Guru Idola

*jreennggg* Saya kembali lagi Kakaak..

Produktif amat yak, ngeblog mulu kerjaannya. Tau nih gara-gara kecapekan koq malah inspirasi meluap-luap buat ditulis dimari. *alasan padahal magabut*

Anyway, kali ini gue mau iseng nulis tentang guru. IMHO, pekerjaan guru adalah salah satu pekerjaan yang paliiinggg mulia. Soalnya kan guru itu delivering knowledge dari generasi ke generasi ya. Dan ilmu itu gak akan putus amalannya. Makanya kalo di agama gue, guru itu salah satu pekerjaan yang paling rewarding in terms of banyak pahalanya. Ih bahagia banget deh my fellow teacher friends🙂

Dan gue menyadari banget, diri gue saat ini juga dibentuk oleh guru-guru sekolah gue di masa lalu. Waktu SMP, gue punya guru Bahasa Inggris yang enaak banget cara ngajarnya. Beliau lah yang bikin pelajaran bahasa Inggris terus jadi mata pelajaran favorit gue sampe akhirnya pas UMPTN, gue masupin jurusan Bahasa Inggris sebagai salah satu jurusan yang gue pilih.

Pas SMA, gue punya guru Kimia yang enaakk banget ngajarnya. Nilai-nilai gue selalu bagus saat diajar beliau. Gara-gara itu pula, pas UMPTN gue ambil jurusan Kimia dan Teknik Kimia. Sayang gue gak lulus dan justru keterima di Sastra Inggris. Tapi Alhamdulillah sih, karena later on, gue liatin temen-temen gue yang keterima masuk jurusan Kimia dan Teknik Kimia. Terus gue setres sendiri bayangin gue kuliah di tempat mereka😀

Lalu kenapa gue gak jadi guru? Nah itulah. Gue ini kan walaupun keliatannya happy go lucky sebenernya punya confidence issue. Gue gak pede ngomong di depan umum, cuy. Kalopun dipaksa kayak di sini, hasilnya pasti cupu hahaha..

Padahal ya, kalo gue pikir-pikir, jadi guru itu selain berpahala juga bikin otak kita nggak buntu. Kayak jadi guru bahasa Inggris gitu deh. Kan conversation skill kita bakal terus terasah. Coba bandingin sama ikutan les conversation. Mending jadi guru bahasa Inggris kan yang dibayar daripada kursus yang justru bayar?

Gue dulu sebenernya pernah ada keinginan untuk jadi dosen-dosenan. Kan di seluruh fakultas ada pelajaran Bahasa Inggris tuh. Beberapa temen gue ada yang ngajar di berbagai fakultas. Gue sih waktu itu berminat, cuma demi supaya Bahasa Inggris gue kepake aja. Sasaran gue, Fakultas Teknik dan Kedokteran, supaya sekalian ngeceng, hahaha.. *insert muka ganjen di sini* Tapi waktu itu gagal karena gak ada waktu. Kerjaan sehari-hari aja udah ribet, apalagi ditambah jadi dosen-dosenan?

Terus gue pernah nyaris jadi guru LIA dan ILP. Udah lulus segala tes yang segambreng, tapi pas jadwal pendidikan untuk jadi guru, gue gak dateng. Kenapa? Ya itu tadi. Gue gak pede. Gue bisa bayangin diri gue sendiri keringet dingin+kebelet nahan pipis di depan kelas. Trus lidah kelu dan ngomong belepetan saking nervousnya. Hiii.. Daripada fail, mending kabur aja dah *cemen*

Sekarang, keinginan jadi guru/dosen abal-abal masih ada sih, sedikit. Tapi selalu kalah sama kecemenan gue yang takut berdiri di depan kelas ini😛

Selain itu, berdasarkan pengalaman temen gue, guru itu pekerjaan yang melekat pada diri kita 24/7. Persis kayak ulama. Maksudnya, guru itu pekerjaan dengan moral consequences tinggi. Selalu diharapkan memberikan contoh baik, di dalam maupun di luar kelas, di sekolah maupun di kehidupan sehari-hari.  Berhubung gue rada-rada selebor, gue amat sangat yakin bahwa gue akan jadi fail teacher. Boro-boro bisa kasih contoh, wong buat diri sendiri aja suka seenaknya😛

Makanya asli gue kaguum berat sama orang-orang yang memutuskan jadi guru/dosen. Pasti otaknya encer, kepribadiannya oke dan yang pasti, punya kesabaran seluas samudra. Terutama para guru playgroup dan TK yaaa😀

Anyway, pas liat Glee yang ada tokoh Holly Holliday, gue langsung ngerasa “That’s the kinda teacher that I’d like to be!” Keren abis kan? *langsung didemo orang tua murid dan dipecat dari sekolah :D*

 

The teacher who is indeed wise does not bid you to enter the house of his wisdom but rather leads you to the threshold of your mind. ~Khalil Gibran~

 

 

15 thoughts on “Guru Idola

  1. Guru kimia? Bu rini? Hiks sama bu rini nilai gw jeblok..
    Fave gw dulu zaman sma pak kuntadi n pak margono.

    Gw ga cocok bgt jd guru..Waktu smp gw ditugasin nyokap untuk ngajarin ART ngaji. Asliii gw ternyata galak bgt (gw sendiri ga sadar). nah suatu hari nyokap menggantikan gw ngajar ART tsb, besoknya dia minta nyokap gw yg ngajarin dia. Pas nyokap nanya alasannya, dia bilang “neng della serem bu ngajarnya”.
    xixixi sejak itu gw ogah jd guru.

    Mba..coba2 deh jd guru..pasti asik bgt ngajarnya n bs jd favorite anak2..

