Londan Calls

Buat yang kenal gue IRL, pasti tau betapa cintanya gue sama makanan berupa lontong/ketupat sayur. Tiap Lebaran, diet gue yg sakseis selama bulan puasa pasti berantakan. Gimana nggak? Wong gue bisa makan ketupat dkk sehari 4x bahkan lebih hehehe..

*Ketupat+sayur godog+semur daging+sambel goreng kentang ati udang, khas Lebaran*

Waktu kuliah, temen-temen gue udah pada bete liat menu lunch gue. Soale yang gue pilih most of the time adalah lontong sayur, dengan sambel+kerupuk yang buanyaakk.. Trademark gue sebagai si pecinta lonsay pun masih kebawa sampe sekarang. Jadi tiap kita ketemuan dan gue makan lonsay, mereka pasti langsung teriak “Oh Ira, not agaiiinnn..” Hihihi..

Gue suka semua jenis lonsay. Dari jenis Betawi, Padang sampe Abang-abang liwat. Lately, gue cukup terobsesi sama lonsay dari Medan, yang biasanya gue sebut londan (lontong Medan).

Ini semua gara-gara suatu hari gue+hubby makan di Red Pepper Plaza Indonesia. Hubby pilih makan londan sementara gue pilih makanan lain. Ealah, ternyata endeus berat bok itu londan. Gue sampe nyesel banget-nget karena keburu pesen menu makanan yang lain. Isi londan di sini lebih meriah daripada lonsay biasa.

Sayurnya 2 jenis, lodeh dan tauco yang dicampur sama lontong di piring. Trus ada kering kentang, teri+kacang kering balado, telur balado, ayam, rendang dan kerupuk. Porsi di Red Pepper ini gede banget, dengan harga around 35rb. Jadi IMHO, cukup worth the price lah.

*kurang ciamik ya fotonya, maklum gelap lokasinya euy*

Tiap ke Plaza Indonesia, gue pasti gak bisa beralih dari londan Red Pepper. Padahal lokasi Red Pepper kan ketlisut di basement gitu ya. Tapi demi londan endeus, gue jabanin dah.

Abis itu, gue dan hubby terobsesi sendiri cari alternatif londan lainnya. Pernah dikasih rekomen sama @emakayska, sebuah resto masakan Medan di Kelapa Gading. Karena petunjuk yang kurang jelas, kita ended up di sebuah resto yang gue lupa namanya. Londannya so-so, masih lebih juara londan Red Pepper. Yang enak malah ayam gorengnya. Dari ayam kampung, Nadira doyaann banget.

Lalu kita cobain londan Warung Mamak di sebelah Pasar PSPT karena tiap pagi sering lewat situ. Lumayan enak sih, tapi porsinyaaa.. Alamakjan, kecil banget! Laki gue sang owner perut karung pun langsung nginyem karena gak ngerasa kenyang samsek. Harganya around 15rb-an ya cmiiw, gue lupa. Kalo kata hubby, masih oke-an londan Red Pepper karena lengkap, enak dan yang penting, porsi kuli, hehehe..

Semalem, kita nyobain londan di Kalimalang, lokasinya antara Taman Kuliner dan Polsek Duren Sawit, Rawa Domba. Sebelumnya kita emang sering lewat sini. Tapi gue underestimate karena plang-nya “Abah Gurame dan Lontong Medan.” Menurut gue, inkonsisten amat sih. Abah Gurame = Sunda, Lontong Medan = Medan. Gak suka aja dicampur-campur gitu #sikap.

Tapi karena penasaran, akhirnya kita cobain juga. Astagaahh.. Ternyata endeus berat! Rasanya otentik, pake rimbang (semacam leunca khas masakan Medan) segala bok. Cuma sayang semalem gue gak dapet ayam goreng. Jadi gue cuma makan pake telor aja. Harganya? Lonsay Medan+telor 12rb. Kalo pake ayam/rendang 16rb. Porsinya juga oke koq, mengenyangkan. Dan pastinya, pedes cyin.

Setelah gue ngetwit, ternyata @hildayie bilang, owner londan Kalimalang itu adalah temen suaminya yang asli Medan. Jadi cabang londan di Medan gitu deh. Hoo.. No wonder rasanya endeus. Dan di sini ada lupis Medan segala lho. Tambah penasaran deh gue *elap iler*

Hepi banget euy dapet londan oke dan cuma sepelemparan kolor dari rumah. Niat nyobain londan ala Kak Ani di Kemang pun luntur. Apalagi denger kabar, di Kedai Kak Ani harganya ngujubileh mahal. Ah mending di londan andalan aja aahhh..

