayar 500rb perbulan sampe lunas. Padahal waktu itu gaji gue cuma 1,5 juta. Kebayang kan betapa powerful keinginan untuk mewujudkan mimpi itu? Sampe-sampe gue rela berdompet cekak demi pake braces😀

Btw ada funny story di balik braces gue. Dulu itu, mantan gue kan pake braces (pernah bikin postingan tentang dia, tapi mau dikasih link-nya udah di-private :P). Setiap gue bilang mau pake braces juga, dia ketakutan. Soalnya di era kita pacaran dulu, ada kisah terkenal tentang sepasang kekasih yang pake braces. Begini ceritanya… (udah mirip film horor belum?)

Suatu hari pasangan ini nonton bioskop dan, just like boyfriend and girlfriend usually do, they kissed in the middle of the movie. Ealah, ternyata braces mereka nyangkut dan nggak bisa lepas sampe film selesai! Akhirnya, orang-orang sebioskop pun ngebantu mereka untuk bisa lepas dari braces masing-masing. Embarassing, right?😆

And since my then-boyfriend was a private person (soleh pula!), he’s really really afraid such things would happen to us if I put on braces like he did. Jadi dia minta gue bersabar, sampe akhirnya dia lepas braces setelah kita 3 tahun pacaran. Jadi begitu dia lepas, gue pun langsung ngutang ke nyokap dan pergi ke dokgi. Yang menyedihkan adalah, beberapa bulan setelah gue pake braces, kita putus. Ugh, dasar pacar tidak setia! Padahal gue nungguin sampe gigi dia rapi lhooooo… *slepet pake karet gigi warna-warni*

Jadi deh, udah gigi gue ompong di kanan kiri karena dicabut sebelum pake braces, trus nyut-nyutan dan sariawan, eh jomblo pula. Merana banget ya bok, hahahhaa..😆

Pas mulai pindah kerja ke koran, gue sibuukk banget. Mulai jarang kontrol ke dokgi deh. Alhasil, progress braces gue lamaaaa bener. Sampe akhirnya gue ganti dokgi karena sebel sama dokgi langganan yang deket rumah. Selain antrenya parah, gue ngerasa gigi gue koq nggak rapi-rapi ditangani dia.

Emang sih, untuk masalah crossbite kayak gue, katanya emang rada complicated. Padahal crossbite gue tergolong ringan. Jadi gue pun sebel, udah 4-5 tahun masa nggak kelar-kelar juga? Pas pindah dokgi, baru deh ada progress.

Dan Alhamdulillah, begitu kondisi gigi membaik, kehidupan percintaan pun membaik, bahkan sampe akhirnya kewong segala. Sampe-sampe gue mikir, apa braces gue itu jinx ya buat love life? Secara ya bok, selama gue pake braces, nggak pernah sekali pun punya pacar yang bertahan lebih dari 3 bulan. Rata-rata malah cuma jadi temen jalan 1-2 bulan aja. Tsk tsk tsk..😛

Seminggu sebelum merit, braces atas gue dilepas. Sebenernya menurut dokgi masih agak risky sih. Tapi gue keukeuh dilepas dengan alasan “Braces sama konde itu nggak nyambung, Dok. Apalagi saya pake paes pula.” Sungguh alasan yang konyol!😀 Braces bawah belum dicopot karena emang belum rapi. Ah yang penting di foto nggak keliatan, ya nggak?😆

 

Abis merit sih gue masih rajin kontrol, meski dalam kondisi hamil. Pas Nadira lahir, wassalam deh. Semua kunjungan ke dokgi langsung berhenti karena gue nggak sempet samsek. Alhasil braces nggak terawat dan prontol satu-satu. Ya udah, gue copotin aja deh semua daripada nyangkut. Trus niat untuk merapikan gigi bawah menguap seiring waktu.

Baru-baru ini, niat untuk kembali ber-braces ria mulai nongol kembali. Gara-garanya sih setelah nemu klinik gigi yang pernah gue review di sini (TFS @metariza for the recommendation *kecup basah*). Karena ngerasa nyaman ditangani dokgi di situ, gue jadi pengen deh pake braces lagi. Apalagi pas iseng nanya biaya pasang braces di situ, eh koq masih lumayan terjangkau ya. Nggak kayak biaya di dokginya seleb yang sampe puluhan juta itu.

