Manglingi

…is the word that always creates “benci tapi nikmat” feeling inside my heart. Maklum, tampang ane kan pas-pasan ya cyin. Trus gak gape pake makeup pula. Jadi tiap didandanin dan orang-orang bilang “Wow, Ra, lo manglingi banget!”, gue selalu bingung. Apakah berarti:

  1. Gue beneran jadi kece
  2. Tampang asli gue segitu buluknya ya sampe pada shock liat gue paska makeup

*over sensitive, no? hihihi.. :D*

Anyway, urusan manglingi ini gue pernah denger omongan ortu-ortu zaman dulu. Katanya, kalo penganten gak manglingi, artinya udah gak prewi. I was like, seriously? Apeu coba hubungan manglingi sama virginitas. Tapi kemudian gue berusaha ambil pemikiran secara logisnya.

Zaman dulu, makeup tebal itu identik dengan perempuan “nakal” dan pelacur. Bahkan di film The Raven, ada adegan polisi mengidentifikasi mayat perempuan sebagai pelacur karena makeup tebal yang dipakainya. Di era sebelum kemerdekaan juga biasa koq, perempuan yang pake makeup tebal itu = Ca Bau Kan.

Nah, dari situ gue berkesimpulan, no wonder ada kepercayaan bahwa pengantin yang tidak manglingi saat dirias itu udah gak prewi. Wong dulu makeup tebel = perempuan “nakal”. Dan kalo sehari-hari udah biasa makeup-an tebel, ya pas dirias jadi penganten, gak keliatan manglingi lagi kan? *eh ini belibet gak sih?*

Semakin modernnya zaman, makeup pun nggak lagi dimonopoli sama golongan perempuan tertentu. Jadi lumrah aja lah kalo cewek-cewek masa kini doyan makeup-an plus bulmat palsu, meski cuma buat ke pasar misalnya. Lagian siapa sih perempuan yang nggak mau tampil kece? Dulu kan perempuan jarang ber-makeup karena dikekang oleh stigma sosial yang menyatakan bahwa makeup tebal = perempuan “nakal”. Sekarang karena udah nggak ada stigma kayak gitu, ya siapapun bisa bermakeup, toh?

Kalo gue, berhubung pemalas, jadi emang jarang banget bermakeup. Paling mentok sehari-hari ya pake BB cream + bedak + blush on + pensil alis. Kalo lagi rajin, ya baru pake maskara. Lipstik jaraang banget pake.

Keengganan gue bermakeup disebabkan gue yang pemalas kelas akut, plus gak punya sense of art yang baik. Gue selalu mikir, udah capek-capek makeup, eh ntar kudu dihapus. Pakenya capek, ngapusnya lebih capek lagi. Mending nggak usah deh😛

Padahal gue pengen banget lho sebenernya bisa makeup-an. Dulu pernah ikut kelas dandan FD lah, les kecil-kecilan sama temen lah, macem-macem deh. Tapi ya itu, emang dasarnya gak bakat dan pemales, jadi deh muka gue begini-begini aja.

Alhasil, kalo di-makeup oleh temen yang jago makeup, or makeup artist, gue biasanya sih dibilang manglingi. Ini bukan karena gue prewi forever ya *yeah I wish :P* Tapi secara logika mah, ini semua karena gue yang jarang makeup-an. Kalo gue tiap hari rajin makeup lengkap, pas dimakeup sama MUA, ya nggak akan terlihat spesial-spesial amat lah. Wong sehari-hari juga begitu, bukan?

Oh ya, wiken kemarin kan gue foto-foto sama Smallbites Photo sebagai hadiah kemenangan gue. Ternyata paket hadiahnya sekaligus dimakeup gitu bok. Ih seneng banget dong eikeh, secara udah khawatir karena gue gak bisa makeup-an sendiri. Udah puyeng sendiri tuh mikirin, sebelum foto-foto makeup di salon mana ya?

Ealah ternyata yang makeup-in MUA profesional, namanya Norma. Jadi deh dalam tempo kurang dari sejam, gue disulap dari si itik buruk rupa jadi angsa *tsah*

Let the pictures speak a thousand words ya. Nadira aja sampe terkagum-kagum dan bilang “Ibu kayak plinsyes ya.” Yah, maklum deh, sehari-hari emaknya lebih mirip Upik Abu sih…

Yang mau ikut nyela-nyela, monggo lhoo *siapin golok di balik badan*

*courtesy of @rittarajagukguk the woman behind @SmallbitesPhoto. Mbok bilang2 kek Rit pas mau dipoto, kan gue bisa eksyen dikit gitu X_X*

 

*efek gorengan di bibirnya manstap cyin*

*foto bareng suami gak ada gara-gara dia dateng telat dan batre tablet udah metong, hihihi..  Oh ya ini yang motretin ART gue lho. Canggih yak.*

