Ali Topan Wannabe

Gara-gara postingan gue soal angkot, ada beberapa yang komen bahwa selain naik angkot, mereka juga demen naik motor. Lah koq idem ye? Gue juga suka banget naik motor. Bahkan dulu selama beberapa tahun, tiap hari gue ke kantor dan liputan naik motor.

Pertama kali gue belajar motor adalah pas masih kelas 6 SD. Itupun boleh dibilang otodidak. Gue pinjem motor temen, sok pede pencet starter, trus langsung jalan deh. Waktu itu kayaknya untung-untungan deh gue karena gue gak ngerti kopling dan gigi samsek. Prinsip gue waktu itu, motor = sepeda tanpa digowes. Alhamdulillah gak kenapa-kenapa, hihihi..

Begitu ketauan bonyok, nyokap gue tentu aja marah-marah. Tapi sama bokap, gue malah diajarin mengendarai motor dengan baik dan benar. Jadi deh gue keliling-keliling komplek sama bokap belajar naik motor.

Pas kelas 2-3 SMP, gue malah udah berani naik motor bokap bareng geng ke komplek sebelah dan keliling-keliling daerah sekitar. Tujuan utamanya, ya so pasti lewatin rumah gebetan gue dan temen-temen gitu deh. Ibarat kata, liat genteng rumahnya aja hati udah senat-senut. Gimana kalo orangnya nongol di halaman coba  :D

Zaman SMA, gue mulai bergeser jadi tutor. Jadi temen-temen geng SMP gue yang rumahnya deketan, gue ajarin naik motor satu-satu. Korbannya, ya tentu aja motor bokap. Sampe koplingnya ancur, spatbord rusak, macem-macem lah. Bokap mau marah juga bingung, wong yang pake motornya rame-rame gitu. Duh Papaku emang the best!🙂

Pas kuliah, berhubung kampus jauh beeng di Depok, bisa masup anjing gue kalo nekad bawa motor dari Bekasi. Tapi tetep aja sih, gue sesekali pinjem motor temen buat keliling-keliling kampus. Tujuannya, so pasti buat ngecengin cowok di fakultas-fakultas tetangga lah ya.

Momen paling cihuy sih tiap Jumat siang. Gue dan temen gue, si Intan, pernah nekad lewatin Masjid UI pas bubaran Soljum. Bisa ditebak dong ya sambutannya luar binasa sekali. Suitan pun membahana. Untung baru pada kelar solat, jadi gak ada yang berani colek-colek. Intan, yang dasarnya gak ganjen, langsung pucat pasi gue kerjain kayak gitu. Begitu gue ceritain ke temen-temen geng lain, mereka malah minta diajak ngerasain “disuitin-cowok-bubaran-Soljum experience” just like Intan did😀

Begitu pindah ke Condet, gue udah jarang pake motor. Paling-paling cuma kalo mau beli Mie Bangka deket rumah (the most delicious one IMHO), anter emak ke Pasar Kramat Jati, ke rumah tante, etc. Tapi gue nekad kredit motor sendiri. Alasannya sih, buat punya-punyaan aja. Meski itu motor ujung-ujungnya ngendon di rumah doang. Soale kemana-mana gue milih naik angkot.

Nah, pas liputan bersama polisi kasep, gue pikir-pikir, ribet juga ya naik angkot. Soale kejadian kriminal dan perkotaan gitu kan kesebar dimana-mana. Malah lebih banyak yang terjadi di jalur-jalur yang susah angkot gitu. Gue pun memberanikan diri naik motor sendiri kemana-mana. Jalur rutin gue tiap hari waktu itu adalah Condet-Cawang-Polres Jaksel-PN Jaksel-Walikota Jaksel.

Berhubung wilayah liputan gue adalah Jaksel, ya gue kudu khatam daerah situ. Dan Jaksel itu luas ye bok, trus Polres Jaksel juga mencakup daerah Pamulang plus Limo Cinere sono. Jadi deh eikeh pernah Subuh-subuh naik motor ke Pamulang pas ada bom meleduk. Atau jam 1 pagi naik motor dari daerah Cinere-Parung Bingung. Untung selalu rame-rame. Kalo sendiri, atu tatuutt..

