Hadiah Pintu

Seumur-umur, gue selalu ngerasa bukan jenis orang yang punya hoki gede. Buktinya, kalo niat serius ikut suatu undian, kuis atau apalah itu, gue nggak pernah menang.

Ini semua dimulai saat gue masih SD. Waktu itu, gue iseng kirim jawaban TTS di Majalah Bobo. Yang isi semua gue, tapi yang nulisin di kartu pos+kirimin itu bokap. Tiap Bobo terbit, gue selalu bersemangat liat pengumuman pemenangnya. Sampe berbulan-bulan gue macam punguk merindukan bulan rasanya. Dan yak emang bener. Gue gak menang😦

Kuis kedua yang gue ikutin adalah kuis permen Hexos waktu SMA. Hadiah utamanya Daihatsu Feroza, cmiiw. Gue kebelet ikut kuis ini gara-gara temen se-gank gue bawa mobil yang sama. Jadi gue cita-cita kalo dapet mobil itu, kita bisa ke sekolah bawa mobil samaan gitu, hihihi.. *cetek*

Sampe kenyang rasanya gue tiap hari jajan permen Hexos. Ealah pas pengumuman di koran, boro-boro dapet mobil. Hadiah hiburan aja kagak dapet. Sedihnya luar binasa. Huh!😦

Nah pas udah mulai kerja, baru deh kenalan sama hadiah pintu alias door prize. Biasanya kalo liputan, para jurnalis diminta masukin kartu nama di bowl yang disediakan di bagian pendaftaran. Karena udah patah hati sama yang namanya undian, gue mah jaraaanngg banget ngarep menang. Daripada kayak dulu ya bok, ngarep-ngarep eh malah gak menang, kan patah hati jadinya.

Suatu hari, pas liputan Agnes Monica tahun 2004 kalo nggak salah, panitia bilang menyediakan jam Baby G sebagai door prize. Sebagai orang yang nggak pernah menang, selama pengumuman hadiah, gue malah asyik ngegosip sama temen sebelah gue. Makanya pas tau-tau MC nyebut nama gue, akika pun langsung melongo. Rasanya nggak percaya, akhirnya aku menang! Horeeee!! *sujud syukur*

Abis itu beberapa kali gue pernah cicipin rasanya dapet hadiah pintu dan kuis lagi. Ada yang berguna tapi kebanyakan sih nggak ya. Gue pernah dapet tempat stik golf (apa sih namanya) yang kelamaan gak diambil-ambil karena bingung mau diapain (bapak gue olahraganya badminton cyin). Gue pernah juga dapet voucher belanja di butik sekian ratus ribu rupiah, tapi pas ke sono baju-bajunya berharga jutaan. Kalo mau, gue kudu nombok gede banget. Useless dong yee..

Yang cukup meriah adalah saat gue ikutan acara off air kuis Tebak Harga yang dipandu Farhan. Waktu itu, gue diundang stasiun TV yang nyiarin untuk ngeliput. Lokasinya jauh bener, di mal Karawaci cmiiw. Ternyata para jurnalis yang ngeliput diminta untuk ikut jadi peserta kuis off air. Kaget bener deh eike, tapi ya sutra lah, iseng-iseng doang toh?

IMHO, gampang sih sebenernya cuma tebak-tebak harga barang doang. Dari babak 1 sampe sebelum final, gue sukses. Nah pas final, Farhan bilang, kalo yang bisa nebak dengan benar, bakal bawa pulang semua hadiahnya. Eh gue bener lho. Padahal waktu itu gue masih single. Duh emang calon emak-emak sejati, jago nebak harga!

Hasilnya, gue pulang dengan naik taxi yang isinya penuuuhhh banget sama segala rupa barang. Mulai dari handuk, home theater, DVD player, sampe TV 29 inch. Gue terpaksa duduk di depan dengan posisi mepet dashboard karena bagasi+bangku belakang penuh sama barang-barang. Spektakuler, yes?🙂

Tapi achievement gue belum ada apa-apanya dibanding temen-temen gue yang lain. Mbak @nukenuk misalnya. Dia sampe dibilang punya golden hand karena tiap acara apapun, pasti selalu menang. Padahal nggak pake trik samsek.

