Makan Tapi Jorse

Jadi,  kemarin lusa, @missyita dan @prin_teth lagi ngobrolin journey to India di twitter. Nah, sebagai orang yang pengen ke sono, gue pun ikut nimbrung. Obrolan kemudian beralih ke soal kurang higienisnya makanan di Indihe.

Pendapat gue sih cuma begini: “Kalo bisa survived minum teh manis pake es batu dari air kali dan makan pecel lele, gado-gado, dll di warung Amigos (agak minggir got sedikit) hampir tiap hari, Insya Allah isu mencri-mencri di India gak akan terlalu berpengaruh pada kita semua.” Amiinn..

Gara-gara itu pula, gue jadi inget kegemaran gue makan dan jajan di berbagai warung kaki 5. Maklum, lidah gue aseli kamseu berat.  Lha wong dalam daftar diet crasher gue, isinya rata-rata makanan Indonesia.

Makanan-makanan non Indonesia, especially Western food, gue baru doyan 5-10 tahun belakangan lah. Itupun kalo ada pilihan lain, ya lebih baik masakan Indonesia aja. Makanya menu masakan di rumah gue pun itu-itu melulu. Gak pernah canggih-canggih. Apalagi Nadira dan bapaknya juga lebih demen rawon dan gudeg daripada pasta🙂

Nah, buat makanan Indonesia, tentu aja yang paling enak dan sedep adalah makanan-makanan yang dijual di warung dan kios kaki 5. Kalo yang di resto, apalagi yang mihil, suka kurang sedep dan kurang “kampung” gitu ceunah. Soale yang di resto gitu biasanya ditujukan untuk pangsa pasar middle up dan foreigner. Jadi cita rasanya suka disesuaikan dengan cita rasa bulai. Alhasil rendang jadi kurang pedes, sambel gak nonjok, etc etc.

Tapi, kalo di warung dan kaki 5, faktor kebersihan selalu jadi masalah. Cuci piring pake air yang sama berkali-kali lah, ada kucing lewat lah, lalet dimana-mana lah, dsb dsb. Untunglah gue bukan orang yang suka ribet dan perfeksionis. Jadi gue suka cuek aja tuh makan di mana-mana. Faktor pertama buat gue adalah rasa. Faktor kedua harga. Ketiga baru deh kebersihan. Pantesan aja gue pernah 5x gejala tifus ya bok😛

Kalo kata emak gue, warung kaki 5 itu berasa enak banget karena kotornya itu. Segala ketidakhigienisan itu jadi faktor penambah cita rasa. Sementara restoran yang higienis banget jadi kurang sedep karena ya terlalu higienis. Hahaha.. Ada-ada aja si emak🙂

Kayak gimana aja sih contoh kurangnya kebersihan di warung dan pedagang kaki 5? Berikut ini gue sajikan (tsah) kisah-kisah nyatanya ya.

1. Waktu kecil, nyokap punya langganan tukang soto mie yang kondang dan enak banget di deket rumahnya. Suatu hari, nyokap mau beli soto mie. Dari jauh dia liat tukangnya lagi garuk-garuk panu+kadas di tangannya pake pisau. Begitu nyokap dateng dan bilang mau beli soto mie, dia langsung berhenti garuk-garuk. Trus dengan sigap dia meracik soto mie dan memotong-motong kol, tomat dll dengan pisau, the one yang barusan aja dia pake untuk garuk-garuk panu+kadas. Eeewww…

2. Ex temen kantor gue punya langganan tukang sate padang keliling yang sering mangkal depan kantor. Suatu hari, dia pengeen banget makan sate padang. Begitu dia liat dorongannya, si abang nggak ada. Ternyata si abang lagi mojok di deket got, buang air kecil. Pas dipanggil temen gue, si abang langsung sigap dan segera meracik sate padang. Temen gue kan komplain “Bang cuci tangan dulu dong” trus si abang lalu cuci tangan sekedarnya pake air cucian piring, dan mengelap tangan di lap. Lalu dia meracik sate, dan mengelap daun pisang+pisau untuk memotong ketupat dengan lap yang tadi dia pake untuk lap tangan bekas pipis. Zzzz..

