Slow Cooker, Sahabat Kita-Kita

Duileh judulnya macam tagline iklan zaman dulu ya. Kawannya iklan Beng-Beng asik berat itu lhoo.. Apa ini iklan Choki-Choki ya?

*merenung*

Halah pokoknya kali ini gue mau bahas soal slow cooker (SC). Warning, this posting contains emak-emak stuffs. Soal perpancian, cyin. Jadi buat yang nggak tahan, mending nggak usah dibaca yaa🙂

Sebenernya dari zaman Nadira mau MPASI dulu, pas gue baca-baca di milis MPASI, SC ini ada di antara perabot wajib untuk bikin MPASI anak. Namun, waktu itu gue nggak mau beli.

Kenapa? Alasannya sih cemen. Takutnya udah beli mihil-mihil, eh nggak kepake. Maklum, waktu itu gue bener-bener nggak bisa masak samsek. Selain itu, belajar dari pengalaman belanja kalap pas hamdun, banyak barang yang ujung-ujungnya nggak kepake. Nah gue takut hal itu terulang lagi pada SC. Sayang kan ya bok.

Gairah memiliki SC mulai tumbuh pas nulis postingan panci presto trus beberapa emak kasih komen dan pengen bandingin antara panci presto dan SC. Eh nggak berapa lama, @yudithmangiri bikin postingan di Mommiesdaily soal SC di sini. Aaahhh.. Gue bisa tahan deh sama racun tas dan makeup, tapi kalo panci, bawaannya kebayang-bayang muluu..

Tapi ya berhubung nggak sempet-sempet ke pasar, gue pun nggak sempet-sempet beli itu SC. Sampe suatu malam, ‘ngobrol’ soal SC, breadmaker dan ice cream maker sama Irene via twitter. Sama-sama ngences, sama-sama saling meracuni, dan berhubung gue kompetitip soal panci, besoknya gue langsung impulsif minta dianter hubby ke toko Glodok Elektronik yang di Kelapa Gading. Irene kan udah punya ice cream maker duluan tuh. Supaya nggak kalah set, at least gue punya SC lah, hihihi..

*berasa masuk ke persaingan antar ibu-ibu di sitkom Suami-Suami Takut Istri nggak sih? :D*

Yang gue beli merek Miyako ukuran 5,1 liter. Kebetulan waktu itu lagi diskon, dari Rp 260rb-Rp 270rb sekian jadi Rp 240rb. Ya udah, bungkus aja dong ya maliihh.. Ada sih yang ukuran 4 liter, tapi menurut gue, nanggung aja. Trus harganya cuma beda 20rb cmiiw gara-gara SC yang 5 liter diskon *makirit*

Beda sama panci presto maxim yang disertai setumpuk manual guide, resep dll, SC Miyako ini sederhana dan apa adanya banget. Manual guide-nya aja ringkes dan terkesan asal-asalan. Boro-boro resep masakan, tata cara nyuci etc aja gak ada. Jadilah gue gugling mulu semaleman buat ngumpulin resep masakan ala SC.

Awalnya agak ribet sih nyari resep masakan Indonesia pake SC karena masih terbatas antara gudeg, bubur, rendang, semur, sop-sopan gitu. Rata-rata resep SC itu ada di website resep luar negeri yang cencunya masakannya bule-bule juga. Gak klop di lidah akika😦 Tapi siih setelah bacain satu-satu tata cara masaknya, sebenernya nggak susah samsek masak pake SC ya. Malah gampil surampil karena bisa ditinggal bobo segala.

First project  pake SC adalah masak gudeg. Titip nangka sama nyokap, eh ditambahin bumbu gudeg yang beliau bikin sendiri. Baik banget nggak sih emak gue? :’) Abis itu, gue praktik bikin gudeg sesuai resep nyontek di internet yang kemarin udah gue abadikan setelah diotak-atik di sini. Mulai ceklik tombol slow jam 10 malem, pencet tombol off jam 7 pagi. Sempet deg-deg plas takut gak enak, namanya juga baru nyoba ya. Eh ternyata hasilnya, uenaaakkk sodara-sodara!