53 thoughts on “Londan Calls

  1. Separo bersyukur separo nyesel buka postingan ini. Bersyukur ga ada potonya. Tapi nyesel jg krn gw tetep ngences berat pan jadinyaaa. Mana lontong sayur ala palembang sini kurang cihuy di lidah gw yang lebih suka ‘kekentalan’ lonsay ala betawi, padang & medan… *maap yg org asli palembang, no offense yaa :D*

    Kudu di inget2 ini nanti kalo mudik jakarta, musti nyoba rekomendasi ira *dadah2 sama timbangan*

    • Ish, sekarang udah ada potonya dong. Meski cupu, tapi cukup ngangenin kan?๐Ÿ˜€

      Lonsay ala Palembang pake santen gak sih Hen? Gue sih belum pernah nyobain ya. Btw abis ini gue mau review bakso nih. Siap-siap ember yaakk๐Ÿ˜€

  2. Mak, Red Pepper PI lagi ditutup renovasi ganti merek euy.
    Mau kasih info klo mampir ke Bogor, di Jalan Pajajaran depan TK Akbar menuju ke Warung Jambu, ada Londan tendaan yang lumayan lah, tapi porsi kecil banget. Mgkn klo porsinya diperbesar bisa gw kasih bintang plus plus hihihihi. Klo Kak Ani gw sudah coba, gak se-endeus harapan gw, gw ngerasa kurang kental gitu.
    Dulu zaman kampanye gw pernah sembari nongkrong di depan sekolah, ada abang-abang jualan lonsay, eh ditambah kuah semacam oncom gitu. OMG enak banget Mak. smp skrg gw gak nemu lagi itu abang yg lewat huhuhuhuhu…

    • Oh ya? Thanks for the info ya Mak. Kemarin gue kasitau laki gue, dia sedih banget karena lagi kabita berat pengen makan londan di Red Pepper.

      Itu londan rekomendasilo gue catet juga ah. Gue cukup sering ke Bogor sih, meski cuma numpang liwat karena mau nyekar ke makam FIL di Parung.

      Btw itu koq deskripsi lonsay pake oncom bikin ngences yee.. Aaaahhh… *elap iler*

  3. mbaa,pernah cobain lontong medan di food court kaki lima dadakan tiap sabtu dan minggu pagi depan komplek bougenville caman kalimalang ga?enyaaaak jg :)))

  4. emang enakan lontong drpd nasi ya.aq juga lebih suka lontong๐Ÿ˜€
    dan katanya ga bikin gemuk krn mengandung lbh banyak air tapiii jadinya cepet laper lagi hahaha

  5. Londan belom pernah nyoba tuh.. tapi emang, segala perlontongsayuran itu lebih menggoda daripada kalo siang2 musti pusing mau maksi apaan… tapi kalo di Bandung sih seringnya makan lontong kari… susah nyari lontong sayur yang bener2 enak…. kangen deh ama bekasi๐Ÿ˜ฆ

    selain lontong sayur + kari udah pernah nyoba lontong padang jeng? Tapi ya santenan banget sih… cuma enyaaaaaaaaakkk… sulit memang kalo udah soal makanan enak ituh๐Ÿ˜

    • Lontong kari juga enak yaa.. Pertama makan di daerah Sarijadi situ, deket kampus Maranatha. Cuma warung biasa, capcipcup, tapi astagah enak bangeett.. Abis itu makan di warung2 deket Gedung Sate juga enak. Nah pas ke Bandung beberapa bulan lalu, nyobain Lontong Kari terkenal. Eh malah menurutku rasanya kemanisan+kuahnya kental banget๐Ÿ˜ฆ

      Lontong Padang mah endeus. Pedes pula *slurpt*

  6. sekilas liat judul, tak pikir London Calls…. apakah mamak Ira mau pindah ke London yah? trus buka postingan termenung sebentar…. Londan, apakah itu??
    dibaca terus jadi telan ludah tiap paragraf……
    ampunnnnn aku belum maksi…. tolong….. dimanakah makanan menggoda itu disekitar kantor yah?? telpon 108 bisa gak??๐Ÿ˜†

