Akibat Kurang Kece

Kayaknya berkali-kali ya gue pernah nulis postingan bahwa meski ceriwis dan keliatan easy going, gue aselinya itu nggak pede. Yaabes, udah nggak kece, nggak pinter dan nggak tajir, mau pede apaan dong?

Nah pas kenalan sama dunia maya di tahun 1999-2000, gue mau sok-sokan begaya dong ah. Namapun dunia maya, people don’t have to know how I look like in real life, right? Jadi bisa pura-pura kece or keren gitu.

Bikin email yahoo pertama kali, langsung nyari-nyari user name yang kira-kira keren banjet. I was mesmerized by the word “vamp”. Menurut gue, kata iniย super keren, seksi dan misterius gitu. Aslinya, menurut Urban Dictionary, vamp means:

  1. A femme fatale character in movies or books. The character is a woman who, while not necessarily attractive, has a certain allure (usually this striking, exotic, overtly sexy glamour), and is usually a heartless, man-eating seductress.
  2. Seductive Woman, a woman who uses her sexual attractiveness for the seduction and manipulation of others;
  3. A beautiful and seductive woman who uses her sensuality to entrap and exploit men.

Manstap kan joo??

Begitu kata itu digabung sama nama gue, jadilah vamp_ira. Eh ndilalahnya udah ada yang pake dong. Ya udah jadi deh digabung sama nama panjang. Hasilnya, sampe sekarang selalu ditanya “Mbak penggemar vampir ya?” -__-

Worse thing happened when Twilight The Series became a big hit. Dituduh penggemar Edward Cullen dkk dah gue. Woi, ini alamat email udah gue bikin jauuhh sebelum novelnya ada tauuukkk.. Lagian, aselinya gue malah gak ngefans samsek sama film ini. Abis pucet-pucet sih, kebanyakan foundation semua *maap lho fans Twilight*

Nama vamp_ira sendiri akhirnya cuma dipake buat id ceting gue di berbagai forum ceting2an. Maklum baru kenal sama internet dan ceting, gretong pula di kantor. Jadilah gue yang kerja sambil kuliah rela pulang malem demi ceting-ceting bergembira. Tugas kuliah punย dapet C mulu. Kalo kerjaan gak berani seadanya soale kan digaji๐Ÿ˜€

Pake nama itu, wuih banyak banget yang ngajak gue ceting. Semuanya cowok yang rata-rata pada penasaran karena kesannya ya itu tadi. Unik dan misterius. Awalnya gue layanin semua (tsah laris nih ye), tapi lama-lama gue jadi selektif. Cuma beberapa lawan bicara yang asik dan langganan aja yang gue tanggapi.

Ada satu malah yang sampe jadi temen in real life. Kita beberapa kali ketemuan, sering ceting seru tapi nggak ada fling apa-apa. Beneran jadi temen doang karena menurut gue, we share the same interest and humor. Jadi ngobrolin apapun selalu nyambung. Sekarang setelah sama-sama merit, udah lose contact deh๐Ÿ˜ฆ

Di ceting internasional apaan gitu, gue banyak dapet temen ceting bulai. Ada yang biasa aja, tapi rata-rata sih pervert. Berhubung gue suka risih sama yang gituan (lah kemarin nulis postingan Magic Mike itu kurang pervert apah?), biasanya gue end chat aja. Males.

Pas mulai friendster nongol, gue rada ogah pake user name nama asli. Abisan nama gue kan dari huruf I, pasti gak nongol di halaman pertama or terakhir. Sementara orang biasanya ngeliat friend di halaman pertama atau justru terakhir. Iseng lah gue pake username vamp Ira (gosh, this is so embarassing).

Gak ngefek apa-apa sih, cuma sering diajakin kenalan sama friend of friend gue aja. Mungkin karena kesan seksi dan misterius kali ya. Padahal di profpic gue pake foto gue yang aseli, bukannya foto Angelina Sondakh Jolie. Mereka mungkin ngarep gue in real life se-seductive username gue kali ya, gak secupu di poto ahahaha..

In May 2007, when I searched the web for something related to an article, I stumbled upon a fashion and beauty website called Fashionese Daily. Baca-baca forumnya, eh menarik. Mau join, gue gak pede karena koq kayaknya member FD high profile semua. Buat boost pede, langsung deh pertama-tama yang gue pikirin, username apa ya yang bakal gue pake?