*poto kemasan SC + gudeg before and after. Ciamik tenan lah!*

Ih tambah pede dongdorongdongdong masak pake SC. Tapi berhubung bingung masak apa, akhirnya liat-liat resep hasil sontekan, gue mutusin untuk bikin bubur ayam aja deh. Alhamdulillah berhasil dan enak, meski menurut gue sih gak seenak bubur ayam abang-abang yaa.. Rasanya terlalu “modern”, kurang kampung euy. Kayak bubur ayam Barito gitu deh.

*bubur ayam + kedelai goreng + abon cabe teri bawang + cheese stick*

Tapi gue nggak kapok sih. Besok-besok mau cari resep bubur ayam abang-abang trus praktik di SC ah. Dan setelah iseng bertanya pada Mbah Gugel, gue nemu buanyaaaakkk banget resep masakan pake SC. Berhubung untuk masakan utama ala bule kagak cucok di lidah gue, jadinya gue nyontekin resep dessert-nya aja dah. Surprisingly, SC itu eksis abwes ya, bisa masak macem-macem mulai dari buntut/iga sapi, cheesecake, roti, kue, sampe selai.

Dan terus terang, gue nyesel sampe ke ubun-ubun gak beli SC pas Nadira MPASI dulu. Secara ya bok, dulu gue sudahan tinggal nebeng sama MIL, pulang kerja urus anak, merah ASI dan bejek-bejekin itu bubur saring pake saringan manual sampe jam 12, plus plus yang lain. Kalo pake SC kan bisa gue tinggal molorrrr..

Ah kalo ada keberanian punya anak lagi, I definitely will make MPASI for him/her by using SC!🙂

63 thoughts on “Slow Cooker, Sahabat Kita-Kita

  1. Hihi makanya gw beli sc Ra,,secara pas di fara ini gw maidless,,mutusin ngelakuin semua sendiri…jadi nih sc pasti ngebantu banget…

    Eh ini gw mutusin beli sc dulu baru mutusin hamil denk :p

    • It depends on your daily needs Mak. Kalo gue sih, ngerasa lebih butuh panci presto daripada SC karena gue jarang masak bubur, gudeg, etc. Kalo panci presto IMHO, useful banget buat daily use kayak masak kacang-kacangan, ungkep ayam, rebus iga, daging, etc. Cuma emang kalo panci presto pan kudu ditungguin ye. Nah kalo SC enaknya bisa ditinggal molor🙂

  2. Wew baru mau nanya pertanyaan yg sama kayak Manda. Kapan nih bikin mpasi pake SC buat Dede bayi goyang ?
    Tapi gw ngebayangin loe kayak salah satu istri di SSTI deh. Loe lebih mirip Bu RT apa yg suka megang2 poni emaknya Amel Carla ya ? Wahahaha

  3. Gw dah mulai teracuni mau beli sc dr baca TL lo ra😀 eh ternyata makin dibahas di blog…udh liat2 sc tiap jalan ke mal.
    Kalo yg kapasitas 5 L ini bs masak cuma dikit bt mpasi ga yah?kan mpasi ga banyak2 masaknya.

    • Nah yang kapasitas 5L ini kegedean Res buat masak MPASI. Jadi kalo buat bayi mah mending beli yang Takahi aja, kan ada tuh kemasan yang gak nyampe 1L. Tapi ya gitu, Takahi mihil bener bok. Yang size 0,9L aja harganya kurleb sama dengan SC Maspion yang 5L. Kalo Takahi yang 4L harganya malah 600rb-an cmiiw😦

  4. belum punya SC… ahnaf n nadhiifa g pake SC… pakenya rice cooker taruh semua lauknya disana… dibanyakin airnya… qeqeqe…
    kalo nasi tim alusss… sama kayak bikin nasi tim biasa… ntar tinggal diblender…
    proses lama ngeblendernya tergantung umurnya…qiqiqi…

    jadiii… yang must have item itu malah blenderrrr euy… dari sejak jaman ahnaf… sampai syakiraaa…

    aduh… jadi mupeng… apa syakira aq beliin SC aja yaaa… secaraaa bentar lagiii dia udah say gudbay sama tepung-tepungan n segala macam blenderan buah-buahannya….

    apalagi… tuh SC bisa kepake buat adeknya syakira yaaaa…

    #emaklabil…😀

    http://www.my-za.blogspot.com

    • Gue dulu malah gak mau pake blender Mak karena pernah baca, sebisa mungkin makanan anak jangan diblender. Ada kandungan vitamin yang bisa hilang cmiiw. Trus karena terlalu halus, nanti anak jadi nggak belajar mengunyah. Jadi blender boleh-boleh aja dipake asal untuk stage-stage awal, jangan keterusan gitu.