  7. untung rumah gue deket kalimalang..hihi..gue juga pernah liat plangnya tuh lontong medan tp lom sempet nyoba..kalo kata lo enak bgt, mari qta coba minggu ini..hehe

  8. aku jadi kngeeeeennnnn sarapan lontong medan… emang euy ga terbantahkan enaknyaaa, dulu2 sih pas di pekanbaru jarang2 makan soale pedessss gila, tapi skrg bhubung dsini ga ada yang jual, jadi pngen berattttt

  9. Di Surabaya blm pnh nemu Lontong Sayur. Apalagi Lontong Medan. Yg beken dimari mah TongLap alias Lontong Balap๐Ÿ˜€ buat yg suka petis dan biasanya makan rujak2an doang, ini mah die die must try. Aku baru nemu 1 warung yg searah ama trayek angkotku. Jadi sebulan ini udah 3x makan TongLap๐Ÿ˜› excusenya sih: ya kan banyak kecambahnya….baek buat kesubura, eymmmm….?๐Ÿ˜†

    • Iyaa Lontong Balap juga endeus Tyk. Tapi gue lebih ngefans sama Tahu Telor, karena ada lontongnya juga kan? Kalo Lontong Kupang enak juga gak sih? Penasaran tapi takut gatel-gatel karena gue gak tahu, gue alergi/gak. Itu masalah kecambah cucok banget lho buat alibi makan, hihihi..๐Ÿ˜€

  10. u had to ra…..cobain dulu si warung kak ani…..*lupakan harga sebentar *๐Ÿ™‚ ….ditambah menu lainnya yg menggugah selera *halahhhh bahasanya* ….ketanduren,ketanpisanggoreng, lupis…. ahhh gue jd nelan air liur (siang ini mau ksana ah) …..atau kalau ga rcn kuliner ke medan ra sama papa adi dan nadira.;) ,si asiaudara adaloh dr bdg k medan sekalian wisata indonesia khan …..ayooo ra wihhhhh puas deh makan lonsay medan pagi siang sore dgn harga 7000 sj dan rasanyasetara warung kak ani yg 40 kalau g salah udah sama tax

    • Hahaha.. Aduh ada piarnya Kak Ani๐Ÿ˜€

      Iya gue pengen banget sih Mares ke Kedai Kak Ani. Cuma pengen buktiin, beneran enak or just overhyped. Wiken ini aahh.. Makasih lho racunnya *melirik tajam :P*

  11. HADOOOOH! apa-apaan ini? gue baca pagi-pagi jadi ngeces. udah empat bulan tinggal di Jogja belom pernah sekalipun nemu lontong sayur. pengeeen. kayaknya harus nunggu sampe lebaran๐Ÿ˜ฅ

  12. Argh, padahal kemaren ke PI tapi gak baca postingan inih, huhuhuu. Btw, itu si Abah Gurame jg gue sering liat dan gue awalnya sempet under estimate pun sama namanya hihhih. Tapi baiklah mari kita cuba. Buka jam berapa sih bok?

  13. Emang yee.. makan Lonsay itu ngga rugi deh. harga murmer tapi puas+kenyang. Kalo gue seneng bgt tuh ra, makan Lonsay Padang depan PTC. Biar kata pinggir jalan gitu, endeus banget deh. Apalagi dikasih minumnya teh tawar panas. lumayan buat menetralisir mulut kepedesan.

    • PTC atau PGC, Mez? Kalo yang gue tau lonsay padang endeus di samping PGC Cililitan. Rameee bener meski makannya sambil deg-degan khawatir disamber motor or angkot, hihihi..

  14. Iraaaa…
    Gw jadi ngeces lontong sayur Medan loe. Gw paling demen lontong sayur lebaran, padang sama Medan. Gw gak terlalu demen sih Betawi. tapi kalo kepepet (red:laper) ya gw embat juga sih. Hahaha
    Tanggung jawab loe! *geret Hani suruh anterin*

  15. Hadeuhhhh..lontong medan paling enak n lontong padang plg enak bagii gw cm yg didumai..lontong medan gunung baru sm lontong padang gantino..klo gw kesono g prnh absen :p..ayo bu ir ke dumai yuk..icip lontong yg di dumai..endess surendess deh :p

  16. Ira, kamu kalau ke muara karang harus nyoba lontong sayur sinar pagi. I’ve been eating it for 20 years dan rasanya konsisten enak. Seminggu bisa makan 3x :)))

Leave a Reply

