Kawaii Bento Maker Wannabe

Dalam upaya menjadi ibu yang cihuy (dan rabid mom KW3 jadinya), gue nepsong abis untuk segala urusan anak. Setelah kelar ASI dan makanan rumahan, PR gue sekarang adalah urusan bekal Nadira. Apalagi rencananya tahun ini Nadira kan masuk playgroup. Urusan bekal pun jadi perhatian.

Sebenernya sih, selama Nadira bersekolah di PAUD setahun belakangan, gue juga perhatiin bekalnya. Tapi ya gak neko-neko banget. Paling banter nasi+sayur+lauk, trus gue bikinin muffin/brownies/puding/roti isi or seadanya cemilan di rumah, hehehe.. Nah berhubung rabid mom wannabe, pas Nadira masuk playgroup nanti, gue cita-cita pengen bikinin bekel yang kece, macem bento-bento-nya orang Jepang gitu lhoo..

Alhamdulillah, minggu lalu, @MamaKokiHandal buka pendaftaran Bento Class. Pendaftaran belum buka pun, gue udah neror ownernya si @depezahrial untuk masukin gue ke list peserta. Takut gak dapet kursi neik. Soale gue prediksi pesertanya membludak.

Dan beneran bok. Kata Depe yang waiting list sampe 1000-an orang gitu ya Dep *lebay* Hepiii bener gue, kursi udah dapet untuk belajar bebentoan… Sampe gue lupa kalo Sabtu malemnya gue mau nonton Roxette dan tiketnya udah dibeliin hubby 1-2 bulan sebelum hari H. Yah, alamat teler nih, nge-Roxette sampe malem, trus Minggu pagi-pagi kudu bangun buat belajar ngebento.

Tambahan lagi, Jumat malem Nadira sakit. Tambah pening kepala rasanya. Untung Sabtu malemnya she’s better, jadi gue+hubby bisa nge-Roxette trus Minggunya gue bisa cabut ngebento.

Minggu pagi, gue BBM Cimon minta ditek-in bangku, eh ternyata doi malah nawarin bareng. Alhamdulillah, rezeki nggak kemana😛 Begitu sampe lokasi di Mi Beniah, Kemang, alamaakk.. Peserta Kelas Bento 80% member milis mpasirumahan seangkatan gue. Saling kenal, saling follow-followan di twitter plus saling gosip-gosipan di BBM. Jadi deh suasana rameee bener karena kebanyakan gosip😀 *bikin @anggit tambah nginyem ah*

Untung, semuanya emang pada semangat belajar. Sesama rabidmom gitu ceritanya😛 Begitu acara dimulai, gosipnya berkurang *gak ilang samsek koq :D* Saking seriusnya, gue gak sempet motret-motret banyak. Abisan takut ribet dan kotor tangan gue kalo bolak-balik pegang kamera. So, foto-foto di sini seadanya aje ye🙂

Anyway, kelas bento ini menampilkan instruktur dan owner dari My Meal Box, Pak Lukman. Di kelas bento ini, metodenya hand-on gitu. Jadi 1 peserta dapet 1 bento kit dan langsung praktik. Demen banget gue kursus macem gini, jadi bener-bener bisa langsung bikin sesuai yang dicontohin instruktur.

Seisi kelas kerjanya ber- “Oohh..” dan “Aaahh..” mulu tiap Pak Lukman bikin bento yang kawaii dan cakep. Kayak telur puyuh jadi kelinci, nasi jadi lebah, atau nasi dengan ornamen Piyo-piyo. Detil-detilnya itu lho yang bikin gemesss ^_^

Setelah kelar demo, Pak Lukman minta kita langsung praktik bikin bento bentuk lebah. Beruntung gue sukses memonopoli bento lebah punya Pak Lukman dan naro di meja gue. Jadi acara nyonteknya pun lebih khidmat *maap gak kreatip sayah*

Terus terang, untuk masak gue mah demen ye. Tapi buat hias menghias gini, kepala langsung berasap. Maklum deh, bekas anak IPA yang gak punya sense of art samsek. Mengutip kata Rince yang duduk di samping eikeh: “Gue nyerah dah disuruh berimajinasi. Kudu punya gambar dan bahan contekan ini mah judulnya.” Hihihi.. Toss ah sesama pemilik otak kanan yang kurang dilatih😀 Wong ini bento lebah udah nyontek plek-plek aja, teteeepp aje kurang rapi T___T

