Spesialis Angkot

…Itulah nama yang, menurut @depezahrial, kudu ditambahin di belakang nama gue. Kenapa? Soale tiap mau berkelana ke Jakarta, owner milis MPASI Rumahan ini selalu nanya ke gue. Terutama untuk urusan angkot-perangkotan. Maklum deh ya, doi kan warga Semarang yang hijrah ke BSD. Gak heran Jeng Depe jadi selevel sama Nyi Iteung Saba Kota begitu disuruh ke Jakarta. Hihihihi..

Soal angkot, gue emang demen banget naik dan menghafal rutenya. Apalagi dari zaman sekolah dulu, gue emang lebih sering ngangkot daripada naksi atau ngojek. Yah namapun kere ye, mampunya cuma naik angkot kemana-mana. Kalo naik mobil, gue gak bisa nyetir bok. Gue baru bisa nyetir 7 tahun lalu. Sementara untuk naik motor, dilarang keras sama emak-babe di rumah.

Pas SMA, gue punya temen akrab yang sama-sama hobi ngangkot. Beberapa kali kita berkelana ke Blok M, Senen, Pasar Baru, dll naik bis dan bis tingkat (waktu itu masih ada lho). Kalo ada rute baru, kita suka iseng nyobain. Alhasil pernah pas mau ke Pluit, kita malah nyasar in the middle of nowhere.

Kapok? Oh cencu tidak. Prinsip gue dalam ngangkot adalah, observe, observe, and observe. Sambil naik angkot, perhatikan jalanan sekitar plus nomor-nomor angkot yang dinaiki. Jadi kalo nyasar, bisa ngeh lah lagi ada dimana.

Trus, kalo bener-bener clueless, cari aja angkot dengan tujuan terminal-terminal besar kayak Kampung  Melayu, Kampung Rambutan, Grogol, Cililitan, Kota, Blok M, dsb. Dengan patokan ini, dijamin nggak nyasar lagi deh. Soale begitu sampe di terminal besar, kita akan bisa dengan gampang merunut kembali perjalanan ke daerah yang dituju.

Saking kondangnya sebagai spesialis angkot, waktu kuliah dulu, temen-temen gue sampe kasih gue julukan “Humasnya Organda”  T__T  This is very funny karena pas gue liputan kriminal dan perkotaan, gue sering banget wawancara orang-orang Organda😀

Another thing is, ada seorang temen kuliah yang dikenal pendiam, pemalu, dan jaraaangg banget ngomong sama anak-anak lain. Suatu hari, tiba-tiba dia sampe lari-lari ngejar gue yang lagi terburu-buru mau masuk kelas. Gue pikir ada hal yang genting atau apaa gitu. Ternyata dia cuma nanya “Ra, kalo dari Depok ke Kuningan naik bis nomor berapa ya?” Zzzzz….

Apa sih alasan gue doyan ngangkot? Banyak bok jawabannya. Tapi ada tiga alasan utama sih.

Pertama, simple. Gak perlu nyupir, gak perlu ribet nyari parkir, gak perlu setres kalo kejebak macet. Kalo bawa mobil atau motor sendiri, sering deh gue berangan-angan punya kantong Doraemon yang bisa menyulap mobil/motor jadi kecil trus tinggal dimasukin ke tas. Jadi gue gak repot cari parkir dan bisa naik ke atas angkot pas macet panjang.

Kedua, murmer. As I wrote previously here, gue kan emang medit dengan berkedok sok irit, hihihi.. Kalo naik angkot, bayar sekian, udah all you can eat. Macet gak macet, banjir gak banjir, ya udah bayarnya cukup segitu. Coba kalo naik taxi, pasti pas macet suka ketar-ketir sendiri kan melototin argo? Eh apa ini gue doang ya?😛

Trus kalo bawa kendaraan sendiri, beli bensin udah berapa duit, coba? 7 tahun lalu, pas gue baru bisa nyetir, gue gak keberatan beli bensin minimal 50rb-100rb perhari. Apalagi waktu itu kemacetan Jakarta belum separah sekarang. Setelah euforia bawa mobilnya kelar, gue back to basic, ngangkot bae lah nyong. Duitnya mending buat shopping ditabung kan?😀

Ketiga, tiap naik angkot itu, gue selalu menemukan new experience. Apalagi, pedagang asongan masa kini selalu inovatif dalam berjualan. Gak cuma permen atau pulpen, sampe alat pel dan pisau dapur pun ada. Semua dijual dengan harga di bawah 10ribu. Tiap ngangkot, biasanya gue pulang dengan membawa 1-2 barang hasil belanja di angkot.