Dulu Mbak Nuke ini liputan di IT, pas masa-masanya perusahaan ponsel berjaya. Jadi tiap acara ya selalu ada doorprize dan dia pasti dapet. Bahkan pernah Mbak Nuke nggak bisa dateng dan undangannya dikasih ke temen gue. Eh temen gue ini juga dapet door prize. Ketularan hoki nih ye!😀

Sampe suatu hari, temen-temen jurnalis lain komplain “Coba kali ini door prize-nya jangan pake kartu nama supaya Nuke gak menang.” Jadilah dicoba cara terbaru, yakni tiap wartawan dikasih potongan kertas berisi nomor. Lalu bos perusahaan tersebut melempar panah ke papan dart berisi nomor-nomor itu. Nomor yang kena panah, mendapatkan door prize.

Tebak siapa yang menang? Ya Mbak Nuke lagi. Hahahaha..  Emang ye kalo rezeki mah nggak kemana. Total doi punya 13 ponsel hadiah door prize dari berbagai acara😀

Tapi ada juga temen gue yang menang berbagai hadiah pintu gara-gara dia punya trik tersendiri. Tiap masukin kartu nama buat door prize, dia nggak hanya masukin satu, tapi 7 bahkan 10 kartu nama. Jadi peluang dia untuk menang lebih gede.

Kenapa trik ini ketauan? Soale pernah dalam satu acara, nama temen gue ini, sebut aja Y, disebut dapet door prize pertama. Abis itu pas door prize ketiga, nama Y keluar lagi. Nah ketauan deh ye masukin kartu namanya lebih dari 1, hihihi..

Ada juga trik lain kayak bikin kartu nama dalam ukuran lebih besar dari size standar, lebih tebal, lebih kasar atau bertekstur. Sehingga pas pemilihan kartu nama dengan mata tertutup, kartu nama kita bisa lebih outstanding dari kartu nama lainnya.

Gue sih nggak pernah pake trik apa-apa. Wong kadang-kadang lupa masukin kartu nama. Payah banget deh. Mungkin imbas patah hati gara-gara majalah Bobo waktu kecil masih kerasa sampe sekarang *lebay*

Btw, emang bener ya frase “You’ll get something when you least expect it” itu. Jadi kemarin gue ada liputan suatu acara. Dari awal gue sebenernya malees banget berangkat. Tapi karena ada rikues dari bos, trus nggak ada reporter yang stand by pula, terpaksa deh akik jalan.

Sampe sana, masih dengan manyun-manyun, gue liputan seperti biasa. Trus saatnya pengumuman door prize, gue malah nggak yakin kalo kartu nama gue ada di dalam bowl undian. Soale gue dateng pas acara udah mulai. Panitia sih emang minta kartu nama gue, tapi gue nggak disuruh masukin ke dalam bowl undian.

Ya sutralah ya. Gue pun bersiap-siap pulang. Eh ndilalahnya, pas gue mulai berdiri dan nenteng tas, MC ngumumin nama gue sebagai pemenang door prize utama. Kalo di-slow motion pasti lucu deh. Soale gue yang lagi berdiri, ambil tas dan nenteng goodie bag, langsung melongo dan bengong. Untung gak pake ileran😛

Emang sih hadiahnya gak sespektakuler hadiah yang pernah didapet hubby dulu. Tapi sebagai orang yang tadinya ogah beli tab, ipad or gadget serupa gara-gara parno sama kemaslahatan anak, yah lumayan juga akhirnya akika punya.

Kalo dipikir-pikir dan dianalisa *ceileh*, hadiah pintu kali ini merupakan anugerah sekaligus ujian kayaknya ya buat gue. Anugerah karena nggak usah keluar uang untuk punya (bagian ini laki gue yang demen karena dia emang pengen punya sejak dulu tapi gue veto abis-abisan). Ujian karena gue bercita-cita untuk membatasi persentuhan Nadira dengan gadget-gadgetan. Kenal boleh bahkan harus karena Nadira dan anak-anak seusianya hidup di era teknologi. Tapi ya jangan sampe kecanduan.

