Kerja Sambilan

Pertama-tama maaf ya belum bisa balesin komen satu2. Lagi hectic banget sama kerjaan. Ini aja disempetin nulis karena takut kelupaan idenya🙂

Anyway, gara-gara tadi di twitter ngobrolin kerja sambilan, gue jadi kepikiran mau cerita soal kerja sambilan gue waktu kuliah dulu. Sebagai mahasiswa dengan duit jajan minimalis, gue pun selalu demen cari-cari kesempatan side job atau freelance supaya dapet extra money. Saking desperatenya, gue sampe hobi ke rumah om gue yang langganan Kompas. Semua gue lakukan supaya bisa baca iklan lowongan kerja yang ada di koran itu karena bokap gue langganannya Pos Kota😀

Waktu kuliah tahun kedua, temen gue, si Ully, ngajakin gue jaga stand di PRJ bertiga bareng dia dan Intan. Lucunya, stand ini adalah stand Yayasan Jantung Sehat, dimana nyokapnya Ully jadi salah seorang anggota aktif. Kontradiktif banget deh sama diri gue waktu itu yang ngerokoknya gila-gilaan. Sampe Ully berpesan “Ra nanti jagain stand-nya jangan sambil ngerokok ya.” Ih Ullyyyy.. Koq lo gak percaya sama etos kerja gue siihh??? *manyun*

Kerjanya cuma diri doang selama beberapa hari sambil kasih flyer dan brosur ke pengunjung, dari pagi sampe malem. Aselik, betis gue berkonde bok! Tapi rasa capek langsung hilang pas dikasih honor. Langsung deh foya-foya, belanja baju di….. Pasar Senen! Hihihi.. Maklum anak kuliahan kere, gak mampu belanja di Sogo atau branded things kayak anak-anak kuliahan masa kini😀

Abis itu, next job gue adalah sebagai freelance translator. Lagi-lagi kerjaan ini gue dapet dari Ully (love you aylot girlfriend! *smooch*). Jadi waktu itu Ully udah kerja di sebuah media sambil kuliah. Koleganya butuh beberapa orang penerjemah freelance yang bisa dibayar murah. Ully pun merekrut teman-teman kuliahnya termasuk gue.

Ternyata kerjaan gue dan temen-temen adalah menerjemahkan artikel tentang kasus Bank Bali yang dimuat di koran dan media lokal ke dalam bahasa Inggris. Katanya sih buat dikasih ke lawyer bulai yang akan bantu Bank Bali nanganin kasus ini di pengadilan.

Tugasnya ajegile buanyaakkk banget. Dan meski duitnya menggiurkan, bikin sutris luar binasa. Dari pekerjaan ini pula gue tau beberapa koran lokal kayaknya nggak pernah punya Kamus B. Indonesia dan gak paham EYD deh. Anjis, bahasanya aneh-aneeh banget, padahal buat halaman 1 dan headline lho. Pengen gue santet satu-satu rasanya itu editor koran-koran nyeleneh itu!

*sekarang setelah kerja di koran beneran, dan inget ini, gue jadi ketawa sendiri. Untunglah koran gue bukan termasuk koran berbahasa Indonesia absurd yang dulu bikin gue frustrasi itu :)*

Dari kerjaan nerjemahin itu, gue bisa dapet total 7-8 juta cmiiw. Lumayan banget yaa buat anak kuliahan di tahun 1999? Meski kerjaan ini cukup mempengaruhi mood dan kesehatan (saking stresnya mens gue sampe telat 2 bulan bok!), tapi tetep aje gue hepi. Gara-gara kerjaan ini pula gue punya hape perdana, Nokia 5110, sang hape sejuta umat😀

Setelah kelar nerjemahin, hidup gue agak damai sedikit karena duit banyak. Bisa deh jajan pecel ayam tiap hari di Kansas, atau Mie Berkat seminggu sekali pake duit sendiri, hihihi.. Tapi berhubung gue ambisius soal kerjaan, gue gak mau leyeh-leyeh. Hunting lagi deh cari kerjaan baru.

Next project adalah kerja di toko buku impor. Waktu itu, toko ini baru punya 1 cabang di PS dan lagi mau buka toko baru di Jl Sunda. Kerjaan gue macem-macem. Awalnya cuma jagain dan ngawasin pelanggan toko. Lama-lama gue jadi kasir lho, sampe gape ngegesek kartu kredit dan masukin kode-kodenya.

