Gandhi Inspired

Dulu, gue punya banyak cita-cita yang, menurut orang-orang sih, nggak terlalu umum. Di antaranya adalah, gue pengen jadi dokter dan guru. Bukan dokter dan guru biasa, tapi dokter dan guru yang ditempatkan di Papua, pulau-pulau terpencil, Kalimantan, Sulawesi, daerah perbatasan, pokoknya daerah yang kekurangan lah.

Gara-garanya gue hobi baca Bobo dan nonton film dokumenter dan sedih sendiri liatin anak-anak di pedalaman yang susah sekolah. Tambahan lagi, waktu SD, gue pernah nonton sinetron Di Timur Matahari (yang main Cok Simbara, cmiiw) di TVRI, tentang seorang napi yang kabur ke pedalaman. Di sana ia justru jadi guru yang dihormati orang.

It was really touching and inspiring. Bukan, gue gak mau jadi napi koq *ih amit-amit* Tapi dari situ gue bisa liat, profesi guru di pedalaman itu sangat dihormati. Sampe saat si Cok Simbara ditahan polisi, murid-muridnya nangis karena mereka kehilangan satu-satunya guru yang mau mengajar di situ.

Yah tapi berhubung eikeh gak berani bedah kodok pas praktikum biologi dan kebeles pipit tiap ngomong di depan umum, bubar jalan banget deh kedua cita-cita tersebut. Bonyok pun tersenyum gembira karena mereka emang gak pernah merestui keinginan gue. Lah gimana merestui gue ke pedalaman? Wong kuliah aja gue kudu di Jakarta. Zzzz..

Karena dari lahir tinggal di Jakarta, gue pun “haus” dunia luar. Maksudnya, gue pengen liat kondisi pedalaman Indonesia kayak di film-film yang pernah gue tonton dulu. Kesempatan itu baru datang setelah jadi jurnalis di surat kabar yang gue jalani sejak 2002. Ya nggak ke pedalaman-pedalaman banget sih. Baru nyampe Merauke doang koq.

There was me, young, free-spirited, workaholic and ready to conquer the world (yah minimal conquer kecamatan lah). I remember those days vividly. And I still miss them most of the times.

Makanya kemarin saat berita tragedi Sukhoi datang, gue sempat terhenyak. Air mata gue merebak saat gue baca soal jurnalis Trans TV, Ismie, yang jadi korban. Ironically, this is her first experience, tugas meliput naik pesawat terbang.

Gosh, I feel so related to her. Tau gak sih, pengalaman pertama gue naik pesawat ya gara-gara jadi wartawan. Maklum kere, jadi ora mampu beli tiket pesawat sendiri.

Gue ngerti banget deh perasaan jurnalis muda seusia dia. Semangat kerja masih menggebu-gebu. Apalagi jadi jurnalis berita itu rasanya lebih heroik ketimbang jurnalis bidang lain (sori gak bermaksud gimana, tapi ini murni pengalaman pribadi yang sering ngeliput di dunia lifestyle+hiburan, jadi suka di-underestimate yang lain). Harus bersusah payah ngejar narsum, ngeliput ke sana kemari sampe susah mandi, makan dan tidur. Apalagi ketika berada di tengah daerah konflik. Begitu selesai tugas, bangga dan puasnya luar binasa. Meski belum mandi 2 hari 2 malem dan pegel dimana-mana *tempel koyo*

Uniknya, selain bisa relate ke Ismie, gue juga bisa relate ke ortunya Ismie. Mungkin bawaan sekarang udah jadi emak-emak ya. Apa-apa yang diinget anak mulu. Langsung deh kepikiran (dan sampe gue twit) “Duh Nadira, kamu jangan jadi wartawan ya kalo udah gede. Hati Ibu kayaknya nggak sekuat hati Enin dan Engkung yang mengizinkan Ibu jadi wartawan dulu.”

