Kering Tempe

Dari kecil, makanan favorit gue adalah kering tempe. Berhubung nyokap gue males bikinnya karena ribet, jadi gue selalu ngefans sama kering tempe bikinan ART tante gue.

Nah gara-gara proyek nasi uduk ini, gue jadi kepikiran bikin kering tempe sendiri. Ambisius lah ceritanya *halah* Sempet agak khawatir koq gulanya gak kentel-kentel. Alhamdulillah hasilnya oke. Terharu deh kalo bisa bikin masakan favorit sendiri semasa kecil :’)

Anyway, here’s the recipeπŸ™‚

Kering Tempe

Bahan :
– 750 gr tempe, iris korek api
– 10 btr bawang merah, iris tipis
– 6 bh bawang putih, iris tipis
– 5 bh cabe merah besar, iris serong
– 1 ruas lengkuas, pukul
– 2 btg sereh, pukul
– 2 lbr daun salam
– 2 sdm gula merah, sisir halus (gue kelebihan krn salah baca, tapi tetep enak koq)
– 5 sdm gula pasir
– 5 sdm air asam jawa
– 1 sdt garam
– 100 ml air
– 1 sdm chicken powder
– minyak sayur untuk menggoreng

Cara membuat :
– Goreng tempe dalam minyak sayur panas hingga garing. Sisihkan.
– Goreng cabe iris, bawang merah iris dan bawang putih iris masing-masing. Sisihkan.
– Panaskan lk. 4 sdm minyak sayur, tumis lengkuas, sereh dan daun salam.
– Masukkan gula merah, gula pasir, air asam, garam dan air, aduk rata biarkan mendidih,
– Masukkan chicken powder, masak terus sambil diaduk hingga gula berambut kental (sabar ya, aduk-aduk terus karena rada lama nih kentalnya)
– Masukkan tempe kering, bawang merah, bawang putih dan cabe goreng, aduk rata.
– Angkat, sajikan.

Leave a Reply