Sampe rumah, sebelum hapus makeup, masih sempet poto-poto sendokir dulu sampe laki gue geleng-geleng kepala. Kalo orang-orang mah poto-poto begini buat dipelajari makeup-nya ya. Jadi next time bisa makeup-an sendokir macem ini. Kalo gue mah, berhubung lebih bakat tumis-menumis, foto-foto ini beneran dimaksudkan sebagai ajang narsis plus kenang-kenangan bahwa “gue juga pernah kece cyin.” Hahahaha…. *self puk-puk*

59 thoughts on “Manglingi

  1. Subhanallah…cuantiiik… beneran manglingi mba… biarin males dandan juga yg penting misua tetep setiah…tetep sayang..tetep mesrah…😉

  2. eciyeeeee…. Ibu Plinsyesss keceee….
    Tapi ya Ra, ada kok temen gue ngelenong mulu, pas kawinan ya bisa manglingi jugak sih… pinter bener MUA-nya berarti ya… ato dia operasi nambahin perawan? hahahaha

    Itu lipennya kece deh, gue lagi demen pink neon gitu tuh…

    • Nah, berarti bener katalo Tjep, entah MUA-nya jago karena bisa nampilin makeup yang lain drpd yang lain, atau temenlo itu abis operasi selaput dara😆

      Iyaa lipennya kece ya? Itu La Tulipe bok, yang palet gitu. Dia sengaja aplikasiin sampe luar garis bibir asli sampe gue berasa macam Angelina Jolie karena bibir gue jd tebel bener😀

  3. Cakeeeep…. Yg foto paling bawah itu, g kliatan klo udh punya nadira..
    huehehehe..

    Foto yg jejer sm nadira itu, ngeliat nadira kok kyk ngeliat dirimu versi mini ya?

    Bnran cakep kok, coba tiap hari pake, pasti syahrince lewat deh..

    • Duh dibilang kayak masih single, besok langsung kursus makeup ah supaya tampil begono setiap hari hihihi.. Tapi ntar kalo saingan sama Syahrince, gak mau ah. Khawatir ketularan dodolnya doi cyin *langsung dilempar bulmat palsu sama fans-nya :D*

    • Astaghfirullah, Mak kayaknya lo kudu buru-buru periksa mata deh. Jangan-jangan silindernya nambah tuh, hihihi.. Makasih ya dibilang mirip Artika. Duh jadi pengen dimakeup permanen supaya tiap hari kayak gini deh😀

  4. Ciyeee,,,
    kece bener sih istrinya Mas Adi.
    Yang foto diri pake BB itu sumpah… kayak bukan loe, Ra!
    Di foto itu gesture sama wajah loe keliatan elegan… *melipir pelan-pelan sebelum ditereakin ” maksud ngana ?!?!” *

  5. yang atas2 sih masih mirip kamu Ira, tapi close up yang bawah itu beda bangettttt….kamu jadi kayak si ipeh (siapa sih nama aslinya ipeh, sampe lupa). cantik bangetttt…bener kata nadira, ibu ira kaya plinces

  6. Iii cantik bangett.. Suka banget sama yg di fotoin art, cocok jadi cover majalah.. mungkin simbak ada bakat terpendam hahaha..

    Soal manglingi nyokap gw selalu bilang “jangan sering2 dandan nanti pas nikah gak manglingi”. Sebenernya kalau kita nikah pake adat (paes, suntiang dll) menurut gw udah pasti manglingi ga sih? Kan ga setiap hari kita pake peralatan kaya gitu..

    • Hahaha.. Itu ART gue motretin pas gue lagi sesi poto-poto Mak. Abis itu gue edit di instagram deh, makanya jadi kecean dikit😛

      Iya bener juga sih, kalo merit pake adat yang heboh, biasanya emang manglingi. Tapi nggak semuanya manglingi jadi cantik. Banyak juga yang manglingi jadi kayak lenong karena kalo dukun mantennya tradisional dan gak update, demennya yang tebel-tebel gitu bedaknya. Sereemmm…😛

    • Gilole Mit, tiap hari dandan kayak gitu, gue bisa berangkat jam berape? Gue lebih rela ngantor dengan muka kucel tapi tidur cukup+sempet masak daripada makeup full tapi tidur cuma 3 jam dan meja makan kosong *kesannya ibu bertanggung jawab banget gak sih? Pdhl mah emang males dendong, hihihi :D*

  7. cantiknyyaaa..iri..suka deh sm foto yg pke baju putri hihi
    klo aq dl pas mau nikah emg pgn bgt dirias smp pangling gt..krn walopun jrg dandan kt orang wajahq susah dirias (mgkn krn arabian face).akhirnya milih perias namanya “griya manglingi” Alhamdulillah berhasil.hahaha

    • Gue pernah ngobrol sama temen gue, makeup artist. Katanya, kalo muka yang “lancip-lancip” kayak Arab gitu emang tricky Mak. Kudu pinter-pinter makeup-innya karena kalo salah, bisa keliatan jelek. Padahal kalo bener dandaninnya, wah dijamin kece berat deh, wong aslinya aja udah cantik kan🙂

      Itu Griya Manglingi dimana? Tempting banget sih namanya buat calon manten yang pengen terlihat kece pas kawinan, hahaha..

