Aging Sucks

Kemarin gue beli tahu sumedang di dekat rumah. Sebenernya gue sih nggak suka tahu sumedang. Tapi laki gue doyan banget dan berhubung dia udah teler nyupir dari Tanjung Duren, jadilah akika yang turun nyamperin si abang.

Gue: Bang, tahunya 15 biji ya. Berapaan sih satunya?
ATS (abang tahu sumedang): 600 perak.
Gue: Ooh.. Trus katanya ada bacang. Mana Bang?
ATS: Udah abis bacangnya. Saya kan buka dari pagi, Dek.
Gue: *GR dipanggil Dek*

Yaabes, gimana nggak GR dong. Si ATS ini bukan bapak-bapak atawa orang tuwir. Dia masih seumuran gue gitu lah. Ya ampun, krim anti kerut dari dokter ini berarti mujarab sekali yah!

Urusan umur, termasuk di dalamnya nama panggilan, memang sensitif ya buat kaum Hawa, including moi. Kalo ada yang panggil Ibu, rasanya koq tuwir abis. Apalagi kalo dipanggil Tante. Bawaannya langsung pengen ngaca, apakah wajahku semesum tante-tante girang (TG)?

Tentu aja panggilan favorit gue adalah Mbak, dan yang paling terkaporit adalah Non dan Adek lah yaaa.. Berasa kembali ke umur 15 tahun deh kalo dipanggilnya Non dan Adek ituu..

Oh ya gara-gara ini gue jadi inget masa-masa ABG. Waktu gue SMA dulu, lagi ngetren lipstick Colorstay matte warna cokelat tua. Jadilah gue punya lipstick  berwarna cokelat-cokelat tua nan gelap yang bikin bibir kayak drakuli abis isep darah basian (ya kan warnanya coklat cyin, kalo darah seger mah merah atuh).

Pas baru masup kuliah, tiada hari tanpa berbibir ala drakuli. Nih potonya ye kalo gak percaya *tutup muka*:

Kayaknya waktu itu girang bener bisa pake lipstick tiap hari. Trus kan ceritanya udah mahasiswi nih ye. Maunya keliatan agak lebih dewasa gitu lho ganti. Bukan lagi siswi SMA yang pake baju putih abu-abu.

Semakin lama ngendon di kampus, apalagi pas udah 2-3 tahun kuliah, koleksi lipstick pun mulai dimasupin ke dalam laci meja rias. Kenapa? Akika mulai terserang sindrom takut tuwir, hahaha.. Ke kampus pun cuma pake bedak+pinsil alis thok, tanpa makeup macem-macem lagi, terutama lipstick ala drakuli. Jadi wajah lebih polos, (ngarepnya sih) keliatan bak siswi-siswi SMA yang baru mau lulus.

Makanya dulu gue suka ngomong gini ke temen-temen kuliah, “Eh lo perhatiin nggak sih, anak-anak (mahasiswi) baru itu selalu keliatan lebih tua daripada mahasiswi lama. Soalnya mereka berusaha tampil kayak anak kuliahan. Sementara kita-kita yang udah kuliah, justru berusaha tampil kayak anak SMA.” And my friends totally agreed on this.

Begitu juga saat umur semakin bau tanah dewasa. Rata-rata pereu berusaha tampil lebih muda dibanding usia sebenarnya, atau minimal sama lah dengan usia yang asli. Horor banget kan bok kalo umur 30 tahun disangka 31 tahun? *sumpah lebay ini* No wonder segala bisnis operasi plastik dan suntik-suntik kecantikan laris manis tanjung kimpul banget di dunia.

Cuma menurut gue mah yang lebih horor lagi adalah kalo umur udah tuwir tapi nggak sadar diri. Trus pake baju ala-ala ABG masa kini, padahal bodi udah gak mendukung. Kayak gue sering liat di mol-mol, pemandangan tante-tante cantik seumur nyokap gue tapi berdandan heboh ala ABG.

Yah gue sih sebenernya seneng banget kalo liat ibu-ibu atau bahkan nenek-nenek yang tetap funky dan keren. I wish I could be like them one day🙂 Tapi kalo berlebihan, pening juga. Bukannya semua akan lebih indah kalo sesuai dengan usia dan terutama, bentuk tubuh ya? I think aging gracefully is the keyword deh.