Trus karena yang naik angkot berasal dari kasta yang beragam, gue jadi belajar berbaur. Plus belajar berempati dan bersyukur karena masih banyak yang jauh lebih kekurangan daripada gue.

Selain nilai plus, tentu aja angkot punya minusnya kan ya. Yang paling populer cencu ajuah kehadiran copet dan pak si papak preman-preman. Pura-pura jadi tukang minta-minta, pengamen atau penyair lah. Tapi isi omongannya kayak gini: “Daripada saya merampok, membunuh, memerkosa, mencopet, lebih baik saya minta kerelaan Anda semua.” Duileehh :( Trus masih ada juga penipuan bermodus hipnotis. Beuh serem bangeett..

Selain itu, beberapa waktu lalu ada kasus pemerkosaan dan pembunuhan di angkot. Itulah kenapa sekarang ini, frekuensi ngangkot gue udah nggak sesering dulu. Laki gue rempong bok. Ya abis gimana ya. Kalo gue kenapa-kenapa, bakal susah cari yang mirip gue, kecuali Scarlett Johansson *silakan muntah Kakaakk :D*

Untuk pergi ke kantor, gue biasanya bareng hubby yang bawa mobil. Kalo nggak bareng, barulah gue naik angkot plus ojek supaya lebih cepet. Pulangnya, karena hubby sering pulang malem, gue baru deh naik angkot atau taxi kalo pas lagi teler.

Saking cintanya sama angkot, sampe sekarang nih, penyakit norce gue sering kumat. Tiap naik angkot, mata gue langsung kriyep-kriyep, no matter how full and crowded the bus is. Padahal kalo naik taxi/mobil, susah bener cari ngantuknya. Nasib… nasib…

42 thoughts on “Spesialis Angkot

  1. gw lagi ngangkot & ngebis selalu nih beberapa bulan terakhir… ya seru, banyak yg bisa diliatin bok… adaaaa aja hiburannya, entah itu supirnya ato sesama penumpangnya
    tapi kata gw, angkot di Jkt jauh lebih gampang ngapalinnya ketimbang angkot di Bdg, udah gitu urusan bayar, angkot Jkt kan pukul rata, klo di Bdg, berdasarkan feeling😆

    • Yoi Tjep. Selain hiburan, latihan pengendalian diri supaya gak nyela orang sih menurut gue, hihihi.. Abis suka ketemu yang ajaib-ajaib gitu kan. Bawaannya langsung deh nyela di twitter😀

      Iya di Bandung itu agak memusingkan angkotnya ya. Mungkin karena isinya angkot kecil-kecil bukan bis gitu kali ye, kayak di Bogor gitu.

  2. Setuju Bangettt ama mba Ira..aku pun sangat suka naik angkot, metromini dan teman temannya..dan satu hal yang pasti ga ada yang ngalahin nilmatnya tidur di angkot!! semilir semilir angin…kena goyang goyang..beuhhh nikmehhh…wkkwkw

    • Ahahaha.. Aduh seneng banget ketemu sesama pelorkot (nempel molor di angkot) *berpelukaaann*

      Iya lho Mbak, gue tuh saking niatnya mau molor di angkot, biasanya cari tempat duduk di depan deket supir. Jadi gak bakal keganggu sama orang-orang yang gak dapet duduk atau pedagang asongan. Molornya lebih nikmat😀