      Hahaha.. Sok atuh kalo mau beli SC-nya🙂 *bukan sales SC*

      • eh seriusannn?….
        kalo ngeblendernya sesuai dg umurrr…. makin lama… cukup sekali pulse aja… bisa ilang ga vitaminnya?…. #malahnanya😀

      • Gak tau deh Mak, hehehe.. Tapi gue mah gak sakelijk banget. Kalo emang ribet kayak dirimu yang bakal beranak 4, mungkin bakal gue blender semua😛 Coba aja baca2 di milis MPASI Rumahan deh.

  5. Kalau buat dirumahku yang isinya 3 org dewasa dan 1 orang balita, SC vol. 1,2 L cukup koook… buat sekali makan seh huehehehehe…. Kalau mertua tuuuh yg gedeee, dikeluarin kalo pas lagi kumpul-kumpul😀

    • Itu yang 1,2L yang Takahi ya Dith? Gue mah berhubung nggak mau rugi, belinya sekalian SC yang gede hahaha.. Jadilah sekali masak gudeg, nangkanya aja 1 kg, plus telor+ayam+bumbu2. Biasanya itu gudeg setelah matang, separo untuk makan hari itu, separo lagi ditaro di freezer. Lumayan bok, gak usah sering-sering masak gudeg, tapi bisa sering-sering makannya😀

  6. benarkah bisa buat bikin roti dan ciskek??? gugling aaah…

    biasanya aku pake SC kalo mau bikin kaldu (anakku seneng bgt ama ceker, tapi kudu empuuuk). tinggal masukin SC, ditinggal tidur, beres deh. atau masakan berkuah macam soto-sotoan.

    • Iya Mak, gue baca-baca di berbagai web, SC bisa untuk bikin roti, ciskek, bahkan selai. Eksis berat deh😀

      Iya gue juga rencana mau bikin sop dan soto-sotoan nih pake SC. Tampaknya endeus ya🙂

  7. embyeerr… gw cinta abis ama si sc ini.. cocok banget buat emak males macam gw yang gak betah lama lama ngaduk bubur di depan kompor tapi tetep pengen masak sendiri buat anak😛
    Btw, klo mau buryamnya jadi lebih gurih itu tulang2 ayam ama ceker bisa dimasukin bareng ama berasnya😉

    • Iya Mak, kemarin gue ayam seekor tanpa dipotong-potong langsung dimasukin ke SC plus beras dan bumbu-bumbu. Gurih dan enak sih tapi yang ribet, pas lagi makan, tulang-tulangnya suka nyangkut karena saru di antara buburnya, hehehe..

  8. wahhh kudu beli ni SC buru2….. cuti udh mo abis, biar kt orang2 aq rajin..tapi kl udh msk kerja..hmmmm ga ku kuh super duper sibuknya. biar anak2 teteb bs makan masakan MAMA alias SC…he he he. jadi udh siap nambah adik u dira donk mba ???

  9. hahahaha….kompetitip aja lu ra klo udah urusan perintilan dapur

    kitchen set gw dikit lagi kelar, oh SC tunggu aku yaaaaa….bentar lagi kau akan menemani ice cream maker, presto dkk hihihihi….

    ra, posting rangkuman resep2 pake SC dong, males googling😀

  10. hahduh ra…
    jadi penting yah si SC inih hahduh…apa gw mesti ngasih adek dulu ke anak gw biar bisa beli ini dengan dalih buat MPASI anak gw nanti. huahahhahaha….