Mau pake vamp_ira lagi koq kayaknya zzzz banget. Ini kan isinya cewek semua. Masa pake nama itu lagi? Moreover, at the same time, I used the nickname on a wedding prep website. Jadi mau yang beda gitu.

Utak-atik nama, gue keingetan sama kata “irresistible”. Nah kayaknya lucu tuh gue jadiin “irasistible”. Voila, jadi deh username gue di FD. Pas gue bikin multiply pun, gue tetep pake username itu.

Masalah baru timbul pas gue mau mainan twitter. Gue pengennya sih pake username yang tadi aja supaya gak ribet. Ealah, pas register, udah ada dong yang pake “irasistible”. Padahal pas dicek TL-nya, kosong melompong aja gitu.ย Cih, pengen gue santet aja deh sampe bisulan!

Setelah diotak-atik, gue memutuskan nambahin huruf “R” aja di username FD gue untuk username twitter. Dan jadilah username tersebut sampe sekarang. Pas kesengsem buat bikin blog pun, gue memutuskan pake username twitter buat blog ini. Abisan mau pake nama blog “keluarga anu”, atau “ibunya Nadira”, blog gue ini gak ada keibuannya samsek. Mokal aing๐Ÿ˜›

Lumejen deh, banyak yang ketipu sampe sekarang karena nyangka I’m really that irresistible. Padahal aselinya mah, bikin lusebel kali hihihi.. *kriuk garing*

Anyway, that’s my behind-the-name story. What’s yours?๐Ÿ™‚

*picture’s taken from here *

36 thoughts on “Akibat Kurang Kece

  1. Jadi inget, waktu awal2 kita pada main twitter mak… Rata2 ngefollow emak2 milis mpasirumahan kan, trus gw inget bgt ada yg tanya, “oohh ini ira yang vampira astuti ya?”gara-gara liat nama email lo, LOL๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    • Bwahahahaha.. Akuh jadi malyuuu… Paling tengsin kalo urusan kerjaan trus email kantor gue lg ngadat. Terpaksa deh gue suruh narsum email ke email pribadi. Maluuu bener kasitaunya๐Ÿ˜†

  2. beuhh panjang ya mak sejarahnya, gw pun akibat muka kurang kece dan nama gak menjual jadi sering mikir banget kalo bikin nick name atau email, akhirnya setelah dipersunting bapak irham jadilah saya mrs.irham dimana-mana.

    jadi kepikiran bikin nick name yang seductive nih, mpok_nori atau mpok_omas mungkin?! *krikkk*

  3. xixixiii, jaman ceting msh ASL PLS ya mak,,
    fyi *ga penting* nickname gw disini nama aseli looh, walopun itu cuma sebagian dari nama lengkap gw๐Ÿ˜€ (yang sama ama nickname bokap gw)
    tapi dari esempe ampe kul gw dipanggil begitu, pas kerja ga mungkin dong pake nama preman, akhirnya terpaksa gw balik pake nama jaman esde deui..
    so kalo lo liat avatar yg sama dengan nickname berbeda di komen blog emak2 yg lain,, that’s me:P

    • Yoii.. ASL Pls, dan awal2nya gue sangka jujur kacang ijo gitu semua orang jawabnya. Ternyata setelah liat temen gue yg lain, umur 30, ngaku 25, bahkan 17, baru sadar banyakan bokisnya. Kampreett๐Ÿ˜€

      Haha noted deh kalo begitu, Jeng Al. Kakaknya El dan Dul ya?๐Ÿ˜€

  4. yaaaah…. username gue di mana-mana ya tje2p dah… gak kreatif dan serasa alay banget yee padahal biar gak panjang aja nulisnya…lagian klo tjetjep kan kurang catchy *halah* dulu sih, gw panggilannya banyak, ada ucok, bago, tweety, dan cecep. Akhirnya gw pilih si cecep krn kecengan saat itu panggilannya atun *astaga, ntar ada yg ngefans dia di meri gw jd ketauan dah* hahahaha jadi biasalah, anak muda…suka sok masang2in, tje2p & atun, lucu kan, mana laki mana perempuan…. hahahaha
    pas jaman twitter, gw udah mulai pake nama sendiri, karena blog, fs, fb semua juga nama sendiri jadi kagak sembunyi2 lagi… payah deh…kagak misterius

