Sop Iga

Sebenernya pengen bikin sop buntut, tapi ngeliat harga buntut di Superindo mahal banget, jadi beralih ke iga yang lebih murah deh hehehe… (#mak irit) Tapi gue pengen bikin sop iganya yang full rempah. Jadi deh nyobain pake resep ala sop buntut yang boleh nyontek di internet.

Trus, biasanya gue bikin iga selalu ngempukkin di panci presto ya. Nah kali ini gue mau mendayagunakan slow cooker aje. Soale gue harus akui, masak pake slow cooker itu hasilnya lebih gurih maksimal karena kaldunya keluar semua. Tapi kalo mau cepet, pake panci presto aja ya. Paling-paling cuma ngabisin waktu 1 jam.

Anyway, here’s the recipe. Menurut gue sih oke lah. Respon paling cihuy datang dari suami yang barusan BBM: “Sopnya wuenaaakkk..” Duh akika GR cyiiinnπŸ˜€

Sop Iga

Bahan-bahan:

500 gram iga (gue pake lebih, sekitar 700 gram gitu)
3-4 buah wortel, iris-iris
2 buah kentang, potong kotak-kotak
Tomat
1,5 – 2 liter air

Bumbu:
Bawang putih (gue pake bawang putih yang udah diparut, sekitar 1 sdm)
Pala (gue pake pala bubuk karena nggak punya yang utuh, sekitar 1 sdt)
Cengkeh (gue pake cengkeh halus karena nggak punya yang utuh, dikiitt aja)
Lada halus (gue pake Β½-1 sdt)
1 ruas jari jahe dikeprek + 1 batang kayu manis
Kaldu jamur Totole (jangan kebolak-balik huruf vokalnya nanti jadi porno hehehe)
Garam secukupnya

Cara membuat:
– Rebus iga sapi dengan air dingin sampai air mendidih. Buang airnya, masukkan iga ke dalam slow cooker.
– Tambahkan air dan bumbu-bumbu. Set slow cooker ke settingan low, masak hingga 8-10 jam.
– 2 jam sebelum sop matang, masukkan sayuran.
– Sajikan sop iga dengan taburan daun seledri, daun bawang dan bawang goreng.

Kalo mau pake panci presto juga bisa. Setelah iga direbus dan dibuang airnya, empukkan iga dalam panci presto selama 30 menit. Setelah itu masak seperti biasa deh. Selamat memasak!πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s