  11. terrrrnyata di supermarket deket rumahku, panci kyk punyamu gini ada, nyah😀 230ribuan yg 4 liter. tapi aku maunya yg kapasitas 2-3 liter aja karena cuma buat 2 orang kan… dan ada yg ukuran segitu, FYI merk nya Hi-Cook (3 liter), beli di Lotte Mart😀

  12. Pingback: Semur Slow Cooker « The Sun is Getting High, We're Moving on

  13. Salam kenal mb Ira..
    Sebagai tambahan referensi ak bwt beli alat2 apa aja yg penting bwt mpasi. Soalnya lg galau banget,beli SC apa ga. Aku kerja,dan kayana blm bs percaya nyerahin mpasi ke si mbak. Secara baru sebulan kerja.. Jd SC ngebantu ga ya bwt momy yg kerja? Trs merk apa yg recomended? Yg tekenal pastinya Takahi..
    Please reply..

    • SC ngebantu banget koq Mbak buat ibu bekerja. Tapi aku dulu waktu anakku MPASI justru gak punya SC. Semua dimasak manual sendiri, baru diolah tengah malem. Makanya capek banget. Kalo punya SC, pasti semua akan lebih baik🙂 Merek utk MPASI beli Takahi aja kali ya karena kualitasnya oke.

  14. salam kenal mak,
    waaah, postingan yang berguna banget… aku lagi galau untuk beli SC untuk baby Umar, 9mo. Cari yang berapa liter ya biar bisa sekalian bwt masakan keluarga? kalau 4 liter kegedean bwt mpasi doang, dan ogah beli yang mihil2 untuk mpasi doang. hahaha. apa beli yang 2,4liter ya mak?
    btw, aku Lya di Bandung😀. hihi… perkenalannya terakhir ginii…
    thank you for posting yaaaa

    • Kalo ada dana lebih sih mending beli 2 Mbak. Yang 1 size mini utk masak MPASI, yang 1 lagi size normal untuk masak makanan sekeluarga hehehe.. Soalnya kalo masak MPASI kan cuma dikiiittt banget. Pake slow cooker size normal yg paling kecil sekalipun bakal kesisa banyak🙂

  15. Pingback: #3 Perkakas Dapur Wajib | The Sun is Getting High, We're Moving on

  16. Aduuuh maaak makin ngiler ajaa sama sloc cooker. Ini bener2 postingan makin racun.. sminggu ini brosing, gugling, sampe mimpiing (mimpiin maksudnye hehe) ttg SC. Tp binun, ktnya takahi bagus. Tp yutubing kok nemi SC yg bisa Warm. Waduh galau suralau sayah. Beli yg mana yaa.. suggest dong mam.. buat mpasi mending 0.7 litre atau 1.5litre yaa? Tp pgn jg buat dipake keluargA.

  17. Aduh..aq ibu baru..anakq sudah hampir 9 bukan bentar lagi makan bubur…tapi bingung bgus nya beli sc atau rice cooker..kepikiran rice cooker biar bisa buat masak nasi buat keluarga sekalian…dan rice cooker gk butuh wktu lama katanya…galau nih..bagi masukan donk bund bagusan yg mana sih

  18. Mba…nanya dong.. Kbtulan baaru abis beli sc miyako juga nih…jd klo utk masak bubur utk baby dg “low” itu brp jam ya? Klo pake high juga brp lama? Mksh sblumnya info nya

  19. Pingback: Resep Pekan Ini: Sup Iga Bakar | The Sun is Getting High, We're Moving on

  20. Siang bunda. Kemarin saya coba masak bubur buat si kecil pake slow cooker maspion yg ukuran 2.5 liter. Tapi bingung takaran airnya seberapa banyak. Saya pakai 4sdm beras,4sdm daging sapi cincang,kacang merah 15 butir,wortel 7cm. Saya kasih air banyaaaak kaya kalo bikin bubur di panci biasa. Saya kasihnya sampai 3/4 slow cookernya. Masak jam 9 malam dan pas jam 5.30 pagi sdh pada empuk semua tapi airnya ga surut2. Masih banyak bgt. Akhirnya saya pindahin ke panci biasa dan masak diatas kompor. Wkwkwkwkwk. Gimana bun takaran air yg paa utk bikin bubur?

Leave a Reply