Kemarin udah sempet terkumpul tuh duitnya pas abis dapet bonus. Tapi karena labil, akhirnya sebagian kepake buat beli tas keperluan yang lain. Mana hubby pake bilang “Ngapain sih pake braces lagi? Giginya udah rapi gitu.” Lah dia gak nyadar ya gigi bawah gue masih lowong-lowong gini. Trus bagian atasnya sekarang udah mulai geser, nggak serapi dulu karena gak pake retainer😦

Yah mudah-mudahan secepatnya dikasih rezeki buat pake braces lagi ya. Atau, apa gue pake braces di tukang gigi aja yang murmer ya? *maksa bok :P*

*before (left) – after (right). Tuh keliatan kan gigi gue udah mulai mencong-mencong lagi sekarang, hiks..*

37 thoughts on “My Braces Affair

  1. mencong apaan sih Ra?? yg mane?? *pake kaca pembesar*
    gw dulu malah pake braces pas jaman SD, tapi yg bisa lepas-pasang, cmn ya itu..gw ga rajin makenya + kontrolnya jg. Jadilah percuma & ga ngaruh samsek hehehe
    Pgn sih pake lagi, tapi baru sekedar niat aja😀

    • Mencong tau Rin. Coba deh ntar pas kita karokowe lo perhatiin gigi gue lagi *niat bener yak :D*

      Oh iyaa.. Dulu ngetren ya kawat gigi copot-copot. Perasaan dari semua orang yang gue kenal dan pake kawat gigi tipe itu, rata-rata gak ada yang kuat deh. Mungkin karena ribet dan gampang dicopot-copot ya bok, jadi bikin males. Temen gue malah ada yang kebuang dong X_X

    • sama… aku juga punya pengalaman gak enak. dulu pake braces pas kelas 6 SD smp SMP. jadilah aku makin pemalu dan gak PD-an waktu itu. selama pake n setelah lepas braces tuh gigi pada bolong2, krn kan susah ngebersihin nya ya, kotoran pada nempel di gigi. banyak bgt gigi ku yg udh tambal-an hiks..

      • Eh sama tuh. Abis pake braces, gigi geraham atas gue yang buat naro ring braces jadi bolong gedeee banget sampe ke syaraf. Ketauannya baru-baru ini karena gak keliatan dari luar😦

  2. Iyaa bener tuh kata R33ne, mana sih yang mencong-mencong? udah rapih gitu jugaa! Gw denger cerita kalo pake braces itu mesti cabut gigi dah ngilu duluan, blum lagi katanya pas udah dipakenya bikin cenut cenut! etapi emang bener yah pake braces itu bikin langsing coz jadi gak nafsu makan? ada tuh temen gw yang kebelet pengen langsing dia langsung pake braces…hadeeuh

    gigi gw juga berantakan siih..pernah sih kepikiran mau pasang braces, tapi tau prosesnya bikin gigi sama dompet meriang, jadi mundur teratur aja deh

    • Haisshh makasih lho dibilang rapi. Jadi GR *smooches*

      Iya sebelum pake braces, karena gigi gue gingsul jadi kudu dicabut. Total sekitar 3-4 gigi gitu deh. Bahkan sepupu gue saking rahangnya kecil dan giginya gede-gede, dicabutnya lebih dari 6. Mantep ya bookk bayanginnya😀

      Pas baru pake braces, gue bener-bener menderita Mel. Makan cuma pake bubur dan telor rebus. Gigit tempe aja linu, jadi bye bye ayam dan daging. Pernah lho pas liputan ke Sunda Kelapa, gue ngiler sama tongsengnya yang endeus. Jadi akhirnya gue beli kuahnya doang dan makan pake bubur yg gue bawa dari rumah. Huhuhu… Cedih cekali..😦

      Sakit juga terasa banget tiap abis kontrol dan dikencengin bracesnya. Cekot-cekot dan nggak bisa makan lah selama 2 hari. Tapi abis itu, begitu udah terbiasa, makan lagi deh. Jadi gue cuma turun BB di awal-awal pake braces doang. Abis itu mah, hajaarr semua makanan, thus kembali montok dah *sigh*

      • 6 gigi dicabut sekaligus?? *langsung mules bayanginnya* ini aja ada dua gigi bungsu yang mesti dicabut tp blom juga gw cabut..Kata dokgi mesti di operasi coz susah kalo cabut biasa coz posisinya diujung dan tumbuhnya itu gak normal! duuh bayangin operasinya dah bikin ngeper aja..makanya ini masih disayang-sayang padahaln dah bolong parah!

        Hihihi makan tongseng cuma kuahnya doang..judulnya yang penting makan tongseng yah Ra.. Itu sakit cekot cekotnya sepanjang hari atu cuma pas mau makan aja?

        ow jadi setelah berapa lama setlah pake tuh bisa langsung hajar semua makanan?
        blum lagi ribet bersihin nya yaah.. dooh byebye braces deeh.. Heran deh koq anak alay demen banget pake braces

      • Iya, sepupu gue 6 gigi dicabut sekaligus. Mantep ya? Untung gue gak segitu parahnya🙂

        Operasi gigi emang bikin puyeng ya untuk dibayangin. Makanya dilakukan aja Mel daripada ntar keburu parah. Kalo gak salah, gigi bungsu yang posisinya ribet gitu kan berpotensi bikin migren dll ya.