Pasalnya, gue baca dan liat sendiri pengalaman temen-temen yang anaknya kecanduan gadget. Nyapihnya susah bener. Belum lagi hasil seminar Bu Elly yang memaparkan beragam bahaya gadget+games pada anak-anak. Ampuuunnn DJ! PR deh nih sekarang supaya Nadira gak kecanduan berat sama gadget. PR juga buat gue yang bukan gadget freak alias gaptek untuk belajar teknologi terkini abis-abisan. Supaya nggak bisa dibokisin anak gitu.

But anyway, I want and have to say, Alhamdulillahirabbilalamin🙂

52 thoughts on “Hadiah Pintu

  1. Wuihhh…dapet home theater, dvd, tv 29 inch…heibattt sampeyan makkk🙂

    Aku seumur2 belum pernah sakseis menang tiap kali ikut kuis atau undian. Jaman dulu sampe pernah ngirimin se-tas kresek merah bungkus pepsodent, tapi tetep ga menang juga lho😦
    Trus, pernah juga pas acara jalan sehat kan mesti ada door prize nya, nah karena pak RT nya om-ku sendiri, kita sampe punya undiannya segebok lho. Wis ge er bakal menang lah ya…*ngincer hadiah sepeda ceritanya*
    Eh pas pengumuman, ga ada 1 nomer undian pun yang kita punya menang, kalah sama yang cuma bawa satu2 doang *oke, ini sepertinya kualat karena serakah*
    Makanya sekarang aku malesss banget ikut kuis2 atau undian2 berhadiah mak, wis ‘mutung'(gondok) duluan soale..

    • Hahahaha.. Jadi inget dulu tetangga gue kan buka salon. Buat menarik pelanggan, dia bikin undian gitu. Jadi tiap potong rambut/krimbat/facial/etc dapet satu kupon. Wuih nyokap gue sampe punya kupon segepok. Belum lagi tante-tante gue yang ujug-ujug jadi hobi nyalon di situ.

      Pas pengundian, bahkan mug aja gak dapet lho. Padahal udah pada pede bakal menang dengan pikiran sama kayaklo “Masa sih udah punya kupon segini banyak gak menang juga?”

      Yang menang justru rata-rata yang cuma punya kupon dikit, hihihi..😀

  2. Ya ampyuun mbaaa..lucky youu.. Gw ga bisa banyangin waktu dapet hadiah sampe setaxy gitu. Gilingaan..😀
    Kalo gw sih kayaknya emang ditakdirin ga akan pernah menang kuis apa pun deh. Ampe umur segindang, kaga pernah yang namanya menang undian *miris* huhuhu

  3. Ihiiy yg gtab baruu.. Selamat ya Ra! Kalo gw mah seumur-umur menang doorprize pas di minimarket itupun hadiahnya mie instant doang -__-”
    Anyway coba donlot apps Masak Apa kali aja bisa nambahin koleksi resep lo.. Hehehe

    • Bwahaha.. Gpp lagi Ka. Yang penting pernah ngerasain menang. Beda kan rasa indomie yang beli sama yang hadiah?😀

      Ah sip-sip. Thank you idenya ya. Iya nih, suka matgay gue kalo masak🙂

  4. Ra, injek kaki gue doooong…biar ketularan, gue belum pernah menang undian ato hadiah pintu…belum terbuka pintunya neik…
    Lo kan udah pernah menang mobil juga kan…hebring deh
    Ayoooo INJAKIN KAKIKU, MBAK! INJAKIN!!

  5. Ih, itu mah BERUNTUNG banget lahhh… tapi emang kayaknya kalo kerja di Media dan sering ada liputan gitu, mayan tuh, seenggaknya nyerempet2 lah dapet hadiah baik besar maupun kicik… hehehehe… Gue pernah dapet door prize, jaman duluuu: Voucher bensin…20 dolar! hahahahah… kasian banget yah, padahal kantornya kaya banget!

