Pepes Telur Asin

Ceritanya, mertua gue baru balik dari Lombok dan bawa oleh-oleh berupa telor asin banyaaakk banget. Katanya sih oke banget kalo diceplok. Tapi lah masa ceplok mulu, bosen pan. Akhirnya gue gugling dan nemu lah resep berikut ini. Maap gak menyertakan link aslinya karena lupis cyin.

Hasilnya, endeus berat. Berhubung gue gak terampil bungkus-bungkus daun pisang, hasilnya belibet. Semalem pas nyoba untuk kedua kali, gue pake mangkuk alumunium foil aja yang dialasi daun pisang. Hasilnya tetep endeus deh. Selamat mencoba!

Pepes Telur Asin

Bahan:
5 butir Telur Asin Mentah
5 lembar Daun Salam
Lengkuas (potong tipis 5 bagian)
Serai (potong 5 bagian putihnya)
Daun Kemangi
Daun Pisang untuk membungkus
Cabe rawit merah (gue ulek bareng sama bumbu halus supaya lebih kecampur)
3 sdm santan kara encerkan dengan 50cc air

Bumbu: (haluskan)
8 butir bawang merah
5 butir bawang putih
2 butir kemiri
1 ruas kunyit
Garam (sedikit aja karena telur dah asin)

Cara Membuat:
– Tumis bumbu halus dengan 1 sdm minyak goreng, masukkan larutan santan, dinginkan.
– Siapkan daun pisang, susun lengkuas, serai, daun salam, pecahkan telur asin, tuang 2 sdm bumbu tumis, cabe rawit merah, terakhir tutup dengan daun kemangi, semat dengan lidi. (atau alasi cup alumunium foil dengan daun pisang lalu taro daun salam, lengkuas, serai, daun kemangi, telur asin, dan bumbu, baru dikukus)
– Kukus hingga matang.
– Bakar sebentar di atas bara api, untuk menghasilkan aroma harum (kalo yang pake cup alfoil gak usah dibakar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s