Kodrat Oh Kodrat

Jadi wiken kemarin Mares @resti0510 iseng tuh bikin survei-surveian soal “apakah twitmoms ambilin nasi untuk suami tiap makan?” Kata Mares sih, sekitar 80% emak-emak yang jawab pada bilang iya. Sisanya bilang nggak, including me😀

Terus, pas gue kemukakan alasan gue yang nyerempet-nyerempet perspektif feminisme, @umnad sharing 2 link yang sungguh amat sangat menarik dan langsung di-RT emak-emak dengan judul “Istri itu bukan pembantu”. Ahahaha.. Demen dah emak-emak sadayana kalo didukung untuk leyeh-leyeh dan nyindir suami😀 Oh ya link-nya ini dan ini ya.

Oke jadi seperti janji gue ke Mares, gue korek-korek sedikit teori feminisme yang masih nyangkut di sel-sel kelabu akika. Jadi begini, masyarakat itu sering banget menahbiskan hal ini-itu sebagai kodrat wanita. Mulai dari masak, nyuci, beres-beres rumah, shopping, etc. Semua disebut “Itu kan kodrat perempuan. Bukan laki-laki.” Padahal apa sih artinya kodrat itu?

Menurut situs Kamus Bahasa Indonesia  yang jadi sumber referensi gue tiap hari, kodrat itu artinya sbb:

kodrat  kod.rat
[n] (1) kekuasaan (Tuhan): manusia tidak akan mampu menentang — atas dirinya sbg makhluk hidup; (2) hukum (alam): benih itu tumbuh menurut — nya; (3) sifat asli; sifat bawaan: kita harus bersikap dan bertindak sesuai dng — kita masing-masing
 
Dan jika dikaitkan dengan perempuan, dari sudut pandang feminisme, kodrat perempuan itu cuma tiga, yakni hamil, melahirkan dan menyusui. Why? Because God gives us all the tools.
 
Terus gimana dong dengan yang bilang urusan beres-beres rumah, masak, belanja, urus anak, dll itu sebagai kodrat perempuan? Nah, itu sebenarnya hanyalah norma-norma bentukan masyarakat. Kayak warna pink itu untuk cewek, biru untuk cowok. Semua purely buatan manusia sendiri.
 
Makanya gue paling benci sama orang yang dikit-dikit pake kata “itu kan kodrat perempuan” cuma supaya mendapatkan keuntungan atau nyuruh orang. Misalnya, “Kan kodrat perempuan untuk nyediain minum tiap ada tamu. Kodrat laki-laki mah cuma duduk ngobrol aja.” Eh cuy, situ udah pernah buka kamus belum? Udah pernah belajar etimologi katanya belum? Sotoy amat sih.
 
To be honest, I was raised in family with such values. You know lah, norma-norma dimana semua urusan domestik itu harus dikerjakan perempuan, sementara suami cuma menikmati hasilnya. Walaupun bokap gue juga mau membantu pekerjaan rumtang, tapi nyokap gue membesarkan gue dengan perspektif bahwa, jadi perempuan itu harus menekan ego supaya laki-laki nggak lari. Bahwa jadi perempuan itu harus pintar mengurus keluarga dan rumah tangga. Norma-norma kayak gitu deh.
 
Gak tau dari kecil makan apa, gue kan hobinya mempertanyakan dan meragukan segala sesuatu. Jadi meski dicekoki nilai-nilai patriarki dimana laki-laki itu selalu lebih superior, gue terus menerus mempertanyakan “Kenapa harus gitu? Kenapa gak begini?” Even sebelum bener-bener belajar soal teori-teori feminisme di kelas.
 
Pas menikah, masalah normal-norma patriarki di kehidupan rumah tangga masih terus ada dan susah dihindari. Contohnya yang sehari-hari gini deh. Kalo kami ke tempat nyokap, gue harus selalu menyediakan makanan+minuman untuk suami. Kalo gue ke tempat mertua, the same thing’s also applied to me. Lah padahal kalo menurut gue, pas di tempat mertua kudunya suami dong yang ngelayanin gue. Kan giliran gue udah pas di tempat nyokap. Gimana sih?
 
Untungnya (Jawa bener yak) laki gue gak patriarki-patriarki amat. Urusan makan, doi gak biasa dilayanin. Meski sih kalo diambilin nasi, girangnya luar binasa. Trus kalo ART pada pulang, dia lebih sibet nyuci, beberes dan ngepel. Sementara gue kebagian urus anak, cuci piring dan masak.
 