Nggak usah pake gamis or baju kurung tiap hari, asal properly dress bakal enak dipandang mata. Kayak Widyawati dan Meryl Streep gitu lah. Mereka udah berusia lanjut tapi tetap cantik dan elegan. Kalo mereka lewat pun masih sanggup bikin para lelaki menolehkan kepala, bukan? 

Aduh aseli, kayaknya gue kudu masup John Robert Power nih supaya kalo tua nanti nggak tampil kayak TG. Makanya sengaja bikin postingan ini sebagai self-reminder, hihihihi..😀

Oh ya gue jadi inget cerita temen-temen gue yang berjilbab. Temen-temen jilbaber yang tinggal di Jakarta curhat bahwa mereka sebel karena selalu dipanggil Ibu. “Padahal waktu itu gue masih kuliah. Kayaknya itu supir-supir angkot dan abang-abang jualan main pukul rata kalo yang pake jilbab = ibu-ibu deh.”

Lain lagi sama temen gue jilbaber yang tinggal di Depok. Dia malah demen karena di Depok, semua yang pake jilbab dipanggil Dek, Non atau Mbak. “Padahal waktu itu gue ke pasar abis pulang anter anak gue. Mungkin karena di Depok banyak mahasiswi pake jilbab ya, jadi gue disangka mahasiswi juga. Lumayaaan, lebih muda dikit.”

Hihihihi.. Aging, for women, truly sucks, doesn’t it? So IMHO, it depends on us how to see and handle it. Gue sih pilih buat bahan becanda aja :)

26 thoughts on “Aging Sucks

  1. oh kalo gw sih awet tua Ra… masa ya, gw umur 24 semua nyangka gw umur 28. Nah, skr gw udah 32, masih dibilang 28.
    Ya gpp deh, awet tua klo gitu… hihihihi

  2. ih… ATS kan inisial nama aseli bawaan dari orok. kok jadi Abang Tahu Sumedang? eh, gagalfokus

    btw, ada satu lagi Ra… kalo badan kita kecil (baca: pendek kurus kaya ogut), sering banget dipanggil Neng sama mamang-mamang angkot Bogor, walopun berjilbab. Tapi apa daya, kalo udah pake seragam pe-en-es, jadinya Teteh.

    • Oohh.. ATS = Anggit Tahu Sumedang?😛

      Oh ya gue lupa, selain Depok, Bogor juga menjadi kota dimana jilbaber = mahasiswa yaa.. Ih tapi mending atuh dari Neng naik dikit jadi Teteh. Daripada jadi Ibu atau Tante kan malesiinn..

      • Aaaawww, mau ikutan, setiap jalan ² dibogor inih, eike selalu ditanya, sekolah dimana?sekolah = anak ² SMA kan ya?kalo anak kuliahan kan pasti kuliah dimana?*benerin silikon*
        Hahahahahahaa, yang rada nyebelin pernah ada yg tanya, ESEMPE dimana?heh! Itu menghina atau apa ya tuh orang???
        Yaa, walo jarang juga yang manggil gw ibu ² dipasar, setelah gw nawar bak ibu ², meureun pikir si amang ² yang jualan, mana mungkin anak sekolah nawarnya gila ² an ya, hahahahahaha.
        Eh tapi jujur ya, ampe sekarang gw lebih suka dianggap bukan anak SMA, apalagi kalo diledek anak kecil, ngamuk gw.
        Makanya kalo ada yg tanya kaya gt, suka gw judesin bok, gw nganggepnya mereka ngeledek gw.
        Ya mungkin gestur gw yang emang masih terlihat manja ² nyebelin gt kali ya*disambit kolor*

      • AHAHAHAHA.. Itu yang nyangka lo masih ESEMPE gak liat gundukan silikonlo apa Chie? Mana ada anak ESEMPE yang entunya mumbul banget😀

        Ih gpp atuh Chie. Jadi lo bisa nyaru jadi anak SMA or kuliah mulu. Sambil iseng-iseng ngecengin mereka dehh.. *ajaran sesat :P*

  3. jd inget pas kemarin lg boarding ada ie’ie2 (tante2) sama anaknya yg nyelak antrian. asli gw ternganga2 liat si ie’ie ini pake tank top ketat warna hijau tua tapi badannya asli subur bgt sampe toket n perut sama majunya. sementara anaknya yg cewek abege gitu pake kaos longgar biasa. eh begitu masup pesawat, taunya mereka duduk sebelah gw *tepok jidat* mbok ya pake baju sesuai umur & bentuk tubuh gitu, mgkn dia mau kalah ama anaknya yg abege.

    semoga klo gw tua ga kayak begitu, hiiiiiy….