  3. hahaha..samaaa..saya juga gampang banget ngantuk kalo udah naik kendaraan umum, bahkan naik bis patas AC, bisa tidur sambil berdiri. pas bangun, udah kelewat dah itu kantor saya😀
    Iya ngeri banget kalo ketemu yg suka ngomong: “uang seribu-dua ribu ga berarti buat bapak-ibu”. oalah mas, uang semilyar juga ga bisa jadi semilyar kalo kurang seribu perak😀

    • Bwahahaha.. Gue belum pernah tuh tidur sambil berdiri di bis Mak. Ih berarti situ lebih hebat dari gueee *sembah sujud ke suhu*

      Sekarang juga lagi ngetren preman-preman yang bilang “Saya baru keluar dari LP Cipinang/Salemba/etc” ya Mak. Kocaknya mereka suka gonta-ganti pengakuan gitu. Temen gue pernah pas naik mikrolet M01, ada preman yang minta-minta dengan bilang baru keluar dari Cipinang. Karena macet di Jatinegara, angkotnya stuck. Gak lama si preman balik lagi, lupa kalo beberapa menit lalu dia abis minta2 di angkot yang ada temen gue. Trus si preman ngaku abis keluar dari Salemba. Seisi mikrolet pun langsung mau ketawa tapi males ribet. Payah, gak konsisten abis dah😦

      • Hahahah….preman geblek, untung gue ga disitu, udah ngakak kali gue…
        Eh, itu M01 nostalgia bangeeeet, secara itu M01 andelan banget jaman gue kos di Salemba kalo mau ke Gramed Matraman beli buku beneran (yang jarang2) atau ke Pasar Senen beli komik (ini yang sering :D). Benci tapi cinta banget deh sama M01 secara suka bikin macet depan gerbang UI tapi kalo lagi butuh justru tempat bikin macet itu bikin bahagia, tinggal keluar gerbang, naik, jalan deh…beli komik😀

      • Yoii.. Banyak juga yang ngambek kalo dikasih 500, trus duitnya dibuang. Mintanya 2rb dong. Duileehh udah untung dikasih X_X

        Beneerrr.. M01 itu bikin benci tapi cinta ya. Waktu gue liputan ke Depkeu tiap hari, langganan deh naik M01. Enak karena banyak jumlah angkotnya, gak perlu takut gak kedapetan. Tapi premannya banyak bener Vo. Apalagi di daerah Jatinegara situ. Beuuhh..😦

  4. Eh gw tau tuh 43. itu kan rute Tanjung Priok – Cililitan. Abis tuh diganti sama bis PPD yang gak tingkat. Lantainya bolong-bolong, terus gak nyampe cililitan. Cuma nyampe Penas-halim, abangnya teriak ” abwesh..abwesh….” muter ke Priok lagi.
    Tuh bis dilungsurin ke bis 41, Pasar-Baru- Cililitan. 43 sendiri ganti bis Jepang / Korea yang hejo-hejo itu.
    Eh gile ya…gw sampe apal mati gitu. Kenapa pas kuiz-kuiz hadiah liburan ke Korea gak pernah ” Senen – Pondok Kopi naek apa ? ” Ato ” hayo tebak…AC mayasari 27 arah mana ke mana ? ”
    Kalopun ada, gw yakin kita sikut-sikutan demi ke Korea kali ya…wakakak

    • 41 kayaknya udah gak ada deh Ndah. Soale sejak Cililitan berubah jadi PGC, semua bis dioper ke Kampugn Rambutan kan. Kalo 43 masih ada, saingan sama busway jurusan PGC-Priuk.

      Hahahaha… Kudu kasih masukan nih ke penggagas kuis-kuis di TV. Atau kita ngelamar jadi staf ahli Menteri Perhubungan aja apa yak?😀

    • Hahaha.. Jangan ngenyek dong. Wong satu-satunya tas branded gue masih nyangsang di bea cukai X_X

      Sebelnya kalo ngangkot, people will underestimate you. Ibaratnya nih, kalo pake Birkin bag yang aseli sekalipun, pasti disangka palsu deh. Orang2 soale mikir, mana mungkin punya tas 60 juta tapi naik angkot kan? Makanya beli tasnya yang murmer aje ah😛

  5. Tosss dulu
    Pertama kali pindah ke Jekerdah dulu gw demen ngangkot nyoba rute2 berbeda. Gw juga sering ditanyain temen2 yg baru hijrah ke Jekerdah jugak hehehe
    Alasan gw demen ngangkot juga sama, terutama empati. Kalo liat kondisi kebanyakan orang Indonesia yang sebagian besar masih miskin, Insya Allah kita bisa stay humble.