Pas kemarin gue kasih liat link di atas, dia cengar-cengir aja. Trus bilang “Emang kamu ngerasa aku perlakukan kayak pembantu?”😛
 
Anyway, gue berterima kasih banget sama @umnad yang sharing dua link tadi. Soale gue jadi punya pegangan untuk ngomong soal hak perempuan ke orang-orang yang fanatik dan kolot pandangannya. Buat ngomong ke mereka kan gak kepake deh teorinya Simone de Beauvoiur atau Gloria Steinem. Kudu pake kisah-kisah Nabi gitu😀
 
Padahal selama ini gue lebih sering liat perempuan-perempuan yang ditindas suaminya sendiri, atas nama agama dan ayat-ayat suci. Perempuan yang dilarang ini-itu karena suaminya berpatokan pada ayat tertentu untuk “memenjarakan” istrinya sendiri. Perempuan yang rela makan hati karena suaminya berpoligami atas nama ayat tertentu. Macem-macem deh.
 
Padahal, kalo itu suami-suami paham banget sama ajaran Islam soal memuliakan wanita, dan terutama istri, boro-boro dah bisa kuat poligami. Wong punya istri 1 aja repotnya setengah mati. Gimana bisa 2, 3 atau 4?
 
Gue sih gak seradikal feminis Barat atau pengen kehidupan istri Islami kayak yang disebutin 2 link di atas. Dalam pernikahan, gue cuma pengen konsep partnership aja sih antara suami dan istri. Suami dan istri itu sama-sama manusia dengan kemampuan mirip. Ya nggak harus salah satu pihak memberi servis ke pihak lain.
 
Suami kerja, capek. Istri kerja/gak kerja pun capek. Jadi kayaknya nonsense aja kalo dibilang istri durhaka karena ogah ambilin makanan untuk suami atau urusin baju untuk suami. We both have two hands, two legs and one head.  Learn to use them properly, ok?
 
Nah hal yang berbeda adalah kalo servis (halah) itu dilakukan dengan alasan cinta atau emang karena ingin. Istri ambilin nasi buat suami karena dia senang melihat suaminya happy, bukan karena takut dibilang istri durhaka. Ini kan konsep cinta yang sebenarnya. We’ll be extremely happy  if someone we love is happy, right? Kayak gue masakin hubby tiap hari itu lah. Bukan karena dipaksa, tapi karena gue mau dan suka.
 
Di bidang lain, kayak pekerjaan rumah tangga juga gitu. Gue benci banget sama laki-laki yang cuma duduk-duduk dengan alasan “Capek nih baru pulang kerja”, sementara istrinya ribet nyuci, ngepel, masak, urus anak, all in one. Malah ART pulper gue lebih ekstrem lagi. Dia yang cari duit, suaminya nganggur. Trus dia pula yang urus rumah tangga dan nenek si suami yang sakit-sakitan. Dia cerita, suaminya mengizinkan dia kerja jadi ART pulper di rumah gue asalkan kondisi rumah beres. Jadi deh, dia kudu bangun jam 3-4 pagi, beresin rumah+masak, baru ke rumah gue. Dan si suami itu kerjanya cuma petantang-petenteng doang. Gedeeeggg bener😦
 
Ah daripada melebar kemana-mana, saya sudahi saja di sini ya. So husbands, do you still dare to take another wife? 
 
Btw I found this picture hillarious. Pas banget ya buat gambarin feminist movement di Barat VS gerakan pemuliaan wanita di Arab :D
 

29 thoughts on “Kodrat Oh Kodrat

  1. Kalo aku ngikutin gmn maunya suami ajalah.
    Kalo dia seneng diperlakukan seperti ini ina itu, kan aku jg yg seneng. Berpahala (kalo ikhlazzzz), plus suami jd lbh royal….”Bunbun akhir-akhir ini rajin bener. Mau beli tas gak Bun?”

    Nah. Sip kan? Hahahaha…..