Mana waktu itu kan populasi lady biker belum sebanyak sekarang ye. Jadi deh gue mengganti gaya penampilan. Gue beli jaket tebel yang biasa dipake cowok-cowok naik motor. Trus pake helm+scarf yang diiket nutupin hidung dan mulut+sepatu keds. Tas pun dipilih yang gemblok macam Jansport atau Eastpak gitu. Voila, gue pun gak keliatan pereu samsek.

*kalo penampilan gue kayak gini naik motor di Jakarta, bisa kena rampok dan semprit polisi berkali-kali kayaknya*

Makanya beberapa kali, gue selalu dipanggil Bang atau Mas sama orang-orang. Pernah nih pas mau parkir di sebuah tempat bilyar, gue ditepok sama tukang parkir “Bang, di situ aja tuh, kosong.” Begitu gue kelar parkir dan buka helm, Abangnya shock ngeliat gue. Sampe minta maap banget-nget. Yaelah Bang, santai ajeee..😀

Enaknya naik motor, tentu aja urusan waktu dan hemat bensin ya. Gara-gara keenakan, gue pun kemana-mana pilih naik motor. Ngemol, main bilyar, nongkrong di kafe, semua naik motor. Triknya supaya tetep cantik dan wangi, ofkors bawa parfum, makeup dan baju ganti di tas. Gue biasa koq bawa high heels di tas. Jadi begitu sampe lokasi, sepatu keds/sendal diganti pake high heels. Touch up makeup dikit plus semprot-semprot parfum, gak keliatan tuh kalo gue abis naik motor😀

Gak enaknya, ofkors kepanasan dan kehujanan ya. Kepanasan sih masih mending deh IMHO, kecuali pas bulan puasa. Tapi kehujanan itu lho yang bikin ribet. Gue sih selalu sedia jas hujan di motor buat jaga-jaga. Nah benci banget kalo pas hujan yang labil. Begitu dipake itu jas hujan, eh hujannya berhenti. Gondoknyaaa setengah mati. Pengap bok.

Terus, karena gue selalu kamuflase dengan dandanan ala cowok, kalo ketemu cowok ganteng, jadi nggak bisa ngecengin deh. Salah-salah entar eikeh disangka cong jadi-jadian lagi😛

Oh ya, sebagai biker, gue juga berusaha menjaga etika dan mengikuti peraturan lalu lintas. Makanya gue sebel banget kalo orang menggeneralisir semua pengendara motor itu adalah orang-orang yang gak tau adat, gak punya etika dan cuma bisa srabat-srobot aja. Gue gak kayak gitu lho, meski gue tau sih, lebih banyak populasi biker yang nyebelin kayak gue sebutin tadi.

Ini nih yang sering bikin berantem sama hubby. Dia seumur-umur gak pernah bawa motor, bahkan nggak bisa nyetir motor sampe sekarang. Jadi dia selalu ngeliat masalah motor VS mobil dari sudut pandang pengemudi mobil aja. Sementara gue, karena bisa nyetir mobil dan motor, berusaha fair ngeliat dari dua perspektif. Gue sih berdoa banget supaya para biker ke depannya nanti lebih tertib dan nggak slonong boy kayak yang banyak ditemui saat ini.

Sekarang, gue udah jarang banget bawa motor. Pertama, motor gue, gue taro di tempat nyokap. Jadi gue naik motor paling kalo lagi ke sana, buat belanja ke pasar dll. Kedua, laki gue rempong. Dia bawaannya ngeri bener kalo bininya yang cantik jelita ini kenapa-kenapa pas naik motor. Kalo gue sih yakin, sebenarnya dia terintimidasi karena gue bisa nyetir motor, tapi dia nggak bisa hihihi..

Ah jadi kangen bermotor ria deh. Apalagi kalo yang boncengin/diboncengin kayak gini *lap iler* *celana basah*

Trus tambahan nemu poto ini pula. Duh Mas, mbok ya kamu belajar nyetir motor sana! *melotot ke sumami*

29 thoughts on “Ali Topan Wannabe

  1. pertamaaaxxx… qiqiqi…
    jadi inget euy… duluuu aq pernah touring sama temen-temen naik motor ke puncak buat tahun baruaannn… trusss sering banget sama adekku yang cewe naik motor malang surabaya PP… gantian yang nyetirrr…

    yang bikin maless banget naik motorrr ituuu itemnyaaaaa… ampun dah… apalagi aq tipe-tipe ga suka pake helm masker n sarung tangan… jadiii harus rela lah ituuu tangan n muka item selama 3 hariiii kalo lagi naik motor :D….

    dannn… untungnya siy suami ga terlalu ribettt… jadi aq hamil pun masih dibolehin naik motor… tentuuuu aq nya memohon-mohon duluuu… hahaha…
    yahhh… apalagi duluuu waktu baru merit belum punya mobil… jadiii ya mau hamil tua juga kalo mau praktis kemana-mana yaa pake motorrr….