    • Hihihi.. Toss ah sesama kamus angkot😀

      Gue pernah nyaris mewek di mikrolet M06 (Gandaria-Kmp Melayu). Di depan gue duduk seorang ibu dan anaknya yang digendong trus mukanya ditutupin pake kain gendongan. Pas kainnya ketiup angin, keliatanlah muka si anak yang ternyata bolong separo, kayaknya karena ada tumor gitu. Gue sampe gigit bibir supaya nggak nangis tersedu-sedu. Dan gue liat penumpang lain juga merasakan hal yang sama kayak gue. Yang bikin salut, si ibu itu gak ngemis. Padahal dari penampilannya, kayaknya sih dia tergolong kalangan kurang juga. Sedih deh😦

  6. gw sama kaya lo ra.. klo diangkot khususnya bis ac, begitu duduk manis ga lama pasti terhipnotis dan saya pun tertidur😀

    naik angkot emang lebih seru dan banyak pengalamannya, salah satunya poin 3 yang lo ceritain.. gw pun sering belanja belinji di angkot, dari sekedar yang iba sama penjualnya sampe yang bener2 kepake barangnya🙂

    pokoknya hidup ngangkot deh.. !!

    • Iya Nik. Apalagi kalo di angkot dijual pernak-pernik buat anak, kayak buku mewarnai, buku gambar, buku dongeng, krayon etc. Pasti bawaannya mau diborong deh. Yang ada ongkosnya cuma goceng, belanjanya sendiri kena 10rb😀

  7. kadang di angkot nemu orang yang aneh2 lo mba,,aku pernah dikagetin laki2 tua yang tiba2 ngeluarin “anunya” di angkot..haduuuuuh, misuh2 deh yang keluar dari mulut ini.

    • Eewwww… Jijay bajay sih itu kakek-kakeekk! X_X Nah ini dia satu hal lagi hal negatif yang bisa ditemui di angkot. Pelecehan seksual gitu sering kan Mbak. Gue dulu pernah tiba-tiba leher gue ditiup-tiup sama Mas-Mas di belakang gue. Awalnya gue sangka gak sengaja, tapi koq gak kelar-kelar. Langsung aja gue pelototin. Trus pernah juga waktu SMA, gue duduk dan ada Mas-Mas berdiri di samping, trus mepet-mepetin daerah “itu”-nya ke lengan gue. Begitu gak tahan, gue berdiri dan injek kakinya kenceng-kenceng. Kampreto!

  8. kalo aq spesialis motor… qiqiqi…
    soalnya aq sering ga sabaran kalo angkot ngetem :))….
    waktu kuliah… aq itu ga punya motor lhoo… cumaa karena dikenal temen-temen cewe aq tuh lumayan bisa pake motor… jadilah aq tukang ojeknya mereka buat minta dianterin kemana-mana… qiqiqi… ennnn… mereka yang minjemmm dong… kan aq udah cukup buat jadi yang nyetirrrr….
    yah… gara-gara spesialis motor… udah pernah nyasar kemana-mana… en udah lumayan tau bandung…

    dijakarta siy… pengennya spesialis motor juga… cumaa ga nahan panas en macetnya… alhasil jadi spesialis busway… dannnn mengingat selama aq disini 4 tahun aq udah hamil 4 kali… jadinya di busway lumayan sering dapet tempat duduk… qiqiqi…. apalagi aq seringnya pergi dari poolnya kayak ragunan ato dukuh… kannn bisa lewat pintu keluar untuk wanita hamil dan bawa anak kecil… qeqeqe….