3. Gue pernah masuk ke dapur sebuah toko roti kondang di Bogor. Waktu itu mereka masih di tempat yang lama, belum pindah ke tempat yang sekarang. Pas masuk dapurnya, astagaaahh.. Sumpah jorse berat! Lalat dan sampah dimana-mana, berdampingan dengan roti-roti mungil yang baru keluar dari oven atau baru mau selesai dikasih topping dan isian. Trus segala cokelat, mentega, keju dan selai beleleran. Dan ada tikus dan kecoa asik aja sliweran di depan muka eikeh. Gue shock berat karena roti ini kondang dan rasanya mak nyus abis.

4. Gue pernah makan di sebuah warung kaki 5 yang menjual ayam goreng+sayur asem terkenal di daerah Manggarai. Aseli, makanannya endeus berat deh, murmer pula. Nah, suatu hari pas lagi makan, gue nyendok sambel. Eh di dalem sambelnya ada sepotong kuku. Yuucckk!

Masih banyak sih pengalaman-pengalaman lain yang pernah gue, keluarga dan teman-teman gue alami. Tapi so far yang saat ini gue inget cuma empat itu🙂

Does it stop us from eating at warung kaki 5? Not at all. Gue tetep lho balik ke warung sambel kuku itu. Hahaha.. Cuma gue sekarang jadi ilfeel sama sambelnya. Ayam goreng+sayur asem+pepes ususnya mah tetep fave eikeh😀

Temen gue juga tetep makan itu sate padang. Cuma sekarang kita menamainya satit, alias sate tiiitttt…😀

Prinsip gue nih “What you don’t know won’t hurt you” dan “Ignorance is a bliss”. Thus, as long as I don’t know, it’ll be okay. Makanya kalo ngefans berat sama satu warung, gue males liat dapurnya. Takut ilfeel, hahaha..

Duh jadi tambah optimis nih sama tantangan makan tapi jorse di India. Nabung dulu aaahhh…🙂

43 thoughts on “Makan Tapi Jorse

  1. hihihi..nyokap dong pernah pas beli gado-gado..si tukang ketopraknya buang ingus dulu sblm mencampur si bbumbu kacang dgn sayurannya..tangan yg bekas memang hidung dipeperin ke lap yg dpake buat ngelap piring.

    Akhirnya nyokap minta dibungkus dan dijalan dibuang dong itu gado2nya.

  2. Iiih emang ya, itu makanan kayak warung padang pinggir jalan di Senen itu enak gara2 ‘protein extra’nya. Buktinya, buat gue lauk paling enak itu ayam sama ikan panggang yang sama mereka biasanya digantung-gantung dan ga ditaro di atas meja, jadi mereka lebih aktif nangkep ‘protein extra’ yang beterbangan dibanding lauk lain, hahaha.
    Eh, cerita lain, gue kan paling doyan sama yang namanya pecel ayam/lele, dan dulu ada yang enaaaaak banget di deket2 RSCM. Sumpah sampe sekarang gue ga nemu lagi sambel yang enaknya nandingin sambel itu warung. Nah, suatu hari gue duduk deket si Mbak yang bikin sambel, trus ada lalet nemplok dan kegiles sama dia di ulekan sambelnya. Bukannya itu sambel dibuang, sama dia cuma diangkat itu lalet mati, dibuang, trus dia cuek nerusin bikin itu sambel, haha.. udah rada kegiles aja padahal laetnya. Sempet ilfil bentar, tapi gue mikir toh yang bakal gue makan batch sambelnya bakal beda (meskipun ulekannya sama), Dan persis kayak yang lo bilang, ‘what you don’t know won’t hurt you’, berikut2nya, gue minta tolong OB beliin pecel lele/ayam dibungkus, makan di kantor, jadi tetep lah, gue seminggu bisa makan 2-3 kali itu pecel lalet, eh, lele…:D

    • Bwahahaha.. Gue kalo makan nasi kapau di situ suka rada males Vo. Urusan lalet sih eikeh tambeng ya. Tapi baunya itu lho. Kan bekas-bekas makanan bersantan dibuang di situ juga. Jadi pada bikin bau. Terus terang, itulah yang bikin gue ogah-ogahan makan nasi kapau Senen. Pdhl mah di warung padang lain 11-12 kondisinya yak😀

      Itu pecel lalet eh lele pasti tuyulnya banyak ya, sampe bikin lo bolak-balik makan meski udh liat pemandangan aneh. Kayak warung sambel kuku fave gue itu, gue yakin pake tuyul deh hihihi…😀

  3. Gw tau yg no.3 trus yang no.4 itu ayam goreng pacarnya nyi iteung bukan ya ra? Yg deket rel kereta kah? Hihihi……
    Makanya kmrn pas hana waktunya imunisasi disuruh pilih mau cacar air atau hepatitis A, gw lsg bilang vaksin hep A aja dulu dok……dokter nanya alasannya apa? Hehehe……soalnya saya udah mulai ajak doi utk makan jajanan pinggir jalan dok 😀

    • Iyaa betuull.. Tapi ini lokasinya yg deket sekolah PSKD, deket puteran mikrolet2 Fir. Lebih deket ke arah Matraman.