    • Waahh gue gak pernah lho touring-touring-an sampe ke luar kota. Bisa digorok emak kayaknya hihihi.. Dulu jadi biker aja karena tuntutan pekerjaan. Jadi terpaksa dibolehin deh🙂

      Makanya Mak, dulu gue kalo naik motor, muka ketutupan abis. Pake kacamata item+scarf dari mulut sampe leher. Terus ditutupin helm full kaca. Badan ditutupin jaket+sarung tangan. Kaki pake kaos kaki. Gak lupa pake sunblock juga. Full body protection deh hehehe.. Makanya gak item-item, padahal pengen juga sih agak tanned dikit macam Halle Berry😛

  2. Akhir tahun 2005 pas lulus kuliah, aku nekad nyicil Mio, cicilane sekitar 500rb/bln dgn gajiku di sekolah yg cuma 1/4nyw,😆 . Pas motornya dikirim sama dealer, nyampe rumah, aku dlm kondisi masih gak bisa nyetir motor sama sekali! Akhirnya diajarin ama papahku. Ngegonceng beliau keliling kompleks. “Tyka! Kalo lewat polisi tidur tuh NGEREM, Nak!” “Oh HARUS direm ya pah? Aku kira malah harus digas!”😆

    Untung papahku gak jatoh😀

    Hari ke-10 sejak pertama belajar, aku nekad ke kampus buat ambil ijazah dan foto wisuda. Pulangnya, ban-ku kerasa kempes tp aku males berhenti buat nambal. Nyampe rumah, papah yg nuntun motorku buat nambal dan ternyata ban dalamnya udah sobek di 20 tempat dan akhirnya hrs beli ban dalam yg baru…..

    -__________-;

    I love you daddy….. #ciyeeehDaddy

    • Hahaha.. Gue juga dulu pas nyicil motor, baru banget kerja di perusahaan yang skrg Tyk. Jadi cicilan motornya = 1/3 gaji. Alhasil kereeee banget ogut😛

      Ah papa-papa kita emang ciamik yaaa🙂

  3. Haree begenee enak naik motor mkn mba… Coz lalu lintas sgt padat n macret dimana-dimana… Tp Kªl☺ suruh milih teteb pilih angkyot Ɨƚε ‎​ټ Ɨƚε ‎​ټ Ɨƚε. Ъќ bikin SUTRISNO n ƔªйǤ pasti bisa ginturrr… ˚☺kay˚˚☺ !!

  4. aku sukaaaaa banget naik motor mbak.. dlu pas jaman2 kuliah suka touring ma anak2. pas uda bawa motor pun kalo pulang ke rumah sukanya naik motor. padahal jarak rumah kosan ya sekitar 123km.
    paling gak tenang bawa motor pas abis gempa jogja!! di kosan dah g da org. g berani tidur dw an. akhirnya pulang. dan rekor perjalanan paling panjang hampir 4jam. padahal biasanya 2jam ja nyampe.
    paling ngeri bawa motor d surabaya!! serem abis.
    ak juga pernah disangkain mas mas di pom bensin!! temenku cowok ngakak2 bener dah denger ak dipanggil mas.. -_-”
    eh kog malah bikin postingan sendiri yak.. hwehehehe..

  5. Waktu ngambil undangan kawin, gw sama Hani naek motor.Bulan puasa, Bok. Hani dari Bintaro jemput gw, abis tuh cus ke daerah Muara Angke. *buseet jauh juga gw bikin undangan kawin ya*. Dari panaaas banget, loe bayangin dah naek motor ke daerah gersang sono. Hujaaan. Panaaas lagi. Gubrak gak sih. Tapi itu sebagai pengingat gw dan Hani, kalo kami pernah melewati masa susah bersama. *ciyeee..*
    Kalo pacaran enakan naek motor bukan sih ?
    Punya alesan buat peluk si abang. Ihiiiy…gatel dot com.

