Gita Remaja 2.0

*dari judulnya udah ketebak ye gue angkatan berapa :P*

Dari kecil, gue cinta banget sama musik. Selera musik gue bisa dibilang campursari, atau istilah kerennya, eklektik. Mulai dari pop, rock, hip hop, swing, klasik sampe dangdut dan keroncong.

Dulu waktu SD dan baru ada TVRI doang, acara fave gue Selekta Pop. Soale acara ini jauh lebih mendingan ketimbang Aneka Ria Safari yang jayush berat itu. Trus pulang sekolah gue dengerin Radio Prambors buat update lagu-lagu Barat. Bobo siang pun kudu ditemenin siaran radio ini supaya lagu-lagunya lebih ngeresep.

Pas RCTI udah ada, baru deh tuh nonton America’s Top 10 etc. Kalo ke rumah nenek, lumejen bisa nonton acara-acara musik luar negeri pake parabola. Makanya pengetahuan musik gue buat seorang anak SD waktu itu not bad. Selevel sama sepupu dan sodara gue yang udah SMP, SMA dan kuliah lah.

No wonder pas TVRI bikin acara Gita Remaja, gue super excited. Gue berusaha keras mengikuti episodenya tiap minggu, dan selalu ikutan nebak. Trus bete sendiri deh kalo pesertanya gagal, padahal umurnya udah 20-an, misalnya. Waktu itu, kalo gak salah peserta Gita Remaja dibatasi usianya, minimal 16 or 17 thn gitu. Gue saat itu masih 9-10 tahun cmiiw. Dan gue nggak sabaarr banget pengen buru-buru gede supaya bisa ikutan Gita Remaja!😀

Pas gue udah layak ikutan, eh kuisnya udah ilang. Selain itu, makin banyak acara musik di TV swasta, yang bikin cita-cita masa kecil gue ikutan Gita Remaja perlahan-lahan pupus. Tapi rasa cinta gue akan musik tetap membara *ceileh*

Makanya klop banget pas gue kerja jadi wartawan di bidang hiburan (termasuk musik). Gue bisa wawancara musisi-musisi yang dulu gue hapal mati lagu-lagunya. Yang lebih cihuy sih pas gue bisa wawancara musisi-musisi luar legendaris kayak Scorpion atau idola kawula muda (di zamannya) macam Blue.

Anyway, beberapa waktu lalu di twitter pada heboh games SongPop. Dari namanya koq menarik ya. Tambahan lagi, ternyata games ini isinya tebak-tebakan lagu. Ih gue semangka dong yaa.. Tapi namapun gaptek plus sinyal kacrut di rumah, donlotan SongPop di tab gak bisa dimainin.

Akhirnya Kamis minggu lalu gue baru nyoba main SongPop di fesbuk dan berhasil! Cihuy berat rasanya. Semua ambisi buat ikutan Gita Remaja yang dulu gagal bisa diwujudkan dimari. Hasilnya setelah main selama 3 hari, not bad lah buat pemula🙂

Menurut gue sih, mainan SongPop ini nggak harus berpengetahuan musik dalem-dalem amat. Yang utama adalah sinyal oke plus gak ada gangguan. Soale kalo jago tapi sinyal jelek plus anak ribet grecokin, ya alamat yuk dah bye bye *curcol*

Yang kedua, ingatan kudu kuat. Beberapa lagu dan penyanyi bahkan nggak gue inget atau tau sebelumnya. Tapi karena bolak-balik diputer, ya mau gak mau hapal lah yaw. Ini nih yang lebih penting menurut akik.

Yang ketiga, tau kekuatan dan kelemahanlo. Kalo ngerasa jago di genre Rock misalnya, ya udah, pantengin terus genre itu supaya menang mulu *lirik @PritaAyuthia* Begitu juga kalo jagonya di Electronic atau 80’s collection *lirik @nukenuk*. Trik terbaru yang menurut gue rada nyebelin adalah justru sebaliknya. Bermainlah di genre-genre gak umum kayak National Anthem atau Animated Movie supaya menang *melotot ke @gletitia*

Yang keempat, kenali suara si penyanyi. Di sini pengetahuan musik cukup membantu ya karena nggak banyak penyanyi yang punya karakter suara khas macam Rihanna, Beyonce, Adele, Sting, Eminem atau Eddie Vedder. Tapi kalo tau, bisa cepet deh nebaknya.

Yang kelima, keluarin jurus gambling capcipcup berlogika. Kamsudnya gini. Inget gak waktu zaman SMP/SMA dulu pas ujian pilihan ganda? Kita suka capcipcup tapi pake pengetahuan juga kan? Nah hal yang sama bisa diterapkan di SongPop, karena dia ini kan tipenya pilihan ganda.

Menurut gue sih ini lebih memudahkan. Kalo lagu yang ditampilin suara cewek, tinggal cari mana artis/lagu yang dinyanyikan cewek. Trus kalo ada lagu yang kurang familiar, tapi lo tau 3 lagu lainnya di antara 4 opsi judul lagu yang tersedia, pilihlah judul yang nggak lo tau.