*yang kiri punya Pak Lukman, yang kanan punya gue. Kalo ibarat tas KW, bento gue kayak tas dengan model Birkin Bag tapi pake monogram gitu. Ancur cyin :(*

Pulang Kelas Bento, dengan sumringah gue kasih liat Nadira bento lebah bikinan gue yang, ehm, kacrut abis. Priceless banget deh liat reaksinya yang terkagum-kagum dan sibuk pamer itu bento-bentoan ke Mbaknya, Papanya dan ART MIL yang lagi ada di rumah. Cara bawanya pun kayak ngebawa harta karun, hati-hati bener gitu *hatiku hangat*

Abis itu, dia langsung minta makan. Padahal dia masih agak sumeng, dan kata bapaknya, sebelum gue sampe rumah, Nadira baru aja kelar makan😀 Emang sih gak habis, tapi “nasi lebah” itu kemudian jadi dinner-nya yang dihabisin sampe licin (kecuali selada+wortel yang dibuang).

Oh ya, di Kelas Bento kan gue beli bento starter kit yang isinya bento rice maker bentuk kepala beruang, puncher bentuk mata+hidung, cetakan, dan beberapa pernak-pernik lain. Pas gue kasitau Nadira, dia langsung minta gue praktik. Trus setelah liat nasi bentuk kepala beruang, dia langsung minta makan lagi dong.

Dan itu terulang lagi jam 10 malem bok. Mana kepala eikeh lagi nyut-nyutan karena flu dan gak ada lauk. Jadilah gue bikinin nasi “kepala beruang” pake abon sapi yang dimakan Nadira dengan gragas🙂

*nasi kepala beruang yang super duper absurd X_X*

Melihat kesuksesan bebentoan ini, gue pun dari pagi setelah kelar urusan edit-mengedit kerjaan kantor, langsung browsing di yutup tentang tutorial bikin bento. So far gue baru nemu dua users yang kasih tips gampil, yaitu sakurapop21 dan BraLadyJapan. Di bawah ini gue tampilkan beberapa video mereka yang super gampil ye. Cekidot🙂

*kawaii abis yaaa sosis-sosisnyaa..*

*IMHO nasi gorengnya bisa diganti, gak harus sesuai dengan resep di sini*

*lucu banget deh telur puyuh digituin :)*

Duh jadi gak sabar pengen ke Daisho buru-buru niihhh… *menanti titipan dari Cimon dan @ariemarzuli ^_^*

29 thoughts on “Kawaii Bento Maker Wannabe

  1. Ra, gw mau kasih tau aja *racun tersembunyi* di FB banyak tuh ols bento2an, salah satu tempat gw cuci mata sih Little Bento… lo search aja.
    Trus di Ranch Market juga ada tuh pojokan tempat jualan barang2 Jepang, harganya malah lebih murah dari ols gitu.
    Gw sih bisa tahan klo printilan lucu2 gitu, krn belum perlu bikin yak…tapi susah tahan klo liat lunch boxnya… hadeeeuh….
    selamat berburu…

    salam,
    lunch box mania

    • Makasih lho Neng Tjepi atas komentar pleus racunnya yang sungguh mematikan. Udah klik Little Bento House, tapi koq gak banyak belanjaannya ya? Padahal udah siap-siap ngences hehehe😀

      Lo koleksi lunch box ya Tjep? Liat-liat juga di Daisho tuh. Kan produk Jepang juga. Lucu-lucuuu.. ^_^v

  2. Hiyaaa….. iya tuh, pokoke kemaren itu Kelas Kece MKH terheboh deh hahaha acara belum mulai heboh cuap-cuap, pas kelas sudah mulai emak-emak sibuk terpesona sambil “iiiih lucunyaaaa” “waaaaaw”… selesai acara heboh borong xixixixi…. moderatornya sampai pusiang :))))) asli kemaren pengen banget hand- on juga sayang disayang saya sibuk pegang mic dan depe sibuk makan es pisang ijo :p

    • Hahahaha.. Iya kemarin ramenyaaaa udah kayak pasar. Apalagi sayap tengah sampe kanan. Isinya emak-emak rempong yang doyang gosip semua. Itu aja untung lho Dith gak ada yang bawa dagangan. Kalo iya dijamin bakal kayak arisan RT beneerr😀