    Mas Adiiii, kalo mas Adi udah bisa naek motor, ojekin kita doooong….
    *ditendang Ira sampe ke Pluto*

  6. Toss lagi ya makkkk
    Gw juga termasuk lady biker. Gw demen naek motor soalnya ga begitu susah kena macet, kalo mampir2 ke banyak tempat ga rempong, murmer biayanya including parkirnya ya cyin. Malahan kalo ke kantor seminggu doank gw cuman beli bensin abis goceng doank😀 Gw bawa mobil ke kantor kalo ujan or ada acara yang perlu ngangkutin temen2.
    Eh gw juga sebel ama pengemudi mobil yang gampang nge-judge motor ga tertib. Ga fair deh penilaian mereka. Aslinya biker kan emang lincah. Lincah bukan berarti ga tertib donks.

    • Eymbeerr.. Meski bensin pake pertamax plus sekalipun, tetep irit lah ya. Makanya skrg populasi motor banyak banget karena lebih hemat dan cepet dibanding naik mobil maupun angkot. Apalagi sekarang untuk beli motor caranya gampang banget ye. DP cuma 500rb, udah bisa bawa pulang. Hebring deh🙂

  7. Pas baca post yang kemaren, tak pikir mbak Ira gak bisa naik motor lho…soalnya gak dibolehin ortu. Ternyata canggih bener yah…..
    Kalau aku sih kepaksa…..kerjaan jauh, gak bisa nyetir, irit bensin dan kalau naik kendaraan umum bisa berkali2 lipat waktu tempuhnya🙂
    trus…kenapa sih dirimu ini selalu pajang foto2 bikin ngeces gituu….hehehehe….dulu Sersan Channing…sekarang tukang ojek…..😀

    • Iya Mak. Pas sekolah emang gak boleh. Pas kerja juga sebenernya nggak boleh karena nyokap gue takut anaknya kenapa-kenapa. Tapi karena gue bisa kasih alasan logis dan meyakinkan beliau gue mampu bawa motor dengan baik dan bertanggung jawab (ceileh), akhirnya dibolehin deh🙂

      Duh kalo tukang ojeknya macam Brad Pitt, Ryan Reynolds, Justin Timberlake dan Shia Lebouf, gue bakal langganan ojek tiap hari kayaknyaaa😛

  8. Same here….IMO lebih enakan naek motor yg bukan matic, karena klo matic kok sawangane ga iso ngebut….hehehe…kl yg g matic kan enak bs ngebut n ceklak ceklik mindah gigi…

    rempongless de naik motor, klo macet bs sliyat sliyut nyari cela di antara mobil2 yg berhenti kena macet…hehehe…tp kl naek motor k kantor males…jauh neikkk, rumah di pinggiran jkt kantor di jkt pusat…alhasil naek motor dr rumah k stasiun, nitip motor disana trus lanjut naek krl de…

    eniwei…itu biker2 di atas aslik kece2 dan bikin ngiler… *sluuurrpppp*

    • Ih sama bangeett.. Gue juga agak kurang suka sama motor matic karena susah ngebut ya maakk.. Dulu pertama kali nyobain motor matic Vespa pas belum tren matic, gue ngerasa kurang demen karena berasa ndut-ndutan gitu. Makanya gue kalo yang pake motor matic itu cowok. Kalo ibu-ibu sih wajar🙂

      Meski begitu, kalo punya duit, kayaknya gue bakal beli Scoopy deh. Wong cuma buat ke pasar dan supermarket doang. Biar se-geng sama emak-emak biker lainnya😛

  9. Ahh I heart motor banget lately. Mobil gw cibirin….Cih…..gak sampe2! Angkot….duuhh ngetemnya seabad. Alhasil motorlah idolaku. Selain cepet, ngepot sana ngepot sini, agak bebas macet yg penting cepet sampe rumah, gegoleran sama anak (mulia sekali bukan?? hahahaha….)
    Kmren sim C habis aja rasanya kaya dikuntit polisi sebatalyon kalo naik motor. Padahal ak pernah kecelakaan motor yg mengakibatkan ada sedikit cacat di tumitku n waktu itu recovery nya 6 bulan aja gitu (gak bisa jalan lho). Gak trauma sih cuma gak bisa ngebut aja sekarang…alon2 waton kelakon bae lah….
    Oh ya…salah satu alasan agak males kalo naik mobil, ni mulut jadi bicara kotor muluuuu n emosiaaaann aja….hahahahaha…..pdhl emosi n ngumpatnya gak lain n ga bukan sm pengendara motor juga…piye toh iki?? Hahahaha…..

