Semur Slow Cooker

Gara-gara punya slow cooker (SC), gue jadi penasaran mau nyobain masak pake ini melulu. Abisan gampang ya cyin. Sebelum bobo kita masukin bahan, colok, trus besok paginya tinggal makan deh.

Kali ini gue nyoba bikin Semur Betawi pake SC. Nguprek gugel, nemu resepnya di sini. Gue ikutin plek-plek, plus ditambah telur dan tahu, hasilnya enak. Dagingnya lembuuuttt banget dan ngeresep bumbunya. Tapi IMHO, airnya kebanyakan deh. Udah ikutin resep untuk dipanasin 1-2 jam, kuahnya tetep banjir. Ya gpp sih, begitu daging, telor dll abis, gue tinggal tambahin isian yang lagi, hehehe.. *gak mau rugi*

Anyway, here’s the recipe ya. Gue kemarin mix dengan nasi uduk Betawi plus sambel terasi + ketimun. Hasilnya, mak nyus!

Semur Betawi ala Slow Cooker

Bahan-bahan :
500 gr daging sapi haas, potong-potong (gue pake daging rendang)
250 gr kentang, potong-potong
1 bh tomat, potong-potong (gue gak pake karena gak punya stok di kulkas)
3 lbr daun salam
10 btr cengkeh (gue pake cengkeh bubuk)
10 cm kayu manis
10 sdm kecap manis
1 sdt garam
Β½ sdt pala bubuk
1 ltr air (IMHO kebanyakan nih. Kalo gak suka yang banjir, kurangi aja)
1 sdm minyak sayur
Bawang goreng secukupnya untuk taburan
*gue: tambah 6 butir telur rebus dan 4 potong tahu yang digoreng setengah matang*

Bumbu, dihaluskan:
8 bh bawang putih
8 btr kemiri
3 cm jahe (gue gak pake karena abis)
2 sdt ketumbar
2 sdt jintan (gue pake jinten bubuk)

Cara Membuat :
– Campur dalam wadah : bumbu halus, kecap manis, minyak sayur & daging sapi. Aduk sampai rata dan daging terlumuri bumbu. Masukkan dalam chiller, diamkan semalaman (gue cuma didiamkan 6 jam)
– Kemudian, masukkan ke dalam slow cooker berturut-turut : tomat, daun salam, cengkeh, kayu manis, dan daging yang sudah dilumuri bumbu (plus telur rebus).
– Tuangkan air, garam dan pala bubuk
– Set ke menu ‘low’ dan matikan setelah 10 jam. 2,5 jam sebelum 10 jam, masukkan kentang.
– Setelah 10 jam matikan slow cooker, pindahkan semur ke panci. Masukkan tahu lalu masak dengan api kecil sekitar 1,5-2 jam untuk lebih mengentalkan & menyurutkan kuah semur
– Taburi dengan bawang goreng.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s