  2. Kalo gue malah Miswa yang begitu rajin, kalo gue mau mengerjakan pekerjaan rumah, dia yang melarang. Kata Miswa, gue kan capek, jad gue disuruh isirahat dan leyeh2aja🙂

  3. Oh, kalo SN sih malah gak mau diambilin nasi sama gue ra… soalnya pasti gue jatah dikit, hoahahahahahahaah. Abis gue ambilin dia langsung protes “Yah, becanda lo…”😆

    kita pun sadar gak sadar ternyata menerapkan konsep partnership. walopun sering juga gontok-gontokan urusan jemur baju & nyetrika. tapi untungnya, SN, nggak berpikiran kalo gue harus ngelayanin dia. ya tapi kalo misalnya gue masak sesuatu buat dia ato tiba-tiba bikinin teh dia bakal seneng banget *which is wajar, siapa sih yang nggak seneng dilayanin?* tapi it’s NEVER a must thing to do. malah kadang-kadang kalo wiken, gue bangun, rumah udah beres bok! Baju udah dicuci, tinggal jemur, teh udah ada di meja makan, kadang udah ada nasi anget sama kornet, Dexter udah mandi, lantai udah di pel….. I’m marrying a right man, hahahahahahaha

    Dan konsep partnership ini jalan di kita. untungnya keluarga kita berdua juga gak patriarki banget. 2-2nya ngganggep nambah anak 1 bukan nambah mantu😆. tapi ya balik lagi ke pandangan sendiri-sendiri lah ya. lakuin apa yang cocok buat keluarga masing-masing.

    pernah ya, SN gue tanyain soal poligami…eh komentar dia malah “Eh buset! Istri satu aja nggak abis-abis. plus kelakuannya ajaib bin rese gini. Bisa mencret gue kalo punya istri lebih dari satu”. Kurang ajyar ya dese….😆

    • Hoahaha.. Eh jadi inget laki gue. Dia juga tiap gue ambilin nasi komplain mulu karena menurut dia, porsinya kurang😀

      Soal dilayanin, bener banget tuh Li. Siapapun pasti seneng ya namanya dilayanin, apalagi sama orang yang dicintai. Tapi kalo sampe masupin ke peraturan rumah tangga dan jadi kewajiban, it ain’t no fun anymore ya gak sih?

      Soal poligami, komennya SN sama banget kayak laki gueee.. Hahaha.. Bagus juga ya kita jadi istri yang ajaib dan rese. Bikin suami-suami trauma untuk kawin lagi😀

  4. Serius ada yang bilang durhaka? Susah amat yak, idup, haha…
    Kalo kata gue sih intinya ikhlas, kalo suami emang suka, istri suka, sama2 ikhlas, ya dijabanin. Kalo suami kita ikhlas ga dibawain minum dll, ya ga usah. Nah, tinggal kita pinter2 cari suami yang punya jalan pikiran sejalan ama kita. Kayaknya dulu gue pernah bilang deh ya, tentang partnership ini. Sekali lagi, maaf2 buat yang ga setuju, tapi buat gue pernikahan ya partnership, suami boleh jadi decision maker, tapi semua decision harus disaring sama2, kontribusi 50-50, beban juga ditanggung 50-50, dan paling penting, semua harus ikhlas yaaaa hehe. Gue juga rela kok, bangun pagi nyiapin termos kopi buat dibawa suami pergi kerja, karena logis aja lah, gue yang sempet dan bisa *dia pergi, gue balik zzzzzz hahahah*. tapi tiap gue capek/baru nyampe/dll, ya suami gue yang bangun subuh ke pasar, masak, bawain sarapan ke tempat tidur hahaha, alesannya sama: dia sempet dan dia bisa. Kalo dua2nya ga sempet: takeaway McD haha… Kerjaan RT juga dibagi sesuai keahlian masing2: dia lebih jago masak dibanding gue, ya mostly dia yang masak, gue kebagian cuci piring. Gue lebih meticulous kalo bersih2, ya gue yang ngepel/bersih2, dia kebagian buang sampah. Kalo sama2 ga ahli dan males ngerjainnya kayak nyetrika: gampang, kalo ga kusust2 amat ya baju ga usah disetrika hahahah….

    • Beneran Vo. Apalagi kalo dengerin ceramah ustadz2 di kampung. Pasti ditekankan istri tuh harus hormat dan melayani suami luar dalam. Kalo gak jadi istri durhaka. Zzzzz..