      Pasti kemarin moderator antara pengen hand on dan pengen gosip juga deh. Tapi karena lagi on duty, terpaksa nginyem nih yeee😀

  3. haduhhh pengennn euy… cuma niy anak-anak… ga dikasiy hiasan aja udah gragas makannya…. bolak balik dapur mulu…
    padahalll cemilannya… cuma jagung rebus ato singkong rebus/goreng ato pisang goreng ato roti panggang keju ato ubi goreng… qiqiqi… #emakgakreatif
    kadang-kadang sampe aq sembunyiin tuh cemilannya… gara-gara anak-anakku ga keluar dari dapuurrr ngendon di meja makan nyemil muluuu… hadeehhh…
    Apalagi ngebentooo yaaa… tambah ga berhenti-berhenti anakku makan… n tambah ga keluar-keluar bundanya dari dapur :))
    Alhamdulillahhhh de… qeqeqe….

    http://www.my-za.blogspot.com

  4. hallo Ira, salam kenal,

    Saya Rouli, selama ini jadi silent reader aja, tapi karena postingan tentang bento, jadi pingin kasih komen. Iya, saya tadinya jiper abis soal bento-bentoan ini, tapi karena ada peralatannya, ternyata ga gitu susah ya. Saya emang lagi tinggal di jepang, lanjutin studi, anak suami dibawa. Karena anak masuk hoikusho (daycare), jadi sebulan sekali mesti bikin bento. Pertamanya susah banget, tapi lama-lama terbiasa, malah jadi seneng bikinnya, padahal saya ga bisa masak, ga bakat art and craft juga, tapi kalo anak pulang trus liat kotak bekalnya kosong gitu, seneng banget deh rasanya. Sukses ya Ira, bikin bento untuk Nadira. Hebat ihhhh…..persiapannya, niat ikut kelas bento segala. Salut!

    • Halo Rouli, salam kenal juga🙂

      Iya nih, dulu tuh suka pesimis kalo liat orang ngebento yang canggih-canggih. Ternyata peralatan bantunya banyak ya. Jadi ibaratnya nih, tinggal masak nasi putih, goreng nugget, tumis sayurm tinggal ditata, jadi deh bento *pikiran dangkal :D* Yg penting punya alat-alatnya supaya bisa dibentuk-bentuk yang kawaii ya Jeng.

      Ikut kelas bento mah karena emang gue clueless soal beginian. Justru lo lagi yang hebat, gak pake kursus, lagi studi, eh masih sempet bikin bento buat anak. Hebriingg🙂

  5. lutuuu….pernah kapan itu iseng ngebento buat bekal. janji ke si nduk ntar bekalnya telor dibentuk kepala ayam. tapi namanya juga amateur yak, gagal ha ha ha. untung masi diabisin. cuma diprotes, katanya mana ayamnya?

    selama ini sih bekelnya yang gampil juga, apalagi PG cuma 1,5 jam. kalo ga roti, ya cupcake apa gitu. kalo bener-bener lagi muales (dan ga ada ide), cuma buah potong+sereal😀 atau kalo ga sempat menghias, ya ngandelin silicon cup warna warni plus tusukan lutu-lutu itu. beres deh :p

    tengkiu link yutub nya Mbak…eh btw, daisho di mana ya?

    • Lah dirimu udah 100 steps di depan gue Mak. Kemarin-kemarin mah sebelum kursus bento mana kepikiran gue bawain Nadira bekal pake silicon cup warna-warni plus tusukan lucu? Plain abis deh bekelnya, hihihi.. *malu*

      Daisho di Jakarta ada di Mal Artha Gading dan Melawai. Gue sih baru pernah ke yang di MAG aja Mak. Oh ya dulu gue pernah ke Surabaya, ke Tunjungan Plaza ya cmiiw. Ada toko barang-barang dari Jepang juga. Pasti ada bebentoan deh di situ🙂

  6. melawai nya sebelah mana seh? jadi penasaran. ntar kalo cuti lagi, aku ke melawai ah.

    aku beli silicon cup yang bisa sekalian jadi muffin cup. enak jg, muffin nya jadi warna warni (cup-nya). cuma nyucinya rada repot, IMHO. sisa muffin nya nyelip2 aja gitu. walhasil sekarang jadi cetakan puding😀

