Photobox Mania

In late 90s and early 2000s, yang namanya fotobox ngehits banget ya. Abis gimana dong? Waktu itu nggak semua orang punya akses ke komputer dan internet. Yang punya pun belum tentu paham sama aplikasi edit foto kayak sotosop.

Terus, digicam belum mewabah kayak sekarang. Zaman dulu kamera masih pake film yang kudu diafdruk dulu. Dan, kalo sekarang bocah-bocah alay (plus emak-emak alay kayak sayah) bisa foto-foto diri sendiri pake ponsel/BB/tablet berkamera, dulu mah boro-boro ye. Lah ponsel aja masih segede pisang (hellooo Nokia pisang). Gimana mau ada kameranya?

Fotobox merupakan solusi yang ciamik buat banci foto yang malu kalo difotoin orang plus modal tampangnya pas-pasan. Why? Pertama, based on personal experience, muka gue keliatan kinclong berat cyin kalo poto-poto di fotobox. Hihihi.. *cetek bin narsis* Segala masalah jerawat, pori-pori, warna kulit gak rata, etc, bakal hilang. Flawless abis bis bis lah!

Sebenernya sih bisa aja foto di studio foto macam Jonas atau Freeze Frame (yang didandanin dan dimakeover berat itu tuh). Tapi gue ogah karena,akika pemalu bookk.. Nah ini bisa jadi sebab yang kedua,  yakni soal privacy. Aseli deh, gue sering mati gaya kalo difotoin sama orang. Mana dulu kan rasa pede masih minimalis. Jadi fotobox merupakan sarana yang tepat buat menyalurkan hasrat foto-foto dengan gaya macem-macem, tanpa ada yang ngeliat!

Trus karena muka gue keliatan di monitor, gue bisa tau kira-kira penampilan gue gimana dan hasilnya kayak apa. Kan kalo di studio, gue harus harap-harap cemas nunggu hasilnya dicetak dulu baru tau muka gue  kece atau nggak. Makanya ada temen gue yang pasfotonya selalu aneh, akhirnya milih motret pasfoto di fotobox aja supaya kece mulu😀

Oh ya, gara-gara urusan privasi, booth fotobox sering disalahgunakan oleh alay generasi 90-an. Siapa hayoo yang sering foto-foto mesra sama pacar di fotobox? *tunjuk tangan sendokir* Duh kocak banget deh ingetnya. Mana biasanya booth-nya mojok gitu kan. Tambah asoy deh foto-foto mesranya *uhuk* Trus abis itu, nungguin fotonya jadi deg-degan sambil lirak-lirik kanan kiri. Takut ada yang ngintip, hihihi..

*maap gak aplot foto mesra, takut digaplok bininya mantan dan terutama suami saya :P*

Hal ketiga adalah harga yang murmer. Dulu kalo gak salah di awal-awal sekali jepret kudu bayar Rp 10 ribu. Trus terakhir yang gue inget jadi Rp 15 ribu. Gak murah-murah amat sih buat kantong gue yang minimalis banget saat itu. Tapi daripada foto studio yang dimakeover dan pake soft focus, ya jelas aja fotobox jadi jauh lebih murce.

Kalo mau lebih murce lagi, patunganlah bareng temen-temen or sodara. Nah ini sering banget gue lakukan. Kalo orangnya kecil-kecil sih mending ya. Lah ini gue dan temen-temen gue kan rata-rata berbodi sebangun. Jadi deh tuh booth fotobox penuuh banget macam angkot. Dan selalu ada korban yang mukanya gak keliatan karena ketutupan sama yang lain. Belum lagi karena goyang-goyang, ada yang blur, padahal udah senyum manis. Contohnya sebagai berikut:

Buat hasil yang maksimal, fotonya berdua aja deh. Selain gak menuh-menuhin ruangan, ngebagi foto plus tagihannya juga gampil, hihihi..

Faktor terakhir alias keempat adalah kecepatan. Dulu yang bisa nyaingin fotobox cuma polaroid kayaknya ya. Itupun film-nya mahal banget. Jadi deh fotobox juara umum selama bertahun-tahun karena hasilnya instan, cakep dan murmer.  

Anyway, pas gue pacaran sama hubby, era fotobox udah mulai memudar. Dan waktu itu gue udah punya digicam plus ponsel berkamera. Jadi udah ngerasa gak perlu-perlu amat buat berfotobox ria. Yah sesekali pernah sih gue pengen, tapi selalu gagal.

Nah semalem kan kita ke mol baru, Kota Kasablanka, buat buka puasa. Abis itu, Nadira nagih minta main di Amazing Placa (atau apaan ya, wahana anak-anak gitulah). Namanya juga tempat baru, isinya masih banyak yang dibenerin. Begitu liat booth fotobox, gue iseng ngajakin ke situ. Lumayan kan, hitung-hitung mengenang masa lalu.