Tapi, setelah itu gue pikir-pikir lagi. Anak itu adalah titipan Tuhan. Mau sekarang, besok atau 30 tahun lagi, kalo dia diambil pemilik aslinya, what can I do, then? Jadi, selama dia masih ada di sini, lebih baik gue didik dia the best I can do. Sukur-sukur dia bisa membantu orang lain yang tak seberuntung dia, dan memberikan inspirasi serta harapan bagi yang lain.

So, sekarang ini gue lagi menata hati supaya siap kalo-kalo suatu hari nanti Nadira dateng dan bilang “Bu, Mbak Dira mau jadi dokter di Yahukimo* ya.” Gue harus bisa bersyukur bahwa anak gue mau jadi seorang yang humanis, ketimbang dia jadi anak yang nyusahin, bukan?

So honey, if you want to live out my dream to be a doctor or teacher in remote areas, I will support you with all my heart. Remember what Gandhi said, dear: ““Be the change that you wish to see in the world.”

*aduh nulisnya mewek beneran :’)*

*info tentang Yahukimo bisa di liat di sini. Oh ya kabupaten ini pernah dilanda bencana kelaparan pada 2009 yang menewaskan ratusan orang.

22 thoughts on “Gandhi Inspired

  1. Mulia bgt mereka yg aslinya orang kota, biasanya air ama listrik lancar….. Lalu akhirnya terbang ke pedalaman yg listriknya aja boro2 dijatah, kabel PLNnya aja barangkali blom nyampe kesono…. Salut….!

  2. Kalo ngomong tentang pedalaman… jadi inget laskar pelangi… yang pas lintang harus putus sekolah… aq nangis sampai sesenggukan lamaaa banget…
    dannn tiap kali baca laskar pelangi… perasaan tiap bab itu… nangiiss mulu… apa aq yang lebay ya :D…

  3. Sama deh Ra, nyokap gue juga dulu ga rela gue merantau jauh jauh hihihi tapi percaya aja pasti Tuhan ngejaga Nadira dimanapun dia berada😀

    • Amiiinn… Iya nih, gue suka ngerasa hidup gue terlalu “safe”. Lahir dan besar di Jakarta, dapet suami juga anak Jakarta. Padahal gue pengen lho sekali2 jadi anak perantauan gitu. Tapi kudunya gue grateful ya, semua baik2 aja sampe sekarang, hehehe..

  4. Dulu aku suka sedih kalo bahas ini sama suamiku (waktu itu msh calon). Lha si Mas maunya tar klo pny anak bs jd dokter hebat tp kerjanya hrs di daerah tertinggal, hrs make seluruh kemampuannya buat org yg tdk beruntung. Haduhh…aku lgsg mewek g rela mak…

    Skr sih aku msh blm pny anak, tp sudah mulai belajar rela kalo suatu saat memang hrs melepas anak ke daerah terpencil demi nolong org. Soalnya skr makin susah nyari orang yg melakukan sesuatu bkn demi uang😦

    • Nah kemarin gue kan diskusiin sama laki gue ya Mak. Dia bilang sih oke-oke aja kalo kelak Nadira kerja di pedalaman dll. Tapi syaratnya, gue disuruh nemenin Nadira ke sono. Katanya “Biarin deh aku di Jakarta sendiri, yang penting Nadira ada yang ngurusin.”

      Laahhh gimana itu anak bisa mandiri kalo udah jadi dokter/guru di pedalaman tetep dibuntutin emaknya? Zzzz…

  5. Aku tau sinetron itu… Yg pas pak gurunya dibawa naek perahu kan mbak? Trus muridnya manggil, pak guruuuuuuuuuuu…. *aku ikutan mewek pas bag itu*

    Tentang sukhoi, duh, itu berita bikin ibuku sdih mbak, semoga keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan..

    >_<

    • Iya beneerr.. Inget deh waktu sinetron ini ditayangkan, gue masih kecil dan mewek sampe ileran saking sedihnya..