    • Kenapa gak tweety sih Tjep? Kan jadi lebih imut dan (kesannya) ngegemesin, hihihi.. Lo tuh pembohongan publik banget deh pake username Tje2p. Padahal aslinya kalo ngomong masih rada medok jawirnya๐Ÿ˜†

      Itu koq nickname gebetanlo Atun, kebayang mirip sama Suti Karno ya, zzzz…

      • nah itu, sama2 tepu neik…๐Ÿ˜† si kecengan ini; mesti diluruskan, gue yg ngeceng dese kagak *sedih* aselinya kece be’ut bok..giginya rapi, rambut gondring dikit, tangan lentik… pokona mah kece! ya saat itu sih… hahahaha

      • 80% cowok yg gue kenal dan yg bertangan lentik itu terampil bok…entah menggambar, bermain musik, atau kerajinan lainnya… gue sih, membayangkan tangan itu juga terampil di bidang lainnya sik *hormon mendidih*๐Ÿ˜† klo penari, itu ngetril tangannya…ini lentik ya, bukan ngetril …hihihihi
        kombinasi mematikan, kalau giginya rapih… jadi kalau nyium gak geleuh… hahahaha… betul betul… ini semua hanya fisik & sangat dipengaruhi hormon

      • dodol!๐Ÿ˜† tapi bener kan…nama pun keceng mengeceng…ya pasti fisik dah… coba lo bikin posting, katanya klo laki kan visual, jadi maunya liat yg caem sama seksoi2… sementara klo pere perasaan aja… nah dikate perempewi kagak ape

      • Eymbeerr.. Kalo gak percaya, suruh liat aja postingan-postingan gue yang mejeng foto cowok-cowok ganteng. Kan komennya heboh semua tuh hihihii..๐Ÿ˜†

  5. aku pertama bikin email (thn 2000an) pake nama tyka82. yg gampil aja bo, maklum blm kreatif. dan 82 itu tahun lahir ya, BUKAN BERAT BADAN,.. awas ni kalo ada yg nyangka kek gitu, aku ngambek! *ye GE-ER banget ngana!* Nama tyka82 lanjut terus buat nama blog (di blogspot, taun 2005an), dan twitter (2009). trs pas taun 2008 pindah ke wordpress, pengen ganti nama lain selain tyka82. apa ya? akhirnya karena taun 2008 badanku sudah mulai melebar bar bar bar bar…. ya pakelah nama ndutyke aja๐Ÿ˜› ndutyke yg ndutipul (ndut tapi biutipul, hahahahaha, MAKSA!!)

    • Oohh gitu toh Tyk. Trus emangnya berat badanlo berapa? *digaplok sendal*

      Ih kenapa gak pake username ndutipul aja? Untuk pencitraan yang lebih cihuy gitu, hihihi..๐Ÿ˜€

  6. Ooh….
    Sejujurnya aku pertama kali tau kmu pas baca email di mpasirumahan…
    “ini vampir apa gimana yah….”
    Hampir manggil vampira loh hahahahaha

  7. HAH? Jadi ini semua cuma karena lu MERASA gak keceeee??? Waduh Ra… Inga inga… kecantikan seseorang itu, terkadang bukan kita yang menilai loh… Justru kalo kita ngerasa kita cakep selangit, kita malah jadi narsis, n lama2 jadi songong hahahahah… Kalo kata Cherrybelle kan “You are beautiful 3X kamu cantik 2X dari hatimuuuu…”Huahahaahha…

    Kalo nama gue, ya lu tau lah… aku jadi tak bisa bergossip deh, lantaran nama gue di blog maupun di chat, sama dengan nama asli…

    • Ebuseeettt… Dia nyanyi lagu Cherrybelle dimari. HOAHAHAHAHA!!!๐Ÿ˜†

      Btw itu lagu favorit anak gue Le๐Ÿ˜›

      Iya kamyu username dimana-mana pake nama asli ya? Gak seru ah๐Ÿ˜€

  8. pake user name @santi_up ato santi_up@blablabla mamak ira.. kecuali imel (sok) resmi.
    buat nama itu pas lagi sukaaaa benjet sama lagunya shania twain yg up! ituh.. karena kesannya bersemangat dan cheerful gitu ya kayak akik *muntah kelabang*, jadi ya disambung-sambungin sm nama sendiri. jadi deh santi_up๐Ÿ˜€.
    btw, gara2 imel santi_up ini akik pernah dapet kerja mak di salah satu pma korea. kata hrd-nya, dari imel keliatan kalo gue itu orangnya optimis gitu maaaak. ga taunya, ya gitu deh๐Ÿ˜€