Eh rada sebel sih, fotobox zaman sekarang pake efek-efek segala macem yang norce. Padahal gue kan pengennya yang polos aja supaya muka-muka caem kita keliatan jelas hihihi… Tapi not bad lah for Rp 17.500, meski menurut gue, mending pake InstaGram. IMHO, InstaGram = photobox for today’s generation :D

29 thoughts on “Photobox Mania

  1. saya musuhan banget sama photobox, soalnya tiap kali mau photobox selalu kumat alerginya. alhasil difotonya muka saya pasti merah2 bentol gitu…

    itu foto yang ada efek airnya gak banget ya, mengganggu wajah caem keluarga mbak ira. Kalo di foto nomer dua, Mbak Dira keliatan bengong. Love pict no 3-4 kompak..

    • Lhoooo koq bisa sih? Baru tau ada yang alergi sama fotobox, hihihi..

      Makasih Pipiii.. Karena gak jodoh sama fotobox, sekarang mainan sama InstaGram aja gih. Gratis pula😀

    • Eeehh iya ya Nik? Hahaha.. Duh gue lupa saking lamanya. Dan Blok M Plaza tuh lokasi favorit gue buat poto-poto di fotobox. Biasanya abis krimbat+blow di salon di lantai atas. Lumayan jadi kecean dikit😛

  2. gue sih dulu mainannya bukan photobox, abis gak bisa dicetak lagi, kicik & murahan foto studio, jadi dulu andalan foto di Jonas Jl. Banda, 8000 rupiah jadinya 3 hari. Tapi hasilnya caur… ada gaya cicak segala deh… sekosan foto hasilnya gaya cicak semua😆 tapi balik lagi – balik lagi… trus ada jamannya foto studio yg otomatis gitu, pas difoto neken pedal fotonya sendiri… rusuh deh

    • Haiyaahh gaya cicak! Ade-ade aje lo Tjep😀

      Foto studio tekan pedal gue inget tuh. Dulu gue pernah poto di booth-nya pas kuliah, ada di Depok Mal cmiiw. Tapi ya tetep nyebelin karena jadinya gak langsung hari itu juga. Kudu balik lagi deh buat ngambil.

  3. kalo gue sama sn photobox, salah satu pasti offroad keluar box badannya. GAK MUAT box-nya kalo berdua-duaan masuk boooook, huahahahahahahahahaha. pernah mutusin foto pangku2an, begitu selesai sn protes, “KAKI GUE KESEMUTAAAAN, elu berat!!!”. Ngehek…bikin gue ilfil ama photobox😆

    • HOAHAHAHAHAHAHAHAHA!!! *ngakak sampe kayumanis*😆

      SN koq gitu banget sih Li. Kan pengen pose mesra nan romantis. Eh malah bilang lo berat. *pukpuk Erlia* *sambil ngakak lagi*
      😆

  4. bikin gue jadi terkenang2 jaman dahulu kala. sekosan 8 orang amksa banget mau masuk foto box, walhasil ya ada yg keliatan idungnya doang atau jambulnya aja.
    abis itu kita insaf, hanya mau foto di jonas (dulu daku tinggal di bandung).
    gegara baca posting ini jadi langsung buka album FB yg ada fotobox nya. emang kita kece banget disitu

  5. Lho kok aku bisa ketinggalan postingan ini ya?!
    btw, satu2nya foto aku dan si Mas di kamar bukannya foto nikah tapi foto kita di photo box lho…soalnya di foto itu aku masih langsing bin tirus🙂

  6. GIleeee…foto pertama yang pake baju putih itu cantik banget, Iraaaaaaa😀. Duh, kayak artis mana yaaa *merenung*. Pokoknya mirip seseorang yang tenar lah ^_^

  7. *maap gak aplot foto mesra, takut digaplok bininya mantan dan terutama suami saya * » » Lohhh lohhh jadii.. Masi nyimpen foto sm mantan?? :p

    Mba ira harusnya tuh foto plg atas berbaju putih dikirim ke majalah remaja aja tuh kayanya pasti masuk seleksi:p

    • Hahahhaa… Yah ketauan deh kalo masih nyimpen😀 Mau dibakar dulu ah begitu sampe tempat nyokap😛

      Mba ira harusnya tuh foto plg atas berbaju putih dikirim ke majalah remaja aja tuh kayanya pasti masuk seleksi:p

      Alhamdulillah, berarti keliatan cucok ya ikutan Gadis Sampul atau top model Aneka? *brb, palsuin akte kelahiran*😆

  8. hadeuhhhhh mba ira… kasian boxnya hehehe, yg penting msh msk face aja alhamdulillah.
    tapi body mba msh flexible yaa masih muat foto dimana.. dimana.. dimana..
    udah turun brp kg mba puasa ini ?? biar lebih byk box2 lain u namfung mba.. hahaha
    met puasa mba..

    • Hahahaa.. Itu kan pas masih kuliah. Sekarang sih, untunglah box fotobox-nya lebih lebar. Jadi bisa deh foto bertigaan🙂

      Baru turun 1 kg nih Mbak. Doakan turun 4 kg lagi yaaa😀

  9. nyaaaaa….sampe sekarang foto di dompet masih hasil fotobox jaman pacaran sama suami duluuu. foto terakhir inspiratif nih, ngajak anak gue fotobox kalo ke kota :p *maklum tinggal di hutan*

  10. Pingback: Wiken Bergembira « The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