      Hahaha.. Gue jg udah ngajak Nadira jajan pinggir jalan. Gak mau steril2 amat ah. Ntar kasian kalo udah gede, malah rentan diare dan penyakit lagi hehehe..

      • eleuh…eleuh…si kang kabayan pindah2 muluk lokasinya….oh ya, gak usah kaget kalo lalapan nya kadang masih ada ulet ato serangga yak😀 kan berarti terbukti sayur organic dong….hihihi

      • Bener tuh Fir. Gue dulu kan suka males ya kalo nemu sayuran ada ulet/serangganya. Tapi begitu belajar konsep sayuran organik, berarti kudu cari yang begitu. Eh berarti soto ayam yang ada belatungnya organik juga dong?😀

  4. Mba, sodara aku demen banget kan jajan sama makan di warung-warung pinggir jalan, tapi dia ilfil sampai males makan kalo ketemu penjual yang ngomoooong terus, takut ada hujan lokal dari si penjual yang masuk ke racikannya. ,jadi, selama penjualnya anteng diem pas ngejualin, dia bakal makan itu makanan.

  5. Bapak gw dosen kebersihan pangan, tebak dech awal semester kata doi akan diawali dg kalimat: wahai mahasiswa, anda suka makan buryam keliling, kira2 klo hbs kebelet tukangnya akan cuci tangan dmana (>_<). Jadi gw maklum klo buryam gw beli di abang2 lsg dpanasi di oven sblm dmakan sm doi σ(^_^;)?.

  6. aiahahaha, tos dulu dong kita!!! Yang penting enak, lalet terbang wara-wiri juga mendadak gak keliatan😆 Gue pun sama joroknya kalo urusan makanan. gak liat-liat itu warung apaan, asal enak, gue beli. emang bener ra, JANGAN pernah ngintip dapurnya deh. Makan indomie aja rasanya bisa beda kalo lu beli warung roti bakar sama kalo lu bikin sendiri. Indomie doang tuuuh…gimana yang laen??? hahahahahahahaha

    tapi disini yah, aduuuh, orang concern banget ama masalah kebersihan. akhirnya perut gue jadi ikutan nyesuain. pas balik jakarta, tentunya yang gue cari ya makanan pinggir jalan dooong, ngapain coba gue makan di resto. jadilah gue dengan brutalnya makan somay BDN, soto ayam depan pool BB kemayoran (ini super endeees ra, lu musti coba), roti pisang bakar, pecel ayam, bakso,… abis itu masuk UGD bok, hahahahahahahahaha. abislah gue diceramahin ma SN.

    pesen gue yah….tetep biasain makan jorok…biar perut tahan banting!!! *saran tidak mendidik tapi berguna :lol:*

    • AHAHAHA.. Kejengkang gue baca lo kalap jajan sampe masup UGD😀

      Iya bener banget Li. Temen-temen gue yang kuliah di LN biasanya pas balik sini, abis jajan langsung diare. Ada temen gue yang SD-SMP di Jerman, pas balik sini makan gorengan pake cabe 1 biji aja moncor. Tapi dia maju terus pantang mundur. Teruus aja pelan-pelan makan sambelnya ditingkatkan kadar kepedesannya. Sekarang sih udah kebal hahaha..

  7. aduh Raaaaaa…… kan jadi dilema kalo mau makan kaki lima tapi trus keinget tulisan lo ini. Apalagi yg no 1 dan 2 itu. Ewwwwwww.

    Tapi emang bener kali kata orang kalo udah biasa makan yang jorse2 (walopun secara gak sadar) perutnya jadi tahan banting. Soalnya bule2 yg gue ajak makan di Jakarta pada jatuh bergelimpangan semua kena diare. Padahal gak pernah loh gue ajak ke kaki lima. Selalu resto biarpun gak papan atas. Sementara gue tentunya dong tetap berjaya setelah makan sate pinggir got.