    • Iihh ya ampun, eksis banget sih kisah sukseslo. Gue baru tau lho kalo alamat email ngaruh saat apply kerja. Kalo gue yang ngelamar, mungkin langsung di-reject kali karena khawatir nerima alay macem eikeh hihihi..๐Ÿ˜›

  9. Kayak lo aja dibilang ga kece apalagi gue zzz bodo amat dibilang berlebihan tapi menurut gue, lo kece Raa!!! Maksudnya kadang iri pengen ih jadi kayak ira bwakakakaa :))

  10. ga ada yang lebih keren dari bagian ‘mbak penggemar vampir ya?’ ahakakakakakak…tapi mba, itu masi jauh lebih keren ketimbang imel saya yang bunyinya ‘si_gue_euy’, ga kece-kece acan lahir batin -.-‘,,sekarang udah tobat nasuha, biasanya kalo ada apa-apa masukin nama asli๐Ÿ™‚

    • Dan yang komen itu nggak cuma temen lho, tapi juga narsum, sampe call center kartu kredit -__-

      Bahahahaha.. Itu alamat emailnya cihuy banget๐Ÿ˜† Eh jadi inget temen kantor gue yang emailnya “ganteng sejak kecil”. Trus kita bully mulu karena orangnya gak ganteng samsek, hihihi.. Bagusnya punya alamat email aneh-aneh kayak gitu, jadi gampang diinget ya bok. Bener-bener irresistible deh๐Ÿ˜€

  11. Xixixixi…..ciri khas anak muda yg lagi bergejolak dan mencari jati diri….yaitu tadi dengan cari nickname2 yang seakan2 memproyeksikan diri sendiri hahahaha……
    Tapi aku suka nick ‘irrasistible’ kreatif aja gitu….kaya temen gw namanya imel….nick dia…imelicious..dipas2in tapi paaassss bangeeetttt……
    Kalo gw dari kapan taun selalu pede pake nama komplit (pede apa ga kreatip sik….) sekali tok pas smp bikin email pake maroon_veil gara2 suka banget sama kerudung nyokap warna merah maroon.
    Hanya saja semua temen, keluarga gw ga ad yg manggil nama gw sebenernya…jadilah itu gw pake jadi nickname gw…which is gak ada indah2nya….masak ‘lindhut’ coba hahahaha…..
    Dulu gw kerempeng, tapi dipanggil lindhut….gw protes….kerempeng kok dipanggil lindhut (linda gendhut) tar gw gendut beneran loohhh…..trus dibilangin gini…bukan linda gendhut kali…tapi linda dangdut….alahh lebih parah….
    Tapi beneran…sekarang gw gendut nih….aseeeemmm…..

    • Iya sih kreatif, tapi kesannya maksa banget. Pengen bener dibilang irresistible sampe dipleset-plesetin ke nama sendiri. Macam Srimulat aja mainnya plesetan๐Ÿ˜›

      Sekarang coba lo ganti jadi nama Linsing alias Linda langsing. Sapa tau beneran bisa langsing hihihi..๐Ÿ˜€

  12. klo gue awalnya pas pindah ke benua kangguru ini, dikasi nickname dr temen gue yg males manggil nama asli karna dia bilang “manggil nama lo ribet ah” *sial* hahahahah.. so there it was, from sherly to cheli (kebetulan disini ada yg nama panggilannya sama) and ended up with ochel๐Ÿ˜€

    • Itu temenlo orang bule juga Chel? Padahal kan nama Sherly lumayan common ya di diksinya bahasa Inggris (Shirley Mcclaine, Shirley Temple).

      Tapi Ochel juga cute koq. Kesannya ABG bener๐Ÿ˜€

  13. panggilanku banyak. Standarnya Lia. Klo yang udah tau karakter gue, pasti setuju sama gelar yang dikasi temen2 kuliah : Odong. Oh iya,selama 27 tahun idup gw, benci sama nama sri yang mejeng di depan nama gw yang cuman 2 kata ituh -____-. Tapi gegara benci akhirnya skrg berbalik. Hampir semua orang di kantor manggil gue Sri. Ya nasib. Walopun akhirnya gw bisa nrimo dengan panggilan Sri dan mulai enjoy. Sekarang u can call me, Jeng Sri *kedip genit*

Leave a Reply