    • Hadeehh.. Ngebayanginnya aja kepala gue pening bookk… Jadi inget pernah liat di PS nenek-nenek pake legging macan+tank top yg gak matching. Betsey Johnson sih keren ya. Tapi kalo jalan-jalan di PS dengan dandanan kayak dia koq rasanya agak gimanaaa gitu..

  4. terutama nih yg punya anak pere, apalagi kalau jarak sama anak pere kita beti, misalnya cuma beda 16 tahun, tetep sebagai emak kita gak boleh lebih dominan dandannya, apalagi kalo ternyata anak perenya tampangnya kurang cantik dr emaknya, kasian ntar anak pere nya minder…
    *gak ada hubungannya ya sama topik*

    • Eh eh gue pernah nulis topik itu lho Mak. Lupa judul postingan yang mana tapinya, hihihi.. Dan setuju banget. Soalnya temen gue ada yang selalu ngerasa kalah cantik sama emaknya sendiri. Kasian deh jadinya😦

      • oo gitu ya, ntar deh gw obrak abrik file blog lo mau liat tulisannya..
        O iya mumpung inget, warna lipstik lo yg jaman masuk kuliahan dulu kita nyebutnya lipstik warna terasi..*ketauan deh angkatan berapa*

      • Oh postingan gue judulnya Kece Forever Mak. Hihihi.. Payah banget, lupa gitu sama tulisan sendiri😛

        Eh lipstik terasi? Hoahaha.. Untung baunya gak bau terasi yaaa😀

  5. Boook ini malah kbalikan gw skrg..dulu pas gw sd-sma slalu disangka lbh gd dr umur krn badan gw bongsor,pas kuliah sih tmen2 gw emang pada g dandan tapi Ada yg menor di baju/rambut nah kalo gw Gaya bajunya kata tmen2 gw girly banget,warna2i&pas musim bando suka make bando jadi ama junior suka mirip2 gitu..kira2 staun abis lulus gw kawin,setelah kawin pun gaya gw tetep sama cuma krn uda pake krudung jadi rada mateng gitu ya..Gaya gw g brubah karena Suami gw yg uda kepala 3 pun mukanya masi kaya 20an,sebelum hamil kita suka disangka pacaran kalopun bilang udah kawin pasti disangka kawin muda (19-20 gt) suwer nih gw g boong pas qt di oz waktu jln2 naik bis ama supirnya suami gw disuru cukur jenggot biar qt dapet diskon bli tiket bis nya untuk anak skolah…krn slalu ‘dikecil2’ setelah punya anak ini malah gw seneng kalo dipanggil ibu,kalo dipanggil mbak tu brasa g berwibawa d gw

    Kalo gw fitnes nih gw harus menekankan bahwa ini gemuk krn abis ngelahirin,tetep Aja disangka ‘oh uda punya anak?kawin muda ya’ kagaaa udah 25 ampir 26 nih sayaa..

    Agak bangga juga sih brarti cukup imut lah ya hihi tapi sebel juga kapan gw berwibawa nya

    • Ini komen maksudnya mau pamer atau apa sih? *manyun*

      Hihihihi.. Iya ya, tampang terlalu ABG or imut-imut juga nyebelin ya bok. Temen gue ada yang pas kuliah di luar negeri, tiap mau beli rokok atau liquor, kudu kasih liat ID card-nya. Padahal dia udah 30 tahun. Karena imut-imut, selalu disangka under age😀

      Trus ada lagi sepasang temen gue yang kayaklo+suamilo. Pernah mau check in di hotel karena kemaleman, eh tamu-tamu lain ngeliat mereka dengan tatapan “ih ini ABG-ABG mau nganu deh pasti.” Pas dikasih liat surat nikah, cmiiw, orang-orang natapnya dengan pandangan “ih kecil-kecil udah kawin. Pasti kecelakaan deh.” Never ending problems ya neeiikk..😀

      • Hihihi mangap bukan mamer tapi membuktikan kalo manusia g Ada puasnya ya boook…

        Hahaha parah bgt itu tmen lo,kmaren ini pas laki gw cuti dari dines di utan kan bbrp Kali pergi be2,pernah pas nonton di kursi belakang gw tu serombongan ibu2 berseragam (guru x ya) namanya Suami estri mah lagi nonton ya suka2 ya gayanya (tenang,g mesum cm glendotan Aja) pas uda slese gw diliatin dgn tatapan ‘pendosa pendosa’ hadoooh kalo uda gitu gw suka mamer2in Cincin kawin Aja d,mudah2an engeh d hihi..etapi mak Ira kan liat avatar gw kan bner kan gw kan imyut ya *kedip2 *dikemplang slow cooker

      • Mak Lin, pasti ibu-ibu itu dalam hati pada mikir “Duh cewek ini koq berjilbab tapi pacarannya PDA gitu. Mencoreng agama banget!” Untung lo gak disembur air jampi-jampi supaya tobat Mak, hihihi..