Pas toko baru di Jl Sunda mau dibuka, sebagai pegawai yang loyal, pulang kuliah gue langsung ke situ terus berbenah. Sekaligus nempelin label harga+security tag supaya gak dicolong. Waktu itu, rasanya masih kekeluargaan banget karena ownernya Pak R baik sama kita. Kalo sama gue, karena dia tau gue Sastra Inggris, kita sering ngobrol soal kesusastraan, filsuf etc, dalam bahasa Inggris pula. Duh keriting amat gak sih sambil jadi kasir sambil ngobrol beginian?

Everything went on quite smoothly til a tragic event happened. Suatu hari, gue datang ke toko di Jl Sunda sepulang kuliah dan kondisinya rame sama pria-pria berpotongan ABRI. Ternyata, toko kita kemalingan. Jumlah buku yang ilang pun gak tanggung-tanggung, ratusan buku dan merupakan buku-buku mahal kayak buku arsitektur dan interior design yang berukuran gede. Security tag yang ditempel di buku kemudian ditemukan di bawah rak-rak buku. Berarti kan yang nyolong orang dalam karena bisa menyelundupkan buku-buku ini keluar, toh?

Sejak saat itu, Pak R jadi jutek dan galak ke kita. Dia kayaknya curiga bahwa gue dan temen-temen gue, terutama yang masih jadi mahasiswa UI, terlibat dalam pencurian ini. Padahal ada beberapa karyawan lain dari universitas lain, tapi mereka gak dicurigain lho. Duh aseli deh, maleess banget kan kerja tapi situasinya awkward gini. Mau cabut, gue khawatir dituduh nyolong beneran.

Untung akhirnya asistennya Pak R manggil kita semua pas payday dateng. Rupanya kita diminta berhenti dengan alasan kondisi toko sedang tidak aman. Gue sih seneng-seneng aje. This is a good way for me to get out, right?

Abis itu, gue nganggur bentar dan nggak lama dipanggil kerja di sebuah tabloid keluarga. Kebayang nggak sih, gue yang kuliah aja belum kelar, harus nulis soal kehamilan, bayi dan wawancara dokter kandungan? Bahkan gue pernah terima telepon pembaca yang ingin berkonsultasi soal MPASI anaknya. Mamaaahhh -___-

Gue cuma kerja di tabloid ini selama 7 bulan karena tiba-tiba ownernya memutuskan untuk menutup tabloid itu. Gue sih nothing to lose ya. Toh masih kuliah ini. Tapi gue kaget banget pas buka rekening bank, ternyata gue dapet pesangon sekitar 5 juta. Jumlahnya gede banget bok, mengingat gue baru kerja 7 bulan dengan gaji 700rb/bulan. I guess I was lucky then🙂

Cuma beda 2 hari, gue tiba-tiba dapet panggilan wawancara oleh sebuah tabloid hiburan. Dan empat hari setelah tabloid keluarga ditutup, gue udah kerja lagi di tabloid hiburan itu. Gara-gara kerja di sinilah, nilai gue merosot dan prinsip gue yang tadinya sok idealis jadi “Yang penting lulus deh supaya bisa konsen kerja.” Yaabes, kerjaan di tabloid hiburan ini mengharuskan gue bergaul sama seleb sampe dugem bareng mereka. Jadi gitu deh, kuliahnya asal-asalan yang penting nggak pake ngulang dan lulus tepat waktu.

Kalo diinget-inget, pengalaman kerja sambilan gue zaman kuliah lumayan bikin capek juga. Pantesan waktu itu langsing😀 Mana waktu itu gue militan dan ambisius banget untuk dapet kerja. Sampe pernah ngelamar jadi waitress segala di beberapa kafe, tapi gak diterima karena mereka keberatan gue masih kuliah.

Makanya gue iri sama anak-anak zaman sekarang. Kesempatan kerja sambilan sambil kuliah banyak banget. Minimal jadi barista di Starbucks atau LO berbagai acara musik dan event lah. Dan gue sebel aja kalo ngeliat anak-anak yang lebih demen foya-foya minta duit sama ortu atau find an easier way to get money by being a call girl. Duileh, zaman gue dulu kerjaan sambilan susah dicari lho. And now you have ’em all but waste your chance. C’mon!