    • Iya Le, kalo liputan produk gitu emang suka ada doorprize. Tapi gue mah perasaan jarang dapet. Untunglah sekalinya dapet ya lumejen-lumejen😀

      Itu voucher 20 dollar dapet bensin berapa liter? Di sini kan mayan tuh bisa full tank😛

  6. wahhh hebring bnr bisa dapet hadiah sampe se-taxi gitu…kl aq hadiah paling mahal yg pernah di dapet seumur idup itu voucher nginep di private villa gratis di seminyak 2mlm buat honeymoon..yg ngadain ya website “pernikahanku”(dot)com itu…..pas dikasi tau menang bahagianyaaaaaa luarrrrr biasaaaaa heheheehe……secara rada sayang duit (beda tipis ama g punya duit hehehe) buat nginep di pila2 mahal gitu -______-‘

  7. Selamat ya mak, canggih deh hadiahnya tab, gw paling top cuma pemanggang roti dapetnya. Iya anak kecanduan gadget tuh susah setengah mati nyapihnya,kalah deh nyapih nenen.

    • Pemanggang roti juga tetep cihuy atuh. Daripada beli pan? *tetep ujung-ujungnya ngarep gretongan :D*

      Iya nih, makanya PR bener deh bikin trik-trik untuk ngenalin gadget ke Nadira. Skrg aja masih belum dikasih liat ke dia😛

  8. ra, ini berkah dari twit lo waktu ituloh yg pengen biar lebih eksis poto2. mari bikin i-ge *siap2 follow*. btw ga beruntung dari bagian mananya itu udah dapet tipi dipidi hom tiater sm mobil segala *eh kan hartamu, hartaku ya. keberuntungan lo juga pan* gue sih punya pengalaman ngenes pas ada doorprize yg smua peserta pasti dapet gue diundi batch 1 dapet setrika tapi krn alasan teknis jd batch 1 gugur, dimasukin lagilah undiannya smua, udh ngarep dpt yg bagusan. eh pas diambil lagi, gue tetep dapet setrika loh ! nasiib nasiib..tapi minggu depannya setrika di rumah rusak, pas bgt lsg dipake. ya emang Allah mah tau apa yang gue butuh, bukan yg gue pengen. Aku butuh mobil baru ya Allah….

    • Hahaha.. The problem is Din, akik itu gaptek luar binasa plus gak punya sense of art. Jadi kalopun punya i-ge, pasti hasilnya ajaib karena gak mudeng😛

      Ih masih mending lagi lo dapet setrika. Temen gue hadiah pertama dapet blender, trus minta diulang, eh hadiah kedua dapetnya mug. Gak boleh diulang pula. Ngenes deh dia😀

      Duileh doanya mobil baru. Sekalian dong tipe+warnanya apa. Kan kata Pak Ustadz, kalo berdoa itu kudu spesifik supaya gak salah🙂

  9. aku termasuk yg sering dapet2 hadiah gini. dulu sih seriiiing dr quiz radio. terakhir aku menang tas, pas salah satu olshop ngadain quiz, qiqiqi… kirain tas biasa, eh ga taunya pas di cek ke web-nya, widih, jauh diatas Ciciero bok, harganya… *elus2 hadiah tas*

    trs kalo giveaway, teman blogger kan sering tuh ngadain giveaway, apalagi blogger yg jualan produk handicraft. nah kalo ini, aku udah mutung krn bbrp kali ikutan tp ga pnh menang. sedih ya bok, emang, kalo udah harap2 bgt….trs ga menang😥

    • Wuiihh.. Hebring banget sih Tyk! Rahasianya apa? Gue tuh penasaran lho sama orang-orang kayaklo yang hokian gitu. Serius deh.

      Btw emang ada ya giveaway blogger? Yah gue koq gak tau ya. Mungkin karena gue blogger kuper ye😛

  10. ya ampuun nasib lo bagus beneuur mak! ngiri banget gw..apalagi pas buka link nya..hwuuaaa dapet hadiah honda freed! envy you so much! *pecahin celengan ayam, pungutin recehan, langsung tabungin di BNI*

    seumur umur baru dua kali menang hadiah,pertama ikutan kuis di Prambors#tempat anak muda mangkal# pas jaman kuliahan,dapet voucher boombox,duit 300rb sama pake sampo sunsilk..
    trus yang kedua dr tutup botol NU Green Tea, cuma dapet hadiah satu botol Nu green tea.. gegara ada adiah itu gw jd malah ketagihan beli Nu..walaupun akhirnya gak pernah dapet hadiahnua lagi.. nasib

    • Iya ya, Alhamdulillah. Makanya ditulis as a reminder supaya gue jangan suka ngeluh-ngeluh hehehe🙂

      Koq lo hebat amat sih Mak pernah menang kuis Prambors? Gue dulu tilpun ke sono aja susah banget lho pas masih zaman ABG. Gak usah kuis, cuma buat rikues lagu aja, zzzz..