    • Iya kalo naik angkot suka gak nahan sama acara ngetem yang sampe molor lama banget itu lho. Gondookk banget rasanya, apalagi kalo udah telat. Biasanya sih gue kalo dalam kondisi terburu-buru, langsung nyegat ojek aja lah. Daripada setres naik angkot😀

      Eh iya Mak, gue juga cinta naik motor lho, sampe sering dibilang ojekwati. Nanti deh gue tulis di postingan berikutnya🙂

  9. nama lo jadi gini dong Ir.. Ira, Sp. A…😀
    berhubung satu kampung halaman sama Depe dan udah sejak SMA naik motor sendiri ke mana2, pas urbanisasi ke jakarta mau nggak mau mesti naik angkot. setelah bertahan sekitar 2 bulanan ngangkot, abis itu motor tercinta diboyong deh ke jakarta hehehe… Rasanya aman tenteram gitu lho kalo naik motor daripada kalo naik bis, kayaknya mesti siaga setiap saat sama tangan2 jahil atau tukang gendam😀
    Cuma susahnya ya… naik motor di jakarta suka dianaktirikan parkirannya. kalo gak jauh letaknya, ya umpek2an gak karuan (contoh: ITC kuningan: dateng pagi bisa dapet parkir, tapi pulangnya ga bisa keluar. datang siang? jangan harap dapat parkir.) atau malah ga ada parkiran motor (pasaraya grande).

    ngomong2 soal mikrolet, dulu ada tuh mas2 ganteng (beneran ganteng lho) yg suka naik mikrolet di slipi. sayangnya dia bukan penumpang, tapi tukang minta2, hihihi… alesannya rumahnya barusan kebakaran. lha kebakaran kok tiap hari? Mas, mas… gak mikir ya kalo penumpang mikrolet yg di situ ya orangnya itu2 aja?

    • Hahaha.. Iya tuh Depe bisa aja pake2 Spesialis Angkot segala😀

      Eh bener banget Yok, parkiran motor di Jakarta berasa anak tiri bgt deh. Di EX dulu parkir motornya jauuuhh banget dari mol-nya. Jadi abis parkir, kudu jalan ke molnya lewatin jalanan kampung gitu. Di hotel-hotel juga gitu. Mana cari parkir motor itu kan lebih bikin kemringet karena capek kita kudu nahan motornya ya. Bete beuy deh😦

      Eh Yok, sapa tau si Mas itu minta-minta buat modal bangun rumahnya lagi yang kebakar abis di Permata Hijau, tetangganya Mayangsari hihihi..😀

  10. iih gw waktu kecil jg doyan tuh naek bis tingkat, duduknya nyari yg di atas trs paling depan, jd berasa yg nyetir hahahaha. Sayang skrg dah ga ada lagi ya, terakhir naek bis tingkat waktu PKL di Solo pas kuliah..jd nostalgila gitu deeeh, naek dari ujung sampe ujung :p.

    Gw jg terbiasa dan suka naek angkot, simpel n ga ribet mana murce. Tp yg gak enak ya kl bisnya penuh banget, berdiri, sempit, umpel2an, dah gitu di tengah siang hari bolong, gobyooos boook. Tp ya itu resiko naek bis di jakarta ya. Masih mending lah kalo naek model mikrolet gitu, seengganya bisa duduk biar umpel2an disuruh geser mulu.

    Andalan gw klo nyasar pas naek angkot ya sama ama lu, cari jurusan ke terminal gede. Bisa tanya org dulu, abis itu kl dah di terminal dijamin lah bisa pulang🙂. Pengalaman naek angkot/bis, ya itu pernah nyaris kecopetan, tuh tangan copet dah masuk di dlm tas gw, untung gw liat, lsg gw ngejauh aja. Alhamdulillah sih blm pernah kecopetan *ketok2 meja*. Pelecehan jg pernah, nyebelin banget kl inget, walopun “cuman” digesek2 ato di pepet tapi kan hoeeeeeek aja.