        Imut? Iya aja deehhh… *menanti uang tips :P*

  6. qeqeqe…. jarang banget dipanggil ibu… mungkin gara-gara badanku yang kecil mungil dengan berat kurang dari 40kilo tinggi 155… punya anak 3 pun beratku segitu-segitu ajah….
    dulu waktu kuliah aja… bukan anak SMA lagi… malah pernah disangka masih anak SMP…

    susahnya punya bodi kecil… kalo lagi jalan sendiri tanpa misua n anak… sering dilirik n diajak kenalan sama anak kuliahan… qeqeqe… untung tahan mental…. halahhh… ga tau apaaa kalo udah ada 3 bontot di rumah…

    tapi tetep aja siy… mau seawet muda apa… kalo dibandingin antara sekarang umur 30 n 10 tahun lalu… teteppp *cling* yang dulu… qiqiqi…

    http://www.my-za.blogspot.com

    • Uugghh senangnyaaa.. Gue mah dari kecil udah bongsor. Waktu kelas 5 SD aja sering disuitin sama anak-anak STM yang lokasinya di samping sekolah gue. Males banget nggak siihh??😦

      Dirimu beruntung banget Mak bisa tampil forever young🙂

  7. Kalo gw..gw yg dipuji..mak gw yg kege-eran..misalnya waktu pas azzam disangka adik gw..mak gw lsg bilang..ihhh..brarti mama masih pantes y punya bayi.. *eeaaaa*..dan emang pernah jg pas lg gendong azzam waktu bayi,mak gw disangka ibunya azzam..makin kembang kempis idungnya (˘_˘”)..

  8. Yaah…that’s why gw lebih suka melenggang di Giordano ketimbang di supermarket,Ra.
    Kalo lewatin SPG Giordano mereka selalu bilang gini ke gw ” Giordano nya,Kakaaak”.
    Tapi kalo gw lewatin rak detergen aja, si mbak SPG ” Udah coba yang ini,Bunda ?”.
    Crap! Padahal gw jalan sendirian,gak gotong Athia. :p

  9. Kalau aku sih gak terlalu masalah ya dipanggil “ibu”, lah emang udah jadi ibu, gimana dong ? Baru setelah baca di dunia maya banyak ibu muda yang males dipanggil ibu, dan girang kalau dipanggil mbak, aku jadi bertanya-tanya, apa emang se-ibu-ibu itu kah penampilankyu ? *which is jawabannya iya memang sih..*
    Tapi menurutku itu mungkin soal pembawaan juga ya….secara kalau lagi nelfon ke mana gitu (contoh paling recent ke goethe institute) –> yang mana orangnya gak liat dong penampakan diriku kaya ibu2, tetep aja dia nyebutnya ” baik ibu, ditunggu sebentar…”😀
    Kadang malah kalau pas dikira umurnya lebih muda malah aku jadi kesel. Pernah mau turun dari angkot, supirnya bilang “Yah neng, disitu gak boleh turun, gpp yah jauh”. At the time, secara aku baru selesai kerja (ngajar) jadi merasa hina banget, apa kostum ngajarku kurang yahud sampai dibilang eneng ?
    Pernah juga guest lecture di kampus bilang “Loh saya kira ini mahasiswa, ternyata asisten dosen” –> buset pak, udah mekapan begini masih dikira mahasiswa ?

    • Iya sih, harusnya emang gak masalah ya. Tapi yah namanya juga perempuan. Rata-rata lebih seneng dianggap lebih muda, seperti halnya dinilai lebih kurus, lebih cantik, lebih keren, etc🙂

      Yang bikin ribet mungkin karena di Indonesia, panggilan itu bermacam-macam. Padahal kalo di negara berbahasa Inggris, cukup Miss/Ms/Mrs. Kelar semua🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s