Nasi Uduk Betawi dkk

Jadi minggu lalu kan eikeh eniperseri ya. Gak ada rencana mau bikin apa-apa, wong kelupaan. Tapi emang di daftar menu seminggu, pas long weekend gue mau bikin Nasi Uduk. Hubby kasih ide, bikinnya agak banyakan supaya bisa dibagi-bagi ke mertua dan nyokap. Duh, nervous berat deh, takut hasilnya kurang okeh.

Berhubung proyek pertama bikin nasi uduk yang dibagi-bagi, gue pun rada lebay dikit. Rabu pas lagi off, gue kerja bakti bikin Kering Tempe dan Ayam Goreng Lengkuas (resepnya di-posting di postingan terpisah ya). Jadi pas hari Kamis malam, pulang kerja gue langsung gedubrakan di dapur bikin nasi uduk, trus Jumat paginya lanjut bikin Balado Telur dan Sambel Kimiri.

Alhamdulillah, hasilnya not bad. At least kata emak gue endeus lahπŸ™‚ Dan, bikin nasi uduk 1,5 resep, langsung ludes aja gitu segebrakan. Tsk..tskk..

Anyway, here’s the recipe (as usual, copas dari gugel ya neik)

Nasi Uduk Betawi

Bahan:
– 400 gram beras (+/- 2 cup)
– 625 cc santan dari Β½ butir kelapa (gue pake santan Kara dicampur air biasa)
– Β½ sdt ketumbar bubuk
– Β½ batang serai, dimemarkan
– 1 lembar daun salam
– 1 lembar daun pandan
– garam secukupnya

Cara membuat:
– Kukus beras sampai setengah matang, angkat dan sisihkan.
– Sementara itu rebus santan, ketumbar, serai, daun salam, pandan dan garam di dalam panci sampai mendidih. Kemudian masukkan beras yang sudah dikukus. Aduk-aduk di atas api kecil sehingga seluruh cairan terhisap oleh beras. Setelah itu kukus lagi sampai matang. Angkat.

Cara menghidangkan:
Taruh nasi dalam piring, taburkan bahan pelengkap di atasnya. Dimakan dengan sambal kimiri.
Untuk 6 orang .

Bahan Pelengkap ala gue:
β€’ Kering tempe
β€’ Balado telur (resepnya ada di sini tapi kali ini gak pake teri)
β€’ Mentimun, diiris tipis
β€’ Ayam goreng lengkuas
β€’ Bawang goreng

Sambal Kimiri:
Gerus dan campur jadi satu sampai halus:
25 gram kacang goreng
5 butir kemiri goreng
5 cabe rawit, diseduh air panas
2 cabe merah, diseduh air panas
Β½ sdt garam
1 sdt cuka
2 sdt gula pasir
50 cc air panas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s