    Btw, gue pernah juga tuh malem2 mau beli nasi uduk di sebrang RSCM trus gue bilang sama ibunya kalo gue cuma mau ayam dada, entahlah si ibu gak bisa bedain mana dada mana paha jadinya dia suruh gue pilih ayamnya sendiri. Dan gue liat aja loooh, itu dari ayamnya keluar belatung-belatung kecil yang cuma keliatan kalo liat dari jarak dekat. Gue bilang kan ke ibunya kalo gue gak jadi makan di situ karena ayamnya belatungan. Sambil mengibas-ngibas belatungnya si ibu bilang “Mana? Belatung apa? Gak ada kok” Bused dah.

    • Hihihi.. Iya nih Rik. Rada nyesel nulisnya, soale gue jadi deg-deg plas jajan lunch hari ini hahaha.. *senjata makan tuan*

      Eh bule-bule di kantor gue pada tahan tuh makan nasi padang, nasi warteg, gorengan dll. Kayaknya mereka udah pada cukup lama kali ya di Indonesia, jadi perutnya udah tahan banting. Gue yakin sih, manusia itu kan bisa beradaptasi. Temen-temen bulelo kalo ditaro di Indonesia 1 tahun aja, pasti udah lancar jaya makan gado-gado amigos deh.

      Itu koq ya jijay banget ya soal ayam belatung. Tapi secara logika sih bener Rik. Wong ayam ungkep itu kan harus ditaro di freezer supaya tahan lama, minimal di kulkas bawah lah sampe 1 minggu. Lah ini kan yang di kaki 5 digelar begitu aja di udara terbuka pula. Gimana gak nongol itu belatung? *eeewwww…*

  8. Aduh hahaahaha parah banget yang ada kukunya. Gue jadi inget pengalaman sendiri waktu makan batagor kaki lima. Kebetulan makanannya gue bungkus. Sampe rumah langsung makan, apalagi bumbunya cyiiiin, GA NAHAN!!! Eh bener aja loooh, ga sengaja gue ngerasa ada yang keras keras. Pas gue lepehin, gue kira batu. Ga taunya GIGI. Gue ga ngerti deh itu gigi siapa. Yang jelas gue shock berat. Hahaha geez. Btw salam kenal jeung Ira🙂

    • ANJRIIIITTT… ADA GIGI MAAKKK!!! *linu*

      Lah kan berarti kalo ada gigi, si Mas/Mbak yg bikin itu batagor, pas proses masaknya sambil mangap bok. Wong giginya sampe jatuh ke situ kan? Trus berarti selain gigi, logikanya sih segala ludah dan darahnya juga ikut masup. Super eeewwww!!! X_X

      Btw, salam kenal juga Jeng Pepipepoo🙂

  9. Untung baca ini pas ga lg makan, hihi😀

    Mau nambahin pengalaman nih Mba Ira.
    Saya pernah beli makan siang pas lg break proses wawancara kerja. Belinya di warung kali lima amigos gitu deh..
    Krn belinya berame2, pilih tempat yg duduknya banyak, jatuhlah di Warung Soto Ayam. Ayamnya ditancepin di lemari kaca gtu.
    Suapan pertama, di sendok saya dong pas potongan ayamnya, ada BELATUNGNYA NGULET-NGULET (HIDUP SODARA-SODARA!!!). Langsung deh berhenti makan, sendok garpu ditutup, ngabisin minum tebo.
    Ngeliat temen2 lain pd lahap gtu makannya, jd ga tega ngasih tau klo pny saya mengandung belatung.
    Dan akhirnya saya ketrima kerja di perush itu. Sejak awal kerja sampe udah pindah kerja, ga pernah sekalipun mengulang Soto Ayam tsb.
    Ilfeel😀
    Eh tp selera kaki lima masih.., selama blm ketahuan dapurnya :p

    • AHAHAHHAA.. *pengsan*

      Yang kayak gini-gini nih bikin gue jadi agak males makan soto ayam hahaha..