Insya Allah, kalo Nadira gede nanti, gue bakal izinin dia kerja sambil kuliah. Tentunya dengan syarat, kuliahnya gak boleh terganggu yaa.. Amin🙂

40 thoughts on “Kerja Sambilan

  1. ya ampun mba ira, perjuanganmu sungguh ter R.A Kartini Muda sekali….hihihihihi, aku dulu juga gitu mba, pernah juga jadi crew Indonesia Id*l di daerah, dandan kinclong, sepatu hak tinggi, dibayar 100rebu/hari. aslinya pegel puoool kaki ini, tapi hepi.

    • Haish RA Kartini Muda. Berarti gue cepolan+kebayaan dong yaahh😀

      Duh pake hak tinggi? Ya ampuun.. Salut banget deh! Gue mah dulu untungnya boleh pake sepatu teplek. Itu aja udah bekonde betis rasanya. Gimana penjaga stand lain yang pada pake rok mini+stoking+hak tinggi ya?

  2. Hebat deh mba, msh kuliah gajinya udah lumayann.. Gw awal kuliah termasuk yg cuma bisa foya2 awal bulan, diem dikosan makan mie tiap akhir bulan😀 akhirnya sering jd LO seminar2, nabung trs buka usaha kaki lima sm temen2.. Usaha kaki lima ini yg seru, walopun ga jualan sendiri tp tetep gw sm tmn2 yg gantian buka tutup lapak, sm dampingin yg jualan disela2 kuliah, Untung bersih sih lumayan 2-3jt sebulan tp dibagi 4 (karyawan cm 1 dan gajinya sering lbh tinggi dr yg punya) hahaha, belom lg drama nyari karyawan yg lebih susah dr nyari pacar😀

  3. sumpah Iraaaa gw baca ini sambil senyum2 inget pengalaman jaman kuliah juga :)) dari mulai jadi waitress sambil sok-sokan jadi Rachel-nya Friends di kedai kopi, sampe jadi kontributor buat majalah Trolley yang waktu itu gw pikir cuma terkenal di kalangan temen2 gw doang tau2 hits sampe Jakarta… semua gue lakoni dengan senang hati. sampe begadang-begadang deh abis tutup kafe trus ngetik di kosan demi menuhin deadline.

    di kampus gw jarang ada yang jaga stand gitu2 sih. kalo ada pasti GUE SABET JUGA :)))) dan bener kata lo Raaaaa…

    …melihat load kegiatan kita jaman kuliah itu, PANTES LANGSING YAH JAMAN DULU! *gak bisa sante* huahuahuahuahuahua!

    • Majalah Trolley gue tau tuh Und. Oh lo yang nulis ya? Ih meni hebriiinggg deh!

      Hahaha.. Iya ya, kalo load kerja+beban kuliah kita kayak dulu pasti bisa langsing deh. Tapi sekarang rasanya gue bayangin balik ke zaman itu aja puyeng duluan. Biarin deh gendut asal hepi😀

  4. huuu…iri dan bikin nyesel ih.. jaman kuliah kemaren masih seneng maen:p tapi ada kepengen kerja sambilan juga..tap..tapiii…gak punya temen buat berjuang hahaha *cemen* padahal kan lumayan yaah part time job gitu😥

  5. hola mba ira salam kenal..gw termasuk yang ngerasain mangpaat kerja sambilan di jaman kuliah…gw n cowo gw (skg jadi suami sih) ikutan jadi spg pameran di salah satu toko buku..pegel kaki+pegel muka karna harus senyum terus hehehehe
    tapiii senengnya buanyaakk…karna sering ikutan jadi spg ini gw bisa baca buku dan majalah gratis hehehe trus kita bisa punya dana abadi buat pacaran *horeee*
    selain spg gw sering ikut bantuin dosen salah satunya survey lalulintas.jadi kita satu tim disuruh ngitung volume kendaraan selama 24 jam, di satu perempatan. kalo lokasinya enak bs skalian ngadem di pos polisi tapi seringnya sih kita ngejogrog bareng ama pengamen n pengemis dijalan, dan ga jarang juga kita dikira salah satu dr mereka dan dilemparin duit gitu hihihihi pernah dapet lokasinya rada serem, pas tengah malem kita survey eh tiba-tiba sekelebat ngliat ada kain kafan loncat loncat hihihi
    dan yang paling nikmat mah emg pay day nya..dl dari ikut survey-survey itu gw bisa ngebayarin penelitian TA gw dan beli kebaya wisuda hehehe

    menurut gw kerja free lance sambil kuliah gt justru lebih bagus loh, karena nglatih mental siap kerja dr muda juga. Jadi pas udh lulus ga bengong dan bingung mau kerja apa..