    • Bukan Del, guru Kimia pas gue kelas 1, namanya Bu Yuli, cmiiw. Pas gue naik kelas 3, dia pensiun. Sebel deh, soalnya she made chemistry just like singing for me. Gampil bener lah. Pas diajarin Bu Rini, nilai gue jeblok parah. Dari rata-rata rapor 9 jadi 6 doang😦

      Hahaha.. Kasian amat itu ART-lo, terintimidasi sama lo yak😀 Gue mau ngajarin anak-anak, tapi takut punya kesabaran ekstra. Wong ngurusin anak sendiri aja pegeel bener rasanya😀

  2. Samaaa deh, gue juga punya cita cita jadi guru teka. Seneng aja liat anak anak berasa awet muda hihihi kalo buat guru sd smp sma mental gue pun ga nyampek yang ada gue kalah sama murid gue sendiri entarannya😀

  3. yang pasti… kalo jadi guru aq itu galak en ga sabaran… terbuktiii ke adek aq… :))… dia sampe bete diajarin aq… qiqiiq

    Ini aja ngajarin anak… walopun udah disabar-sabarin… masih ga sabarannn…. qiqiqi…. tapiii yaa emang harus luarr biasa sabarrrr

    Sebenernya siy… aq naksir banget sama konsep home schooling…ibu sebagai madrasah… ibu yang mengajarkan segala sesuatu ke anak… ahh segala macem ituuu de… cumaaa… mengingat kapasitas diri yang seperti ini… jadiii sadar diri lahhh… aq masih butuh bantuan sekolah untuk bantuin ngajarin anak…

    • Iya Mak, gue juga lagi pening nih bayangin nanti pas Nadira udah sekolah. Sumbu gue kan pendeekk.. Gak sabaran bok hehehe😛

      Nah bener tuh, home schooling dan ibu sbg madrasah emang konsep yang oke. Tapi sama kayaklo, gue gak yakin sama diri sendiri, jadi sadar diri aja lah😀

  4. iyesss ra…gue setuju! love the teacher & you will love the subject…. sayangnya guru-guru jaman kita dulu itu seringnya pada galak-galak. apalagi yang guru-guru IPA. Nggak ngerti deh, kayaknya semakin kita takut sama pelajarannya, mereka semakin seneng.

    Dari dulu yah, urusan IPA nilai gue jeblok mulu. Padahal setelah gue kuliah, gue pikir-pikir lagi, gue nggak bego-bego amat kok sama IPA, apalagi matematika. tapi selama gue SMP-SMA, nilai IPA gue gak lebih dari 6!!! kecuali pas gue kelas 3 SMA & di kelas IPS ada guru matematika cewek yang asli asik banget. by word asik itu BENERAN ASIK. ngajar kayak ngajarin temen, pake elu gue…gile, nilai raport gue langsung naek jauh.

    Sampe sampe yah pas gue kuliah, temen-temen SMP-SMA gue & temen-temen nyokap yang tau nilai matematika gue jeblok mulu sampe heran gue bisa kuliah di 2 jurusan yang 2-2nya isinya matematika terapan & survive.

    Kalo sekarang kayaknya guru-guru udah mulai sadar pentingnya komunikasi 2 arah sama murid & ngebikin murid ngerasa nyaman sama subject yang diajar ya…

    • Banget Lii.. Gue dari SD-kelas 1 SMA ketemu guru Matematika yang okee banget. Makanya nilai Math gue bagus. Eh kelas 2 dan 3 SMA, guru Math gue gak oke. Langsung jeblok seketika😦

      Oh ya gue juga punya kasus serupa sama lo. Pas kuliah tingkat awal, nilai pelajaran prosa dan drama gue ngepas bener. Gue hopeless lah sama 2 pelajaran itu. Nah pas udah tahun-tahun akhir, gue ambil Kritik Sastra, yang merupakan lanjutan dari dua pelajaran tadi. Di sini karena dosen gue oke berat, gue jadi ngerasa gampaaanngg banget. Sampe lulus pun gue akhirnya fokus ke bidang ini, sesuatu yang gak gue bayangkan pas awal-awal belajar prosa dan drama dulu🙂

  5. ortu dua-duanya guru. tante dan oom, guru. sepupu, guru juga. kayanya isi profesi keluarga tuh cuma dua: dagang makanan dan guru.

    rada ga enaknya jadi anak guru, jadi ga bisa bandel. coba ya, mulai TK sampe SMA, adaaa aja guru yang kenal ortuku. eugh….

    • Nah itu derita temen gue juga tuh Maakk.. Kalo dia bandel-bandel dikit, pasti orang-orang bakal komen “gak nyangka ya anaknya Bu X yang guru teladan itu bandel begini.” Atau diaduin deh. Kasimaaann, hahaha..😀

  6. Dulu gw g kepikiran jd guru ra, apalagi dosen..
    Sampe pas ambil program master kmrn gw nemuin dosen2 yg menginspirasi (cielah bahasanya).. Dan membuat gw kangen sekolaaaaah, trs abis itu lgsg bertekad.
    Smp jakarta alhamdulillah kesampean jd dosen, walopun part time skrg..krn lg hamdun g bs full time, tp aku ketagihan…;)
    Rasanya pas ngajar tu ilang semua masalah..plus it’s rasanya tak terdeskripsikan deeeeh klo kt bs inspired even one student to move forward. Jd ayook coba aja, dijamin nagih🙂

    • Iya siihhh.. Tp kecemenanku yg gak berani ngomong di depan umum itu bikin gak berani X_X

      Skrg gue cukup inspiring orang lewat tulisan aja deh (ke-GR-an sendiri kayak ada yg inspired aje hehehe.. :D)

Leave a Reply