      Tapi bener deh ah. Kayaknya kita setipe ya bok. Kalo belum liat sendiri dan ngalamin sendiri, pasti masih cuek deh makan. Yang penting enaakkk😀

  10. no.1 dan 2. ya ampuuunnn,,,sama pernah aku ngalamin, akhirnya ga jadi makan. eh mbak kok ngintip2 ke dapur segala?kaya almh nenekku, suka ngintip dapur resto, dan menemukan bahwa nasi2 yg ga habis dimakan, dijadiin nasi buat tamu sesi berikutnya, terutama nasi goreng. sejak saat itu blio selalu marah kalo anak-cucunya ketauan makan di resto apapun.
    btw selama jaman kuliah,aku seringnya makan di depan kampus yg dijadiin track kuda wisata. jadi yaaa kmungkinan besar sesuatu dari kotoran kuda itu nempel lah yaa ke semua makanan yang dijual di sekitar kampus😀

    • Hihihi.. Ngomong-ngomong soal nasi yang gak habis dimakan trus dikumpulin, yang gue tau rata-rata warung emang nerapin itu untuk berbagai jenis makanan. Kayak es teler/campur/kelapa, kalo gak abis, isinya diambilin lagi dan dikumpulin untuk customer selanjutnya.

      Di sebuah warung sate maranggi terkenal di Purwakarta, gue pernah liat sendiri bok. Jadi tempat cuci piringnya kan di depan. Nah waktu itu gue bareng nyokap dan adik gue lg nunggu bokap ambil mobil. Trus kita liatin tukang cucinya ambilin sisa kelapa di gelas-gelas orang dan taro itu sisa-sisa kelapa di baskom. Trus dibawa masuk lagi ke dapur deh. Eeeww….😦

  11. kan… kan… keringetnya abang-abang jualan itu yang bikin enak… qiqiqi…
    apalagi kalo tahu/tempe… nahhh ngebuatnya itu kan diinjek-injekkk tuh… mana tauuu ada yang ga cuci kaki…. :))…
    padahal rasa tahu/tempe ituuuuu udahhh murah… enak… bergizi… plusss gizi tambahannyaa… qeqeqe….

    • Selain tahu tempe juga roti Mak. Temen SMP gue dulu sampe gak doyan roti karena di deket rumahnya ada pabrik roti. Dan dia liat sendiri gimana proses pembuatan rotinya yang kalo kata dia “Pake diinjek-injek trus keringet abang-abangnya netes ke adonan Ra.”

      Gue sih berhubung nggak pernah liat, ya cuek aja dah makan rotinya😀

  12. halo mba, salam kenal!🙂
    ikut komen ah.. saya kan tinggal di bandung nih. yg seriiing bgt ada isu bakso tikus.😀
    yg kena gosip baso tikus tuh tempat-tempat bakso kampung favorit banyak orang pula. eh tapi tetep loh walaupun si tempat bakso sempet buka-tutup karena gosip, pembelinya tetep banyak! termasuk saya.😀
    komentar saya sih cuma “yaa kalau ternyata dia pake daging tikus, berarti tikus rasanya enak ya!”😀
    intinya sih setuju mba, what u don’t know won’t hurt u!
    the power of sugesti diri aja kali yaaa.. ;D

    • Bwahahhaa.. Itu komen laki gue banget!😀

      Di deket SMA gue dulu juga ada bakso yang enak dan laris banget. Kebetulan ada sodara rumahnya di deket tukang bakso itu. Dia cerita, warung itu pernah digerebek dan ditemukan tikus-tikus mati di dapurnya, udah dikuliti. Eeeeww banget deh. Karena sodara gue yang cerita, gue jadi percaya dan males makan bakso di situ lg. Tapi untuk bakso-bakso lain sih cuek ajah😛

  13. makanya kita dilarang kepo, Ra. Coba kalo gak kepo liatin dapur pasti hidup damai sentosa *nikmatin makanannya kamsut gw…nyehehe*
    Tapi so far sih perut gw udah kebal dengan non-higienis gini kali ya. Duluk, ada temen gw yang sedari-kecil-udah-dididik emaknya kayak kita mendidik anak kita jaman sekarang. Kamsutnya dari ipik-ipik dese sampe kuliah gak dibolehin jajan sembarangan sama emaknya. Jadi harus makan makanan rumahan.

    Pernah dia liat gw kok kayaknya enak bener makan gado-gado bekel ngebungkus dari pangkalan 59 di Halim. Besoknya dia bilang kalo gw beli, dia nitip.
    Akhirnya sama-sama deh tuh makan gado-gado bawaan gw. Dan dese diaree dong dong. Lah Alhamdulillah gw gak ikut diare lho. Awalnya sih gw ngekek, nyela-nyela dia.