    • Iihh pantesan aja seneng. Wong kerjanya bareng pacar. Emang ye masa pacaran itu hepi-hepi yey yey banget. Secapek apapun dijabanin, apalagi pake dapet duit😀

      Aduh itu koq bagian liat kain kafan loncat-loncat bikin mules ya. Gue mah gak yakin bisa kuat tuh kalo kerjaan gue ada “bonus” pemandangan horor kayak gitu -__-

      menurut gw kerja free lance sambil kuliah gt justru lebih bagus loh, karena nglatih mental siap kerja dr muda juga. Jadi pas udh lulus ga bengong dan bingung mau kerja apa..

      Setuju pisan!

  6. ahhhh.. kangen mie berkat.. sama tongseng ayam kancut.. *kancut itu sebutan baru buat kansas yah? ato udh lama si? maklum, anak fisip yg suka nyebrang² kampus nyari makan :))

  7. Silent reader pengen komen juga🙂, part time job yang dulu sering dilakuin, hehe, murah meriah sih, ngawas ujian. UMPTN, ujian masuk ekstension, UTS, UAS, macem2 yang berbau ujian lah pokoknya. Gajinya mang nggak terlalu menggiurkan sih, dibanding kalo jaga2 stand gitu, tapi lumayanlah🙂

    O iya, salam kenal mbak Ira🙂

    • Tapi jaga ujian gitu lumayan enak lho Jeng. Gak pake pegel dan tebar senyum palsu. Malah kalo bisa mukanya segalak mungkin supaya gak ada yang berani nyontek😀

      Salam kenal juga Jeng Era🙂

  8. Waah gue juga sebel bener kalo liat abg Jakarta jaman sekarang. Pernah sekali waktu gue ngendon di Plz Indo smpe agak maleman sekitar jam 11an lah. Bujeeet isinya abg pacaran peluk-pelukan dg (si cewe) mayoritas pake baju kebuka-buka, dan pasangan tersebut pada bergaya, berfoya-foya, tengil lah pokoknya..

    Ortu mereka pada nanem pohon duit kali ya di rmh, but even punya pohon duit pun kyknya gue gak akan ngajarin anak gue tengil begitu. They have to know the value of money by earning it at young age. Bukan ngajarin mereka pelit, tapi emang penting bgt kaan ngajarin mereka hidup mandiri, apalagi di Jakarta yg kehidupan sosial tuh gap-nya jauh bgt. Masa abg makan di Portico abis 400rb sementara depan Sency banyak gembel gitu gak terenyuh?
    Ya gak sih..

    Btw gue pun pas kuliah juga ngasdos, freelance desain, smpe ambisiustis gue di kerjaan bikin gue untuk tetep kerja di minggu kedua kehamilan 9 bulan ehehe yg normalnya org sini ada Mutterschutz (mother protection) yang artinya di atas 6 bln udh harus diem di rmh..

    Kyknya emng perlu bow orang Indo berpikiran seperti dirimu (dan juga ortu dirimu jeng) yang ngajarin anaknya untuk menghargai uang dan juga merintis karir dari awal. Biar waktu mudanya gk kebuang sia-sia gk jelas..

    Ah sudahlah, jadi ngoceh kepanjangan hehehe..

    • Hihihi.. Koq kita sama sih My? *toss pinggul*

      Gue juga linu hati kalo liat ABG pada belenjes branded stuffs dan foya-foya. Sedih sambil ngiri juga sih karena zaman kuliah dulu, gue gak pernah begitu. Bahkan zaman kuliah, gue dan temen-temen gak pernah foya-foya samsek. Mentok-mentok paling nongkrong di kantin sampe sore😛

      Nah iya tuh urusan kerjaan juga kayaknya gue sama sm lo deh. Salah satu alasan gue belum berani jadi FTM ya karena dari dulu gue terbiasa nyari duit sendiri+kerja. Sifat ambisiusnya susah dikalahin😀