  11. Ngomong-ngomong soal undian, dari kecil bokap gw selalu bilang: “kalo ayah menang undian harapan ayah mau beli ini..” kalo gw tanya undian harapan itu apa bokap gw selalu bilang undian yang didapet kalo rajin kerja di kantornya. sampe sma gw baru sadar yang namanya undian harapan itu ga ada🙂 soalnya bokap gw “wish list undian harapan”nya selalu nambah segala rumah tetangga mau dibeli buat jadiin taman lah🙂 Gw mikir undian harapan hadiahnya berapa yaak, diundinya kapan? dan banyak yg kesampaian ga pake si undian harapan.. hahaha telat amat ya gw nyadar.

    hoki gw di undian cuma sebatas menang seprai, paling kecil menang seprai ukuran single, yang paling gede menang seprai ukuran king!! udah diluar itu, kalo ga ada hadiah seprainya ga pernah menang :))

    • Hahahaha.. Ya ampun, koq ada sih spesialisasi menang undian berhadiah sprei? Sampe ngakak gue bacanya. Kalo taplak, gorden dll masih dapet gak ya kira-kira? Kan selevel sama sprei tuh😀

  12. iiihh..pengeen deh dapet hadiah sampe setaxy gitu. Sekalinya menang hadiah pintu pas acara kantor, itu pun cuma dapet kipas angin abal2, yang karena kelalaian saya naruh barangnya di kamar panitia, eh di lelang lagi buat jadi hadiah pintu berikutnya.

    Pengen ngrasain dapet hadiah pintu yang lumayan😀, Gak macem-macem sih…rumah 1M (milyar bukan meter), ato mobil kek… =D

  13. waahh asik bener dapet hadiah se-taksi ra..rejeki yaaa..

    gue juga ga pernah tuh menang undian, kalo kuis pernah siy walopun jarang dan biasanya hadiahnya biasa2 aja..kadang terkagum2 ama org yg hokinya gede..

    ada lho temen gue yg hobby banget ikutan kuis *terutama kuis radio* dan sering banget menang..pernah dapet motor, honeymoon ke pulau umang, trip ke bali, macem2 deh..ampe hafal kapan ultah radio sejakarta, karena itu saatnya dia panen kuis dan hadiah..haha..*niat*

  14. wuiii asoy bnr hadiah2nya…dulu aja pas undian indomie seplastik gede hasil potongin logonya,pake modal amplop sama prangko aja ga ada tu yg dapet…huhuhuhuh…hadiah doorprize plg gede kayanya magicom deh,lumiyin lah…

    • Tapi emang menang undian/door prize itu suka gak diduga-duga, Di. Temen SMA gue dulu menang mobil Kijang dari Dept Store. Padahal dia cuma masukin 1 kupon, dan kupon itupun didapet karena temen gue belanja rame-rame sama temen-temen yg lain. Pas mau dimasukin ke box undian, dia yang disuruh nulis nama sama yg lain. Eh tau-tau pas diundi, dia dapet hadiah utamanya. Eksis ya?🙂

    • Hahaha.. Bahkan ada sahibul hikayat, dia punya ritual semalam sebelum acara yang ada door prize. Katanya, dia ngumpulin anak-anak yatim di deket rumahnya. Bagi-bagi recehan gitu. Tau bener atau nggak deh😀

  15. hahahaha aq tuh orang yg hampir ga pernah dapet hadiah,,bahkan cuma bolpen aja ga,lumayan pas acara ultah kantor,pernah dapet panggangan roti sm mug😀
    eh temen kantor ada yg bruntungan bgt,tiap ikut seminar ada doorprize slalu menang,bagus2 lagi hadiahnya,kyk henpon2 tbaru gitu sama kyk mbak nuke itu,sampe kartu namanya dipinjemin,orang yg minjem pun dpt hadiah
    pernah sih aq coba ikutan dgn kartu nama teman (tp bukan si bruntungan,krn dia cow) eh tyt dapet,mp4 aja sih tp senengnya luar biasa ya,hahahaha😀
    suamiku sblm nikah tiap ikut fun bike dpt hadiah,bahkan motor jg pernah,stelah nikah ga prnh dapet apa2.tyt masalahnya ada di aq yaaa,,hahahahah