      Dua orang korban Sukhoi itu tetangga nyokap gue bok. Sedih banget deh, adik kakak dan sama-sama punya anak kecil-kecil😦

  6. yup..gue juga setuju ra..sebisa mungkin gue didik Nara sebaik2nya..and then she can be whatever she wanna be as long as she’s happy..dulu kalo inget gue mau ikutan pengenalan alam pas SMA aja dicemberutin emak gue seminggu..pdhl uda SMA book..rame2 n ada gurunya pula..tapi gue tetep pegi siy dan gue happy..hehe

    • Hahaha.. Gue dulu ikut LDKS, Paskibra, dll dibolehin sih sama emak gue, Both. Nah gue takut banget, gue nggak bisa jadi seasik emak bapak gue dulu, yang ngebolehin gue ikut macem-macem kegiatan. Makanya gue tulis ini as a reminder for myself🙂

      • hehe iya pas pengenalan alam itu ke gunung naik tronton..tp gunungnya juga bukan gunung yg medannya berat gtu..namanya juga anak SMA yah..khan seru tuh di gunung sambil ngecengin cowo2..*lohh* *salah fokus* :p

  7. iraaa itu gw banget dulu.
    bercita2 luhur ingin mengabdi ke pedalaman.

    taoi begitu kenal cicilan kartu kredit n cicilan mobil,
    buyar deh…
    sekarang mengabdinya ke yg ngasih gaji dollar.
    hahahaha guru matre.

    eh tp someday masih pengen kok ke pedalaman kalimantan n bikin sekolah di sana.
    aminnn….

    • Hahaha.. Idem! Makanya supaya Nadira bener-bener bisa berpikiran lurus seperti kita di masa muda, jangan dikenalin sama segala mobil, tas, dll kali ya bok😛

      Doa-lo ikut gue aminin ya. Mudah-mudahan begitu kita udah mapan, kita bisa ada waktu, tenaga dan uang untuk mewujudkan cita-cita di masa lalu ya Ty🙂

  8. dulu cita-cita abis jad dokter mau PTT tapi ternyata udah punya anak, mana sanggup ninggalin anak buat PTT atau bawa anak ke tempat PTT jadilah impian itu agak dihapuskan. padahal pengen banget ngabdi di daerah terpencil. mudah-muadahan suatu hari nanti masih bisa yah

    • Iya Res, rata-rata kalo perempuan ribet gara-gara urusan keluarga kayaklo gitu. Either berat ke anak atau suami yang gak kasih izin. Tapi di Jakarta juga bisa koq, bikin aja klinik cuma-cuma gitu ke anak jalanan or masyarakat kurang mampu *just my 2 cents :)*

  9. takjub…sedih *teringat musibah sukhoi* terharu…ama cita cita lo ra…meng aamiin kan doamu buat nadira🙂 , gue ama suami pengennya anak anak jadi dokter aja *aamiin, semoga terkabul* kata suami gue tiap kali ke anak anak…jadi dokter yg sholeh dan sholehah yaa (tau kan maksudnya…secara skrg bnyk promo2 obat gitu yaa…hehehehe) InsyaAllah nanti pahalanya banyak, berkahnya juga banyak, harus diniatin utk nolong orang…hehehe…tp klo ke pedalaman…kayaknya hati kecilku belum ampe ke sana…hikkss…*mamak parno tea😦 *

    baidewei ra…itu miris dan sedih banget buka dan baca link ttg yahukimo…😦

    • Nah itu kan cita-cita waktu lugu dan naif Mak. Belum kenal dunia yang matre ini hehehe.. Mudah-mudahan gue bisa ngumpulin duit buat Nadira, jadi dia gak usah pusing ngurusin dunia matre. Tinggal berdedikasi aja ke humanity🙂

      Iya Yakuhimo itu sedih banget. Dulu pernah bencana kelaparan sampe ratusan orang. Gue jadi feel guilty deh kalo makan gak diabisin😦

  10. Pingback: Sekolah itu butuh niat (part 1) « CogitoErgoSum

  11. Pingback: Harus Banyak Bersyukur « Dody

Leave a Reply