      Kalo gue liat banyak ortu masa kini yang cenderung mau kasih the whole world ke anak-anaknya. Makanya lo perhatiin deh anak-anak yang lahir di akhir 80-an ke atas. Biasanya pas mereka kerja cepet bosen dan gak bisa dapet tekanan/tantangan dikit. Kurang ulet jadinya. Trus karena mungkin ortunya mampu, jadi gampang nyepelein. “Ah gak kerja juga gue masih mampu belanja di Sogo.” Gitu kali ya. Duh mudah-mudahan anak kita nggak gitu-gitu amat ah. Amiinn🙂

  9. sukaaa banget postingannya…mengingatkan saya sama jaman kuliah dulu…punya sambilan jadi guru privat anak SD…sama jadi guru TK…ini yg paling menguras tenaga dan emosi…secara kudu kreatif, sabaaaaarrrr n telaten…hehehhee

    • Wah, pernah jadi guru privat anak SD dan guru TK? Hebaatttt banget! *standing ovation* Aseli deh, gue dulu pernah ditawarin jadi guru TK aja pas kuliah ogah banget, meski cuma seminggu sekali. Gue khawatir gak bisa ngajar malah sibuk nyebokin anak yang pup di celana, hihihi..

  10. Mak Ira,dulu kerja di toko buku import jl.sunda tahun brp?jgn2 kita sering ketemu ya?gue abis pulang kuliah di sarinah mesti mampir kesana,ada kali 3x seminggu.Sering banget nongkrong disitu lama2 sambil ngintip2 bahan buat kuliah/baca novel.Suka ngayal kapan yah perpustakaan indonesia ada yg nyaman kyk gitu?hahahaha😀
    Btw,gue baru tau kejadian kemalingan itu.Trus ditutupnya toko buku itu apa krn kemalingankah?skr jadi toko buah import.

    • Dulu kerja di situ akhir 1999 sampe awal 2000, Mak. Jangan-jangan lo dulu yang suka pura-pura numpang baca tapi malah asik-asik pacaran di sofa-sofa di pojok ya? Gue sering mergokin banyak orang begitu tuh, hahaha..

      Iya, dulu pernah kemalingan tapi si Pak R gak mau lapor polisi karena takut diperas kali. Gue cabut tokonya masih buka koq, bahkan sempet nambah cabang di Pondok Indah dan Kemang ya. Tapi kemudian toko-tokonya ditutup semua gara-gara si Pak R habis duit buat bikin film. Trus kalo denger-denger gosip sih, Pak R kan selingkuh sama penulis DMA dan pernikahannya berantakan. Padahal istrinya itu tajir banget, owner license Montesorri se-Indonesia or South East Asia gitu cmiiw.

  11. Iiiih sama deh nasib anak kuliahan dimana mana (gue rasa?)
    Dulu sampe sempet ikutan MLM sejuta umat itu😆 *ga mau sebut merk* dagangin sana sini ngoceh ga abis abis hihihi. Akhirnya yang paling nyantol dan kerja tapi tetep bikin happy itu cuma nyanyi ahahahha nyanyi acara acara kampus plus jadi penyanyi khusus acara wisudaan di kampus. Lumayan setaun 4 kali hihi….Seneng bener dapet uang segimana juga, namapun masih anak kuliahan :lol;

    • Etapi nggak semua Jeng Wor. Wong laki gue dulu kerjanya nongkrong mulu sama temen-temennya. Mungkin faktor lingkungan plus tempat kuliah ya. Plus dia gak dibolehin kerja sama bonyoknya.

      Wiihhh… Asik banget jadi penyanyi! Making money from something you love is exciting, right? Gue juga mau deh, tapi untung tau diri karena suara gue sember😀

  12. Halo. . Mba ira, slm kenal.. postingan ini bikin inget dulu jaman kuliah.. dulu jg krn dpt uang saku dr ortu bulanan, trs memang dtanemin buat menghargai duit, jadi deh blajar kerja cr duit buat seneng2.. aku mulai cari duit dr smp, dpt job ngles in anak tetangga nari sampe ngajarin b. Inggris, smu naek tingkat jd nglesin b.inggris, prancis sm les privat skolah gitu (tp maunya anak sd aza..hehehe), kuliah naek tingkat lg jadi translator brg ma tmn, yg ini smp masang iklan d kampus, plus ngasih les bahasa, n jaga stand periksa gigi gratis dr slh st merk obat kumur d mal2 (yg ini mah sesuai jurusan:-) ) ..
    Klo inget dulu, bersyukur bgt dpt duitnya lumayan ya ga minta ortu, tp kok ga kepikiran mau di investasi ato tabung, malah sbk beli komik/novel/tas n makan2.. hahaha
    Anyway. Nice story:-)