    • Katanya sih di atas supermarket Jepang yang namanya Papaya. Gue juga gak tau Daiso di Melawai sebelah mana Mak. Maap gak bantu😀

      Iya gue pengen bgt beli silicon cup buat muffin. Tapi tiap ke Ace Hardware abis mulu. Padahal kalo nyari di Titan or TBK lain, mahal bok harganya #makirit😛

  7. Racun .. Racun… Hehehehe….
    Udh lama tertarik bikin bento tp blm bener2 merealisasikan…
    Coba ibu ira diajarin step2 bkn bento yg gampilnya yah😀 males browsing …
    Eh itu mata sosis yg putih pake apa bahannya?

  8. Depeee… Yudiiith ayo bikin kelas bento di ciledug dong, biar deket rumaaah. eh salah kamar, Ir. maap. hehehe… kalo misalkan beli starter kit-nya doang bisa ga sih Ir kita bikin sendiri (sebelum kelas bento diadain di ciledug) hihihi…

    • Bwahahaha.. Hayo posting ini di milis aje Yok! *sambit beha*

      Bisa koq Yok. Lo pelototin aja tutorial di yutup gitu, trus beli alat2nya. Aseli ternyata gak ribet-ribet amat koq. Gut lak yaaa ^_^

  9. Eaaaa Ira bikin gue minder aja niih… Gue sempet hampiiir ikutan kursus bikin bento gratisan (diadain sama temen gue se kampus yang mana dianya adalah dokter gigi PLUS lagi sekolah S3, heran mampus gue, kok sempet yaaa?). Tapi pas gue tanya temen gue, jam berapa dia bangun tiap pagi buat nyiapin bento, dan dia jawab jam 5.30, gue pun langsung bubar jalan balik kanan😀 ga jadi ikutan. Kayaknya memang mesti ada motivasi lebih kuat yak, bikin bento *bikinanakbikinanakbikinanak* ahahahahahah

    • HOAHAHAHA!!! Ih gue kan kompetitip Vo, sengaja bikin postingan ini supaya lo gentar😀

      Tapi serius sih, anak itu motivator yang kuat banget supaya kita jadi rajinan dikit. Gue kan dulu pemalas berat, jagoan begadang dan bangun siang. Sekarang jadi mau gak mau bangun pagi, apalagi kalo ntar anak gue sekolah *duh bayanginnya koq puyeng ya*

      Btw, kata instruktur bento kemarin, persiapan bento bisa dibikin sehari sebelumnya bok. Jadi pas hari H tinggal nyusun-nyusunnya aja. Ayo Ivo, kamu bisa! *sodorin Jamu Bidadari supaya cepet hamil*

  10. mba iraaa pakabr?? seepp resep bentonya… muka-muka lucu cie ewan bs bwt anak2 doyan makan…he he he… kursus kilat nih mba thanks

  11. Yampun mak, gak pake ngebento aja gw udah jumpalitan tiap pagi nyiapin bekal anak nyambi nyiapin diri ke kantor. Bijimana eykeh ngebento dulu yah.

    • Hahahaha.. Sebagai emak satu anak, gue juga nggak ngebayangin ‘beban’-lo mak yang punya anak 2 dan nyiapin bekal sehari-hari, plus ngebento😀 Eh tapi kata instrukturnya, semua bisa disiapin sehari sebelumnya lho. Bahkan orang Jepang itu terbiasa masak banyak beberapa menu plus nasi, trus dibekukan. Jadi tiap mau bikin bento, tinggal atur-atur aja deh. Gampil surampil! *kayaknya ya, belum nyoba soale :D*

    • Kalo nori puncher sih Mas gak terlalu necessary koq. Essential tools buat bikin bento kan cuma plastik cling wrap (untuk membentuk nasi), gunting kecil (untuk membentuk nori dll), pisau kecil (untuk membentuk keju, sayuran dll) dan pinset (untuk menyusun bahan makanan). Kalo ada dana lebih baru deh beli nori puncher, cetakan nasi, cookie cutter dll.

  12. Pingback: Belajar Ngebento (Lagi) « The Sun is Getting High, We're Moving on

  13. Pingback: Don’t Judge a Book by Its Cover (2) | The Sun is Getting High, We're Moving on

Leave a Reply