    • Engg.. Mak lo mah hebat masih punya SIM C. Gue dong gak ada samsek, hahahha.. *tutup muka* Gue cuma punya SIM A. Dan biasanya tiap kena razia/diberhentiin polisi, begitu buka helm dan bilang “Selamat pagi/siang/sore/malam Dan”, gak diperiksa tuh. Polisinya keburu kaget karena dia nyangka cowok, eh ternyata cewek😀

      Nah, untuk soal mobil VS motor, berhubung bisa nyetir dua-duanya, gue jadi berusaha ngeliat masalah dari dua perspektif. Begitu nyetir motor, berusaha sesuai aturan, gak sradak-sruduk. Begitu nyetir mobil, berusaha paham penderitaan motor, dan kalo di tengah kemacetan, agak minggir supaya motornya bisa nyelip. Daripada sok ke tengah, trus motornya nyelip dan bikin mobil kita baret, kan?🙂

  10. tosss! aku juga sering banget dipanggil mas, apalagi badan bongsor model kita gini ya Ra… sapa yg nyangka sih kalo di balik helm & scarf penutup muka adalah seorang wanita yang lemah gemulai menawan hati?😀

    oh ya, sbg pengendara motor ada 1 yg bikin aku suka parno. kalo pas macet kan kaki kita mesti turun 1 tuh di tanah u/ jaga. nah… suka ada motor ngawur tuh di belakang, maju2 aja ga ngeliat di depan ada kaki orang. alhasil kaki kelindes sudah beberapa kali terjadi. malah yg bikin sepatu sobek juga pernah, untung crocs kw! hihi…

    • Ah Yokeee.. Kamu sungguh mampu membaca isi hatiku deh😀 Iya ya, akhirnya bisa ngerasain enaknya punya bodi gede. Jadi disangka cowok mulu dan bebas dikerjain biker lainnya😛

      Hahaha.. Iya bener banget. Kampreto ya, emang disangka itu sepatu nganggur jadi bisa seenaknya dilindes😦 Kalo gue mah, sepatu dan sendal belum pernah robek. Tapi celana jins yang pernah jadi korban pas jatuh gara-gara ngerem mendadak pas hujan.

  11. gue dari kecil sampe udah merit kerjanya motoran. nggak nyetir, tapi mbonceng, hahahahahahah. bokap gue ga bisa nyetir mobil jadi kemana-mana ya gue dibonceng aja. and YES, bokap pun bencinya ga ketulungan sama anak2 sekarang yang bawa motor gak pake aturan. tapi yah, biarpun bokap seumur2 naek motor mulu, gue malah ga dibolehin nyetir motor walopun gue bisa. Jadinya pas gue kuliah, mereka beliin gue mobil supaya gue gak usah naik motor *pengorbanannya ortu banget yah….. #mewek*.

    • Li, itu bokaplo kayak bokap gue juga deh. Biar bisa nyetir mobil, bokap gue gak suka bawa mobil dengan berbagai alasan. Jadi dari gue kecil sampe sekarang, kemana-mana dia tetep naik motor. Pas gue dan adik gue bisa nyupir mobil, mobil-mobil di rumah kita yang pake buat ke kantor. Bokap gue? Dia cukup puas naik motor aja.

      Makanya dulu temen-temen dan sodara-sodara suka bilang gue dan adik gue anak durhaka. Bapaknya disuruh naik motor, eh anaknya enak-enakan naik mobil. Siwalan bener😦 Gue mah sebenernya gpp naik motor/angkot. Tapi kata bokap, bawa mobil aja daripada nganggur di rumah. Sekarang aja nih, bokap gue yang umurnya udah 61 tahun dan masih pengen kerja, tiap hari kemana-mana keliling Jakarta ya naik motor. Kehujanan kek, kepanasan kek, tetep naik motor. Suami gue sampe feel guilty kalo bokap gue ke rumah malem-malem naik motor. Ya abis gimana. Bokap kalo gak kepepet banget, gak akan mau naik mobil. Jadi mobil di rumah cuma dipanasin doang, gak dipake-pake.

      *mewek juga jadinya*

  12. Pingback: Curhat Ojeker | The Sun is Getting High, We're Moving on

  13. Pingback: Back to Ali Topan Style | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