    • Nice story too you got there, Citra! Salut deh, udah kerja dari zaman SMP. Kalo SMP gue kayaknya belum kepikiran karena masih sibuk main😛

      Nah penyesalan gue juga sama kayaklo tuh. Dari dulu udah dapet duit, tapi kenapa semuanya abis? Apalagi pas skrg kenal segala reksa dana, LM dll, gue tambah nyesek. Kalo diinvestasi, sekarang kan jumlahnya udah lumayan banget, huhuhuhu..😦

  13. Ajegile, produktif banget kamu mak waktu kuliah! Gue cuma jadi guru piano, itupun keterusan sampe lulus kuliah, krn enak banget, kerjanya cuma seminggu 2 kali, masing2 berdurasi 1 jam, tp dapet bayarannya 3 juta (di taun 2002). Akhirnya pas dpt kerja beneran, gue agak gak rela ngelepasin kerjaan ngajar itu, krn ternyata kerja beneran di bank, 5 hari seminggu dengan jam kerja 8 to 5, gajinya gak sampe 3 juta hahahahha. Maklum, umur2 begono orientasinya duit banget (lah skrg juga masih kali)

  14. buseeng, mba ira..banyak aja pengalaman freelance nya..hehehee..dulu ak cm kuat SPG.an seharian..dan menyerah krn brasa capee bener..trus sempet nge.LO.LO gitu…tp pada akirnya, lebih milih jualan lontong yg dititip dikanting kampus, yg tanpa banyak effort (krn lontongnya pun beli seharga 400 rupiah), dan untung pun banyak😀..ak jual 1000 rupiah, sehari paling apes laku 30 biji..rata2 lakunya per hari 60 – 80an biji lah..hehehe..itu aja anak2 kampusnya dikit, kalo banyak, bisa seratusan kali yak..ahahahaha,,lumayan banget duitnya bisa buat jajan2 n bayar2 copy.an diktat2😀

  15. Duluuuu pas kuliah…pengen banget punya kerjaan sambilan..cuman bingung carinya…kenalan ga ada, udah gitu tugas2 kuliah seabrek dan saya selalu ambil semester pendek untuk cuci nilai, jadi bener2 ga ada waktu…coba2 apply jadi spg (mikirnya nih pengen jd spg apa aja deh, yg penting tempatnya ber AC) dan akhirnya keterima tapiiiii tempatnya di pasar2 becek dan pake baju mini (yang saya tahu sekarang pas sortir spg untuk acara kantor, ternyata ada grade spg…yang A, B, atau C..yang A itu cantik secantik bintang pelem dengan bayaran gede dan ditaro di stand2 bagus, sedangkan grade C..yah kebalikannya…hummm seperti saya dikategorikan grade C oleh agency saya itu)….OMG, akhirnya saya tolak dengan berat hati, karena ga bs bayangin kalo dicolek2 preman pasar/kuli panggul…

    • HOAHAHAHAHA… Komenlo soal grade SPG itu juara banget deh Mak. Gue semaleman ngikik-ngikik sendiri gara-gara baca yang bagian lo ditaro di pasar becek pake rok mini karena masuk grade C. Hahaha.. Mungkin bukan lo-nya di grade C kali Mak. Tapi produk yang lo apply itu emang pangsa pasarnya di pasar becek. Jadi deh SPG-SPG-nya kudu terjun langsung macam Jokowi, hihihi…😆

  16. Pingback: Easily Intimidated « The Sun is Getting High, We're Moving on

  17. Pingback: Passion Over Money? | The Sun is Getting High, We're Moving on

  18. Pingback: Candy Crush Wisdom | The Sun is Getting High, We're Moving on

  19. Pingback: Better Late Than Never | The Sun is Getting High, We're Moving on

  20. Pingback: Si Kutu Loncat | The Sun is Getting High, We're Moving on

  21. Pingback: 22 My Age | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