    • Ya ampuuunn… Berarti emang bener ya Mak, orang-orang hokian di dunia ini bener-bener eksis. Mbak Nuke, kau punya temen selain si Untung Bebek temennya Donal, Mbak!😀

      Gue ngakak berat baca kalimatlo yang terakhir. Kalo keberuntungan menular, ketidakberuntungan menular juga ya? hihihi..😆

      • Soal doorprize aku ada cerita. Kapan hari, aku abis mimpi ngebantu orang lahiran kembar 3. Yang 2 lahir, yang satu gak jd lahir *serem ya dipikir2* hahaha. Trus paginya aku cerita ke nyokap sama si bibi. Katanya “wuih kayaknya itu mau dapet rejeki gede. Sampe mimpi bayi kembar gitu” Aku sih jawab “Alhamdulillah deh kalo emang gitu” walaupun jujur ngerasa aneh bgt mimpinya. Kebetulan hari itu aku ikut seminar. seminarnya ada doorprize gitu. Pas pembagian doorprize aku bilang ke si mbak buat maju aja gantiin aku kalo emang beneran menang. Ternyata beneran menang. Seneng dong yaa. Eh ternyata hadiahnya tas ransel anak2 sama biskuit bayi dari sponsor chilm*l. Pdhl aku ngarep hadiah utamanya blackberry atau gak kamera digital. Pas aku mikir2 “mana nih,artinya mimpi tadi malem katanya rejeki besar” Aku ngeliatin tas ranselnya. Ealaaah.. Ternyata tas ransel ada hiasan anak kembarnya dooong. HAHAHA. Firasat mimpiku hanya sebatas tas ransel ternyata :p

      • BWAHAHAHAHA!!!

        Gue pas baca komenlo, dari awal udah expecting lo dapet mobil, rumah atau apa. Eh ternyata tas ransel gambar anak kembar! Kalo di sinetron, anti klimaks nih bookkkk..😆

  16. aku ama suami tuh sama-sama ga hoki kalo urusan undian. malah kalo lagi belanja bulanan, kan suka ada promo tuh. giliran ditarik, dapetnya ga jauh-jauh dari bedak bayi (ampe binun mau diapain) atau mi instan. bulan ini, iseng aku suruh ankaa narik undiannya. dapet buku ama ransel lutu. ya sud, lain kali biar si bocah aja deh yang narik undian ha ha ha

    • Ngomong-ngomong bedak bayi, gue juga di rumah numpuk, secara Nadira gak pake dari zaman newborn sampe sekarang. Akhirnya itu bedak dikasih-kasihin deh ke tetangga ART yang pulper.

      Nah bener tuh, Ankaa aja yang disuruh narik undian. Kalo arisan juga pake nama dia Mak. Kayaknya lebih hoki deh😀

  17. Pingback: My Gaptek Self | The Sun is Getting High, We're Moving on

  18. Aq pernah menang di rubrik arena kecil, bukan TTS (Dimajalah Bobo ) jadi kalau maw menang itu lebih karang cerita baik dan lbh menarik supaya menang.
    Bapak2 ato ibu2 juga boleh ikutak kok, tapi umurnya di manipulasi ajha, qiqiqi….

  19. Aq pernah menang di rubrik arena kecil, bukan TTS (Dimajalah Bobo ) jadi kalau maw menang itu lebih karang cerita baik dan lbh menarik supaya menang.
    Jangan ikutan TTS dah (saran doank) soalnya, TTS itukan diundi, bukan dipilih dari yg terbaik (kayk karangan) Lagipula yg berpartisipasi nya buanyaakk.., kalau gk menang pasti nyesel. ( tapi klo mau kirimin karangan, waktu menunggu keputusannya lama, 4 bulan ) beda ama TTS, krna ber-jangka waktu.
    Bapak2 ato ibu2 juga boleh ikutak kok, tapi umurnya di manipulasi ajha, qiqiqi….

Leave a Reply