Gitu-gitu aja sih, gak syusyeh-syusyeh amat. Oh ya, SongPop ini suka curang juga. Masa pas lagu International Love-nya Pitbull feat Chris Brown, di opsi yang tersedia ada Pitbull dan Chris Brown. Atau pas Dr. Dre feat Eminem, di opsinya ada Dr. Dre dan Eminem. Tricky banget deh.

Terakhir, ojo kesusu alias nggak usah terburu-buru. Santai aja, gak usah ambisius kayak dikejar setoran. Emang sih, kecepatan main amat berpengaruh ke skor yang didapatkan. Tapi kalo buru-buru gak jelas, malah salah pencet lho. Ini sering kejadian sama gue, apalagi kalo sebelumnya, lawan gue berhasil mengalahkan akyu *kompetitip* Oh ya gunakan juga segala Power Ups buat ngebantu. Tapi jangan tergantung-gantung amat supaya mengasah ingatan dan pengetahuan.

Anyway, yang mainan SongPop, challenge me di: irawati.da yaaa. Soale gue udah gak bisa nge-add challenge lagi nih, kecuali di-invite.

Yiuk mariii kita mainan SongPop lagi kerja dulu ah🙂

23 thoughts on “Gita Remaja 2.0

    • HOAHAHAA… Ayo dong Tjep, terimalah challenge-ku untuk mainan SongPop. Gue yakin sebagai orang yang super kompetitip (sampe bikin dessert table sendiri, yes? :D) lo pasti bisa laahh.. Semangkaaa!!!😀

  1. hail gue mah maen sama lo, gilee bisa semuanya ditebak sedetikan doang. tapi aku takkan menyeraahhh… eh gw belom pernah ada yg challenge national anthem, enol kayanya sih gue kalo itu😀

    • Hahaha.. Makanya ayo mari challenge akuh lagiiiii *kencangkan iket kepala*

      Selain National Anthems, gue juga pernah nerima challenge lagu-lagu Disco (era Bee Gees, ABBA gitu), Video Games, Classical (Beethoven, Mozart etc bok) dan Metal dr temen-temen gue yang kalah di lagu-lagu “normal”. Alamaaakkkkk -___-

  2. Ya ampun, mukanya si Tantowi Yahya langsung berputar2 di ingatan gueeeee…. “Siapa diaaa… akan menjadiiii… menjadi juara kita malam iniiiii….” *gue tua juga!* Lu inget acara Album Minggu Kita gak? Gue belom coba nih Song Pop walaupun sekarang orang-orang mulai heboh. Tar ah kapan cobain😀

    • Ebuseettt.. Lo lebih hapal daripada gue kayaknya Le. Gue aja lupa-lupa inget sama omongan si Tantowi. HAHAHAHAHA!!!😆

      “Album Minggu *tetet* Album Minggu *tetet* Album Minggu kitaaaa..” *nyanyik*

      Ofkors inget laahh.. Pengisi hari Minggu yang kelabu tuh acara. Ayok ikutan SongPop. Jangan lupa challenge gue yaa😀

    • Udah pecah kaan akhirnyaa🙂

      Coba lo ikutin triknya si Gemma, pake National Anthems. Kalah mulu ogut -__-

      Ini barusan gue di-challenge sama adik kelas gue di kampus, cowok, pake Kpop. Dia bener semua, plus cepet banget pula jawabnya. Astagaaahhhh.. Shock!

  3. Makkkk…kok lagi2 sama kita. Pas jaman SD lagu hafalan kita level anak SMP-kuliah. Toss dulu ahhh…. Gue juga demen maen SongPop. Iya curang tuh banyak rapper yang feat Rihanna tapi Rihanna ga ditulis. Gue add yah😉

  4. aiiihh iraaa…tampaknya kita seangkatan yaa…*tapi eik mesti lebih tuwir, hikss…tak apalah😀 * kalo utk ilmu per musikkan…gue gak gitu keyen euuy…rasa seni gue gak gitu bagus kayaknya…eittss hebat banget udh bisa nyaingin pengetahuan musik usia diatas lo…btw si song pop ini lagi ngeheitss banget yaa…tapi gue tau diri ahh…ilmunya cetek,..*melipiiiirr*

    • Ih gpp lagi Sil. Temen-temen gue pada cuek aja tuh mainan. Buat seru-seruan sekaligus mengenang masa lalu. Temennya tante gue aja ikut kecanduan, tapi jagonya cuma di kategori 60s dan 70s, hihihi..😀

  5. qiqiqi…. baru nge add mbak ira… dannnn aq bener2 cetekkk dong tentang song pop… :))… eh ya ,mbak tadi aq ngeadd ternyata pake accountnya misua :))… hadehhh ga liat2 duluuuu pas ngeadd mbak ira… langsung klak klik ajah… ternyataaaaa account misua yg lagi on… qiqiqi…

  6. Pingback: Candy Crush Wisdom | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s