    Tapi setelah per-RUM-an gw jadi mikir, dia diare kan ngebuang virus-virus dari tubuhnya. Lah gw yang gak diare ? berarti tuh virus-virus masih ngendon dan bercokol dong di badan gw ?

    • Nah kalo gue sih ngeliatnya gini Ndah. Karena kita dari kecil udah biasa makan makanan gak higienis, antibodi kita udah terbiasa ngelawan virus aneh-aneh kayak gitu. Nah, sementara temenlo atau anak-anak yang gak biasa sama makanan aneh-aneh, pasti langsung KO pas makan yang kurang higienis. Kayak orang bule itu lah. Mereka kan kalo ke Indonesia atau India dan makan makanan lokal yang di pinggiran, pasti langsung diare.

      Makanya gue sih so far berusaha kasih makanan yang bersih untuk Nadira. Tapi gue juga sesekali ngenalin dia sama makanan jajanan. Jadi kalo diajak kemana-mana, terutama travelling ke daerah, gue gak repot gitu *emak-emak pemalas :P*

  14. aaaaaaah…gw lagi istirohat makan siang sambil nyemil es podeng beli di warung kaki lima belakang… tapi gpp lah, biasanya gpp kok😀
    secara gw kan ratu kaki lima… hahaha untungnya, gak pernah nemuin yg aneh2 gitu sih Ra, amit2 deeeh… *ketok meja*
    saking gw demennya makan warung kaki lima, ampe gw bilang ama si mamah, ntar klo misalnya gw kawinan, makanannya mereka ajalah… bawa ke lapangan depan rumah, tamu penganten silahken memilih makanan dari gerobak mana. kagak repot dah…

    • Eh pas gue merit, gue pake cara itu lho Tjep. Jadi kan di rumah gue ada resepsi abis akad nikah ya. Selain pake catering, kita juga panggil tukang bakso, somay, es doger dan pempek langganan. Jadi makanan buffet dari catering, gubuk-gubukannya dari tukang jajanan langganan. Lumayan bangeett🙂

      Bahkan di sebuah hotel berbintang 5, tiap hari Minggu F&B-nya masukin tukang bakso kaki 5 legendaris ke resto-nya. Oke toh?🙂

  15. hahaha seolah tertampar pipi sendiri baca postingan jajanan jorse ini,sama mbaaak,jajan cireng2 pinggir sekolah SD,batagor n bumbu kacang plus tangan kotor abangnya,,hihihihih tapi curiga enaknya dari situ,,,:D

    • Iya kebayang gak sih, abang-abangnya itu ambil makanan pake tangan, trus terima duit+kasih kembalian pake tangan juga, gak dicuci dulu. Padahal duit itu kan kotornya gila-gilaan. Zzzz… X_X

  16. hiks, bacanya asli geli banget huhuhu, desriptif abis dan sungguh ya, aku lebih pilih kecoak dkk daripada bayangan yg abis pegang t**** ituuuuu huhuhu.
    Selama ini aku cuma mikir makanan kaki lima itu jorok kena debu , polusi dan lalet aja loh. *sepertinya alam bawah sadar menolak deh, tahap denial*
    *lagi denial nih, kayaknya kalo tukang somay kesayangan kan ngambil pake garpu, trus motongin pake piso ya, gak sentuhan tangan….tapi aaaarghhhh…..kalo dia kayak tukang sotoi mie langgananmuuu???!!!*

    • BWAHAHAHA… Pasti nyesel ya baca postingan ini. Sama dong, gue juga rada nyesel bikinnya karena sekarang tiap liat ayam selalu inget belatung😛

      Gpp lagi makan somay pake panu. Sekali-sekali ini, hihihi.. *tambah bikin eneg*

  17. baca postingan ini serasa baca postingan investigasi salah satu tivi swasta indo, yg tiap minggu topiknya ganti2 tapi banyak yg seputar jajanan….ada siomay yg campur boraks, ada nasgor yang ayamnya tiren(mati kemaren), dan bubur + hati ayam yg ternyata darah, bukan hati beneran…..abis itu gue belom jajan2 lagi….makan di rumah ajalah *ngga adventurous skaligus irit*

  18. Pingback: Si Bulat Kaporitkuh « The Sun is Getting High, We're Moving on

  19. Pingback: Paradise City | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s