Bacem Tempe Tahu

Dulu pernah baca resepnya di blog NCC. Tapi berhubung gue sotoy, resepnya gue otak-atik sendiri sesuai ketersediaan bahan. Jadi banyak yang di-skip kayak air kelapa gitu. Untunglah rasanya tetep enak hehehe… Oh ya gue biasanya bikin sekaligus banyak buat distok. Maklum, FBB, fans berat bacemπŸ™‚

Anyway, resep ini juga bisa untuk ungkep ati ayam dan bikin ayam bacem. Lebih enak sih emang pake air kelapa, tapi kalo gak ada pake air biasa juga gak apa-apa koq:)

Bacem Tempe Tahu

Bahan:
2 lonjor tempe, potong-potong
2 bungkus tahu putih (yang kotak-kotak kecil)
1 liter air (kalo kurang tambahin ya)
2 buah gula merah, sisir/hancurkan (kira-kira 200 gram lah)
5 buah bawang merah, haluskan
4 buah bawang putih, haluskan
2-3 sdm ketumbar, haluskan (lebih enak sih gak halus-halus banget)
2-3 lembar daun salam
3-5 sdm air asam jawa

Cara membuat:
– Campur air, gula dan bumbu-bumbu hingga rata. Masukkan tempe dan tahu.
– Masak hingga bumbu dan gula meresap. Angkat, tiriskan.
– Goreng hingga kecokelatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s