        Alay bahkan sampe rela beli braces aksesori supaya terkesan pake braces. Padahal cuma braces bohongan yang ditempel di gigi doang. Zzzz… X___X

  3. hihihi emang deh yang paling bikin males pake braces itu pas giliran kontrolnya. Males karna ga ada waktu ama males ngelurin duitnyaaah ;p

    Sampe sekarang setelah udah hampir 2 taun lepas braces, gue masih pake retainer, walopun cuma malem aja, itupun kalo inget hihihi
    ga heran sekarang gigi bawah agak ngerenggang dikit juga, huhuhuhu

    • Nah, bener tuh Des. Apalagi di dokgi gue yang pertama, antrenya udah kayak antre beras. Gue pernah lho diperiksa jam 11 malem padahal cuma pengen minta potongin kawat yg kepanjangan dan nyucuk-nyucuk pipi bagian dalem doang😦

      Retainer itu gue gak sempet pasang karena udah keburu ribet sama kawinan. Makanya nih nepsong deh pengen pake braces lagi supaya cling terus *halah :P*

    • Hahahhaa.. Duh emang ye, once you become an emak-emak, your life priorities change. Lebih baik ngurusin sekolah anak drpd braces ya neik😆

      Aiihh.. Masa sih? Mudah-mudahan rezeki dan bentuk bodi bisa sama juga yak. Amin😀

  4. Ngakak banget baca cerita yang di bioskop itu Mba. Trus kalo soleh ngga mungkin sampai nyangkut dong Mba? Hehehehe..

    Beneran cantikan sekarang Mba. Dan menurut saya sih giginya udah rapi dan ngga mencong-mencong kok.🙂

  5. iraaaaaaaaaaaa, gw tuh udah lama pengen pake behel. bukan karena gw pengen sih karena harus sebenernya tapi gw takutttt *cemen*
    ko gw baca ini jadi kepengen yaaa tapi tetep takut hahhaaha

  6. toss dulu dong sesama fans dokgi
    gue sih suka ke dokgi krn gue mau gigi gue sehat, waktu kecil gue kenyang liat mak gue cabut gigi karena gigi berlubang & patah. Bayang pun, gue kecil itu sampai selalu nolak kalau dikasih permen, krn takut ntar ngerusak gigi… Dan waktu itu (sampai sekarang sih) prestasi paling membanggakan adalah kalau dipuji dokgi, “wah, kamu giginya kuat dan bagus ya…” hahahaha norak deh…
    Gigi gue gak rapi banget tapi gak berantakan juga, trus gue pengen pake braces biar klo senyum gak miring mukanya, tapi kata dokter, yg jadi masalah bukan giginya, tapi rahangnya jadi klo mau lurus mesti potong belakang rahangnya. Ih serem aje… Yasudlah, rahang miring mungkin karena otak miring?!😆

    Ra, gigi lo udah oke kok itu… kali dikencengin lagi yak?

    • Berarti hobi kita ngedokgi sama-sama berdasarkan pengalaman traumatis waktu kecil ya Tjep. Lo karena liat nyokaplo sakit gigi, gue karena sering sakit gigi😀 Tapi emang, gigilo bagus Tjep *jempol*

      Eh rahang gue kayaknya juga rada bermasalah deh. Meski gigi udah nggak crossbite, tapi rahang gue yang kiri masih rada miring. Ribet bener ya kalo sampe operasi rahang. Bayanginnya aja mules gue😦

  7. Ira, gue juga dulu pake kawat, awalnya ke dokter deket rumah yg peralatannya masih jadul banget trus dokternya gak berperasaan, setiap ngencengin bikin gak napsu makan jadi kalo kesitu suka deg2an tp karena ngebet punya gigi rapi terpaksa dilakoni. Selesai dari dokter itu bbrp tahun kemudian gigi gue mulai geser lagi trus sama suami dikenalkan ke ladokgi Angkatan Laut, harganya murah dan bisa nyicil hahaha cuma antri aja, coba deh cari info kesitu🙂

    • Nah kalo Ladokgi gue pernah dapet rekomen dari Lola Amaria. Dia dulu pake braces di situ dan katanya oke+murce. Saat itu, gue lagi gedeg banget sama dokgi gue dan cari-cari dokgi baru yang oke. Tapi akhirnya gue gak jadi ke Ladokgi karena jauh amir ye. Kata Lola sih di Ladokgi yang murmer itu dokter praktek yang pagi ya, Deb. Kalo yang sore udah agak mahal🙂

  8. Pingback: Braces Again | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