  8. MasyAllah kece mamak ir,mek ap nya g kemenoran&awet lg..

    Eiya soal mangling memangling tu dulu gw parno bgt pas kawin,takut g manglingin trus jd bahan pembicaraan kluarga besar seumur idup, jd gw nurut bgt bbrp bln sblm kawin g brani dandan menor2, pas hari nya mah g tau yak tapi tmen gw ada yg jago bgt dandan&uda ky berbi,pas kawin ya tetep cantik tapi ya ngagetin gituw

    • Iyah, kece beng-beng deh. Meski kalo buat makeup sehari-hari, gue ngerasa kayak abis tampil di panggung dangdut kelurahan😛

      Hahaha.. Takut dituduh udah gak prewi ya Lin?😀 Kalo menurut gue sih, tergantung orang dan MUA-nya juga ya. Ada lho temen gue yang jarang dandan, trus pas merit ribet ngatur-ngatur MUA-nya karena takut kemenoran. Eh hasilnya, kalo kata temen-temen gue “Koq gak beda sama penerima tamu sih?” alias gak manglingi samsek. Jadi kayak makeup sendiri gitu. Di foto juga hasilnya biasa aja. Kasiman deh.

      • Paling lipstiknya aja dimudain ya mak,tp bagus kok cieee..

        Haha bkn itu aja sih mak,cm kesannya g berhati bersih gt sah elaaah

        Nah iya itu jg,salah 1 tips yg gw terima,jangan bawelin mua penganten,nanti malah jelek, temen gw ada yg aslinya cantik,dandan dikit tuh udah manglingin,orangnya jg baik hati,trus gw uda blg nanti jgn bawel yak,etapi g nurut ama gw,bener jadinya ya bgitu aja,g sespektakuler bayangan gw

      • Iya kali yak, apalagi kalo kita pakenya MUA tradisional alias dukun manten. Boro-boro bawel, yang ada malah didandanin tapi gak boleh ngadep kaca. Jadi bener-bener kudu percaya sama si MUA🙂

  9. Ira cantikkkk banget, bener2 manglingi *sesuai judul postingannya*🙂

    gue juga gak bisa dandan cuma bisa dandan standar aja, gue belajar pasang bulmat palsu dr keponakan gue yg msh SMP loh, tetep aja gagal, jagoan keponakan gue ;p

    • Makasih Deb🙂

      Hahaha.. Gue juga gak bisa pasang bulmat. Eh itu ponakanlo hebat amaatt.. Nanti lulus SMA suruh masuk IKIP jurusan tata rias aja. Jadi bisa jadi MUA profesional or bahkan dosen lho🙂

  10. Iraa itu Norma Moi kan lumajan mehong tarifnya, gw pernah nanya-nanya buat acara kantor gitu ternyata over budget. Beruntung banget siih ibu princess difoto gratis dimake-upin secantik bidadari pula.
    Setuju sama yang komen diatas, foto terakhir keliatan kayak perawan deh.

    • Eh serius Et? Wow, I guess I’m so lucky then. Pantesan makeup-nya kece banget. Ih jadi penasaran deh pengen ikut kelas makeup-nya. Mau ikutan gak? Ntar gue tanyain ah tarifnya berapa🙂

      Alhamdulillah muka gue jadi kayak perawan. Bisa dong yaa ikutan Gadis Sampul lagi😛

  11. Kayaknya waktu dulu belom kawin, elu hobi dandan deh mak. Gue termasuk yang dulu hobi baca postingan2lo kok ttg trik2 berdandan🙂
    Gue kalo didandanin sama MUA, pasti komennya “ini muka bisa diapain aja nih, bisa beda2 hasilnya”. Itu maksudnya compliment apa gue jadi tikus percobaan yak? *garuk pala*

    • Ih lo pasti salah blog deh Dev. Gue demen beli makeup tapi pakenya males😛

      Itu berarti komplimen tauukkk… Daripada muka-muka tajem kayak Cut Tary gitu, MUA pada deg-degan makeup-nya karena kalo salah-salah, bisa keliatan macam bences. *ini curhatan beberapa MUA yang gue kenal ye*

    • Hahaha.. Boro-boro dicatet Mak. Gue terkesima sendiri karena tangan si MUA kan cepet bener. Dan gue gak mahfum-mahfum banget sama semua perkakasnya😛