    Nah kl dicky, bilangnya malah lebih suka naek angkot di bandung dibanding jakarta, gak bingungin n masih nyaman. Yah secara dia dr piyik di bandung, pdhl emang iya kyk lu blg lebih enak di jkt, kl di bandung itu rute yg sbnrnya deket bisa jd lama krn muter2 *pengalaman ngangkot di bdg*

    Seandainya angkot di jkt itu bener2 nyaman dan aman gw rasa, byk lah yg milih naek angkot dibanding bawa kendaraan sendiri, lebih irit.

    • Bener Rin. Rata-rata orang Jakarta males naik angkot karena sumpek, jelek dan lelet. Makanya pas ada busway, banyak kan yang pada beralih dari kendaraan pribadi ke busway? Gue pengen lho di Jakarta transportasinya kayak di luar negeri gitu, yang rapi, teratur dan gak sumpek. Kalo soal penuh dan umpel-umpelan sih, di Jepang aja tetep umpel-umpelan naik subway. Tapi yang penting kan gak jelek gitu.

  11. mba ira…. better angkot than bis or unta @ qt.. bisa tidurrrrrr, sampe supirnya suka tanya bu (kadang2 dipanggil de’ lhoooo???) turun dmana? ha ha ha ha ha udah sampe pool…..
    inget (alm) m.eri dulu sebelum beralih ke motor, seneng bgt naik angkot…motor berjejer dihalaman tp ga disentuh2, sampe diketawain mba ina (jagoan motor)…baru belajar…
    ( jadi terbayang cool face-nya….super duper cueq_ngangenin.com )

    • Iya, naik angkot itu emang paling enaknya gak capek, jadi bisa numpang molor ya Mbak Yanti😀

      Dulu alm Mas Eri itu sama kayak aku, hobi ngangkot. Trus kalo dari 1 liputan ke liputan lain, kita biasanya suka nebeng temen-temen yang bawa motor/mobil. Nah pas almarhum bawa motor dan aku masih ngangkot, aku jadi sering nebeng sama dia sampe kaki berasa susah jalan saking jauhnya, hehehe.. Ah sweet memories deh :’)

  12. Pingback: Ali Topan Wannabe « The Sun is Getting High, We're Moving on

  13. heh saya merasa terpanggil dengan kata2 nyi iteung saba kota, itu slogan saya kakak, hahahaha bukan gw ya ra kalo ke ibu kota ga pake nyasar, apalagi sekarang gw menemukan belahan jiwa kang kabayan yang tak lain tak bukan laki gw yang sama 2 buta jakarta pisaaan, ampe temen gw gemes setiap kali janjian sama gw dijakarta “ya ampun chie, lo kan seengganya pernah setahunan tinggal dijakarta, mbok ya ada gambaran gt ya, kalah dibanding monike yang orang bandung, cuma dikasih patokan via bbm ga pake nyasar dateng ketempat loh. lah lo udah telfon bulak balik tetep aja salah puteran lah, ga nemu jalan ini lah” huahahahaha jangan salahkan nyi iteung, emang skenarionya begonoh pan, kudu nyasar.

    • Akhirnyaaa.. Nyi Iteung yang aseli nongol juga, hihihi..😀

      Duh Chie, coba ya Kakang nanti disuruh homestay di rumah gue lah bangsa 1-2 bulan. Jadi kalo udah gede nanti dia bisa jadi penunjuk jalan emak-bapaknya yang buta arah itu😀

  14. aku juga suka angkot (dan kendaraan umum lain). mana kita kan anak daerah yang ucluk-ucluk tinggal jakarta. jadi di hari kedua di jakarta, nekat naik metromini tanpa lihat tujuannya. prinsip kalo ga nyasar, ga kenal jkt bener-bener dipake deh. lagian kalo nyasar, kan masih di indonesia ini😀

    efeknya sekarang, si nduk kecil demen angkot juga. malah pernah mogok nangis kejer gara-gara diajak naik taksi. emaknya disuruh bawa 15 kg beras plus belanjaan lain plus nggendong anak dengan naik angkot. t-i-d-a-k.