      Ih setuju pisan soal konsep ikhlas-lo. Untung banget ya kita berdua sama-sama punya suami yang ikhlas, begitu juga mereka beruntung punya bini kayak kita yang ikhlas gak minta dibeliin branded bags dan gadget terkini tiap bulan *lho koq malah kode? :D*

      Lo dan lakilo kebalik sama gue ya. Gue gak rajin poll untuk urusan beres-beres. Tapi gue doyan masak dan cuci piring. Jadi ya urusan beberes jatah hubby, gue jatah di dapur. Mayan lah pas ART mudik gak puyeng. Soale kasian temen gue yang suaminya tipe orang Jawa jadul. Begitu ART mudik, dia semua yang ngerjain, suaminya cuma ongkang-ongkang kaki. Urus anak gak mau, bantuin pekerjaan rumtang gak mau. Padahal temen gue kerja juga tiap hari. Gemes banget deh dengernya😦

  5. Eh, tentang ‘sandiwara’ di rumah ortu/mertua, itu juga partnership lho Ra, partner in crime haha, pura2 rajin bawain minum buat suami daripada diomelin nyokap, suami juga kompak iya2 aja dibawain minum dll. Yang penting dunia aman damai sejahtera😀 Kalo di rumah mertua sih gue malah cuek, soalnya mertua gue malah ga peduli soal2 gitu. Yang penting kita berdua hepi, bliau hepi2 aja deh, hehe. Udah ah, cerewet bener gue yak, komen sampe dua kali😀

    • Hahaha.. Iya iya bener bangeeettt… Kocaknya, gue itu kan paling gak demen pura-pura dan basbisbus. Jadi laki gue suka nutupin kecuekan gue dengan bikin sandiwara sendiri. Kayak nyuruh gue masak banyakan buat dikirim ke mertua. Trus nanti dia bilang “Ini idenya Ira nih. Dia maksa.” Jadi gue deh yang dapet good reputation. Pdhl aslinya mah mana gue ngeh hihihi..😀

      Lakilo kan bulai cyin. Jadi lebih simple toh punya mertua bulai daripada mertua lokal? At least gak demanding gitu lah *sotoy :P*

  6. Salam kenal yeey,

    Doyan bner dah baca tulisan mbak ira nie. Inspiratif btul..hehe
    Walaupun sy belum nikah,tapi setuju deh ama isi tulisannya, pernikahan itu antara dua org dan harus saling bekerja sama. Saling pengertian lah, bukan lantas suami semena-mena.😀

    • Makasiihh🙂

      Nah, kalo belum nikah, dari sekarang cari calon suami yang konsep tentang pernikahannya sama dengan dirimyu ya Jeng. Soale kalo beda konsep dan pemahaman, bakalan berantem mulu lho *lah koq malah nakut-nakutin :P* Hihihi..

  7. Satujuuu…. Beauvoir bilang, kodrat perempuan adalah rahim yang ada dalam tubuhnya. Pas bener, dulu skripsi pan tentang beginian juga😀 (its run in our blood kayanya..hihihi)

  8. Ah, post ini pas bnr deh..
    kt suamiku, wanita itu tempatnya dsamping/sejajar bukan dibelakang suami.
    hahaha, itu pendapatnya mbak..
    soal ambil nasi, itu juga, lebih sering dia ambil sendiri, lebih pas porsinya..
    paling aku cuma bagian ambil minum or ngupasin buah aja..
    Untungnya, urusan bersih2 kita pakai sistem bagi tugas..
    Karena ya itu tadi, anggapannya Istri itu partner, bukan ‘konco wingking’..
    ^_^

    • Istri itu partner, bukan ‘konco wingking’

      Nah, gue setuju pisan! Gue kemarin inget-inget ungkapan bahasa Jawa yang merendahkan istri itu apaa ya. Thank you ya Jeng, gara2 komenlo gue jadi inget deh🙂

  9. baca tulisan di atas Mak Ira malah gw kepikir pantes aja keluarga gw dianggap “aneh” *sambil garuk2x kepala*, awalnya gak ngeh waktu kecil ternyata gak lazim ya seorang suami bikinin teh dan kopi istrinya dan cuci baju keluarga tiap hari, mengepel rumah klo ART mudik… itu kerjaan Bapak gw bo sehari2x🙂. memang suka diketawain sama pakdebude omtante, tapi alasan Bapak gw sie logis: drpd mesin cuci rusak sama ART mending beliau yg nglakuin. klo masalah teh/kopi? kata Bapak gw sie enakan bikinan dia, wakakakakak. Berbagi tugas kata Bapak Ibu gw, krn dari awal memang dua-duanya sudah merancang diri utk fokus ke pendidikan dan karir, jadi tugas RT dibagi sesuai dg keahlian dan waktu. Tp meski begitu nilai agama dan Jawa masih dijunjung, ya pemimpin dan pemberi nafkah keluarga tetap Bapak gw.
    Klo skrg gw sm laki sie penganut pola yg sama, yg ahli dan ada waktu yg nglakuin. mmg sie mertua agak gak sreg berkesan gw gak full “melayani” suami, tp ya yg penting kita happy dan cinta pas nglakuin:).. klo gw ngotot ambil tugas masak bukan krn kodrat tp gw penganut pepatah Spanyol, cinta itu datang lewat makanan, harapannya suami selalu kangen pulang ke rumah buat masakan gw *tsaaaaah*😀