      Lho koq bisa gitu? Udah coba pake eyeshadow+kuas alis Mak? Ini trik paling gampang supaya muka keliatan kece lho, soale alis itu IMHO mah penting banget buat keseluruhan penampilan🙂

      • Ih ideemm.. Gue mah jarang banget pake eyeshadow sendiri karena gak gape membaurkannya. Paling kalo kondangan ya pake lipstik merah/ngejreng, trus mata dikasih eyeliner yang agak tebel. Mayan dah daripada dandanan sehari-hari😛

  12. sama jeng, gw jg nggak bisa dendong, males ribetnya siy lebih tepatnya….tp asli de iri sama alisnya, before di make-up-in uda kece alisnya…alis gw mah tipis bin njrawut2 (halahh bahasanya)

    bener kata nadira….kaya princess, manglingi…apalagi yg pake tanktop kombinasi rheina ipeh sama becky mmg hihihi…trus sama suami dipuji apa?hehehe

    • Makanya ke Narsih aja Rik. Alis njrawut2 lo bisa dirapihin bok. Murmer lagi *macam buzzernya Narsih aja gue :P*

      Komen suami pas dateng ke lokasi pemotretan dan liat gue udah full makeup+baju princess2an (dia dateng belakangan dari kantor): “Koq kayak foto prewed sih?” Kagak muji bininya samsek. Zzzz… -___-

  13. hiyaaa…mbak sodaraan ama Becky Tumewu ya? Itu poto terakhir meni mirip pisan.
    Rambutnya asli mbak? Bagus ihhh, terulir-ulir begituh, tebel. Cantik mbak, cantikk…
    Samaan mbak sama aku, waktu kewong dikomentarin beda banget malah jadi mikir, sehari-harinya berarti saya….jelek banget ya? *negatip aja dehh.
    Dari keluarga ampe bos2 kantor bilang laenn banget. Bolak-balik. Ampe berbulan-bulan setelahnya kalo lagi iseng mereka godain buka poto-poto kewong bilang gitu…zzzz…

    • Rambutnya sih asli, tapi itu dikeriting-keriting pake catokan gitu Mak. Kalo tebel emang asli, malah ketebelan sampe harus di-smoothing supaya keliatan macam iklan sampo hahaha *obsesif*

      Hoahaha.. Toss dulu ah sebagai sesama negative thinkers😀

  14. wiiii….ada dua plincessss……lucu deh deh bajuna n makeupna kerennn banget….(jangan dibacok ya mba…)
    nah, ada lagi yang bilang, gatau mitos ga tau bener…katanya kalo rias manten paes jawa, trus si paes nya luntur, artinya dah ga prewi lagi…bingung, hubunganna apa yak? padahal mah kl mnurut pikir punya pikir, paes bs luntur gara2 kringetan di jidat,gamau kringetan ya puasa mutih atuh ato taro ac segede gaban di pelaminan..
    sama mba,diriku termasuk yang suka dibilang pangling kalo dimakeup soale tiap hari mukaku lecek kaya orang bangun tidur😀 zzzz…jd sebel, jdny skrg keranjingan beli perlengkapan makeup perang biar cakep tp tetep ga bs make,kalopun make standar bgt gak bikin orang sampe kejedot liatin g, haha…kalo ada inpo2 blajar makeup yg murah plus d ajarin shading2 kasi tau ya mbaaa…sapa tau bs ikut….

    • Gak dibacok koq, cuma diselepet aja pake ketapel😛

      Ih soal paes itu nightmare banget ya. Ngapusnya meni ribeett dan iteemm benerr.. Mana dulu gue paes-an 2x bok. Sabtu dari pagi-sore untuk akad+acara di rumah. Minggu dari pagi-siang untuk acara di gedung. Cukup deh paes-an 2x seumur hidup. Rempoonnggg..

      Nah sama deh, gue juga doyan banget beli makeup. Tapi begitu pakenya maleess bener. Join http://www.femaledaily.com aja. Suka ada kursus/seminar makeup gitu lho, dan biasanya sih biayanya terjangkau. Gue dulu pernah 2x ikut, mayan pulang2 dapet eyeliner MUFE dan lipstick Clinique😀

  15. Pingback: Once-in-a-Lifetime Madness « The Sun is Getting High, We're Moving on

  16. Ihhhh sama gue ga demen dendong. Meskipun niat blajar tapi ujung2nya balik ga kepake tuh alat make up. Gue malah cuman pake bedak ajah kalo keluar rumah hahah… Kebetulan suami gue juga ga suka gue terlalu heboh dendong kalo kluar rumah. Sebagai istri sholehah *pencitraan* gue mah nurut ajah.

    Bener kata Rika, foto paling bawah kek Denada yang dah langsing. Thanks to good angle ya mak🙂

Leave a Reply