    • Hoahahaha.. Anaklo mirip sama Nadira, Mak. Dia demen banget diajak berkelana naik angkot. Kalo disuruh pilih taxi atau angkot, pasti dia minta angkot dengan alasan “Lambut Mbak Dila telbang-telbang kayak Dola kalo naik angkot”😀

      Kemarin pulang dari Tip Top diajak naik bajaj gak mau. Maunya naik angkot. Duh Gustiii.. Meski gue ajak ART, tapi rempong banget bawa segala belanjaan bulanan kaannn X_X

  15. dulu gw kuliah di kota seribu angkot *dimana hayoo?;), gw familiar bgt ama angkot,
    lanjut di jogja, momotoran soale angkutan (jalur) di jogja kan cuma ampe sore, kan ga seru klo activity jd terbatas gegara angkutan umum😛,,
    sekarang kerja di pgadung rumah di bekesong,,, msh tetep ngangkot karena gw parno nyetir sendiri dgn kondisi jln bekasi-cakung yg pagi dan sore awut2an klo hari kerja,, mo bawa motor di jekardah sini,, kutaksangguuup…
    serunya, tiap hari angkot yg gw naikin adalah angkot yg itu2 aja dgn sopir yg sama, jam berangkat yg sama dan penumpang yg juga itu2 jg,,, ga pake ngetem, berasa kek jemputan tp berbayar :))

    • Kota 1000 angkot = Bogor ya? *berasa cerdas cermat*

      Eh bener banget tuh. Jalan Bekasi-Cakung mah mengerikaaann buat biker. Secara awut-awutan sama angkot, bis gede dan truk. Gue aja kalo lewat situ dan bayangin naik motor, suka merinding sendiri.

      Lo kayak temen kantor gue deh. Saking rutinnya tiap hari berangkat jam sekian, dia sampe punya langganan supir mikrolet+penumpang yang itu-itu juga. Jadi pas ada kasus pemerkosaan angkot kemarin, dia malah dicurhatin sama sopir mikroletnya karena menurut si sopir, kasus itu mencoreng reputasi dia dan teman-temannya🙂

  16. haha..
    ini sama banget deh mba kaya aku, rumah aku kan ditebet ya..pas kuliah di ciputat, bawa mobil sendiri ga bisa..naik motor ga dibolehin..alhasil ngebis lah aku selama 4 tahun..
    pertama kali (maklum book..baru dilepas ‘ortu’ pas baru kuliah..sebelumnya mah yaa..kaga boleh) deg2an sekali secara lewat lebak bulus pulak yang merupakan terminal..emang bener harus ngobserve pas awal2, biar tau jalan..
    sekarang udah jadi ratu jalanan (huahaha) sampe temen2 kalo nanya rute bis n busway sms or bbm loh (penting banget).. padahal mah gatau2 banget..cuma jalur selatan dan pusat aja yang hafal..haha
    beneran sampe kenal sama sopir2 n kenek2 bis nya..dan ofkors sama pengamen2 nya..

    dan setujuuu..aduh kalo di bis tuh baru duduk bentar langsung ngantuuuk dan tidur nyenyak..cara jitu biar aman tidurnya pasang headset duduk di daerah depan..hihi kalo di mobil pribadi malah susah tidurnya..hahaha
    aaah jadi rindu ngebis rute kuningan-lebak bulus..

    • Tuh kaann.. Ngebis+naik angkot itu emang ngangenin kaann..😀

      Gue gak terlalu demen setel musik+headset trus tidur. Soale bener2 gak kedengeran suara2 dr luar kan. Akika takut kebablasan bok. Mau dimana mukaku iniii..😛

  17. dan naik angkutan umum itu lebih cepet daripada nyetir sendiri *apalagi kalo yg nyetir sendiri yang ga tau jalan*, di bis bisa sambil tidur pula.

  18. Pingback: Let’s Paint the Town! « The Sun is Getting High, We're Moving on

  19. Pingback: Lika Liku Naik Taksi | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s