    • Berarti bokaplo hebat ya. Pria feminis tuh hehehe.. Di Indonesia kan kalo ada suami yang cuci baju dan bikin teh/kopi sendiri, bisa dicelain dan dikatain ISTI kali.

      Mertua gue sih tipe yang ala orang Indonesia. Untung laki gue tipe mandiri. Tapi ya gitu deh, kalo di depan emaknya, kudu sandiwara dikit supaya keliatan gue istri yang patuh dan melayani suami. Padahal mah, beuuuhh😀

  10. yang bikin heboh buat istri ngelayanin suami ituuu justru orangtua2 euy…. kalo pulkam terpaksa tuhhh harus bikinin minum suami… sanggup mengerti apa yang dimaui suami sebelum suami bilang (qiqiqi… kayak aq pembaca pikiran aja)… ujung-ujungnya aq malah diledekin suami tuhhh kalo pagi2 udah nganterin minum teh ke diaa :))…
    untungnya ga punya mertua perempuan… apalagi asal suami yang jawa tengah gituuu deee… kaloo adaaa… kaliii dia gemes melihat anak cowonya tidak disembah-sembah… :D…

    kalo misua siy emang udah ga bisa buat beberes ato masak… tapiii dia jago ngurus anak… jadiii kalo ga ada ART… yaaaa… diajaklah anak-anak itu buat main ato jalan-jalan… trusss bundanya punya me time buat ngeberesin rumah… qiqiqi…

    • Iya bener banget Mak! Kita dan suami santai aja, eh ini emak dan mertua yang ribet. Belum lagi kalo ada extended family kayak tante, budhe, etc, yang pola pikirnya ala-ala jaman dulu. Capek banget ya, merusak pola partnership sehari-hari deh. Untung ketemunya jarang-jarang, hehehe..😀

  11. untungna my hubby msh mau mba urus anak2….dari mulai mandi, pakaian, makan, anter sekolah… kadang dia seolah2 main dengan boneka ketika memandikan my baby… smp filek2 coz mandix kelamaan hehehe … Alhamdulillah.. msh banyak ga dipasaran??? nggak mau wenaknya aja… qt kudu hamil bawa tambur, mlahirkan dh spt diujung tanduk, n ga pernah punya waktu tidur cukup…tapi msh dijejelin urusan macem2 n dibilang hal ini udh kodrat??? teganya…

    • Beneer banget Mbak Yanti. Emang kebangetan banget ya orang-orang yang pake kata kodrat demi supaya dapet keuntungan pribadi. Cih, jadi gemes deh sama laki-laki kayak gitu! Alhamdulillah suami-suami kita nggak begitu ya Mbak. Kalo iya, kitik-kitik aja pake golok deh😀

  12. Pingback: Loe Lebay Deh « The Sun is Getting High, We're Moving on

  13. gue ternasuk yg ambilin nasi lho ra..hehe.. tapi klo g lg knp2 ya laki g gantian yg ngambilin..bahkan klo g kelaperan malem2..seringan dia tuh yg bikinin mie goreng buat g hehe..tapi emg nyokap g tipe yg “ngurus” suami bgt..n gue salut biar emak g itu sibuk berat, urusan rumah tangga n anak2 ga pernah luput..klo laki g siy santai aja, klo g lg ga bs nyetrikain baju ya dia setrika sendiri, malah klo libur lebaran dia kebagian nyuci piring, g yg beres2 rumah, qta gantian ngurus Nara, makanan beli aja lah khan g kagak bisa masak ky lo gtu ra..hehe
    tapi emg bener intinya mah ikhlas..ngelayanin suami klo ikhlas ga bakal berasa ky pembantu kok..:)

  14. aku ikut yang ga ngambilin nasi….karena suamiku ga makan nasi hihihihihi. tapi makanan yg lain ga ngambilin juga, lebih seringnya malah diambilin.

Leave a Reply

